7 Kota Suci di India yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Juni 2021

Pada naskah kuno agama Hindu terdapat kota-kota yang dianggap suci, yang kerap didatangi oleh banyak peziarah. Ada tujuh kota yang dianggap suci di India yang dinamakan Sapta Puri. Kota-kota ini wajib didatangi bagi orang yang ingin mencapai keselamatan atau moksa bagi para penganutnya.

Setiap kota-kota suci ini erat kaitannya dengan kisah para dewa-dewi yang sangat dihormati. Kuil-kuil menjadi tanda dari dedikasi mereka kepada para dewa-dewinya. Berikut ini adalah beberapa kota suci di India yang wajib dikunjungi oleh para peziarah untuk para pencari kedamaian jiwa.

1. Ayodhya

 Ayodhya

Saat mendengar kata Ayodhya, banyak orang akan langsung teringat pada kisah Rama dan Shita dalam sebuah kisah epik Ramayana. Kota ini dikenal juga dengan  nama Ram Janmabhoomi yang berarti tempat kelahiran Sri Rama. Kota Ayodhya sendiri merupakan bagian dari daerah Uttar Pradesh.

Kota Ayodhya ini dipercaya sebagai  kota Ayodhya yang terdapat dalam kisah epik Ramayana. Ayodhya tak hanya penting bagi pemeluk agama Hindu, tetapi memiliki nilai sejarah dengan beragam agama.  Kota ini menjadi tempat lahirnya penemu agama Jinisme  yang pernah tinggal di Ayodhya.

Ayodhya juga pernah menjadi tempat bersejarah dan pusat bagi agama Budha selama masa Kerajaan Mauriya di tahun 322 – 185 sebelum masehi. Selain itu juga raja Ashoka yang agung merupakan sosok yang penting dalam memperkenalkan agama Budha di saat ia memperluas kerajaannya.

2. Mathura

MathuraSumber: flickr.com

Mathura merupakan sebuah kota suci yang lekat dengan kisah dari Sri Krisna, karena tepat ini dipercaya sebagai tempat kelahirannya, sehingga dikenal dengan nama Krisnajanmabhooni atau tempat kelahiran Sri Krisna. Letak kotanya sendiri berada di daerah Uttar Pradesh di utara India.

Mathura lokasinya berada di pinggiran Sungai Yamuna, satu kota dari tujuh kota suci yang dianggap suci oleh para pengikut agama Hindu. Kota  Mathura merupakan satu kota yang terkenal dalam kisah Sri Krisna yang mengalahkan Raja Kansa yang jahat yang merupakan pamannya sendiri.

Mathura tak hanya sebuah kota yang dihormati oleh masyarakat Hindu India, tetapi merupakan kota yang dihormati oleh pemeluk agama Jain dan juga Budha. Sejarah Mathura tak lengkap jika tidak menyebutkan Raja Kushana yang menjadikan Mathura sebagai kerajaan yang kuat.

Matura juga memiliki kota kembarannya yang biasa disebut dengan kota Vrindavan. Kota ini menjadi kota tempat Sri Krishna menghabiskan masa kecilnya.  Vrindavan sering digambarkan sebagai sebuah hutan yang sangat cantik. Bagi pemuja kisah Radha Krishna tempat ini wajib untuk dikunjungi.

3. Haridwar

HaridwarSumber: flickr.com

Haridwar merupakan kota yang memiliki arti pintu gerbang Dewa Wisnu. Kota Haridwar berada di daerah Uttarakhand yang berada di sebelah utara India. Kotanya berada di tepi barat Sungai Gangga, dan terdapat tangga tempat pemandian suci yang biasa didatangi oleh peziarah.

Tangga tempat pemandian suci biasa disebut dengan ghat, dan di Haridwar terdapat ghat yang bernama Har-Ki-Pauri. Ghat di Haridwar ini biasanya penuh didatangi peziarah setiap tahunnya. Masyarakat mempercayai terdapat telapak kaki Dewa Wisnu yang terukir pada sebuah batu.              

Pada kepercayaan Hindu di percaya bahwa Haridwar merupakan satu dari empat kota tempat amrita tanpa sengaja tumpah ke bumi. Amrita sendiri dipercaya sebagai ramuan keabadian. Haridwar memiliki banyak kuil yang dapat dikunjungi oleh para peziarah.

4. Varanasi

VaranasiSumber: flickr.com

Varanasi mrupakan kota suci selanjutnya, bisa dikatakan sebagai kota suci yang paling tua yang masih ditinggali. Varanasi dikenal juga dengan nama Benares, kasi, dan masih banyak nama lainnya. Varanasi dianggap sebagai kota yang paling suci dari tujuh kota suci bagi umat Hindu yang terdapat di India.

Kota suci Varanasi terletak di tepian sungai Gangga di daerah Uttar Pradesh, kota ini dikenal sebagai kota yang disukai oleh Dewa Shiwa. Bahkan terdapat sebuah kuil yang didirikan untuk Dewa Shiwa yang paling banyak dikunjungi oleh para peziarah yaitu Kuil Dewa Shiwa Kashi Vishvanatah.

Satu tempat yang paling terkenal di Varanasi tentunya adalah ghat-nya, tangga tempat pemandian suci dan juga tempat pengkremasian orang yang telah meninggal. Salah satu ghat yang mungkin dapat dikatakan sebagai ghat paling tua adalah ghat Dashashwamedh.

5. Kanchipuram

KanchipuramSumber: flickr.com

Kanchipuram termasuk kota suci yang cukup sering dikunjungi setelah Varanasi. Kotanya berada di daerah Tamil Nandu, terletak di pinggiran Sungai Palar. Kota ini dibangun sejak abad 6-8 di masa Dinasti Pallava, kotanya sendiri terkenal karena memiliki banyak kuil yang bersejarah.

Kota ini memiliki banyak kuil yang didedikasikan kepada dewa Shiwa dan juga Dewa Wisnu. Ada 108 kuil Dewa Shiwa dan 18 Kuil Dewa Wisnu, lokasi dari dari kuil-kuilnya dibagi dalam 3 zona. Kuil Wisnu berada di zona timur, Kuil Shiwa berada di pinggiran kota di zona sebelah utara.

Zona yang ketiga berada di seberang Sungai Palar di sebelah timur adalah zona dari Jain mandirs. Kuil yang paling terkenal di Kanchipuram sendiri adalah Kuil Kamakshi Amman, sebuah kuil kuno dengan desain arsitekturnya yang sangat megah, dengan tempat sucinya yang dilapisi emas.

6. Ujjain

UjjainSumber: flickr.com

Ujjain merupakan sebuah kota yang pada masa lalu memiliki nama Avantika atau juga Avantikapuri. Pada kisah Mahabarata, kota Ujjain dikatakan merupakan ibukota dari Kerajaan Avanti. Letak kota Ujjain sendiri berada di sebelah timur tepian sungai Kshipra, bagian dari daerah Madhya Pradesh.

Ujjain menjadi sebuah ibukota kerajaan di masa pemerintahan Chandragupta II. Tak hanya sebagai ibukota, tetapi kota ini menjadi pusat dari ilmu pengetahuan dan juga budaya di utara India. Kota Ujjain memiliki kontribusi dari lahirnya para astronom dan juga ahli matematika di abad ke-6-7M

Selain tempat tumbuhnya ilmu pengetahuan dan budaya, Ujjain sebagai kota suci tentunya memiliki nilai religius dan historis sebagai tempat yang erat kaitannya dengan Sri Krishna. Dikatakan bahwa Sri Krishna dn kakaknya Balram pernah berguru pada Muni Sandipani di kota ini.

7. Dwarka

DwarkaSumber: flickr.com

Kota suci terakhir adalah kota Dwarka, kota ini terletak di semenanjung Saurashtra di daerah Gujarat, tepatnya berada di tepian Sungai Gomti. Kotanya memiliki kisah yang erat kaitannya dengan Sri Krishna. Dwarka menjadi tempat tinggal dari Sri Krishna setelah keluar dari Mathura.

Dalam kisahnya kota Dwarka tenggelam di Laut Arab setelah kematian dari Sri Krishna. Kini di kota Dwarka memiliki kuil yang didedikasikan kepada Sri Krishna yaitu Kuil Jagat Mandir atau bisa disebut juga dengan nama Dwarkadheesh. Masyarakat percaya bahwa kuil ini dibangun oleh cucunya Krishna.

Dua kilometer dari Kuil Dwarakadheesh, terdapat kuil yang didedikasikan kepada Rukmini yang merupakan istri dari Sri Krishna. Legenda dari letak kuil yang berjauhan tersebut, merupakan kutukan yang diberikan Resi Durvasa kepada Rukmini bahwa dia akan tinggal berjauhan dari suaminya Krishna.

Itulah tujuh kota suci di India yang menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para peziarah. Bagi pecinta drama dari India mungkin sudah tak asing dengan nama-nama tersebut. Nama-nama kota tersebut sering disebutkan dan menjadi latar pada kisah-kisah Mahabarata dan juga Ramayana.

Sebagian dari kota itu tak hanya ada dalam kisah-kisah epik saja, tetapi ada di dunia nyata. Tempatnya menjadi tempat yang disucikan oleh masyarakat Hindu India. Kotanya kental dengan ritual-ritual keagamaan yang menjadi bagian dari kehidupan keseharian mereka dalam mencapai moksa.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram