10 Hal yang Membuat Negara Jepang Unik dan Menarik

Ditulis oleh Randi Mulyadi - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Beberapa tahun terakhir, Jepang telah menjadi tujuan wisata favorit pelancong dunia. Termasuk dari Indonesia. Jepang memiliki sederet alasan untuk dikunjungi. Pesona alam, kecanggihan teknologi, budaya yang masih kental, dan tentu saja keunikan yang hanya ditemukan di negeri Sakura tersebut.

Jepang memang terkenal dengan hal-hal yang unik. Mulai dari benda-benda hingga kebiasaan penduduknya. Di bawah ini, Keluyuran akan memperkenalkan hal-hal unik dan menarik dari Negara Jepang.

1. Anime and Manga

Anime and Manga

* sumber: screenrant.com

Anime adalah istilah kartun dari Jepang. Manga merupakan komik asal Jepang. Perbedaan dengan negara lain adalah detail dan alur cerita. Keduanya juga tidak hanya ditujukan untuk anak-anak saja, tetapi mereka yang telah dewasa.

Anime pertama yang tercipta pada masa sekitar tahun 1907. Saat itu dikenal sebagai Katsudō Shashin atau Gambar Bergerak). Durasinya sekitar tiga detik namun menggunakan 50 frame. Sedangkan manga pertama yang ditulis adalah Astro Boy pada 1950-an. Manga ini pun diangkat dalam anime pada 1963 yang kemudian di putar di luar negeri.

Manga dan anime telah menjadi gaya hidup. Keduanya telah menyebar luas dan bahkan sukses di berbagai penjuru dunia. Misalnya Dragon Ball, One Piece, dan Naruto. Maka tak heran jika Jepang adalah ikon daripada keduanya. Siapa pun yang berkunjung ke Jepang, kedua hal tersebut bakalan mudah ditemukan.

2. Geisha, Geiko, Hangyoku, and Maiko

Geisha, Geiko, Hangyoku, and Maiko

* sumber: gogonihon.com

Semuanya adalah wanita penghibur. Tapi, bukan dalam artian yang negatif. Mereka dilatih secara professional untuk menjadi seorang penghibur. Yang membedakan, adalah dari tingkatannya.

Maiko, merupakan tingkatan bagi perempuan yang masih dalam pelatihan. Mereka biasanya ditemukan di Kyoto. Ini adalah tingkat awal untuk menjadi penghibur professional. Setelah tingkat Maiko selesai, para perempuan akan menuju level Geiko.

Geiko adalah Maiko yang telah memiliki bakat khusus seperti keterampilan suara, persiapan ritual kebudayaan, dan lainnya. Mereka tidak dikatakan lagi magang, tetapi seorang profesional yang memenuhi syarat. Geiko juga tersebar di wilayah Kyoto dan begitu ramah.

Hangyoku hampir sama seperti Maiko. Hanya sebutan ini biasanya terdapat di luar Kyoto. Permintaan besar untuk Hangyoku datang dari Tokyo. Para perempuan harus memiliki keterampilan dalam jamuan professional atau pertemuan penting.

Geisha adalah level paling tinggi untuk para perempuan penghibur. Mereka memiliki tugas yang penting. Para Geisha akan menemani tamu penting mengobrol, minum, dan ikut serta dalam kegiatan budaya seperti upacara minum teh. Selain itu, tugas mereka adalah mempromosikan kegiatan budaya.

3. Ojigi atau Budaya Membungkuk

Ojigi atau Budaya Membungkuk

* sumber: www.artforia.com

Ojigi telah dilakukan orang Jepang sejak tahun 500-an. Budaya ini sebenarnya berasal dari China yang disampaikan dalam agama Budha. Ojigi dilakukan untuk menunjukkan status seseorang. Misalnya, seseorang memberi salam kepada mereka yang kedudukannya lebih tinggi, seseorang harus membungkuk untuk memberi tanda bahwa mereka bukanlah ancaman.

Meski demikian, Ojigi masih dilakukan hingga saat ini. Hanya saja, berbeda cara penggunaanya. Ojigi sekarang lebih sering dilakukan untuk berterima kasih, memohon sesuatu, memberi selamat, dan meminta maaf. Orang Jepang dari anak-anak hingga orang dewasa harus tahu caranya melakukan ojigi dengan benar untuk dapat bergaul dengan baik dalam masyarakat.

4. Pertarungan Sumo

Pertarungan Sumo

* sumber: www.jtbtravel.com.au

Pertarungan Sumo telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Sejak periode Edo. Namun, asal sejarah Sumo berasal dari ritual Shinto. Pertarungan Sumo hanya terdapat di Jepang. Hingga saat ini, kegiatan tersebut masih dilakukan. Bahkan telah menjadi olahraga dengan para pemainnya yang professional.

Rasanya kurang afdol jika kita berkunjung ke Jepang tanpa melihat pertandingan sumo. Jadi, alangkah baiknya jika kamu mencari jadwal pertandingan sumo saat sedang berlibur ke Jepang.

5. Tatami

Tatami

* sumber: www.princehotels.com

Tatami merupakan material penutup lantai tradisional. Sering juga disebut tikar yang berasal dari Jepang. Tatami dibuat dari tenunan alang-alang dan kain sebagai penutup di bagian ujung. Kamu pernah melihatnya, kan meski hanya di film-film?

Selain nyaman, tatami dibuat dari bahan yang berkualitas. Perawatannya juga khusus agar tatami terawat dengan baik. Tatami akan diganti secara berkala. Biasanya, alas ini digunakan secara permanen di ruang teh, restoran tradisional, dan hotel-hotel. Kamu juga bisa membeli tatami ala Jepang di Bukalapak lewat link ini.

6. Pelayanan Orang Jepang

Pelayanan Orang Jepang

* sumber: www.japantimes.co.jp

Orang Jepang terkenal akan budaya kerja keras dan disiplin. Mereka tak ingin kehilangan waktu barang sedetik pun. Ternyata selain itu, Jepang juga terkenal akan industri pelayanan terbaik di dunia.

Kebanyakan pelayanan di Jepang sangatlah sopan dan rajin. Pelayanan tersebut bukan semata-mata untuk mendapatkan bonus atau tip dari pengunjung. Tetapi, telah dibuktikan bahwa pelayanan seperti itu telah membudaya di Jepang.

7. Toilet Multifungsi

Toilet Multifungsi

* sumber: www.propertyinvestmentjapan.com

Hampir semua orang di dunia telah mengakui hal ini. Ya, toilet di Jepang sangatlah canggih. Tidak ada yang menandinginya. Toilet di Jepang mampu melakukan tugas lain. Benar-benar bisa melakukan semuanya.

Toilet di sana dapat membantu para disabilitas membersihkan dirinya. Ada juga pembersih air hangat, fitur penghemat listrik, pembuat bunyi palsu, dan tombol panggilan darurat. Mungkin satu-satunya yang tidak bisa dilakukan toilet di Jepang adalah membuatkanmu sarapan.

8. Ninja

Ninja

* sumber: pixabay.com

Ninja atau shinobi adalah agen rahasia atau tentara bayaran di zaman feudal Jepang. Mereka memiliki tugas dan fungsi melakukan spionase, sabotase, infiltrasi, pembunuhan dan perang gerilya. Mereka bekerja secara diam-diam dengan teknik yang disebut ninjutsu.

Hanya saja, cara yang dilakukan ninja dianggap hina oleh para samurai. Samurai yang merupakan prajurit perang sangat ketat dengan aturan perang. Ninja telah muncul pada tahun 522 karena sangat berhubungan dengan seni “Nonuse”.

9. Penyeberangan atau Perempatan Shibuya

Penyeberangan atau Perempatan Shibuya

* sumber: www.hoshinoresorts-magazine.com

Perempatan Shibuya rasanya telah menjadi salah satu ikon di Jepang. Perempatan itu telah dikenal sebagai penyeberangan tersibuk di dunia. Hampir setiap menit ratusan orang menyeberang di sana. Tak sedikit para wisatawan yang menjadikan tempat itu sebagai latar berfoto.

Saking terkenalnya, Shibuya Crossing ini juga sering menjadi setting di sejumlah film box office. Sejumlah film yang pernah menampilkan penyeberangan terkenal ini antara lain adalah The Fast and the Furious: Tokyo DriftResident Evil: Afterlife, dan Lost in Translation.

10. Pachinko

Pachinko

* sumber: www.bbc.com

Pachinko merupakan mesin permainan yang menyerupai pinball, hanya saja tidak memiliki flipper. Bola-bola yang digunakan juga berukuran kecil dalam jumlah yang banyak. Arena pachinko disebut pachinko parlor. Orang-orang sering menggunakan tempat ini untuk judi. Makanya, pemerintah Jepang hanya mengizinkan usia di atas 18 tahun yang masuk ke sana.

Jika pergi ke sana, biasanya para pemainnya berusia lansia. Mereka sering ke sana karena merasa kesepian tetapi memiliki uang yang banyak dari pensiunannya.

Nah, itulah hal-hal unik yang hanya bisa kamu temui di Jepang. Kalau berlibur ke sana, rasanya tidak sah apabila kamu tidak hunting salah satu keunikan dari negeri sakura tersebut. Jangan lupa untuk turut mengunjungi kuil-kuil yang berada di Jepang. Kamu bisa memperoleh informasinya di artikel kuil di Jepang paling terkenal ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram