Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 22 Mei 2021

Sedang mencari tempat rekreasi yang menyenangkan? Di Bandung, ada Dusun Bambu Leisure Park yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dusun Bambu merupakan tempat rekreasi yang mengusung konsep eco friendly di atas lahan yang cukup luas.Di dalamnya, terdapat area kuliner, permainan, restoran yang unik, hingga villa di atas danau.

Dusun Bambu terletak di kaki Gunung Burangrang yang merupakan gunung api mati dengan ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut. Dusun Bambu memiliki hawa yang sejuk dan suasana yang masih asri karena lokasinya jauh dari pusat kota. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam di pegunungan sambil menikmati fasilitas yang ada.

Tempat rekreasi yang dibuka mulai tahun 2014 ini sangat menarik minat pengunjung, terutama dari luar kota Bandung, khususnya Jakarta. Jika kamu berencana liburan ke Bandung dan penasaran dengan Dusun Bambu Family Leisure Park, simak informasinya di artikel ini, ya!

Area Lembur Urang

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 1

Setelah melalui proses renovasi, Dusun Bambu Family Leisure Park terbagi menjadi beberapa area, yakni area Lembur Urang, Taman Arimbi dan area Purbasari. Nah pertama, kami akan membahas spot dan wahana menarik di area Lembur Urang terlebih dulu. Berikut daftarnya.

1. Plaza Kaulinan

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 2

Sekadar info, di area Lembur urang ini ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan mencoba aneka permainan tradisional di Plaza Kaulinan yang dikenal juga dengan nama Buruan Gede Plaza.

Di sini, kamu bisa coba ragam permainan tradisional seperti egrang batok, egrang bambu, ngadu panggal sampai gasing hiung yang seru. Bukan cuma permainannya aja yang serba tradisional, staf-staf di Dusun Bambu juga memakai pakaian tradisional Sunda, lho. Bangunan-bangunannya pun bernuansa tradisional. Unik, deh pokoknya.

Oh iya di area ini, kamu juga bisa belajar untuk memainkan musik tradisional dengan menggunakan gamelan.

2. Saung Kreatif

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 3

Selanjutnya, ada Saung Kreatif. Di sini, kamu dapat mengasah kreatifitasmu dengan membuat ragam jenis kerajinan tradisional. Misalnya, seperti membuat kerajinan dari anyaman bambu. Kamu pun dapat belajar mewarnai kain, lho. Dan pewarna yang digunakan untuk mewarnai kainnya adalah warna alami dari dedaunan. Seru ya!

3. Imah Gede

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 4

Buat kamu yang suka mendengarkan dongen atau cerita legenda dan mitos dari masa lampau, maka Imah Gede adalah spot yang wajib kamu kunjungi saat berada di Dusun Bambu.

Kenapa? Karena di tempat ini, kamu dapat mendengarkan dongeng dan cerita rakyat Sunda yang penuh filosofis dari masa lampau. Gimana, kamu tertarik?

Area Taman Arimbi & Galeri Flora Indonesia

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 5

Selain area Lembur Urang, di sini kamu bisa menyambangi area Taman Arimbi dan Galeri Flora Indonesia juga. Simak informasi selengkapnya tentang kedua area tersebut di bawah ini, yuk.

1. Taman Arimbi

dusun bambu taman arimbi

Area ini adalah sebuah taman yang cantik dan Instagram-able, nih. Taman Arimbi cocok banget buat kamu yang ingin menghabiskan waktu di Dusun Bambu dengan bersantai dan berjalan-jalan, atau bahkan berolahraga.

Tak hanya punya pemandangan yang bagus, tempat ini pun menawarkan fasilitas berupa track sepanjang empat kilometer yang dapat kamu susuri. Selain bisa dipakai untuk jalan-jalan, track-nya pun dapat kamu lalui dengan menggunakan sepeda bambu yang disediakan oleh pihak pengelola.

2. Galeri Flora Indonesia

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 6

Galeri Flora Indonesia adalah spot yang cocok buat kamu pencinta tanaman. Ya, di sini kamu bisa memboyong ragam jenis tanaman cantik untuk di bawa pulang, baik sebagai oleh-oleh atau dijadikan koleksi pribadi.

Tak hanya membeli tanaman, di Galeri Flora Indonesia ini, kamu juga bisa belajar tentang pengolahan biji kopi di Kopi Nusantara. Selain itu, kamu pun dapat menambah wawasan mengenai teh di Walini by Me.

Area Purbasari

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 7

Nah, sekarang saatnya bagi kami untuk membahas satu area lainnya yang ada di Dusun Bambu. Namanya Area Purbasari. Penasaran sama area ini? Yuk, simak langsung saja informasi berikut ini!

1. Sampan Sangkuriang

dusun bambu tempat wisata anak di lembang

Tidak lengkap rasanya kalau ke Dusun Bambu tanpa mencoba menaiki sampan, bukan. Yap, di Dusun Bambu, kamu bisa mengelilingi danau bernama Danau Purbasari yang dikelilingi bangunan tradisional Sunda. Bangunan tersebut adalah bagian dari Resto Purbasari.

2. Tegal Pangulinan

Rekreasi Bernuansa Alam di Dusun Bambu Family Leisure Park 8

Spot lainnya yang bisa kamu coba kunjungi adalah Tegal Pangulinan. Area ini merupakan sebuah area terbuka dengan rumput hijau yang membentang luas. Di Tegal Pangulinan ini, kamu bisa bersantai sambil mengobrol, foto bareng atau bahkan mengajak anak dan keponakan untuk bermain bersama.

Fasilitas

Fasilitas

Dusun Bambu Family Leisure Park tak hanya menyediakan spot menarik saja, tetapi dilengkapi dengan fasilitas yang tak kalah menarik. Mulai dari café di ketinggian, hingga area camping mewah bernuansa alam. Berikut ini fasilitas yang disediakan di Dusun Bambu.

1. Café Burangrang

Dusun Bambu memiliki café yang unik dan nyaman untuk nongkrong. Café Burangrang memiliki tiga area dengan pemandangan yang berbeda-beda. Café ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan meeting dengan konsep yang unik. Café Burangrang memberikan pengalaman meeting dengan nuansa alam dan pemandangan taman bunga.

2. Restoran Purbasari

Selain Café Burangrang, Ada juga Restoran Purbasari yang menarik hati karena lokasinya berada di tepi danau. Makanan yang disediakan di sini adalah makanan khas Sunda. Makan siang atau makan malam di Restoran Purbasari serasa berada di dalam pedesaan yang jauh dari keramaian kota. Tenang dan nyaman.

3. Camping Ground Dusun Bambu

Menikmati pemandangan dan udara sejuk khas Bandung Utara, lebih lengkap jika merasakan sensasi menginap dengan nuansa alam. Dusun Bambu menyediakan Camping Ground yang nyaman dan cukup mewah.

4. Kampung Layung

Bandung kini sudah tersentuh dengan dunia modern hingga ciri khas dari Tanah Sunda semakin berkurang. Namun, di Dusun Bambu kamu bisa menikmati suasana khas Sunda di ketinggian. Kampung Layung merupakan villa dengan suasana tradisional yang nyaman dan sejuk.

5. Shuttle Car

Sekadari info, kamu nggak perlu takut kecapaian saat berkeliling di Dusun Bambu, karena pengelola tempat wisata unik ini menyediakan shuttle car yang bisa dinaiki oleh kamu dan pengunjung lainnya secara gratis.

6. Lahan Parkir

Dusun Bambu menyediakan lahan parkir yang luas dan dapat menampung motor dalam jumlah banyak, mobil, hingga bus. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk rombongan sekolah, jadi lahan parkir sangat memadai untuk menampung tamu yang banyak. Selain lahan parkir, fasilitas lain seperti toilet dan mushala juga tersedia di sini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Dusun Bambu

Menikmati fasilitas wisata dan keindahan alam di Dusun Bambu tentu sangat menyenangkan. Berikut ini informasi tentang harga tiket masuk dan jam operasional Dusun Bambu:

  • Harga Tiket Masuk: Rp90.000 (Dewasa) dan Rp50.000 (Anak)
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.30 s.d 17.30.00 WIB

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi Km 11, Kartawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat

Akses menuju Dusun Bambu bisa dilalui dari Bandung kota, maupun dari Cimahi. Rute yang dilalui dari Bandung adalah Jalan Setiabudi – Ledeng – Jalan Sersan Bajuri – Parongpong – masuk ke Gerbang Komando, dan tiba di Dusun Bambu.

Sedangkan dari Cimahi, rute yang bisa dilalui adalah Jalan Kolonel Masturi – Parongpong – masuk ke Gerbang Komando. Bisa juga melewati Cihanjuang, kemudian ke Parongpong. Pengunjung yang datang dari Lembang, bisa lewati Jalan Raya Lembang, kemudian masuk ke Jalan Parongpong. Rutenya cukup mudah untuk bisa sampai ke Dusun Bambu.

Penginapan di Sekitar Dusun Bambu

Penginapan di Sekitar Dusun Bambu

Dusun Bambu sudah dilengkapi dengan villa dan Camping Ground yang akan mengakomodasi selama liburan. Namun jika ingin menginap di sekitar Dusun Bambu, dapat pilih beberapa penginapan yang direkomendasikan berikut ini.

1. Penginapan Anggia

Kampung Cijanggel, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0858-7119-0542

2. Villa Flojo – Villa Istana Bunga

Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0812-2487-8343

3. Villa Sikas Istana Bunga Lembang

Jl. Mawar, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

Kontak : 0857-9819-2662

4. Villa Agape

Komplek Villa Istana Bunga Blok J2-2B, Cihanjuang, Parongpong, Kanupaten Bandung Barat

Kontak : 0811-212-121

Demikian informasi tentang Dusun Bambu Family Leisure Park. Tempat wisata yang baru 6 tahun eksis di dunia rekreasi, menjadi salah satu wisata favorit di Bandung lho. Tertarik untuk ke sini? Yuk, ajak keluargamu liburan ke Dusun Bambu!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram