Mengenal Angklung Lebih Dalam di Saung Angklung Udjo

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 17 Oktober 2020

Pernahkah kamu menonton pertunjukan musik angklung? Kalau belum, sempatkan datang ke Saung Angklung Udjo di Bandung. Saung Angklung Udjo adalah destinasi edukasi dan rekreasi khas Sunda yang dimiliki oleh Mang Udjo. Suasana khas sunda yang didominasi bambu dan alam membuat tempat ini menjadi lebih harmonis.

Di sini kamu tak hanya bisa melihat proses pembuatan angklung atau workshop tapi juga pertunjukan yang menyertakan angklung di dalamnya. Bahkan Marc Marquez pernah berkunjung ke sini, lho. Sebelum mendatanginya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Wahana atau Spot Populer

Saung Angklung Udjo populer dengan pertunjukannya yang seru untuk dinikmati. Pertunjukannya dibagi menjadi beberapa aktivitas:

1. Wayang Golek

Pertunjukan pembuka dari rangkaian pertunjukan di Saung Angklung Udjo adalah wayang golek. Wayang golek merupakan boneka kayu khas Sunda yang menampilkan sandiwara tertentu. Pertunjukan wayang golek di sini tetap mencerminkan kebudayaan Sunda tapi disesuaikan dengan jaman.

Nah, biasanya pertunjukan Wayang Golek semalam suntuk tetapi di Saung Angklung Udjo, pertunjukan berdurasi sekitar 10 – 20 menit saja. Tenang, kamu tak akan bosan melihatnya karena pembawaan dalang yang cukup ekspresif dalam memainkan wayang. Pada akhir pertunjukan, tersemat pesan moral yang bisa dipetik dari sandiwara tersebut.

2. Helaran

Helaran

* sumber: www.wisataidn.com

Pertunjukan selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah helaran. Helaran adalah atraksi yang biasa dilakukan saat upacara khitanan atau panen padi. Tujuan diadakan helaran adalah untuk mengucapkan syukur serta menghibur. Oleh sebab itu, musik yang dimainkan terdengar riang dan semangat.

Pertunjukan Helaran di Saung Angklung Udjo akan dimainkan oleh pemain anak-anak dan beberapa pemain dewasa. Merek akan bernyanyi khas Sunda sambil menari. Nah pada bagian ini, anak-anak didik Saung Angklung Udjo akan memberikan pertunjukan angklung yang menarik.

 3. Tarian

Tarian

* sumber: abigailrental.com

Setelah anak-anak melakukan helaran, akan muncul musik yang mengiringi Tari Topeng. Para pemain akan keluar menggunakan topeng berwarna merah lalu menari mengikuti irama. Tari Topeng ini berkisah tentang pembawa berita dari Majapahit untuk menyelidiki kerajaan Blambangan.

Pada bagian ini, kamu juga bisa melihat pertunjukan tarian lain seperti Tari Merak yang dibawakan oleh beberapa penari perempuan dalam balutan kostum yang berwarna cantik. Tari Merak lebih merupakan tarian kreasi yang menceritakan kehidupan burung merak.

4. Perkenalan berbagai Alat Musik dari Bambu

Perkenalan berbagai Alat Musik dari Bambu

* sumber: anekatempatwisata.com

Kalau biasanya kita melihat angklung dalam ukuran normal, di sini kamu akan disuguhi pertunjukan angklung mini yang dimainkan oleh anak kecil. Lagunya pun lagu sederhana namun terdengar apik dimainkan.

Tak hanya itu, pada pertunjukan penyambungnya, kamu juga akan dikenalkan dengan alat musik bernama Arumba. Alat musik ini terbuat dari bambu yang bertangga nada diatonik. Nada yang dihasilkan bisa membuat telinga kamu berdendang kesenangan. Arumba sendiri kepanjangan dari Alunan Rumpun Bambu.

5. Angklung Orkestra

Angklung Orkestra

* sumber: www.naf-arf.com

Pada bagian ini, kamu akan melihat pertunjukan yang dimainkan oleh beberapa orang pemain memainkan lagu nusantara. Nantinya juga ada penari yang disesuaikan dengan lagu yang dimainkan. Lagu nusantara tersebut ada Bungong Jeumpa, Tor-Tor, Anging Mamiri, Poco-Poco, serta Rambate.

Tak hanya itu, ada lagu sederhana seperti Balonku, Twinkle Twinkle Little Star sampai lagu dangdut yang dimainkan oleh angklung orchestra. Suara yang dikeluarkan pun benar-benar membuat siapa pun yang mendengarkan bisa terhanyut suasana.

6. Bermain Angklung Bersama

Bermain Angklung Bersama

* sumber: www.naf-arf.com

Setelah puas melihat para anak didik menggelar pertunjukan, saatnya kamu sebagai penonton bisa bermain angklung. Kamu akan dipinjamkan satu angklung dengan tangga nada yang bisa berbeda dengan sebelahmu.

Nanti akan ada seorang dirigen yang memberikan kode berbentuk tangan sebagai aba-aba angklung mana yang perlu digoyangkan. Sebelumnya, kamu akan diberikan petunjuk bagaimana membunyikan angklung dengan benar agar terdengar lebih maksimal dan indah.

7. Menari Bersama

Menari Bersama

Keseruan bermain angklung bersama bisa meningkatkan kecintaan pada alat musik satu ini. Tentu, ditutup dengan menari bersama tarian tradisional Jawa Barat. Pengunjung akan diajak untuk turun ke area pertunjukan dan menari bersama. Kamu bisa mengikuti tarian yang dicontohkan para penari. Musik yang mengiringi pun riang dan menyenangkan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

* sumber: komunitasaleut.com

Tertarik menikmati pertunjukan di Saung Angklung Udjo? Ada tiket masuk pertunjukan yang harus kamu bayar. Terkesan mahal tapi sangat layak untuk dikeluarkan, lho.

  • Harga Tiket Masuk: Mulai dari Rp50.000 untuk anak-anak (setiap hari) dan mulai dari Rp70.000 untuk dewasa (setiap hari)
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 15.30 – 17.00 WIB

Untuk pertunjukan angklung memiliki jadwal sendiri yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Hari Sabtu ada dua pertunjukan yang diadakan pada pukul 13.00 WIB dan 15.30 WIB sedangkan hari Minggu, pertunjukan angklung dilakukan pada pukul 10.00 WIB dan 15.30 WIB.

Harga tiketnya tentu ada perbedaan. Pada hari biasa, tiket anak dikenakan biaya Rp50.000 dan dewasa dikenakan biaya Rp70.000. Untuk tiket pengunjung internasional dikenakan Rp70.000 untuk anak dan Rp110.000 untuk dewasa.

Bila kamu datang saat akhir pekan dan libur, tiket yang diberlakukan berbeda. Untuk anak dikenakan Rp55.000 dan dewasa dikenakan Rp75.000. Sedangkan pengunjung internasional dikenakan biaya Rp80.000 untuk anak dan Rp120.000 untuk dewasa. Tiket ini tentu termasuk dengan pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo.

Fasilitas

Menikmati Saung Angklung Udjo bisa lupa waktu. Tapi tenang saja, kamu tetap akan merasa nyaman dan terfasilitasi saat berkunjung ke sini. Ini karena kebutuhan dasar akan wisata bisa terpenuhi di sini.

1. Toilet

Saung Angklung Udjo memiliki toilet bersih yang memanfaatkan bambu. Memang sistem open air dan memanfaatkan cahaya alami matahari, tapi kamu tetap merasa privacy. Selain itu, toiletnya pun bersih dan nyaman untuk digunakan.

2. Tempat Makan

Saat kamu selesai menikmati pertunjukan Angklung, kamu bisa menyantap makanan khas Bandung seperti siomay dan batagor. Bila ingin masakan barat pun ada. Kamu bisa mendapatkannya di Wisata Kuliner Dapoer Angklung.

3. Toko Souvenir

Tertarik dengan kesenian khas Sunda? Kamu bisa berbelanja souvenir sebagai oleh-oleh di Saung Angklung Udjo. Ada beragam jenis souvenir yang bisa kamu beli, seperti kipas, gantungan kuci, sandal, alat musik gambang, kendang, tas, gelang, sampai replika angklung. Lokasi toko souvenir di sini dekat dengan loket tiket masuk.

4. Fasilitas lain

Lahan parkir dan mushola tersedia di sini. Lahan parkir area ini bisa mengakomodasi tak hanya roda dua dan roda empat melainkan bus pariwisata. Mushola juga disediakan dekat ruang tunggu. Walau kecil tapi nyaman untuk digunakan beribadah umat muslim.

Alamat dan Akses Transportasi

Memang Saung Angklung Udjo berlokasi masuk ke dalam bukan tepat di pinggir jalan raya. Akan tetapi ketenarannya sudah merambah ke dunia internasional, sudah banyak yang mengetahui keberadaan Saung Angklung Udjo bagi masyarakat yang tinggal di sekitar. Apalagi adanya plang penunjuk jalan tentu memudahkan.

Walau ia masuk ke jalan tetapi kendaraan roda empat sampai bus pariwisata pun bisa masuk dan parkir di halamannya. Kalaupun tak ingin menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum yang cukup mudah ditemukan, yaitu angkot nomor 06 rute Cicaheum-Ciroyom. Lalu turun di perempatan Padasuka. Setelah itu, silakan berjalan kaki sejauh 500 meter atau menggunakan ojek menuju lokasi persis Saung Angklung Udjo.

  • Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Bandung, Jawa Barat
  • Telepon: (022) 7271714

Hotel di Sekitar Saung Angklung Udjo

Menikmati suasana di Saung Angklung Udjo memang bisa lupa waktu. Namun tenang saja. Terdapat beberapa penginapan yang dekat dengan tempat wisata seni dan budaya satu ini. Beberapa di antaranya adalah Prime Park Hotel Bandung dan Deer Apartemen.

Prime Park Hotel Bandung adalah hotel terdekat yang berjarak sekitar 1,8 km dari Saung Angklung Udjo. Fasilitas yang diberikan ada lounge, restoran, kolam renang, parkir, wi-fi gratis, laundry service, fitness sampai kamar tanpa rokok. Semua ini bisa kamu nikmatin dengan rate mulai dari Rp370.000 per kamar/malam.

Nah, kalau kamu lebih menyukai menginap di apartemen untuk kemudahan dan akses dapur sendiri, bisa mencoba unit yang ada di Deer Apartemen. Fasilitas di dalam unit tentu ada dapur, dua kamar, serta wi-fi sedangkan fasilitas dari apartemen ada kolam renang, tempat fitness, sampai tempat parkir memadai. Kamu bisa menikmatinya dengan rate mulai dari Rp450.000.

  • Prime Park Hotel Bandung (Bintang 4): Jalan Penghulu Haji Hasan Mustofa Nomor 47/57 Neglasari, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat – Jarak sekitar 1,8 km.
  • Deer Apartment Unit (apartemen): Jalan Ahmad Yani Nomor 669, Gateway Apartment Shapire C Tower, Bandung, Jawa Barat – Jarak sekitar 1,8 km.

Seru sekali ya? Kamu bisa lho mengajak teman, saudara, keluarga bahkan si kecil untuk mengenal lebih dekat dengan alat musik khas Sunda satu ini. Jangan lupa juga bila kamu memiliki kerabat yang berasal dari luar negeri, bisa mengajaknya mengunjungi Saung Angklung Udjo sebagai perkenalan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram