6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2020

Jalan L.L.R.E Martadinata, atau lebih sering disebut Jalan Riau, adalah salah satu jalan yang paling terkenal di Bandung. Jalan ini memang dipenuhi dengan tempat makan dan tempat nongkrong, jalanannya juga rapi, bersih, terus banyak pepohonannya pula. Bahkan jalan kaki menyusuri Jalan Riau pun menyenangkan.

Salah satu alasan Jalan Riau disukai juga mungkin karena daerah ini masih dipenuhi bangungan zaman Belanda. Makanya, kafe, factory outlet, penginapan bahkan perkantoran di daerah sana bentuk bangunannya masih jadul yang termodifikasi gitu, syahdu banget untuk dilihat. Jika Anda ingin nongkrong dan makan di cafe di jalan Riau Bandung, lihat list Keluyuran di bawah ini.

1. Sejiwa

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 1

* sumber: www.pergidulu.com

Sejiwa Coffee, Anda pasti melihat kemasan kopinya berseliweran di Instagram, di-upload oleh netizen yang kekinian. Walaupun menjagokan kopi, Sejiwa juga punya teh, dessert, snack dan makanan berat. Tempatnya pun cukup nyaman untuk dihinggapi cukup lama sambil bersenda gurau bersama sahabat.

Ada menu Hainan Chicken Rice, Es Kopi Jiwa (best seller), Iced Caramel Machiato, Iced Hazelnut Latte dan masih banyak lagi. Kekurangannya, tempat ini panas, terutama lantai 2-nya.

Mungkin karena bangunannya full kaca? Atau mungkin karena tidak ada AC. hanya kipas angin? Coba Anda tebak sendiri. Karena suhunya panas, sangat tidak cocok menyecap kopi panas di hari yang terik di tempat ini.

  • Alamat: Jalan Progo No. 15, Citarum, Kec. Bandung Wetan, 40115
  • Jam Buka:
    Senin–Rabu 7 pagi–11 siang [istirahat] 12 siang–1 malam
    Kamis 7 pagi–11 siang [istirahat] 12 siang–1 malam
    Jumat 7 pagi–11 siang [istirahat] 12 siang–2 malam
    Sabtu 7 pagi–1 malam
    Minggu 7 pagi–11 malam
  • Telepon: 0823-1717-1515

2. Jardin Cafe

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 2

* sumber: blog.airyrooms.com

Jardin adalah kafe dengan suasana yang tenang, dedaunan hijau, nuansa tropis, tempat duduk yang terang dan luas. Di tengah padatnya Kota Bandung, asap kendaraan yang mengepul mengganggu, teriknya matahari dan padatnya orang yang lalu lalang, ada sesuatu yang menyegarkan di sini.

Jika Anda bisa berbahasa Prancis, pasti tahu kalau ‘jardin’ itu berarti taman. Ya, ini adalah kafe modern dengan sentuhan alam. Walaupun gedungnya memiliki tiga lantai, ada waktu ketika pengunjung harus rela mengantri dan menunggu di waiting list room, saking high demand-nya kafe ini.

Menu yang ditawarkan adalah makanan Indonesia dan Western. Menu andalan mereka diantaranya adalah Jardin Mixed Grill, Coba Iced Vanilla Latte dan Crème Brûlée. Sayangnya, kafe ini belum mengusung go green secara sepenuhnya.

Karena mereka masih menggunakan sedotan plastik, penutup makanan plastik dan lainnya yang terbuat dari plastik. Semoga ke depannya Jardin bisa lebih all out dengan konsep hijaunya, ya.

  • Alamat: Jalan Cimanuk No. 1A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, 40115
  • Jam Buka: Setiap hari jam 9 pagi–11 malam, hari Sabtu jam 9 pagi–12 malam
  • Telepon: (022) 4267711

3. Bellamie Boulangerie

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 3

* sumber: pergikuliner.com

Orang-orang yang pernah main ke Bellamie Boulangerie pasti meninggalkan review yang bagus. Di sini range makanannya lebih luas dibandingkan kafe dan resto lainnya, soalnya bukan cuma ada masakan Indonesia dan Western saja, sampai Latino juga ada.

Menu yang harus dicoba adalah Surf and Turf (hidangan utama yang menggabungkan makanan laut dan daging merah), Dory Tortilla (beware: porsinya besar, bukan untuk snack) dan Sop Buntut.

Terus, ada juga aneka Steak seperti Fillet Mignon on Skillet (IDR 97K) yang terdiri dari dua potong dadu daging sapi bagian terbaik, disajikan bersama jamur, potato wedges dan salad yang ditata di atas skillet alias teflon.

  • Alamat: Jalan Cihapit No. 35, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, 40114
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7 pagi–10 malam, hari Sabtu jam 7 pagi–11 malam
  • Telepon: (022) 87805386, 082121207283

4. Roempi Coffee & Eatery

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 4

* sumber: pergikuliner.com

Ingin ngerumpi sambil ngopi? Roempi Coffee & Eatery bisa banget Anda kunjungi. Di sini menyediakan aneka kopi, makanan berat dan snack. Kopinya menggunakan biji kopi houseblend lokal x impor dari Salvador. Menu kopi yang paling digemari pengunjung adalah Es Kopi Roempi, tapi kalau Anda mau menu non-coffee juga ada, misalnya MilkShake, Taiwanese Dessert dan lain-lain.

Untuk makanan beratnya ada Nasi Campur Bandung dan Nasi Cumi Cabe Garam Legendaris, tapi paling seru pesan menu snack untuk dimakan bersama teman seperti Cabe Garam Legendaris, Platter Kompak Rame-rame dan masih banyak lagi menu lainnya.

  • Alamat: Jalan Anggrek No. 27, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, 40113
  • Jam Buka: Setiap hari jam 10 pagi–11 malam, hari Jumat & Sabtu jam 10 pagi–12 malam.
  • Telepon: (022) 7208078

5. Please Please Please

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 5

* sumber: eatinguntildiee.blogspot.com

Anda pernah menonton film-film karya Wes Anderson seperti The Grand Budapest Hotel, Moonrise Kingdom, atau Fantastic Mr. Fox? Semua film Anderson dikenal memiliki gaya visual yang khas, disebut sebagai auteur modern oleh kritikus. Nah, Please Please Please ini bertemakan film-filmnya mas Anderson! Instagramable banget, deh, pokoknya.

Terletak di Jalan Progo, kafe ini memiliki suasana yang paling cocok untuk lunch cantik atau pun dinner mesra. Anda tidak akan kesulitan mencari lokasinya, karena Anda bisa mencapai PPPlease dengan jalan kaki dari Sejiwa Coffee. Dari luar, PPPlease sudah sangat mencolok dengan cat pink pastel dan design vintage-nya. Terus, ada lampu neon Please Please Please juga, jadi tidak mungkin Anda nyasar, deh.

Menu yang harus dicoba: Goulash Soup (40 ribu), sup daging sapi dan sayuran, disajikan dengan roti panggang dan sour cream. Rushmore (65 ribu), grilled rib eye dengan green salad, french toast dan poached egg. Spaghetti Carbonara (40 ribu) dan minumnya Maximaxing (38 ribu) yaitu blend antara semangka, nanas dan daun mint.

  • Alamat: Jalan Progo No. 37, Citarum, Kec. Bandung Wetan, 40115
  • Jam Buka: Setiap hari jam 10 pagi–11 malam, hari Jumat–Minggu jam 10 pagi–12 malam
  • Telepon: (022) 20512715
  • Instagram: @ppplease.eat

6. Sydwic

6 Cafe di Jalan Riau Bandung yang Ngehits dan Instagramable! 6

* sumber: www.traveloka.com

Sydwic adalah coffee shop yang cantik. Dari luar tempatnya terlihat kecil, tapi ketika masuk cukup luas, loh. Tempatnya bersih, adem, Instagrammable, terus yang paling asik adalah WiFi-nya, ngebut!

Walaupun tempatnya nyaman, harga kopinya termasuk terjangkau, loh. Dan, rasanya tidak abal-abal, kopi banget..! Selain kopi, ada juga makanan seperti Nasi Hainam Cabe Garam, Creamy Pasta, Chicken Quesadillas. Terus, minuman non-coffee-nya juga ada seperti Iced Matcha Latte yang enak dan tidak terlalu manis.

  • Alamat: Jalan Cilaki No. 63, Citarum, Bandung Wetan, 40115
  • Jam Buka: Setiap hari jam 7 pagi–10 malam, hari Jumat & Sabtu jam 7 pagi–11 malam.
  • Telepon: 0822-1627-7833

Selain tempat-tempat di atas, Kopi Toko Djawa, Nanny’s Pavillon, Sherlock Common Space dan Dakken Restaurant are always around the corner juga, kok. Anda bisa mengunjunginya kapan-kapan kalau ada waktu. Kafe apa yang menjadi favorit Anda di sekitar Jalan Riau, Bandung? Share di bawah, yuk!

Oh iya, kalau mau tahu cafe yang paling hits dan selalu banyak dikunjungi para muda-mudi Bandung, sebaiknya cek juga rekomendasi Cafe Hits di Bandung ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *