Yuk, Bersantai Sambil Belajar di Taman Sejarah Bandung!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain Taman Film, Bandung masih punya banyak taman tematik yang bisa dikunjungi. Taman Sejarah Bandung adalah salah satunya. Taman yang tergolong baru ini cocok untukmu yang ingin bersantai sejenak. Tempat wisata ini pun juga bisa bikin kamu belajar soal sejarah kota Bandung.

Menurut Ridwan Kamil, taman ini memang sengaja dibangun sebagai tempat wisata yang memiliki unsur edukasi. Terutama, bagi anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa yang mau lebih mengenal sejarah kota Bandung.

Penasaran dengan Taman Sejarah Bandung? Sebelum kesini, baca dulu yuk ulasan selengkapnya berikut ini!

Spot Menarik di Taman Sejarah Bandung

Spot Menarik di Taman Sejarah Bandung

* sumber: taman-sejarah-bandung.business.site

Taman Sejarah Bandung menyediakan beberapa spot menarik yang bisa disambangi. Jangan sampai melewatkan beberapa spot tersebut selama nanti kamu berada di Taman Sejarah Bandung. Adapun beberapa spot yang dimaksud adalah:

1. Kolam Renang

Kolam Renang

* sumber: artspace.id

Jika nanti kamu mengajak adik atau saudaramu yang masih kecil, kamu bisa ajak mereka ke spot ini. Di sini, mereka bisa berenang sepuasnya di kolam yang dangkal.

Kamu pun juga boleh ikut berenang di dalamnya. Spot ini bisa kamu akses tanpa membayar uang sepeser pun alias gratis. Namun, pastikan kamu membawa baju ganti, ya!

2. Mural dan Relief Sejarah Kota Bandung

Mural dan Relief Sejarah Kota Bandung

* sumber: lifestyle.okezone.com

Tak jauh dari area kolam renang, kamu bakal menemukan sebuah mural menarik. Dikatakan menarik karena mural tersebut berisi gambar berwarna-warni yang menggambarkan sejarah kota Bandung.

Kamu bisa jadi lebih tahu bagaimana kota Bandung terbentuk dari mural tersebut. Tak hanya sebagai tempat belajar sejarah, mural tersebut juga cocok dijadikan spot berfoto ria.

Selain mural, ada juga relief-relief unik yang tersebar di beberapa sudut taman. Relief-relief tersebut menggambarkan beberapa orang yang pernah memimpin kota Bandung. Alias, wali kota Bandung di masa-masa yang lalu.

3. Museum Sejarah Bandung

Museum Sejarah Bandung

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Seperti spot sebelumnya, spot ini juga bisa menjadi tempatmu belajar sejarah kota Bandung. Bedanya, spot satu ini akan menyajikan informasi yang lebih detail soal sejarah kota Bandung.

Museum Sejarah Bandung sudah didesain secara fresh dan modern. Sehingga, tidak terkesan seperti museum pada umumnya yang terkesan kaku dan sedikit menyeramkan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Sejarah

Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Sejarah

* sumber: blog.reservasi.com

Seperti taman tematik lainnya di Bandung, Taman Sejarah Bandung juga tidak menerapkan biaya tiket masuk sama sekali. Walau begitu, kamu harus tetap membawa uang untuk sekadar jajan, atau membayar biaya parkir sebesar Rp2.000.

Parkir yang disediakan taman satu ini hanyalah untuk parkir motor saja. Untuk jam operasional, Taman Sejarah Bandung selalu buka setiap hari selama 24 jam.

  • HTM : Gratis.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.

Fasiltas di Taman Sejarah Bandung

Fasiltas di Taman Sejarah Bandung

* sumber: www.travellink-indonesia.com

Tak hanya wahana semata, Taman Sejarah Bandung juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas di sini bisa bikin kamu nyaman selama piknik di Taman Sejarah Bandung. Fasilitas-fasilitas yang dimaksud adalah:

1. Lampu-Lampu Cantik

Seperti halnya beberapa taman tematik di Bandung, Taman Sejarah juga dilengkapi dengan lampu-lampu cantik. Lampu-lampu tentunya akan terlihat cantik kala malam tiba. Oleh karenanya, sebisa mungkin untuk datang di waktu malam, untuk bisa melihat fasilitas satu ini.

2. Petugas Kebersihan dan Keamanan

Kebersihan di taman ini akan senantiasa terjaga, lantaran adanya petugas kebersihan yang aktif bertugas. Walaupun sudah ada mereka, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan di taman ini, ya!

Taman Sejarah juga dilengkapi fasilitas lain berupa tenaga keamanan. dengan adanya fasilitas ini, keamanan di Taman Sejarah pun bisa terjaga dengan baik.

3. Bandung Planning Gallery

Bisa dibilang kalau ini adalah fasilitas yang cukup baru di Taman Sejarah. Diresimakan pada 2017 silam, fasilitas ini menyajikan bandung dari tiga fase. Masa lalu, masa kini, dan Bandung di masa yang akan datang.

Fasilitas ini sudah dilengkapi aplikasi Virtual Reality dan aplikasi khusus Google Store. Untuk aplikasi kedua, kamu bisa mengunduhnya via ponsel pintarmu. Nantinya, aplikasi itu akan menyajikan narasi soal kota Bandung. Fasilitas ini bisa diakses setiap Senin sampai Sabtu pukul 09.00 – 16.00 WIB.

4. Tempat Parkir

Kalau fasilitas ini sudah kita singgung di subjudul “Tiket Masuk dan Jam Operasional”. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, kalau fasilitas ini hanya menampung motor saja.

Kalaupun kamu membawa mobil, kamu mau tak mau harus memarkirkannya di tempat lain. Semisal di Bandung Indah Plaza (BIP), ataupun Taman Balai Kota. Biaya parkir motor di Taman Sejarah sendiri kurang lebih Rp2.000.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: yourbandung.com

Taman Sejarah Bandung berada di Jalan Aceh No. 53, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Berdampingan dengan Gedung DPRD Bandung, serta Balai Kota Bandung. Untuk bisa ke taman ini, kamu bisa naik kendaraan umum maupun pribadi.

  • Kendaraan Umum

Banyak kendaraan umum yang bisa kamu pakai untuk bisa ke Taman Sejarah Bandung. Dua di antaranya adalah angkot 02 Cicaheum – Kebon Kelapa (via Jl. Aceh), serta angkot Sadang Serang – St. Hall.

Khusus untuk angkot kedua, kamu mesti mengaksesnya dari wilayah Sadang Serang dan sekitarnya. Supaya, kamu bisa betul-betul sampai di seberang Taman Sejarah Bandung.

  • Kendaraan Pribadi

Karena hanya menerima parkir motor, maka sebaiknya kamu ke Taman Sejarah dengan memakai motor saja. Kamu bisa mengambil arah rute Dago atau rute Jalan Belitung untuk bisa sampai ke taman satu ini. Adapun untuk memarkirkan motormu, kamu harus berputar arah dulu lewat jalan Wastukencana.

  • Alamat : Jalan Aceh No. 53, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Hotel di Sekitar Taman Sejarah Bandung

Hotel di Sekitar Taman Sejarah Bandung

* sumber: beritabaik.id

Sebelum atau setelah ke Taman Sejarah, kamu bisa menginap di hotel-hotel sekitaran Taman Sejarah Bandung. Adapun beberapa di antaranya yang kami sarankan adalah:

  • Best Western Premier La Grande, Jalan Merdeka o. 25-29, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. 90 Meter dari Taman Sejarah Bandung.
  • Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera No. 51, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. 200 meter dari Taman Sejarah Bandung.
  • Serela Merdeka Hotel, Jalan Purnawarman No. 23, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116. 400 meter dari Taman Sejarah Bandung.
  • eL Hotel Royale Bandung, Jalan Merdeka No. 2, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111. 670 meter dari Taman Sejarah Bandung.

Taman Sejarah Bandung adalah taman tematik di Bandung lainnya yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjunginya seorang diri, atau bersama dengan adik/saudaramu yang masih kecil. Di Taman Sejarah Bandung, kamu bisa bersantai, piknik, dan sekaligus belajar sejarah kota Bandung.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi liburan buatmu. Bagikan ke orang-orang sekitar bila artikel ini dirasa bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *