10 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jepang adalah negara yang selalu menarik untuk dikunjungi. Fashion, budaya, kuliner, hingga tempat wisata di negara ini selalu menjadi pembahasan yang menyenangkan. Jika memiliki rezeki lebih, tak ada salahnya Anda untuk berpelesir ke Jepang. Berencana untuk backpacker ke negara ini? Tak masalah, karena Keluiyuran akan memberikan panduan mengenai tempat wisata yang ada di Jepang.

Ada banyak tempat wisata di Jepang yang wajib dikunjungi. Namun, Keluyuran akan merangkum menjadi 10 tempat wisata yang selalu menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke Jepang. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

* sumber: www.kkday.com

Dengan tinggi 634 meter, Tokyo Skytree berhasil menjadi menara tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa. Menara yang dulunya dinamakan New Tokyo Tower ini selalu diserbu oleh wisatawan dari berbagai negara. Mengapa? Karena wisatawan yang datang kemari pasti ingin menikmati pemandangan Kota Tokyo dari ketinggian.

Menariknya, di menara ini tidak hanya terdapat tempat observasi untuk melihat pemandangan dari ketinggian saja, tapi ada juga restoran, pusat perbelanjaan, bahkan akuarium modern (Sumida Aquarium). Wah, kunjungan Anda ke Tokyo Skytree pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, ya?

2. Tokyo Tower

Tokyo Tower

* sumber: www.lonelyplanet.com

Menara Tokyo atau yang lebih dikenal sebagai Tokyo Tower adalah tempat wisata di Jepang yang juga menjadi landmark bagi negeri sakura ini. Menara ini dioperasikan untuk antena TV maupun radio. Namun, wisatawan yang datang kemari bisa masuk ke dalam menara ini.

Lantas, ada apa saja di dalam menara yang memiliki nama asli Nippon Denpato ini? Di menara ini ada Akuarium Menara Tokyo, Museum Lilin, Museum Guiness World Records Tokyo, Space Wax, Trick Art Gallery, dan toko yang menjual cendera mata. Lalu di ketinggian 125 meter ada lantai observasi yang memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, dan Gunung Fuji.

3. Osaka Castle

Osaka Castle

* sumber: en.tokyonarita.jp

Dari Tokyo kita melipir ke Osaka untuk mengunjungi destinasi wisata yang tak kalah populer dari Tokyo Skytree, yaitu Osaka Castle. Istana kerajaan yang dibangun pada awal abad ke-16 ini berfungsi sebagai museum modern, di mana museum ini menceritakan tentang sejarah Toyotomi Hideyoshi, pendiri istana sekaligus penguasa Osaka pada masanya.

Dari puncak Osaka Castle, Anda bisa melihat pemandangan Kota Osaka dari ketinggian. Ketika musim semi tiba, taman yang berada di pelataran istana akan dipenuhi bunga-bunga sakura dan tanaman lain yang bermekaran. Kalau datang di malam hari, pemandangan istana dan pohon sakura yang disorot oleh lampu juga tak kalah indah dengan pemandangan yang ditemukan pada siang hari.

4. Dotonbori

Dotonbori

* sumber: www.dudetraveler.com

Lengkapi kunjungan Anda ke Osaka dengan mampir ke Dotonbori, sebuah pusat hiburan dan perbelanjaan yang terletak di dekat sungai dengan nama yang sama. Pesona Dotonbori kian menguat lantaran papan-papan toko yang menarik dan sangat semarak, terutama di malam hari.

Hal yang bisa Anda lakukan di sini adalah berburu kuliner lezat khas Osaka, seperti takoyaki dan kepiting. Anda juga wajib berfoto dengan latar belakang papan reklame Glico di malam hari. Bahkan, kami sangat menyarankan Anda untuk naik perahu motor menyusuri Sungai Dotonbori untuk menikmati gemerlap kawasan ini secara lebih dekat.

5. Akuarium Churaumi Okinawa

Akuarium Churaumi Okinawa

* sumber: pop-japan.com

Mau melihat keindahan alam bawah laut? Anda tak perlu menyelam langsung ke dalam lautnya kok. Di Jepang, ada Akuarium Churaumi Okinawa yang menawarkan display akuarium raksasa dengan hewan-hewan laut yang super lengkap. Ya, di sini ada 700 lebih spesies hewan laut yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Selain melihat-lihat biota laut yang ada di sini, wisatawan juga bisa mengikuti sesi memberi makan ikan. Di Akuarium Churaumi Okinawa ini juga tersedia restoran dengan pemandangan bawah laut yang pasti akan membuat acara makan jadi lebih seru dan menyenangkan.

6. Yokohama Chūkagai

Yokohama Chukagai

* sumber: www.yokohamajapan.com

Di setiap negara pasti ada kawasan pecinan yang dinamakan Chinatown. Sebagai contoh, di Jakarta kawasan Chinatown-nya berada di Glodok. Nah, kalau Anda sedang berwisata ke Jepang, tepatnya di Yokohama, dan ingin pergi ke kawasan pecinan di sana, datang saja ke Yokohama Chūkagai di Yamashitacho, Naka Ward, Yokohama, Kanagawa 231-0023.

Sebagai kawasan pecinan pada umumnya, di sini Anda akan mencium aroma berbagai masakan Cina yang menggugah selera. Kegiatan yang wajib dilakukan di sini sudah pasti berkuliner. Bagi Anda yang kurang cocok dengan cita rasa makanan khas Jepang, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk makan di Yokohama Chūkagai.

7. Nara Park

Nara Park

* sumber: news.cgtn.com

Terletak di kaki Gunung Wasakusa, udara di Nara Park ini memang sangat sejuk dan segar. Yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah banyaknya rusa-rusa yang bebas berkeliaran di area taman. Wisatawan yang datang kemari pasti ingin mencoba memberi makan rusa atau menikmati pemandangan bunga sakura saat musim semi.

Objek wisata yang terdapat di sekitar Nara Park juga tak kalah menarik dari taman ini sendiri. Ada Museum Nasional Nara, Kuil Todaiji, Kuil Kasuga-Taisha, dan masih banyak lagi objek wisata menarik yang berdiri di sekitar taman.

8. Himeji Castle

Himeji Castle

* sumber: osaka-info.jp

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kota-kota anti-mainstream di Jepang, Anda boleh mencoba berkunjung ke Himeji, Prefektur Hyogo. Di kota ini terdapat sebuah kastil yang didominasi dengan warna putih, namanya Himeji Castle.

Himeji Castle berdiri dengan sangat kokoh meskipun usianya sudah mencapai ratusan tahun. Arsitekturnya yang “Jepang banget” membuat istana ini selalu menarik perhatian para wisatawan. Kalau Anda kemari pada saat musim semi, Anda akan memperoleh “bonus” berupa pemandangan pohon sakura yang mekar dengan sangat cantik.

9. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

Belum ke Kyoto rasanya jika tidak mampir ke Fushimi Inari Taisha. Ini bukan sekadar tempat wisata terkenal di Kyoto, melainkan juga sebuah kuil yang paling legendaris di Jepang. Kuil ini terkenal berkat jajaran Torii (pilar-pilar di gerbang masuk) yang berdiri secara berderet sepanjang gerbang masuk.

Torii yang menjadi daya tarik kuil ini berasal dari perusahaan-perusahaan di Jepang sebagai sumbangan untuk kuil yang dibangun untuk menghormati dewa padi dan cocok tanam ini. Kalau Anda kemari, Anda wajib berfoto dengan latar belakang torii yang fenomenal di Fushimi Inari Taisha ini.

10. Kinkaku-ji

Kinkaku-ji

* sumber: jw-webmagazine.com

Kyoto adalah sebuah kawasan yang sarat akan sejarah dan tradisional. Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kyoto adalah Kinkaku-ji atau yang dikenal dengan nama Golden Pavillion. Kuil ini dilapisi oleh emas tipis, sehingga dinamakan Golden Pavilion. Golden Pavilion ini dibangun pada tahun 1397 dan sempat terbakar beberapa kali.

Jika diperhatikan ada replika burung phoenix yang terbuat dari emas di puncak atap kuil. Keasrian kuil ini semakin terasa berkat adanya sebuah danau kecil yang berada di depan kuil. Bila Anda datang saat musim gugur, Anda pasti menyaksikan pemandangan pohon-pohon di sekitar Kinkaku-ji ini daunnya berubah warna kemerahan atau orange sehingga membuat suasana makin hangat dan syahdu.

11. Nagoya Castle

Nagoya Castle

* sumber: en.wikipedia.org

Sudahkah Anda memasukkan Nagoya Castle ke dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Jepang? Jika belum, Anda wajib memasukkan bangunan bersejarah ini ke dalam itinerary yang sudah Anda buat.

Nagoya Castle sendiri memiliki museum yang memajang barang-barang yang erat kaitannya dengan sejarah Nagoya pada zaman Edo. Di musim semi, Istana Nagoya selalu dijadikan tempat untuk melihat hanami (sakura) bagi warga sekitar maupun wisatawan dari berbagai negara.

12. Shirakawa-go dan Gokayama

Shirakawa-go

* sumber: www.japantrips.co

Bila Anda berencana ke Jepang pada musim dingin, cobalah untuk menginap di Shirakawa-go dan Gokayama. Ini merupakan sebuah pedesaan yang terkenal dengan rumah gasshozukuri, yakni rumah dengan atap tinggi dan lancip yang cukup kuat menahan salju.

Rumah-rumah unik ini akan nampak berselimutkan salju ketika musim dingin berada pada puncaknya. Justru daya tarik rumah-rumah di Shirakawa-go dan Gokayama akan semakin kuat ketika musim salju. Pasalnya, daerah pedesaan ini sekejap terlihat seperti tempat tinggal sinterklas di kutub utara.

13. Kenroku-en

Kenroku-en

Tahukah Anda bahwa Kenroku-en adalah satu dari tiga taman terindah yang ada di Jepang? Jadi, bila Anda mengunjungi Kanazawa, Ishikawa, Jepang, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Taman Kenroku-en.

Taman seluas 11,4 hektar ini ditata dengan sangat rapi. Di dalam taman juga terdapat kolam yang semakin menambah sejuk suasana di sini. Anda bebas berkunjung kemari di musim apapun. Pada musim semi Anda disuguhkan dengan keindahan bunga plum dan sakura, di musim panas azalea dan iris mulai bermekaran, ketika musim  gugur daun-daun yang menguning akan menjadi pemandangan indah yang tidak boleh Anda lewatkan.

14. Genbaku Dome

Genbaku Dome

Masih ingat dengan pelajaran sejarah yang menceritakan tentang Bom Hiroshima dan Nagasaki? Di bekas pengeboman tersebut kini didirikan sebuah Monumen Perdamaian Hiroshima atau yang dikenal dengan Genbaku Dome.

Bangunan di sini nampak rusak karena memang itulah yang tersisa sejak peristiwa bom atom yang meledak pada tahun 1945 silam. Kunjungi Genbaku Dome ini untuk melengkapi wisata sejarah Anda saat berada di Jepang. Pasalnya, wisata tidak harus berkunjung ke tempat-tempat yang syarat akan hiburan saja, kan?

15. Otaru Canal

Otaru Canal

* sumber: id.pinterest.com

Bendungan kanal sepanjang 1.140 meter yang berlokasi di Hokkaido ini memang bukan tempat wisata populer di Jepang. Namun, bangunan-bangunan bergaya vintage yang berdiri di sekitar bendungan inilah yang membuat wisatawan tertarik berjalan-jalan santai di sini.

Bila Anda berminat datang kemari, sebaiknya datanglah pada siang hari karena sinar mataharinya sudah tidak terlalu terik. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah berjalan-jalan di sekitar kanal atau mampir di restoran-restoran yang menyajikan hidangan lezat di sekitar tempat ini.

Nah, sudah siap untuk berlibur ala backpacker ke Jepang? Catat daftar tempat wisata di Jepang dari Keluyuran berikut ini sebagai referensi Anda, ya! Silahkan sesuaikan tempat tujuan Anda dengan musim yang sedang berlangsung di Jepang agar liburan Anda semakin berkesan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *