Keluyuran / Wisata Jepang / Yuk, Kunjungi 10 Kuil di Jepang yang Paling Terkenal Ini

Yuk, Kunjungi 10 Kuil di Jepang yang Paling Terkenal Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Juni 2019

Jepang adalah negara yang memiliki banyak kuil. Hampir di setiap distrik di negeri sakura ini selalu terdapat kuil. Tak hanya tempat ibadah saja, kuil-kuil di Jepang sudah menjelma menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan, beberapa kuil di Jepang memiliki “magnet” tersendiri yang menarik minat wisatawan.

Apakah Anda berencana untuk jalan-jalan ke Jepang dalam waktu dekat? Keluyuran akan memberikan informasi mengenai 10 kuil di Jepang paling terkenal dan unik untuk Anda kunjungi. Kuil-kuil yang akan kami ulas satu persatu ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.

10 Kuil di Jepang Paling Terkenal dan Unik

1. Sensō-ji

Sensō-ji Kuil di Jepang

Ketika membahas seputar kuil di Jepang rasanya tidak afdol jika kita tidak membahas tentang kuil Buddha kuno yang juga menjadi kuil tertua di Tokyo. Sensō-ji merupakan kuil yang sangat terkenal di Jepang. Saking terkenalnya, ada lebih dari tiga juta orang yang datang berkunjung ke kuil ini setiap tahunnya.

Spot foto paling favorit di Sensō-ji adalah Furaijinmon, gerbang petir yang merupakan pintu masuk kuil ini. Meskipun berada di tengah kota, pengunjung tetap dapat menikmati suasana Edo (nama Tokyo saat zaman samurai berkuasa) di Kuil Sensō-ji.

Di sepanjang jalan menuju kuil utama terdapat banyak pedagang jajanan yang menjual beragam kuliner khas Jepang. Salah satu jajanan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung kemari adalah Age Manju, kue manju yang digoreng.

2. Gōtoku-ji

Gōtoku-ji

Apakah Anda pernah melihat patung kucing yang salah satu tangannya terlihat menggapai-gapai? Patung kucing tersebut dipercaya membawa keberuntungan. Jika Anda berkunjung ke Jepang, jangan lewatkan kunjungan Anda ke Gōtoku-ji, kuil unik di mana Anda bisa menjumpai ratusan patung kucing pembawa keberuntungan itu.

Asal mula berdirinya kuil di Tokyo ini dimulai pada zaman Edo. Kala itu terjadi bencana badai yang sangat dahsyat. Seekor kucing peliharaan salah seorang pendeta di Kuil Gōtoku-ji nampak melambai-lambaikan tangannya seperti memanggil seorang bangsawan dan pembantunya yang terjebak badai. Konon, si kucing memanggil sang bangsawan untuk berlindung dari amukan badai.

3. Meiji

Meiji

Masih di seputaran Tokyo, kali ini Keluyuran ingin mengajak Anda berkunjung ke Kuil Meiji. Kuil yang berlokasi di Shibuya ini merupakan Kuil Shinto yang didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan Permaisuri Shōken. Kuil Meiji berada di tengah hutan.  Meskipun demikian, tak ada kesan seram yang tertangkap dari kuil ini karena hutannya sendiri banyak dikunjungi warga sebagai tempat rekreasi.

Meiji merupakan salah satu kuil di negara Jepang yang termewah. Bangunan kuil dan halamannya yang luas menunjukkan bahwa Meiji adalah kuil yang cukup megah. Sejumlah tokoh ternama pernah berkunjung ke Kuil Meiji. Salah satu tokoh yang pernah bertandang kemari adalah Hillary Clinton.

4. Kinkaku-ji

Kinkaku-ji

Kuil Kinkaku-ji atau yang dikenal sebagai Rokuonji adalah sebuah kuil di Kyoto yang dibangun pada tahun 1397. Kuil berwarna emas ini memiliki filosofi gokurakujodo (surga). Di sebelah kuil terdapat kolam yang menambah asri pemandangan di sekitarnya.

Kinkaku-ji selalu menjadi destinasi wajib bagi wisatawan dari luar negeri. Bahkan, kuil ini menawarkan pemandangan yang berbeda kala musim gugur dan musim salju. Pengunjung yang datang ke kuil ini bisa berjalan-jalan di taman seluas 92.400 meter persegi yang terletak di sekitar kolam.

5. Udo-jingū

Udo-jingū

Bagi pasangan yang merindukan kehadiran buah hati mungkin bisa berkunjung ke Kuil Udo-jingū yang berada di garis pantai Nichinan, Prefektur Miyazaki. Kuil ini nampak tersembunyi karena lokasinya berada di atas batu karang. Konon, wanita yang datang kemari bisa cepat hamil, lho.

Kuil ini banyak dikunjungi pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki keturunan karena ada mitos wanita yang minum air yang menetes dari batu-batu di sekitar kuil ini akan segera mendapatkan anugerah kehamilan. Benar atau tidaknya mitos ini kembali kepada pribadi masing-masing. Meskipun demikian, banyak pasutri yang mempercayai mitos tersebut dan ingin mencoba langsung keampuhan air di Kuil Udo-jingū.

6. Tōdai-ji

Tōdai-ji

Kuil Buddha Tōdai-ji adalah salah satu dari sekian banyak kuil di Jepang yang selalu menjadi destinasi wajib bagi wisatawan. Kuil yang berada di Kota Nara ini memiliki bangunan yang sangat megah meskipun dibangun pada awal abad ke-8.

Selayaknya kuil Buddha, Tōdai-ji memiliki sebuah patung Daibutsu (Buddha) yang sangat besar. Nandaimon alias Gerbang Besar Selatan di kuil ini nampak kokoh meskipun terbuat dari kayu. Sementara bangunan utama kuil (Daibutsuden) juga nampak mewah dengan arsitektur tradisionalnya. Bangunan utama ini dibangun awal abad ke-18, tepatnya di zaman Edo.

Setiap wisatawan yang jalan-jalan di Kota Nara pasti menyempatkan diri untuk berkunjung ke kuil ini. Apalagi Kuil Tōdai-ji sudah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia.

7. Zōjō-ji

Zōjō-ji

Habis berkunjung ke Tokyo Tower, lanjutkan saja perjalanan Anda ke Kuil Zōjō-ji. Kuil yang berada tepat di bawah Tokyo Tower ini memang tidak terlalu besar. Akan tetapi, lokasinya yang sangat strategis membuat kuil ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Waktu yang tepat berkunjung ke Kuil Zōjō-ji adalah saat musim semi, di mana pohon-pohon sakura di pelataran kuil tampak bermekaran dengan indahnya. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung kemari di malam hari dan berfoto dengan latar belakang bangunan kuil dan Tokyo Tower yang megah.

8. Mama Kannon

Mama Kannon

Ada pemandangan yang tak lazim ketika Anda berkunjung ke kuil yang ada di Jepang ini. Anda akan melihat “payudara” di setiap sudut Kuil Mama Kannon. Usut punya usut, kuil di Prefektur Aichi ini memang dapat membuat payudara menjadi lebih subur dan sehat. Oleh karena itu, banyak wanita datang kemari dan membuat permohonan agar memiliki payudara yang sehat.

Asal muasal mengapa kuil ini menjadi kuil yang dapat menyuburkan payudara bermula dari seorang wanita yang tidak bisa menyusui anaknya dan berdoa agar dirinya dapat kembali menyusui. Suatu hari, ketika sedang berdoa di kuil ini, seorang tetangga melihat wanita tersebut dan menyadari bahwa wanita itu kekurangan gizi.

Alhasil, si tetangga berinisiatif untuk memberikan makanan bergizi pada wanita itu. Setelah gizinya mulai seimbang, wanita tersebut dapat kembali menyusui buah hatinya.

9. Chūson-ji

Chūson-ji

Meskipun tampak terpencil, Kuil Chūson-ji merupakan salah satu kuil yang menarik minat banyak wisatawan. Kuil yang berlokasi di Iwate ini banyak menyimpan aset negara dan budaya yang sangat berharga.

Kuil Chūson-ji tidak terlalu besar, tetapi suasana di sekitar kuil begitu tenang. Apabila Anda datang kemari saat musim gugur, Anda dapat menikmati pemandangan koyo, daun berwarna kuning dan merah. Di sebelah kuil ini juga terdapat Museum Yume Kan – Oshu Fujiwara Rekishi Monogata alias Museum Mimpi yang bisa Anda kunjungi.

10. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

Yang satu ini adalah kuil shinto paling terkenal di Kyoto, bahkan di Jepang, yaitu Fushimi Inari Taisha. Kuil ini merupakan kuil pusat dari 40 ribu kuil yang memuliakan Inari. Kuil utama lokasinya berada di kaki Gunung Inari.

Wisatawan yang berkunjung kemari selalu berfoto di Senbon Torii yang merupakan jajaran sebuah gerbang berwarna orange yang membuat pemandangan unik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Senbon Torii nampak seperti gerbang yang akan membawa Anda ke dimensi lain.

10 kuil di Jepang ini menunggu untuk Anda kunjungi. Jangan lupa share pengalaman Anda berkunjung ke kuil-kuil di Jepang di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Baca juga artikel tempat wisata di Jepang untuk menambah referensi Anda sebelum berlibur ke Negeri Sakura.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar