10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Selain dikenal dengan gemerlap dunia hiburan, negeri ginseng juga menjadi salah satu destinasi favorit banyak orang. Terlebih jika Anda termasuk pecinta drama Korea atau idol Korea, pasti semakin bersemangat ingin mengunjungi beberapa lokasi romantis yang terdapat pada salah satu drama atau yang pernah ditayangkan di acara televisi Korea.

Bagi Anda yang ingin bernostalgia mengingat adegan drama favorit, atau ingin menghabiskan waktu berlibur secara lebih hangat, Anda bisa mengunjungi taman-taman di Korea berikut ini.

Mulai dari wisata alam hingga wisata historis lainnya, taman di Korea adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berjalan-jalan santai dan menikmati pemandangan. Berikut beberapa rekomendasi taman terbaik yang dapat Anda kunjungi di Korea versi Keluyuran.

1. Taman Namsan

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 41

Jika berlibur ke Seoul, sebaiknya Anda Keluyuran ke Taman Namsan. Ini adalah taman yang disebut-sebut paling luas di kota tersebut. Hadir dengan beragam tanaman yang cantik, ditambah adanya berbagai spesies hewan yang dapat Anda temui di sana, Anda bisa jika duduk bersantai atau jalan-jalan menikmati pemandangan.

Untuk JJS alias jalan-jalan santai bersama orang terkasih, destinasi ini cocok untuk dijadikan pilihan. Namun, sebaiknya ketika ingin mengunjungi Taman Namsan, Anda memilih bulan April. Pasalnya, pada bulan tersebut bunga sakura mulai bermekaran dan di sana kerap kali diadakan festival. Sehingga taman itu pun dihiasi oleh berbagai lampu warna-warni yang menggemaskan.

2. Taman Nasional Gyeongju

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 42

Tak kalah menarik, bagi Anda yang ingin mengunjungi taman dengan nilai historis, Taman Nasional Gyeongju cocok untuk dijadikan pilihan. Taman yang bertepatan di pusat Gyeongju, ibu kota Korea pada masa Dinasti Silla. tak pernah sepi dari pengunjung. Itu karena taman yang satu ini termasuk dalam taman nasional bersejarah di Korea.

Di sana terdapat berbagai arsitektur tertua yang tetap berdiri kokoh dan terawat hingga kini. Anda juga dapat menemukan sebuah kolam bernama Anapji, di atas kolam tersebut ada semacam gardu dengan gaya kuno khas Korea. Selain itu, juga terdapat kuil lama bernama Bulguksa yang menjadi pusat perhatian ketika berkunjung ke Taman Nasional Gyeongju.

3. Taman Yeouido Hangang

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 43

Jika Anda mencari taman yang memiliki akses kendaraan lebih mudah, Taman Yeouido Hangang adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, taman ini memiliki lokasi yang dapat dengan mudah didatangi menggunakan kereta bawah tanah maupun bus. Terlebih, taman tersebut memiliki pemandangan yang berbeda dengan taman-taman lainnya, yakni aliran Sungai Hangang yang mengalir melalui Seoul.

Di sana, Anda akan dimanjakan oleh taman yang cocok untuk digunakan bersantai maupun bersepeda untuk mengisi waktu luang. Tak hanya itu, di Taman Yeouido Hangang juga terdapat ladang rumput yang luas yang dihiasi oleh bunga sakura. Jadi, wajar saja jika destinasi ini tak pernah luput dari beragam acara maupun festival.

4. Taman Songpanaru

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 44

Pernah dengar taman dengan seribu pohon sakura di Korea? Taman Songpanaru jawabannya. Taman yang berlokasi di kawasan Lotte World ini dihiasi oleh bunga sakura yang dapat membentuk terowongan bunga ketika musim semi. Bukan hanya itu, di setiap musim semi kerap kali diadakan festival juga di taman tersebut.

Selain pemandangan lautan bunga sakura, taman cantik ini juga dikelilingi oleh Danau Seokchonhosu yang bisa bikin kita tenang. Perpaduan yang sempurna untuk berlibur dan menghabiskan waktu dengan orang terkasih, bukan? Tempat ini juga Instagramable banget. Jadi, jangan lupa foto-foto, ya!

5. Taman Ilsan

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 45

Tak jauh berbeda dari taman sebelumnya, Taman Ilsan juga dipenuhi oleh bunga sakura yang jumlahnya jauh lebih banyak, yaitu sekitar 1.800 pohon. Hebatnya, taman ini bukan hanya dihiasi oleh bunga sakura, tetapi juga pohon willow dan forsythia.

Selain menjadi destinasi yang cantik, taman ini semakin dikenal banyak orang ketika dijadikan lokasi syuting drama Korea yang sangat populer berjudul "My Love From The Stars" pada tahun 2013.

Tempat ini juga menjadi lokasi syuting drama populer lainnya, "The Girl Who Sees Smells", pada tahun 2015. Selain disebut taman bunga dan sering kali dijadikan tempat pameran bunga setiap tahun atau yang dikenal dengan International Holticulture Goyang Korea, Taman Ilsan juga dilengkapi oleh danau buatan terbesar di Korea dengan nama yang serupa, yaitu Danau Ilsan.

6. Taman Jehwangsan

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 46

Apabila Anda berkunjung ke Korea pada musim semi, salah satu destinasi yang harus dikunjungi adalah Jehwangsan Park. Soalnya, di sana kerap kali diadakan Jinhae Gunhangje Festival setiap tahunnya. Festival tersebut menghadirkan indahnya taman bunga sakura yang dilengkapi pula dengan kapal Admiral Lee Sun Shin yang populer dan digemari pengunjung.

Di sana, mata Anda akan dimanjakan pula dengan Anmingogae Hill dan Yeojwacheon Stream. FYI, taman ini tidak terletak di Seoul, melainkan di Kota Jinhae, Provinsi Gyeongsang Selatan.

7. Taman Ssangyesa Temple Simni Cherry Blossom

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 47

Percaya tak percaya, taman ini sesungguhnya bukan taman, melainkan jalanan yang membentang sepanjang enam kilometer. Jalan ini menghubungkan Hwagae Market dengan Kuil Ssanggyesa di Hadong-gun, Gyeongsangnam-do. Namun, di sepanjang jalan itu terdapat jajaran bunga sakura, sehingga tampak seperti taman yang sangat cantik.

Tetapi, di balik kecantikannya, taman ini memiliki kisah yang dipercaya banyak orang. Konon, jika ada pasangan yang berjalan sepanjang taman tersebut ketika musim semi, diyakini akan saling jatuh cinta dan menikah. Itulah mengapa Taman Ssangyesa Temple Simni Cherry Blossom ini disebut pula sebagai jalan pernikahan.

8. Taman Seomjin River Train Village

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 48

Destinasi Korea satu ini cukup unik dibandingkan beberapa taman sebelumnya. Pasalnya, dahulu kala sebelum Seomjin River Train Village ini menjadi sebuah taman, kawasan tersebut hanyalah sebuah stasiun kereta api biasa. Namun, di tangan orang-orang kreatif, lokasi ini disulap menjadi taman yang dihiasi berbagai bunga.

Taman ini berlokasi di Gokseong. Di sana Anda akan menjumpai beragam atraksi, salah satunya adalah lokomotif uap yang dapat beroperasi sebanyak lima kali dalam satu hari. Lokomotif tersebut akan berjalan melintasi Sungai Seomjingang.

9. Taman Olympic

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 49

Taman yang pernah dijadikan lokasi Asian Games pada tahun 1986 dan menjadi tempat Summer Olympics yang diadakan 2 tahun setelahnya ini bernama Taman Olympic. Berlokasi di Songpa-gu, Seoul, taman yang sangat populer ini memiliki keseluruhan luas sekitar 1,4 juta meter persegi. Saking luasnya, disebut-sebut perlu waktu hingga 3 jam untuk Anda dapat berjalan mengitari taman tersebut.

Tak heran, dengan besarnya taman ini, para pengunjung disarankan menggunakan peta taman atau menumpangi kereta Hodori ataupun sepeda. Selain digunakan untuk bersantai, taman ini juga sering dipakai pengunjungnya berolahraga. Saat berkunjung ke Taman Olympic, Anda akan menemukan Bukit Pohon Tunggal yang berada di tengah hamparan luas seperti layaknya lukisan.

10. Taman Pyeonghwa Nuri

10 Taman di Korea yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan 50

Jika Anda bosan dengan taman yang dipenuhi oleh bunga, taman dengan ribuan kincir angin yang berada di utara Gyeonggi-do ini dapat dijadikan pilihan. Taman Pyeonghwa Nuri yang juga termasuk dalam World Peace Festival yang didirikan pada tahun 2005 ini sukses menarik perhatian banyak orang.

Para pengunjungnya datang kemari hanya untuk sekedar bersantai ataupun sengaja mengajak anak-anak mereka bermain. Taman yang memiliki 3.000 kincir angin berwarna-warni yang disebut dengan Bukit Angin ini dihiasi pula oleh ladang rumput luas.

Tempat ini juga kerap digunakan sebagai lokasi konser musik, makanya selain Bukit Angin, tempat ini disebut juga Bukit Musik. Ada pula Peaceland yang menjadi lokasi favorit anak-anak kecil dengan beragam wahana seru. Kalau lapar, di sana juga tersedia restoran. Sehingga, taman ini menjadi taman yang paling lengkap fasilitasnya untuk wisata keluarga.

Semua taman yang ada di Korea Selatan ini sangat indah dan pastinya bersih. Anda bisa menikmati wisata alam kota yang sejuk dan menenangkan. Apakah Anda berencana mengunjungi salah satunya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram