8 Curug di Purwakarta dengan Pesona Alamnya yang Memikat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purwakarta dahulunya terkenal dengan julukan Kota Pensiun, kini secara perlahan menjadi kota destinasi wisata budaya dan juga alam. Ada banyak pesona alam dari Purwakarta yang belum tergali. Satu diantara keindahannya adalah air terjun yang menghiasi alam Purwakarta.

Berikut ini adalah ulasan beberapa air terjun atau curug di Purwakarta yang dapat kamu nikmati saat singgah di kota ini.

1. Curug Tilu

Curug Tilu

Curug Tilu merupakan air terjun yang letaknya berada di Desa Ciririp. Desa tempat curug ini dahulunya sempat terisolasi, tak ada akses menuju desa ini. Tetapi saat ini telah dibangun infrastruktur menuju ke Desa Ciririp ini. Kini tempat ini menjadi terkenal dengan keindahan curug yang mempesona.

Keindahan curug ini terletak dari kealamian tempatnya yang tidak tersentuh oleh tangan  manusia. Di curug ini terdapat beberapa cekungan dengan kedalam yang bervariasi dari 1 – 1,5 meter. Curug ini tidak cocok untuk digunakan untuk berenang karena lebar leuwi-nya hanya sekitar 5 – 10 meter saja.

Di curug tilu ini terdapat mitos yang melarang orang untuk berenang pada waktu-waktu tertentu. Kamu tidak boleh berenang pada hari Selasa pukul 12.00 – 13.00 WIB. Apa tujuan dari pelarangan itu tidak ada yang tahu, tetapi sebaiknya kamu tetap menghormati kearifan lokal yang ada di sana.

  • Alamat : Kp. Gunung Buleud, Ds. Ciririp, Kec. Sukasari. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 06.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp5.000
  • Parkir : Rp5.000

2. Curug Cimata Indung

Curug Cimata Indung

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=U8kFPBN4Ft8

Curug Cimata Indung merupakan tempat wisata air terjun yang berada di Kampung Cisaat, Kecamatan Sukasari. Letak dari curug ini sendiri berdekatan dengan curug yang terkenal yaitu Curug Tilu. Cimata Indung sendiri berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti air terjun air mata ibu.

Daya tarik dari Curug Cimata Indung ini adalah alam di sekitar curug yang masih alami dan juga asri. Tempat ini juga tidak terlalu ramai sehingga cocok untuk kamu jadikan tempat untuk menenangkan diri. Air curugnya juga cantik, terlihat biru kehijauan dan bening saat diterpa oleh sinar matahari.

  • Alamat : Kp. Cisaat RT 12 RW 06, Ds. Sukasari, Kec. Sukasari. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Telpon : 0878-7977-7542
  • Jam buka : 07.00 – 17.00 WIB

3. Curug Cipurut

Curug Cipurut

Curug Cipurut merupakan satu destinasi wisata air terjun yang berada di  kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang. Letaknya yang berada di cagar alam, sehingga curug ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam I. Desa Wanayasa dan Desa Sumurugul bertindak sebagai operasional dilapangan.

Pesona alam yang tersaji sepanjang jalan menuju curug juga tidak kalah indahnya. Matamu akan disuguhi oleh rindangnya pepohonan dan juga pemandangan dari kebun teh. Lokasi curugnya yang berada di kaki gunung menjadikan air yang berada di curug terasa dingin dan menyegarkan.

Perjalanan menuju curug ini harus harus hati-hati terutama di saat musim hujan yang membuat jalan menjadi licin. Di Curug Purut ini terdapat tiga curug yang dijadikan daerah wisata. Curug utama memiliki ketinggian sekitar 25 meter, sedangkan 2 curug yang lainnya jauh lebih landai.

  • Alamat : Ds. Babakan, Kec. Wanayasa. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000
  • Parkir : Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000

4. Curug Suhada

Curug Suhada

* sumber: jelajahkhatulistiwa.com

Curug Suhana merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Sindanglaya, letaknya tepat disebelah Selatan Danau Jatiluhur. Air terjunnya terbilang tidak telalu tinggi hanya sekitar 7 meter. Curug Suhada termasuk curug yang terbesar di Purwakarta dengan air yang deras di musim hujan ataupun kemarau.

Walaupun air di curug suhada tidak jernih tetapi, curug ini memiliki panorama alam yang memikat. Udara di sekitaran curug juga sangat sejuk khas udara pegunungan. Tempat ini cocok untuk orang yang sedang mencari udara bersih, plus dapat bermain-main dengan air yang sejuk.

  • Alamat : Ds. Sindanglaya, Kec. Sukatani. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp3.000

 5. Curug Pamoyanan Indah

Curug Pamoyanan Indah

* sumber: www.wisatamantap.com

Curug Pamoyanan merupakan satu destinasi wisata yang letaknya tidak jauh dari Camping Ground Bukit Pinus Panyawangan. Perjalanan menuju curug ini, kamu kan melewati satu tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Setelah melewati goa itu kamu akan mendengarkan suara merdu dari air terjunnya.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar  25 meter, dengan air curugnya yang menyebar. Di bawah curugnya terdapat sebuah kolam dengan ukuran yang lumayan kecil yang dapat kamu gunakan untuk bermain air. Selain itu keindahan dari alam sekitar curug juga membuatnya tampak tenang dan asri

  • Alamat : Ds. Pusaka Mulya, Kec. Kiarapedes. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp3.000

6. Curug Ciseoh

Curug Ciseoh

* sumber: ramabergawa.blogspot.com

Curug Ciseoh merupakan wisata air terjun yang terbilang baru, lokasinya berada di kawasan Gunung Burangrang. Tempat ini belum terlalu populer sehingga curugnya masih alami dan asri. Perjalanan menuju curug ini kamu akan disuguhi oleh udara sekitar yang segar dengan rindangnya pepohonan.

Jalan menuju curug ini cukup menantang, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 km. Curug  yang masih berada di dalam lebatnya hutan, oleh karena itu kamu tak akan menemukan banyak fasilitas pendukung. Kamu sebaiknya membawa perbekalan sendiri, sehingga perjalanannya terasa nyaman.

  • Alamat : Kp. Babakab Peuteuy, Ds. Cihanjawar, Kec. Bojong. Kab. Purwakarta, Prov. Jabar
  • Jam buka : 24 Jam

7. Curug Ponggang

Curug Ponggang

* sumber: www.ayopiknik.id

Perbatasan diantara dua desa yang menjadi lokasi dari Curug Ponggang ini. Lebih tepatnya berada di Desa Sukajaya Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta dan Desa Ponggang Kaecamatan Serangpanjang di Kota Subang. Curug ini menjadi batas alami yang indah antara kedua desa dari kedua kota.

Daya tari dari curug ini tak hanya air terjunnya, tetapi juga keindahan alam sekitar curug yang menambah daya tariknya. Tumbuhan hijau yang tumbuh berjejer sehingga membentuk benteng alami. Pada bagian bawah air terjunnya terdapat sebuah kolam yang cukup besar dengan airnya yang segar.

  • Alamat : Ds. Sukajaya, Kec. Kiarapedes. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 24 Jam

8. Curug Mahrom

Curug Mahrom

Curug Mahrom letaknya berada di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, dengan lokasi yang cukup tersembunyi. Jalan menenuju curug ini kan kamu lalui dengan berjalan kaki dijalan setapak pada area persawahan di kiri dan kanan. Selain itu juga terdapat pemandangan perbukitan yang menemanimu.

Curug yang masih alami ini menawarkan ketenangan bagi orang-orang yang mengunjunginya. Pada bagian curug terdapat sebuah kolam dengan airnya yang berwarna kehijauan. Kini telah terdapat fasilitas pendukung yang membuat wisata kamu di curug ini akan terasa nyaman.

  • Alamat : Kp. Pagadungan, Ds. Kertamanah, Kec. Sukasari. Kab. Purwakarta, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka : 24 Jam

Itulah beberapa curug yang terdapat di Purwakarta, selain curug-curug di atas, masih banyak curug di Purwakarta yang menunggu untuk dijelajahi. Keindahan dari curug-curugnya yang masih alami dan asri menjadi pesona setiap curug di Purwakarta ini. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin melepas penat setelah lelah bekerja, merasakan ketenangan bersatu dengan alam.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *