Makan Sampai Kenyang di AYCE Jiganasuki Bandung

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 29 Juli 2020

Halo, kembali lagi di food review Keluyuran! Kali ini kami berkesempatan mengunjungi Jiganasuki di Jalan Sukajadi no. 201, Bandung. Jiganasuki merupakan tempat makan suki dan bbq 'all-you-can-eat' yang lagi ngehits banget di Kota Kembang ini.

Kenapa ngehits? karena Jiganasuki suka ngadain promo gila-gilaan seperti diskon 50%. Selain itu, di Jiganasuki tidak ada batas waktu, jadi kamu bisa makan berjam-jam di sini tanpa diusir. Asyik banget, kan?

jiganasuki

Kalau di salah satu restoran suki dan bbq terkenal, sebut saja inisialnya Hanamasa (ini sih bukan inisal :D). Di sana itu diwaktu cuma bisa makan selama satu setengah jam. Padahal kita kan butuh waktu untuk masak suki dan bbq-nya, jadi kurang puas, deh, akhirnya. Nah, kalau di Jiganasuki, kamu bisa masak dan makan sambil santai, karena di sini tidak diberi batas waktu tertentu.

Dan.. yang paling serunya lagi, di Jiganasuki semuanya disediakan dalam buffet, jadi kamu bebas mau mengambil seberapa banyak pun tanpa takut di-judge sama pegawainya.

Kecuali untuk daging sapi, para pegawainya yang akan datang menawarkan apa kamu mau tambah, lalu mereka akan mengantarkannya ke meja kamu. Pegawainya baik-baik dan cekatan, kok, jadi nyaman walaupun berlama-lama di sana. Nah, sekarang mari kita kenali lebih dalam tentang Jiganasuki!

Sejarah Jiganasuki

Sejarah Jiganasuki

Jiganasuki berdiri sejak tahun 2016 lalu. Jiganasuki berada di area Sukajadi Square atau yang lebih beken dipanggil Suqu. Kalau yang belum familiar dengan daerah Sukajadi, gedung Jiganasuki ini dulunya adalah Papaya Supermarket. Tempat Jiganasuki cukup besar, ditambah gedungnya menyatu dengan resto Sugar Bloom, jadi kamu bebas mau pilih duduk di Jiganasuki atau di Sugar Bloom.

Jiganasuki tidak pernah sepi pembeli, loh. Apalagi ketika bulan ramadhan, tempat ini selalu penuh untuk acara buka puasa bersama. Setiap kali ada yang sudah selesai makan, akan selalu ada orang-orang baru yang mengisi meja. Makan suki dan bbq di Jiganasuki enak dan puas banget, sih! Kalau kamu orang Sunda atau tahu bahasa Sunda mungkin kamu agak aneh mendengar nama restoran ini, karena 'jigana' artinya adalah 'seperti' dalam bahasa Indonesia. Jadi terdengar meragukan, ya? Tapi, ternyata, suki dan bbq di sini juara banget!

Sejarah Jiganasuki

Keluyuran tidak sempat menanyakan sejarah nama Jiganasuki dan kapan tanggal tepatnya restoran ini berdiri karena waktu itu kami mampir pada malam hari (mendekati jam tutup resto). Jadinya kami tidak enak mengganggu para pegawai yang sibuk bersih-bersih dan menutup resto, karena mereka pasti ingin cepat-cepat pulang. Mungkin kalau kami berkesempatan ke sana lagi, akan kami tanyakan detilnya.

Menu di Jiganasuki

Menu di Jiganasuki

Sayang banget!! Keluyuran tidak sempat memotret menu di Jiganasuki, karena menunya dibawakan dan langsung diambil lagi oleh pegawainya. Tapi kami ingat ada tiga paket di sini, yang merupakan paket pilihan daging. Sayangnya lagi, kami lupa nama paketnya apa saja, hiks.

Selain itu, ada juga paket suki yang sudah plus free US Beef kalau kamu beruntung datang saat promonya masih ada. Tempat US Beef-nya unik banget, digantung di kayu berwarna merah, jadinya seperti jemuran baju. Di bagian bawahnya ada banyak sekali es batu yang berfungsi untuk menjaga daging tetap segar.

US Beef

Untuk kuah suki, di Jiganasuki itu bebas MSG! Jadi, pastinya sehat banget, dong. Pilihan kuahnya pun banyak banget! Di antaranya ada kuah original, Thai TomYum, Chinese Herbal, Spicy Herbal, Korean Tomato, Spore Laksa, Japanese Mushroom, dan yang paling baru ada kuah Collagen yang dapat membuat kita awet muda!

Di Jiganasuki juga tersedia aneka Dim Sum dan ada Gyoza juga, loh. Sepertinya tiap ke Jiganasuki ada menu baru terus, deh, hehe. Jadi para pelanggannya tidak akan bosan makan di sana.

Pesanan Kami

Tempat

Waktu itu kami datang saat ada promo diskon 50%. Kami memesan paket Silver yang berisi satu pilihan daging, yaitu US Beef saja. Harga paket Silver adalah 99k++. Untuk dua paket lainnya tentunya lebih mahal sekitar 40k ke atas, tapi ada harga ada kualitas dan kuantitas. Untuk dua paket lainnya diberi pilihan US Beef + New Zealand Beef, dan US Beef + New Zealand Beef + Wagyu.

Tidak cuma daging sapi saja, dengan harga 99k++ kamu bebas mengambil semua menu yang ada di sana, loh! Kamu bisa mengambil semua makanan mulai dari isian suki, dessert, minum, sup, dan masih banyak lagi! Kami sampai berkali-kali kembali ke buffet karena pilihan makanannya banyak banget.

Untuk sup, waktu itu ada sup asparagus dan sup kacang hijau. Lalu ada juga sereal Koko Crunch dan Corn Flakes (plus susu dingin!). Untuk dessert-nya tersedia bergalon-galon eskrim dengan berbagai macam rasa, aneka puding, dan macam-macam cake. Minumannya banyak banget, ada teh, cola, orange juice, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan jadinya juga ada loh sebagai appetizer. Ada aneka olahan pasta, ikan, ayam, hingga sushi.

Pesanan Kami

Untuk paket Silver, kami diberi dua pilihan kuah (bebas mau yang mana saja). Pilihan kuahnya ada yang original, TomYam Thailand, hingga aneka sup collagen (menu baru Jiganasuki). Karena penasaran dengan sup kolagen, kami pun memesan kuah Seafood Collagen dan TomYam Thailand.

Untuk kuah TomYam tidak ada masalah, hanya saja kuahnya terlalu sedikit (setengah porsi kuah kolagen), dan rasanya kurang nendang. Tapi overall oke-oke saja. Di dalam kuahnya ada beberapa rempah dan tentunya banyak cabai rawitnya.

Sayangnya, untuk kuah kolagen rasanya aneh. Mungkin saja kamu suka, tapi kalau kami kurang familiar dengan rasanya, jadi tidak terasa terlalu enak. Mungkin kalau ditambah bumbu yang tersedia di sana seperti daun bawang, bawang goreng, bawang putih, dan bumbu lainnya bisa jadi lebih familiar di lidah. Diluar rasa yang cukup mengagetkan, kuah kolagen itu punya khasiat meremajakan kulit dan membuat kamu menjadi awet muda.

Pesanan Kami

Karena rasa kuahnya tidak begitu 'nendang', akhirnya kami jadi nyuekin suki dan fokus pada bbq-nya. Dagingnya enak banget, sih, panjang dan tebal, jadi puas banget makannya. Lapisan lemaknya juga enak banget, chewy dan lumer di mulut. Akhirnya kami minta satu porsi daging lagi saking enaknya. Untuk Anda yang muslim tidak perlu khawatir karena di sini semua menunya Halal.

Harga

Harga

Karena Keluyuran tidak punya foto menunya, kami jadi tidak bisa memberi tahu detil harga setiap menu di sini, hiks. Pokoknya waktu itu kami makan paket Silver yang seharga 99k++. Itu merupakan harga setelah diskon 50%, ya. Untuk paket ini, kami hanya mendapat suki dengan dua pilihan kuah. Kalau kamu mau tambah grill untuk bakar-bakar daging, kamu dikenai charge lagi sekitar 25k.

Mentoknya setelah dihitung-hitung, kami menghabiskan 150k per orang. Itu waktu diskon setengah harga, ya! Kalau harga aslinya mungkin sekitar 200-300 ribu per orang untuk sekali makan di sini. Cukup mahal, ya? Tapi benar-benar puas kok, makan di sini. Bahkan saat mau pulang kamu masih ditawari Pannacota dan Cheese Cake, loh! Pokoknya tidak akan menyesal makan di Jiganasuki, worth it!

Tempat

Pesanan Kami

Jiganasuki yang tim Keluyuran datangi adalah yang di Jalan Sukajadi No. 201, Bandung. Patokannya adalah gedung Sukajadi Square (seberang gedung Mayfair). Kalau dari Paris Van Java tinggal ikuti jalan saja sekitar 500 m ke atas.

Over all puas banget makan di Jiganasuki! Kalau dihitung-hitung, kami datang dari jam setengah sembilan sampai mendekati jam akhir (jam 11 malam), jadi tempatnya lebih sepi dan jadinya tidak malu untuk bolak-balik mengambil makanan :p. Kalau ditanya: mau balik lagi ke Jiganasuki? Jawabannya adalah mau!

Intip keseruan tim Keluyuran makan sampai puas di Jiganasuki di sini:

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram