7 Kolam Renang di Ungaran yang Cocok untuk Liburan

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 23 Maret 2021

Ungaran adalah ibu kota Kabupaten Semarang. Wilayah kotanya meliputi daerah Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Kota satu ini mempunyai berbagai tempat wisata asyik dan menarik untuk berlibur. Salah satunya yang pali diminati warga sekitar adalah rekreasi air atau kolam renang.

Kota Ungaran letaknya memang jauh dari pantai. Sebab itu banyak masyarakat memilih berlibur ke taman bermain air. Di tempat ini beberapa kolam renangnya recommended buat dikunjungi. Tidak hanya harganya yang murah, tetapi pemandangannya juga mempesona.

Lalu, di mana saja kolam renang yang recommended buat liburan keluarga di Ungaran? Yuk simak infonya berikut ini. Baca sampai bawah ya!

1. Kolam Renang Watu Lumpang

Kolam Renang Watu Lumpang

  • Alamat : Jl. Kyai Sono No.1, Ungaran, Genuk, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50512
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Telepon : +6281390107096

Kolam Renang Watu Lumpang adalah tempat wisata yang recommended kamu kunjungi bersama keluarga. Meskipun hanya memiliki dua kolam kecil, tetapi pengunjungnya setiap weekend selalu ramai. Airnya berasal dari mata air gunung sehingga dapat membuat tubuhmu lebih segar.

Jika kolam renang lagi sepi, kamu dan keluarga seperti lagi berenang di rumah sendiri. Suasananya sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan hijau yang rindang. Di tempat ini tersedia tempat bermain anak, seperti perosotan dan ayunan.

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, yaitu kamar mandi, kamar bilas, toilet, dan mushola. Ada juga tempat jualan makanan yang tidak jauh letaknya dari kolam renang. Bonusnya berlibur di Kolam Renang Watu Lumpang, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan asri pegunungan.

2. The Fountain Water Park

The Fountain Water Park

* sumber: www.semberani.com

  • Alamat : Jalan Bima Sakti Raya No.16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kamang- tengah, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50519
  • Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : +6282135302010

The Fountain Water Park merupakan tempat wisata air unggulan di kota Ungaran. Terletak di lereng gunung Ungaran membuat suasana di tempat ini sejuk. The Fountain Water Park berada di kawasan perumahan sehingga jauh dari bisingnya kendaraan bermotor.

Selain itu kamu bisa menikmati pemandangan asri di sekitar kolam. Ada permainan seru yang bisa kamu mainkan di tempat ini, yaitu bermain bola air. Di kolam yang sedikit dangkal ada permainan perosotan dan bak tumpah.

Tersedia empat kolam renang dengan ukuran berbeda. Ukurannya ada yang 30 cm, 50 cm, 1 meter, dan 1.5 meter. Airnya jernih dan menyejukkan di badan. Selepas berenang kamu dan keluarga bisa bermain outbound yang seru dan menyenangkan. Fasilitas di sini cukup lengkap, yaitu kamar bilas, kamar ganti, toilet, restoran, dan musala.

3. Kolam Renang Bukit Lerep Indah

Kolam Renang Bukit Lerep Indah

* sumber: tempatwisataunik.com

  • Alamat : Leureup, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50519
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp7.000

Kolam Renang Bukit Lerep Indah tempat wisata yang cocok kamu kunjungi bersama keluarga. Tempat ini menyediakan tiga kolam dengan ukuran berbeda. Suasananya masih sangat asri dan sejuk, pas banget buat kamu yang butuh tempat refreshing.

Airnya sedikit dingin karena berasal dari mata air pegunungan asli. Hampir setiap hari ada saja yang berenang di tempat ini. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, yaitu kamar bilas, kamar ganti, toilet, tempat makanan, dan musala.

4. Watu Gunung

Watu Gunung

* sumber: travelspromo.com

  • Alamat : Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50519
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000 – Rp25.000
  • Telepon : +628170572234

Jika kamu menginginkan tempat liburan asri, sejuk, dan unik, bisa mampir ke tempat wisata Watu Gunung. Hiasan batu kali besar dekat kolam renang merupakan daya tarik dari tempat ini. Suasana dibuat seperti berada di sungai pegunungan.

Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini karena tempatnya yang Instagramable. Di samping kolam renang terdapat kolam ikan. Pengunjung bisa memberi ikan-ikan tersebut makanan yang telah disediakan.

Suasana semakin menyenangkan dengan adanya gemercik air yang datang dari atas batuan tinggi. Fasilitas yang ada terbilang lengkap, yaitu kamar ganti, kamar bilas, toilet, warung makan, rumah joglo, dan musala. Lalu, kamu bisa menikmati permainan outbound Watu Gunung.

5. Kolam Renang Tirto Agro Sirawak

Kolam Renang Tirto Agro Sirawak

  • Alamat : Jl. Tirto Argo, RT.04/RW.08, Blanten, Nyatnyono, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50551
  • Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB (Selasa Tutup)
  • Tiket Masuk : Rp10.000
  • Telepon : +6281229272707

Kolam Renang Tirto Agro Siwarak merupakan tempat wisata yang airnya berasal dari pegunungan. Kolam renang tersebut sudah berdiri sejak tahun 1968. Untuk mencapai tempat ini kamu harus menempuh perjalanan sejauh 23 kilometer dari kota Ungaran.

Suasana sekitar kolam renang sangat sejuk dengan pepohonan rindang. Tidak jauh dari lokasi juga terdapat tempat pemancingan. Di tempat ini tersedia kolam untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Fasilitas yang tersedia, yaitu kamar ganti, kamar bilas, toilet, mushola, dan warung makan.

6. Kolam Renang Sekrikil

Kolam Renang Sekrikil

* sumber: gramho.com

  • Alamat : Jl. Kedung Glagah No.5, Karang Tengah, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50511
  • Jam Buka : 07.00 – 21.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp7.000

Kolam Renang Sekrikil merupakan tempat wisata sekaligus angkringan recommended di Ungaran. Terletak di Jalan Kedung Glagah, kolam renang satu ini menarik perhatian banyak orang. Memiliki satu kolam renang kecil dengan air yang jernih.

Jika berenang di Sekrikil kamu bisa mendapatkan bonus pemandangan yang indah. Selepas berenang kamu dan keluarga bisa mampir ke tempat Angkringan Sekrikil yang berada di samping kolam renang. Harga masuknya terjangkau untuk semua kalangan.

7. Kolam Renang Singampon

Kolam Renang Singampon

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5ZQtYRAaGLE

  • Alamat : Jl. Kyai Sono, Blanten, Genuk, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50512
  • Jam Buka : 07.00 – 16.45 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

Kolam Renang Singampon adalah tempat wisata murah dengan kualitas terbaik. Di tempat ini kamu bisa menikmati berenang sambil melihat view pegunungan. Udaranya sejuk dan airnya jernih membuat pengunjung betah berlama-lama bermain air.

Airnya berasal dari pegunungan yang dapat membuat badan segar kembali. Tersedia kolam renang khusus balita, anak-anak, remaja, dan dewasa. Buat kamu yang suka olahraga, di sini tersedia tempat pull up. Wahana mainan anak-anak ada perosotan, ember tumpah, dan ayunan.

Ungaran memang sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah. Namun dibalik itu, tersimpan berbagai tempat wisata yang indah, termasuk rekreasi airnya. Tempatnya nyaman dan masih asri dikelilingi pepohonan. Harganya murah tetapi fasilitasnya tidak murahan, recommended banget kan. Kolam renang favoritmu yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram