10 Theme Park Terbaik di Jepang untuk Liburan yang Asyik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 3 November 2021

Jepang banyak memiliki taman hiburan yang unik dan terkenal bahkan hingga masuk ke dalam Guinness World Record. Beberapa di antara taman hiburan tersebut telah dikenal di seluruh dunia seperti Tokyo Disney Resort dan juga Universal Studio. Selain itu ada juga taman-taman hiburan yang memperkenalkan budaya Jepang pada masa lalu yang kental dengan nilai-nilai sejarah tentunya.

Pada tahun 80an dan 90an Jepang banyak sekali membuat taman hiburan, tetapi banyak yang harus ditutup saat ekonomi negara sakura ini mengalami penurunan. Saat ini beberapa taman yang masih beroperasi merupakan taman-taman yang dikenal luas di mancanegara. Berikut ini adalah beberapa taman hiburan terbaik di Jepang yang menarik untuk kamu kunjungi

Baca juga: Pantai di Jepang yang Wajib Dikunjungi di Musim Panas

1. Tokyo Disneyland (Chiba)

Tokyo Disneyland (Chiba)
  • Lokasi: 1-1 Maihama, Urayasu, Prefektur Chiba 279-0031, Jepang
  • Jam Operasional: 08.00-22.00
  • HTM: 8200 yen

Toko Disneyland merupakan sebuah taman hiburan yang jadi bagian dari Tokyo Disney Resort. Taman hiburan ini tentunya telah dikenal oleh banyak orang. Tokyo Disneyland merupakan taman hiburan pertama yang dibuat  di luar Amerika Serikat. Taman hiburan ini memiliki tujuh tema taman yang terinspirasi dari karakter dalam film-film Disney.

Tema dari ketujuh taman itu adalah World Bazzar, Tomorrowland, Toontown, Fantasyland, Critter Country, Westernland, dan Adventureland. Tema-tema dari taman ini lebih ditujukan untuk pengunjung anak-anak, tetapi orang dewasa pun masih dapat menikmatinya tentunya. Taman ini akan membawamu ke dunia fantasi semasa kamu masih anak-anak.

2. Tokyo DisneySea (Chiba)

Tokyo DisneySea (Chiba)
  • Lokasi: 1-13 Maihama, Urayasu, Prefektur Chiba 279- 8511, Jepang
  • Jam Operasional: 08.00-22.00
  • HTM: 8200 yen

Satu lagi tempat hiburan yang menjadi bagian dari Tokyo Disney Resort yaitu Tokyo DisneySea. Taman hiburan ini terinspirasi dari mitos-mitos dan legenda yang berkenaan dengan laut. Tokyo DisneySea ini juga sama seperti halnya Tokyo Disneyland, tamannya memiliki tujuh tema yang akan membawamu ke tempat-tempat yang penuh dengan legenda dan juga mitos.  

Ketujuh tema taman hiburan di DisneySea adalah Mediterranian Harbor, Mermaid Lagoon, Mysterious Island, Arabian Cost, Lost River Delta, Port Discovery, dan Water Front. Setiap tempat menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Taman hiburan ini lebih banyak ditujukan untuk orang yang sudah dewasa jika dibandingkan dengan Tokyo Disneyland.

3. Universal Studio (Osaka)

Universal Studio (Osaka)
  • Lokasi: 2 Chome-1-33 Sakurajima, Konohana Ward, Prefektur Osaka, 554-0031, Jepang
  • Jam Operasional: 09.00-19.00
  • HTM: 5.400-9.200 yen

Universal Studio jepang merupakan satu dari empat dari Universal Studio yang ada di dunia. Taman ini pertama kali dibuka sekitar tahun 2001, letaknya berada di tepi laut dari Kota Osaka. Tamannya sendiri memiliki beragam atraksi yang berlatarkan film-film ternama. Beberapa di antaranya adalah film Harry Potter, Spiderman, Minion, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Taman bermain ini sangat banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat setiap tahunnya. Ada sekitar 8 juta orang setiap tahunnya yang berkunjung ke Universal Studio Jepang. Ada 10 bagian di taman hiburan ini yaitu New York, Hollywood, San Francisco, Jurassic Park, Waterworld, Universal Wonderland, Amity Village, Minion Park,  dan Super Nintendo World.

4. Legoland (Nagoya)

Legoland (Nagoya)
  • Lokasi: 2 Chome – 2 –, Kinjofuto, Minato Ward, Prefektur Nagoya, 1455-8605 Aichi, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: 3.800-7.100 yen

Legoland adalah taman hiburan yang ditujukan untuk anak-anak. Taman hiburan ini dibuka pertama kali pada bulan April 2017 di Kota Nagoya. Taman hiburan ini dibangun dengan tujuh tema yang berbeda dan juga terdapat wahana dan juga atraksi yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Selain itu hampir terdapat 10.000 bangunan model lego yang terdiri dari sekitar 17 juta batu bata.

Taman hiburan ini cocok untuk digunakan berlibur bersama anggota keluarga lain. Tampilan dari miniatur bangunan yang jadi ikon dari Jepang juga terlihat sangat menarik. Tempatnya cocok untuk digunakan sebagai tempat mengasah imajinasi anak-anak. Bangunan-bangunan yang dihadirkan akan membawa anak-anak ke dunia fantasi yang terbuat dari lego.

5. Fuji Q Highland (Yamanashi)

Fuji Q Highland (Yamanashi)
  • Lokasi: 5-6-1 Shinnishihara, Fujiyoshida, Prefektur Yamanashi 403-0017, Jepang
  • Jam Operasional: 09.00-18.00
  • HTM: Masuk Gratis, tiket wahana antara 400-2.000 yen

Taman Hiburan Fuji Q Highland terletak di Lima Danau Fuji yang berada di kaki Gunung Fuji. Taman hiburan ini sangat terkenal di Jepang karena wahana roller coaster-nya yang masuk dalam  Guinness World Record dan juga karena kerumitan dari lintasannya. Selain itu taman hiburan ini juga memiliki wahana yang bertemakan anime yang jadi satu daya tarik dari taman hiburan ini.

Saat ini terdapat empat wahana roller coaster yang jadi atraksi utama dari taman hiburannya. Wahana roller coaster-nya dikenal sebagai roller coaster terbaik di dunia karena ketinggian dan kecepatannya. Daya tarik Fuji Q Highland tak hanya roller coaster tetapi ada juga wahana-wahana yang ditujukan untuk anak-anak kecil seperti area Thomas Land yang berasal dari sebuah serial televisi.

6. Nagashima Spaland (Mie)

Nagashima Spaland (Mie)
  • Lokasi: 333 Nagashimacho Urayasu, Kuwana, Prefektur Mie 511-1192, Jepang
  • Jam Operasional: 09.30-19.30
  • HTM: Tiket Masuk 1.600 yen, tiket wahana antara 300-1.000 yen

Satu lagi tempat yang terkenal karena wahana roller coaster-nya yaitu Nagashima Spaland. Taman hiburan dengan roller coaster sebagai atraksi utamanya. Ada sekitar lebih dari 40 wahana di taman hiburan ini, dari wahana yang sangat aneh hingga wahana yang aman untuk digunakan anak-anak kecil.  Di Nagashima Spland juga terdapat sebuah water park yang hanya buka pada saat musim panas.

Nagashima Spaland sesungguhnya merupakan bagian dari Nagashima Resort. Taman hiburan menjadi satu bagian tempat yang terdapat di Nagashima Resort. Selain dari Taman hiburan Nagashima, serta water parknya, ada juga taman bunga, shopping mall, dan kompleks tempat pemandian air panas.

7. Toei Uzumasa Eigamura (Kyoto)

Toei Uzumasa Eigamura (Kyoto)
  • Lokasi: 10 Uzumasa Higashimachi Kacho, Ukyo, Prefektur Kyoto, 616-8586, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: 2.400 yen

Toei Eigamura merupakan sebuah taman hiburan yang dikenal dengan nama Kyoto Studio Park. Taman hiburan ini sendiri merupakan set sebuah tempat syuting film yang digunakan untuk latar dari film-film  bertemakan sejarah. Di sini pengunjung juga dapat berkeliling di miniatur kotanya sambil mengenakan baju  pada masa periode Edo.

Selain memperlihatkan detail sebuah kota dengan detail pada suatu periode, terkadang kamu juga dapat melihat saat syuting film sedang berlangsung. Ada juga atraksi berupa pertunjukan ninja  serta sebuah rumah berhantu yang di klaim sebagai yang terseram di Jepang. Kamu juga dapat menyewa beragam kostum, termasuk bergaya sebagai seorang ninja, samurai ataupun geisha.

8. Edo Wonderland Nikko Edomura

Edo Wonderland Nikko Edomura
  • Lokasi: 470-2 Karakura, Nikko, Prefektur Tochigi 321-2524, Jepang
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: 4.800 yen

Taman hiburan yang satu ini merupakan sebuah taman hiburan yang menampilkan kebudayaan Jepang. Taman hiburannya berupa sebuah  kota kecil yang memperlihatkan periode Edo pada masa keemasannya. Tempatnya sering sekali digunakan sebagai tempat syuting film dan juga drama TV. Pengunjung di taman ini dapat berkeliling sambil mengenakan pakaian pada masa periode Edo.

Pengunjung dapat merasakan langsung kehidupan pada masa periode Edo dengan mengenakan pakaian yang dikenakan pada masa itu. Berjalan-jalan di antara bangunan yang bergaya Edo tahun 1603 hingga 1868 tentunya memberikan sensasi yang berbeda. Taman hiburan ini tak hanya menarik tetapi juga memberikan kamu wawasan dan pengetahuan tentang Jepang pada Periode Edo.

9. Sanrio Puroland (Tokyo)

Sanrio Puroland (Tokyo)
  • Lokasi: 1-31 Ochiai, Tama New Town, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: 2.500-3.600 yen

Siapa yang tak kenal dengan tokoh Hello Kitty, karakter fiksi seekor kucing putih dengan pita berwarna pink yang diciptakan oleh perusahaan bernama Sanrio. Taman hiburan ini pertama kali dibuka pada tahun 1990 yang dikelola oleh perusahaan Sanrio sendiri. Taman hiburannya merupakan taman indoor sehingga kamu tidak perlu takut kepanasan ataupun kehujanan.

Taman hiburan ini menampilkan pertunjukan live, parade, dan juga atraksi berkendara dan juga rumah dari sang tokoh utama Hello Kitty, tempat kamu dapat menyapa para karakter dari Sanrio. Taman hiburan ini cocok dengan kamu yang senang dengan hal-hal yang lucu dan imut karena kamu akan menemukan keimutan dan kelucuan di setiap wahananya.

10. Hakkeijima Sea Paradise (Kanagawa)

 Hakkeijima Sea Paradise (Kanagawa)
  • Lokasi: Hakkeijima, Kanazawa Ward, Yokohama, Prefektur Kanagawa 236-0006, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-0.00
  • HTM: 300-3.000 yen

Hakeiijima merupakan sebuah taman hiburan yang berada di sebuah pulau, yang banyak dikunjungi orang karena keindahan dari akuariumnya yang sangat mengagumkan. Memasuki kawasan pulaunya sendiri gratis, kamu dapat bermain dan berjalan selain di sekitaran pulaunya. Tetapi kawasan Aqua resort dan juga kawasan Pleasure Land merupakan kawasan yang harus membayar

Pada kawasan Aqua Resort kamu dapat menyaksikan beragam binatang laut dalam aquarium konvensional ataupun aquarium dengan terowongan yang dapat dilewati pengunjung dan juga laguna tempat interaksi antara binatang dengan pengunjung. Sedangkan Pleasure Land merupakan taman hiburan dengan wahana bertema laut yang dapat dinaiki oleh berbagai usia.

Itulah beberapa taman hiburan yang terbaik di Jepang, beberapa di antaranya mungkin sudah sangat akrab di telinga. Taman hiburannya memiliki keunikan tersendiri dari yang memacu adrenalin hingga taman yang terlihat imut dan juga lucu-lucu, serta taman hiburan yang kental dengan budaya Jepang. Semuanya menarik untuk dikunjungi di saat liburan bersama keluarga.

Dari beberapa taman tersebut tentunya ada yang menarik perhatianmu dan menggugah rasa penasaran. Jika berkunjung ke negeri bunga sakura, sayang jika kamu melewatkan taman-taman hiburan ini. Kira-kira taman hiburan mana yang ingin kamu kunjungi jika liburan telah tiba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram