9 Tempat Camping di Semarang dengan Pemandangan Indah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota berhawa panas. Meski begitu, Semarang memiliki gunung dengan ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut yang cukup terkenal di kalangan pendaki. Sehingga tak perlu jauh-jauh ke luar Semarang untuk melakukan aktivitas camping maupun makrab dengan komunitas.

Di Semarang sudah banyak tempat wisata yang menyediakan lahan untuk membangun tenda dan sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara seperti Jambore, pelantikan, latihan dasar, hingga rekreasi. Jika kamu sedang mencari tempat camping yang tepat di Semarang, yuk simak ulasan pada artikel berikut ini!

1. Bumi Perkemahan Wana Wisata Penggaron

Bumi Perkemahan Wana Wisata Penggaron

* sumber: jejakpiknik.com

Ungaran dikenal dengan gunung yang memiliki ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut. Di kawasan ini ada Hutan Penggaron yang sering menjadi tempat kegiatan outdoor. Mulai dari camping, hingga kegiatan ospek atau makrab.

Di hutan ini terdapat lahan yang luas dan dapat menampung tenda dalam jumlah banyak. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara, atau sekadar menghilangkan penat. Hutan Penggaron yang berada di kaki Gunung Ungaran memberikan suasana yang sejuk dan asri.

  • Alamat : Siroto, Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp6.000

2. Mawar Camp

Mawar Camp

Gunung Ungaran memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya adalah Jalur Mawar yang terdapat di Kabupaten Semarang. Tempat ini bukan sekadar jalur pendakian, tetapi ada camping ground yang cukup luas dengan pemandangan memesona. Jika tidak memiliki alat kemah, di sini sudah disedaiakan penyewaan alat outdoor.

Basecamp Mawar dapat dijadikan sebagai alternatif untuk berkemah tanpa perlu lelah mendaki gunung. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat basecamp Mawar memiliki suhu yang dingin, terutama pada malam hari. Dari atas sini, kamu bisa melihat pemandangan lampu kota yang gemerlap, dan jika cuaca cerah, bisa melihat gagahnya Gunung Merbabu dari kejauhan.

  • Alamat : Jl. Goa Jepang No.Km.5, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.000
  • Kontak : 0813-2957-7448

3. Camping Ground Pinus Cunthel

Camping Ground Pinus Cunthel

Sumber: https://www.instagram.com/campinggroundpinus/

Jika pada poin sebelumnya sudah membahas tempat berkemah di pintu masuk jalur pendakian Gunung Ungaran, tempat yang satu ini adalah camping ground yang ada lereng Gunung Merbabu tepatnya di Hutan Pinus Cunthel.

Camping Ground Pinus Cunthel terletak di tengah-tengah antara dua jalur pendakian Gunung Merbabu, yaitu jalur Thekelan dan jalur Wekas. Di tempat ini, kamu bukan hanya bisa mendapatkan lahan kemah yang luas, dengan fasilitas lengkap saja. Namun pemandangan dari sini, dapat melihat jelas Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran dari kejauhan.

  • Alamat : Sundel, Kopeng, Getasan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0856-4185-5585

4. Efrata Retreat & Camping Hill

Efrata Retreat & Camping Hill

* sumber: eunikeyayuk.blogspot.com

Terletak di daerah Ungaran, terdapat tempat rekreasi yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara besar seperti jambore, pelatihan, reuni, hingga acara pernikahan. Efrata Retreat & Camping Hill memberikan fasilitas tersebut. Jadi kamu bisa camping dengan suasana yang berbeda.

Jika mengadakan reuni terlalu biasa dengan acara formal, kamu bisa juga mengadakan acara reuni sambil menginap dengan suasana alam di sini. Lahannya yang luas, mampu menampung tenda dalam jumlah banyak. Jadi kamu tetap nyaman ketika camping di sini.

  • Alamat : Suruhan, Keji, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 09.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp50.000 – Rp75.000
  • Kontak : 0895-0279-3398

5. Camping Ground GMKA – Lake View

Camping Ground GMKA – Lake View

Satu lagi tempat bernuansa alam yang biasa digunakan untuk menyelenggarakan sebuah acara. Camping Ground GMKA terletak di Ambarawa, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari Monumen Palagan Ambarawa. Tempat ini cocok untuk camping, dan selalu ramai dikunjungi karena pemandangannya yang cantik dan merupakan salah satu tempat wisata religi.

Camping Ground GMKA masih masuk lokasi dengan Gua Maria Kerep yang menjadi komplek peziarahan bagi umat Katholik. Maka dari itu, tempat ini sangat terkenal di kalangan umat Katholik yang ada di wilayah Semarang. Jadi, bagi kamu yang beragama Katholik, bisa sambil melakukan peribadatan di sini.

  • Alamat : Kebonsari, Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Bumi Perkemahan Medini

Bumi Perkemahan Medini

Gunung Ungaran terletak di antara Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Kendal. Selain jalur Mawar di Kabupaten Semarang, ada pula Medini yang menjadi salah satu jalur pendakian dari Kabupaten Kendal. Jadi meskipun ini bukan merupakan kawasan Semarang, tetapi sangat recommended untuk sekadar camping bersama teman-teman.

Terletak di lereng Gunung Ungaran, Bumi Perkemahan Medini memberikan hawa yang sejuk khas pegunungan, dan udara yang masih sangat asri. Di sini, terdapat perkebunan teh milik warga setempat yang cukup terhampar luas. Pada pagi hari, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Ungaran dari jarak yang dekat.

  • Alamat : Medini, Gempol, Ngesrepbalong, Limbangan, Kabupaten Kendal
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

7. Camping Lembah Umbul Sidomukti

Camping Lembah Umbul Sidomukti

Tak jauh dari basecamp Gunung Ungaran via jalur Mawar, terdapat Umbul Sidomukti yang menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kabupaten Semarang. Di sini, ada tempat camping yang cukup luas dan cocok untuk liburan singkat di sekitar Semarang. Berada di kawasan wisata, Camping Lembah Umbul Sidomukti memiliki fasilitas yang lengkap dan toilet yang bersih.

  • Alamat : Jl. Munding, Munding, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp8.000 – Rp10.000
  • Kontak : (0298) 7137 024

8. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan Wisata Tinjomoyo

* sumber: www.semberani.com

Semarang memiliki bekas kebun binatang yang ditutup pada tahun 2006 akibat banjir besar. Hingga akhirnya, tempat ini dijadikan sebagai hutan wisata oleh pemerintah setempat. Meskipun tempat ini bernuansa alam, jalur menuju Hutan Wisata Tinjoyo terbilang sangat baik dan menarik untuk dikunjungi.

Hutan Wisata Tinjomoyo tak hanya menjadi tempat untuk sekadar rekreasi atau refreshing, tetapi di sini kamu bisa membantun tenda untuk camping. Suasananya yang tenang, dan udara yang sejuk, membuat tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama teman yang lokasinya masih di kawasan kota Semarang.

  • Alamat : Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000

9. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

* sumber: dolanyok.com

Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung yang ada di Kabupaten Semarang dan lokasinya tidak terlalu jauh dengan kota Semarang. Gunung dengan ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut ini cocok dijadikan sebagai tempat latihan mendaki gunung, sebelum akhirnya mendaki gunung yang lebih tinggi seperti Gunung Merbabu.

Gunung Ungaran dapat didaki selama kurang lebih 4 jam dengan berjalan kaki. Sesampainya di puncak, kamu bisa membangun tenda dan camping di sini. Pagi harinya, kamu bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Telomoyo dari kejauhan. Camping di Gunung Ungaran tepat dilakukan bagi pecinta aktivitas mendaki gunung.

  • Alamat : Ungaran Barat, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.000
  • Kontak : 0896-6516-3846

Itulah ulasan tentang tempat camping seru di Semarang yang bisa kamu kunjungi, dan dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara bertemakan alam. Mulai dari di perkotaan, hingga di atas gunung bisa jadi pilihanmu. Mana tempat camping yang kamu suka?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *