keluyuran web banner

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Sedang mencari tempat rekreasi yang menyenangkan? Di Bandung, ada Dusun Bambu Leisure Park yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dusun Bambu merupakan tempat rekreasi yang mengusung konsep eco friendly di atas lahan yang cukup luas.Di dalamnya, terdapat area kuliner, permainan, restoran yang unik, hingga villa di atas danau.

Dusun Bambu terletak di kaki Gunung Burangrang yang merupakan gunung api mati dengan ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut. Dusun Bambu memiliki hawa yang sejuk dan suasana yang masih asri karena lokasinya jauh dari pusat kota. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam di pegunungan sambil menikmati fasilitas yang ada.

Tempat rekreasi yang dibuka mulai tahun 2014 ini sangat menarik minat pengunjung, terutama dari luar kota Bandung, khususnya Jakarta. Jika kamu berencana liburan ke Bandung dan penasaran dengan Dusun Bambu Family Leisure Park, simak informasinya di artikel ini, ya!

Wahana dan Spot Menarik

Wahana dan Spot Menarik

Dusun Bambu Family Leisure Park dilengkapi dengan berbagai wahana dan spot menarik yang membuatmu takkan bosan datang ke sini. Mulai dari taman bermain, hingga restoran tradisional yang terletak di pinggir danau, seperti sedang berada di pedesaan. Ini dia spot menarik yang bisa disinggahi ketika liburan ke Dusun Bambu.

1. Taman Arimbi

Taman Arimbi

* sumber: www.suaraaktual.co

Dusun Bambu dikelilingi taman yang dikenal dengan nama Taman Arimbi. Ditumbuhi pepohonan, beragam bunga, dan terdapat aliran sungai kecil di tengah-tengah taman. Di sini kamu bisa mengajak anak untuk keliling taman sambil menikmati sejuknya udara di Dusun Bambu Lembang.

2. Rabbit Wonderland

Rabbit Wonderland

Sama halnya dengan tempat wisata yang berada di ketinggian, Dusun Bambu memiliki area Rabbit Wonderland, dimana kamu bisa mengajak anak untuk berinteraksi, bermain, dan memberi makan kelinci. Dilengkapi dengan rumah kelinci berbentuk unik, anak-anak bisa tahu seperti apa tempat tinggal bagi kelinci yang ada di sini.

3. Kampung Ulin

Kampung Ulin

Dusun Bambu menyediakan beragam permainan seru yang edukatif dan menyenangkan. Kampung Ulin bukan hanya sebatas playground saja, kamu bisa mengajak anak atau saudara untuk memetik buah strawberry, hingga belajar melempar pisau, paintball, dan keliling area menggunakan ATV. Semua bisa dilakukan di Kampung Ulin Dusun Bambu.

4. Rongga Budaya

Rongga Budaya

Bandung dikenal dengan budaya Sunda yang terus dilestarikan. Begitu pula dengan Dusun Bambu. Di sini kamu bisa mengenal secara langsung tentang budaya Sunda di Rongga Budaya. Tak hanya mengenal budayanya, kamu juga bisa belajar membuat alat musik berbahan dasar bambu, belajar memainkan alat musik tradisional, hingga belajar menari jaipong.

5. Insta Forest

Insta Forest

Berkunjung ke tempat wisata atau taman rekreasi, spot foto menjadi salah satu hal yang wajib dikunjungi bagi sebagian orang. Salah satu spot menarik di Dusun Bambu adalah Insta Forest. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar hutan pinus dan danau khas Dusun Bambu yang sangat memesona.

6. Lutung Kasarung Area

Lutung Kasarung Area

Lutung Kasarung merupakan cerita legenda yang beredar di Tanah Sunda. Namun di Dusun Bambu Lembang, Lutung Kasarung Area merupakan restoran yang menyediakan masakan tradisional, hingga menu suki dan barbeque yang menjadi menu spesial.

Uniknya, restoran ini menyediakan tempat makan yang menyerupai sangkar burung. Jadi kamu bisa menikmati hidangan dengan cara berbeda.

7. Restoran Purbasari

Restoran Purbasari

Selain Lutung Kasarung, Ada juga Restoran Purbasari yang menarik hati karena lokasinya berada di tepi danau. Makanan yang disediakan di sini adalah makanan khas Sunda. Makan siang atau makan malam di Restoran Purbasari serasa berada di dalam pedesaan yang jauh dari keramaian kota. Tenang dan nyaman.

Fasilitas

Fasilitas

Dusun Bambu Family Leisure Park tak hanya menyediakan spot menarik saja, tetapi dilengkapi dengan fasilitas yang tak kalah menarik. Mulai dari café di ketinggian, hingga area camping mewah bernuansa alam. Berikut ini fasilitas yang disediakan di Dusun Bambu.

1. Café Burangrang

Dusun Bambu memiliki café yang unik dan nyaman untuk nongkrong. Café Burangrang memiliki tiga area dengan pemandangan yang berbeda-beda. Café ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan meeting dengan konsep yang unik. Café Burangrang memberikan pengalaman meeting dengan nuansa alam dan pemandangan taman bunga.

2. Pasar Khatulistiwa

Ingin belanja oleh-oleh khas Bandung dan souvenir dari Dusun Bambu? Belanja saja di Pasar Khatulistiwa. Di sini menjual beragam makanan, minuman, dan pernak-pernik khas Bandung. Pasar Khatulistiwa bisa juga disebut Pusat Jajanan Serba Ada karena apa yang dijual di sini terbilang lengkap.

3. Camping Ground Dusun Bambu

Menikmati pemandangan dan udara sejuk khas Bandung Utara, lebih lengkap jika merasakan sensasi menginap dengan nuansa alam. Dusun Bambu menyediakan Camping Ground yang nyaman dan cukup mewah.

4. Kampung Layung

Bandung kini sudah tersentuh dengan dunia modern hingga ciri khas dari Tanah Sunda semakin berkurang. Namun, di Dusun Bambu kamu bisa menikmati suasana khas Sunda di ketinggian. Kampung Layung merupakan villa dengan suasana tradisional yang nyaman dan sejuk.

5. Lahan Parkir

Dusun Bambu menyediakan lahan parkir yang luas dan dapat menampung motor dalam jumlah banyak, mobil, hingga bus. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk rombongan sekolah, jadi lahan parkir sangat memadai untuk menampung tamu yang banyak.

6. Fasilitas Lainnya

  • Toilet
  • Musholla

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Menikmati fasilitas wisata dan keindahan alam di Dusun Bambu tentu sangat menyenangkan. Berikut ini informasi tentang harga tiket masuk, jam operasional, dan kisaran harga untuk glamour camping di Dusun Bambu.

  • Harga Tiket Masuk : Rp20.000 (weekday) dan Rp25.000 (weekend)
  • Camping Ground dan Kampung Layung : Mulai dari Rp1.500.000/malam
  • Jam Operasional : 09.00 – 21.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 23.00 (Sabtu – Minggu)

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Akses menuju Dusun Bambu bisa dilalui dari Bandung kota, maupun dari Cimahi. Rute yang dilalui dari Bandung adalah Jalan Setiabudi – Ledeng – Jalan Sersan Bajuri – Parongpong – masuk ke Gerbang Komando, dan tiba di Dusun Bambu.

Sedangkan dari Cimahi, rute yang bisa dilalui adalah Jalan Kolonel Masturi – Parongpong – masuk ke Gerbang Komando. Bisa juga melewati Cihanjuang, kemudian ke Parongpong. Pengunjung yang datang dari Lembang, bisa lewati Jalan Raya Lembang, kemudian masuk ke Jalan Parongpong. Rutenya cukup mudah untuk bisa sampai ke Dusun Bambu.

Penginapan di Sekitar Dusun Bambu

Penginapan di Sekitar Dusun Bambu

Dusun Bambu sudah dilengkapi dengan villa dan Camping Ground yang akan mengakomodasi selama liburan. Namun jika ingin menginap di sekitar Dusun Bambu, dapat pilih beberapa penginapan yang direkomendasikan berikut ini.

1. Penginapan Anggia

Kampung Cijanggel, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0858-7119-0542

2. Villa Flojo – Villa Istana Bunga

Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0812-2487-8343

3. Villa Sikas Istana Bunga Lembang

Jl. Mawar, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0857-9819-2662

4. Villa Agape

Komplek Villa Istana Bunga Blok J2-2B, Cihanjuang, Parongpong, Kanupaten Bandung Barat

Kontak : 0811-212-121

Demikian informasi tentang Dusun Bambu Family Leisure Park. Tempat wisata yang baru 6 tahun eksis di dunia rekreasi, menjadi salah satu wisata favorit di Bandung lho. Tertarik untuk ke sini? Yuk, ajak keluargamu liburan ke Dusun Bambu!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram