7 Desa Terindah di Dunia, Pemandangan Alam Jadi Daya Tariknya

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 25 Januari 2021

Berlibur ke kota-kota besar sudah terbayang keseruannya. Akses transportasi yang mudah serta beberapa fasilitas penunjang yang lengkap akan membuat liburanmu jauh dari kata repot. Namun, ada beberapa desa di dunia yang kecantikannya akan membuat liburan tidak kalah berkesan.

Desa terindah di dunia yang sudah kami pilihkan berikut ini punya pemandangan alam yang menakjubkan. Segala macam kepenatan seketika bisa sirna ketika mengunjunginya. Sebelum benar-benar berkesempatan untuk berlibur ke salah satu desa cantik ini, tidak ada salahnya jika kamu membaca ulasannya terlebih dahulu sembari melihat foto-foto kecantikannya berikut ini.

1. Popeye Village, Malta

Popeye Village, Malta

  • Lokasi: Triq Tal-Prajjet, II0Mellieha, Malta
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): 14,5 euro (dewasa), 11,5 euro (anak-anak)
  • Jam Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 17.00 waktu setempat)
  • Website: https://popeyemalta.com/

Namanya mengingatkan kita kepada salah satu tokoh kartun pelaut yang legendaris. Siapa lagi jika bukan Popeye. Usut punya usut ternyata desa ini memang dibuat khusus untuk pengambilan gambar film Popeye karya Paramount Pictures dan Walt Disney pada tahun 1980-an.

Bangunan-bangunan di desa ini mulai dibuat pada 23 Januari dan selesai pada 19 Juni 1980. Seluruh bangunan didesain oleh Hans Munk Hansen, seorang arsitek asal Denmark. Selepas shooting selesai, seluruh bangunan menjadi tempat wisata sekaligus resort dengan pemandangan cantik sebab berada di pinggir laut.

2. Hallstatt, Austria

Hallstatt, Austria

  • Lokasi: Distrik Gmunden, Upper Austria
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): 1,5 euro – 43,7 euro (bergantung area wisata yang dikunjungi)
  • Jam Operasional: 08.30 – 18.00 waktu setempat
  • Website: https://www.hallstatt.net/home-en-US/

Desa terindah di dunia yang satu ini terletak di pinggir Danau Hallstatt. Ia berada di ketinggian 511 mdpl. Keindahan yang bisa kamu nikmati saat berada di sini terletak pada rumah-rumah tradisional yang dibangun sejak abad 16. Rumah-rumah dan bangunan tersebut semakin sempurna karena berlatar belakang pemandangan cantik dari Pegunungan Alpen.

Saat berada di Hallstatt kamu bisa berkeliling ke berbagai penjurunya. Mulai dari melihat keindahan Danau Hallstatt, melepas penat di Market Square, tempat toko dan café berada, dan mengagumi penambangan garam berusia 7000 tahun bernama Hallstatt Salt World. Tertarik?

3. Cinque Terre, Italy

Cinque Terre, Italy

  • Lokasi: Liguaria, Province of La Spezia, Italy
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): 7,5 euro/day – 120 euro/day/group up to 25 persons.
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Website: https://www.cinqueterre.eu.com/en/, https://www.incinqueterre.com/en/

Salah satu desa terindah di dunia yang selanjutnya harus kamu kunjungi setidaknya seumur hidup sekali adalah Cinque Terre di Italia. Desa yang terdiri atas lima wilayah ini merupakan wilayah pesisir berbukit-bukit yang terletak di Liguria dan menghadap ke arah Laut Mediterania.

Lima wilayah yang termasuk dalam Cinque Terre adalah Manarola, Vernazza, Corniglia, Riomaggiore dan Monterosso. Masing-masing wilayah tersebut memiliki kecantikan yang berbeda namun sama memesonanya. Hamparan laut yang biru jadi keindahan sejauh mata memandang. Belum lagi bangunan berusia tua penuh historis yang menambah cantik desa ini.

4. Bibury, Inggris

Bibury, Inggris

Desa Bibury di Inggris punya daya magis tersendiri. Deretan rumah-rumah kuno dari batu yang dibangun sejak abad 17 bagai sihir sehingga membuat siapa saja jatuh cinta. Ditambah kehadiran Sungai Coln serta bunga-bunga dan pepohonan yang membuat suasana semakin indah. Berlibur ke sini, kamu bagai mengunjungi sebuah negeri dongeng.

Abad ke 17, Bibury terkenal sebagai kawasan penghasil wol. Bangunan-bangunan di sini sangat dijaga kelestariannya. Karakter tradisional Desa Bibury tetap dipertahankan hingga kini. Ketika berkesempatan untuk berlibur ke sini, kamu harus jalan-jalan ke Arlington Row. Ia adalah sebuah jalan dengan deretan pondok batu yang menghadap ke aras Sungai Coln.

Di zaman dahulu, tepatnya tahun 1380, pondok-pondok yang terbuat dari batu tersebut toko wol yang diperuntukkan bagi para biara. Landscape indah yang ditawarkan Arlington Row masih menjadi salah satu daya tarik utama Bibury.

5. Shirakawa-go, Japan

Shirakawa-go, Japan

  • Lokasi: Ogi-machi, Shirakawamura, Ono-gun, Gifu Prefecture, Central Japan
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): 150 – 300 yen/children, 300 – 700 yen/adults
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00 (waktu setempat)
  • Website: https://shirakawa-go.gr.jp/ , http://ml.shirakawa-go.org/en/

Desa terindah di dunia kali ini berada di kawasan Asia, tepatnya Jepang. Desa yang dimaksud adalah Shirakawa-go. Di Shirakawa-go kamu akan menemukan rumah-rumah tradisional beratap jerami yang disebut Gassho-Zukuri. Pemandangan alamnya juga sangat luar biasa. Apalagi jika musim salju tiba. Rumah-rumah yang tertutup tumpukan salju serta cahaya dari lampu-lampu terlihat sangat cantik.

Shirakawa-go dibagi menjadi dua area yaitu Shirakawa-go di Prefektur Gifu dan Gokayama di Prefektur Toyama. Meski begitu kedua area tersebut sangat khas dengan Gassho-Zukuri, terutama di Shirakawa-go. Gassho-Zukuri di Shirakawa-go diperkirakan dibangun akhir abad ke 17. Ia masuk dalam Warisan DUnia UNESCO pada 1995 silam.

6. Giethoorn, Belanda

Giethoorn, Belanda 

  • Lokasi: Steenwijkerland, Overijssel, Netherlands
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): -
  • Jam Operasional: 10.00 – 18.00 (waktu setempat)
  • Website: http://www.holland.com/us/tourism/article/giethoorn-10.htm, https://giethoorntourism.com/

Berkunjung ke Giethoorn, kamu akan merasa sangat tenang dan damai. Pasalnya di desa ini tidak ada kendaraan bermotor satu pun. Satu-satunya sarana transportasi untuk berkeliling desa adalah perahu. Salah satu desa terindah di dunia ini terkenal sebab memiliki banyak kanal. Apabila ingin berkeliling desa menggunakan perahu, kamu harus membayar sebesar 7,5 euro/jam (harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Rumah-rumah di desa ini tampak seperti terapung tapi dikelilingi rerumputan dan pepohonan. Selain pemandangan yang indah, ada dua museum terkenal di desa cantik ini. Yaitu Museum He Olde Maat dam Museum De Oude Aarde. Keduanya memamerkan hal menarik yang tidak bisa kamu temukan di manapun. Masuk ke desa ini kamu tidak perlu membayar tiket. Kecuali ingin berkeliling menggunakan perahu.

7. Ping’an Village, China

Ping’an Village, China

  • Lokasi: Babu District, Hezhou, Guangxi, Tiongkok
  • Tiket Masuk (harga dapat berubah sewaktu-waktu): 80 RMB/person
  • Jam Operasional: 24 jam

China juga punya desa terindah di dunia, lho! Namanya adalah Ping’an Village. Desa ini terletak di Distrik Babu, Hezhou, Guangxi, Tiongkok. Daya tarik yang ditawarkan oleh desa cantik ini adalah area persawahan bertingkat-tingkat yang sudah dibuat sejak ratusan tahun lalu. Hamparan sawah yang hijau serta suhu udara yang masih sangat sejuk akan jadi suguhan utama saat kamu berlibur ke sini.

Selama berada di sini wisatawan juga punya kesempatan untuk mengenal tradisi Zhuang Minority di Guangxi. Bangunan di Ping’an Village sendiri terbuat dari kayu. Bangunan tiga lantai tersebut rata-rata dibangun pada akhir Dinasti Qing. Rumah di kawasan ini sekaligus merupakan gambaran ciri khas dari tradisi Zhuang di Utara Guangxi yang masyarakatnya memang memiliki tubuh tinggi.

Itu tadi tujuh desa terindah di dunia yang masing-masing memiliki kecantikannya sendiri. Landscape alam yang luar biasa ditambah kekhasan lainnya membuat desa-desa tersebut jadi tempat yang pas untuk berlibur. Sudah siapkan rencana liburanmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram