Keluyuran / Indonesia / Bandung / Yuk Ngopi di Cenghar Kopi Cimahi Biar Jadi Cenghar

Yuk Ngopi di Cenghar Kopi Cimahi Biar Jadi Cenghar

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Januari 2019

Kota Cimahi memang lebih dikenal dengan pusat pendidikan militernya, lebih banyak daerah militernya dibanding tempat untuk wisata khususnya wisata kuliner. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang kota Cimahi sudah makin berkembang dengan bermunculannya macam-macam restoran baru yang kebanyakan restoran cepat saji.

Tapi karena restoran cepat saji bukan tempat yang cukup enak untuk dijadikan tempat nongkrong, jadi kebanyakan orang Cimahi sendiri suka bingung kalau soal milih tempat untuk nongkrong yang enak. Dan ujung-ujungnya malah pergi ke Bandung karena lebih banyak pilihan tempatnya.

Nah, Keluyuran mau kasih tahu nih untuk kamu yang berdomisili di Cimahi supaya tidak bingung lagi. Sekarang di Cimahi kamu bisa nongkrong di satu kedai kopi yang bisa kamu kunjungin bareng teman, pacar, atau keluarga.

Nama kedai kopinya cukup mewakilkan bahasa daerah yang dipakai di Cimahi alias sunda banget, namanya Cenghar Kopi. Cenghar artinya segar atau bisa juga melek, jadi tempat yang bisa bikin kamu seger atau melek ya di Cenghar kopi.

Lokasi

cenghar kopi

Kalau kamu muter kota Cimahi pakai angkot demi cari Cenghar Kopi ini dijamin tidak akan ketemu, kenapa? Karena lokasi kopi cenghar ini tidak dilewati jalur angkot. Padahal jalanan sekitaran Cenghar Kopi ini sudah beraspal, luas dan banyak perumahan sekitarnya. Jadi dari jalan raya kamu harus pakai ojek atau nebeng motor atau mobil teman kamu.

Berada di jalan Ciawitali No. 42 Cimahi, lokasi Cenghar Kopi  ini sebenarnya terhitung cukup strategis karena dekat dengan pusat pemerintahan kota Cimahi, dekat juga dengan sekolah dan pasar tumpah (pasar yang hanya hari minggu saja). Di jajaran Kopi Cenghar ini banyak juga yang berjualan aneka kuliner yang munculnya dimulai dari sore hingga malam. Kebayang kan bagaimana ramainya?

Hanya saja kurangnya Cenghar Kopi ini adalah tidak dilewati sama angkot saja, sisanya sih banyak plusnya. Dibalik adanya kekurangan pasti ada juga kelebihannya juga, nah di bawah ini Keluyuran mau berbagi tentang pengalaman seru nongkrong di Cenghar Kopi Cimahi.

Menu

ice capucinno

Cenghar Kopi ini mulai beroperasi mulai dari jam 09.00 pagi sampai jam 10.00 malam. Keluyuran mampir ke kedai satu ini di hari minggu siang, karena cuaca sedang panas maka yang dipesan minuman dinginnya saja seperti Ice Cappucino, Frappucino, Ice chocholate, Ice Greentea.

Yang cukup bikin Keluyuran lumayan kaget adalah harganya yang bisa dibilang sangat murah dibanding kedai kopi lain. Untuk segelas Ice Cappucino dihargai hanya Rp. 12.000 saja dan yang lainnya tidak lebih dari Rp. 20.000. Walaupun terhitung murah tapi rasa boleh diadu dengan kedai kopi lain.

roti bakar cokelat

Lalu untuk pelengkapnya Keluyuran memesan roti bakar cokelat, batagor dan bakso bakar. Menu cemilan/makanan di Cenghar Kopi ini sebenarnya banyak pilihannya tapi karena masih siang jadi belum semuanya tersedia. Contohnya Surabi, padahal Keluyuran ingin coba cemilan surabinya karena banyak pilihan rasa tapi sayangnya belum bisa dipesan karena belum ready.

batagor

Kalau untuk menu cemilannya hampir semua harganya dipukul rata Rp. 15.000 saja. Dan dari apa yang sudah dipesan Keluyuran, semuanya enak-enak loh. Dimulai dari minuman, makanan sampai ke suasana Cenghar Kopi, semuanya terasa pas sekali.

bakso bakar

Cenghar Kopi sebagian besar tempatnya itu di area terbuka dan tiap mejanya ada tenda kotak yang bisa melindungi kamu dari panas dan hujan. Secara keseluruhan, kedai ini bisa menampung cukup banyak pengunjung walaupun begitu kadang kalau malam minggu tetap saja ada yang harus pakai kursi dan meja tambahan.

Kalau bicara soal malam minggu, Cenghar Kopi memang menjadi lebih ramai dari hari biasanya karena hampir setiap malam minggu kamu akan dihibur oleh penampilan band akustik yang buat malam minggu kamu dengan pacar atau teman-teman semakin asik.

Sayangnya Keluyuran datang ke Cenghar Kopi di hari minggu siang jadi belum sempat merasakan suasana malam minggu di kedai kopi satu ini. Tapi walau begitu Keluyuran tetap senang karena kalau hari minggu ada menu special dari Cenghar Kopi loh namanya Sunday Dessert.

sunday dessert

Sunday Dessert disajikan di atas piring ukuran sedang terdiri dari kue lupis ketan, kue putu ayu, mocha dan satu scope eskrim vanilla ditambah whipped cream di atasnya. Dessert satu ini memang lain daripada yang lain, dessertnya sangat tradisional tapi tetap enak sebagai makanan penutup sehabis ngopi.

Suasana

suasana cenghar kopi

Kalau bicara soal tempat, konsep Cenghar kopi ini cukup sederhana. Hampir semuanya bernuansa kayu dan yang bikin adem itu adalah banyaknya  tanaman hijau yang bisa bikin mata kita cenghar/segar. Suasana kedai satu ini buat kita jadi seperti sedang nongkrong santai di teras rumah sendiri karena memang sebagian besarnya berada di ruang terbuka.

teras cenghar kopi

Untuk tempat parkir motor atau mobil jangan kuatir karena ada lahan cukup luas di sebrang Cenghar Kopi yang memang dijadikan area parkir pengunjung kedai kopi satu ini. Nah sepertinya Cenghar Kopi udah cukup oke kan buat jadi tujuan ngopinya kamu?

Nah kalau menurut Keluyuran, Cenghar Kopi sangat direkomendasikan buat kamu  khususnya yang berada di Cimahi dan sekitarnya karena untuk tempat, menu, harga dan pelayanannya udah lumayan oke. Dan kalau masih belum kebayang lokasinya, kamu bisa lihat di peta di bawah ini ya.

Sekian ulasan tentang Cenghar Kopi, khususnya kamu orang Cimahi coba deh mampir ke Cenghar Kopi ini lalu jangan lupa bagikan pengalaman, kritik atau saran kamu di kolom komentar di bawah ulasan ini ya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi tempat nomgkrong di Cimahi lainnya yang pernah kami ulas di artikel ini.

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

INFP, Gemini, O type.

Leave A Comment