10 Lokasi Syuting Start-Up, Dramanya Suzy & Nam Joo-hyuk

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Drama Start-up yang baru saja selesai tayang ini mengisahkan tentang kehidupan anak muda meraih impian mereka. Bercerita tentang perjuangan membuat sebuah perusahaan rintisan, Start-up dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seoh-ho, Kang Ha-na serta deretan artis lainnya. Drama ini sukses menghasilkan dua kubu, ada kubu Do-san dan Ji-pyeong.

Setting Start-up adalah sebuah tempat fiksional yang mirip dengan Silicon Valley-nya Amerika, yang disebut Sandbox yang berlokasi di Mapo-gu. Selain tempat tersebut, drama ini juga menggunakan tempat lain sebagai setting-nya. Mau tahu tempatnya di mana saja? Inilah lokasi syuting Start-up yang bisa kamu kunjungi kalau kamu ke Korea.

1. Oil Tank Culture Park

Oil Tank Culture Park

* sumber: worldarchitecture.org

  • Alamat: 87 Jeungsan-ro, Seongsan-dong, Mapo-gu, Seoul
  • Jam operasional: T0 24 jam, T1-6: Selasa-Minggu, 10.00 – 18.00, Senin tutup
  • Telepon: +82 2-376-8410

Oil Tank Culture Park merupakan depot untuk minyak bumi yang sudah berubah wujud yang ditutup pada tahun 1970-an. Saat ini tempat tersebut menjadi taman budaya untuk berbagai acara yang berlokasi di daerah Seoul, Seongsan-dong.

Dibuka pada musim gugur 2017, terdiri dari enam 'tank' berbeda (T1-T6). Berubah menjadi landmark bersejarah, sekarang tempat ini menjadi pusat informasi, paviliun multiguna, amfiteater, dan area untuk pertunjukan konser, pameran, dan lokakarya.

Gedung T2 muncul sebagai hub start-up 'Sandbox', seperti yang nampak di episode 1 Start-Up. Oil Tank Culture Park muncul dalam sebuah adegan sebagai bagian luar Sandbox, tempat Dal Mi (Bae Suzy) bertemu dengan In Jae (Kang Han Na). 

2. Nodeulseom

Nodeulseom

* sumber: studioakkerhuis.com

  • Alamat: 302-146 Ichon-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Telepon: +82 2-749-4500

Seperti yang terlihat di episode 1 Start-Up, hub start-up 'Sandbox' berada di pulau ini. Tempat ini menawarkan alam di ruang terbuka yang menakjubkan serta pemandangan Sungai Han yang luar biasa. Jembatan Hangang melewati tepat di atas pulau. Pulau ini terletak di Ichon-dong.

Kamu bisa  melakukan kontemplasi, berburu buku di toko buku Nodeul, atau minum secangkir kopi sambil melihat-lihat di kafe terdekat. Nodeulseom merupakan pulau buatan di Sungai Han dan per 2017 disebutkan akan dikembangkan menjadi pusat seni pertunjukan. 

3. Robot Land

Robot Land

  • Alamat: Robot Land-ro 155-11, Robot Tower 902, Wonchang-dong, Seo-gu, Incheon
  • Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 21.00 
  • Telepon: +82 32-715-6000

Saat acara pemberian materi kuliah dari berbagai pengusaha sukses di Sandbox di episode pertama dilakukan di tempat ini. Di sini Seo Dal-mi dan Won In-jae bertemu setelah bertahun-tahun.

Robot Land merupakan taman hiburan yang bertujuan menjadi kiblat robotika nasional setelah selesai. Taman hiburan ini masih dalam pembangunan, tetapi pusat pengalaman robotnya sekarang terbuka untuk umum. 

Sesudah konstruksi selesai, pemerintah daerah Incheon berencana untuk menggunakan taman ini untuk menghubungkan manufaktur, pendidikan, dan R&D.

4. Taman Hangang Yeouido di Mulbit Square

Taman Hangang Yeouido di Mulbit Square

* sumber: 10satukosong.wordpress.com

  • Alamat: 330 Yeouidong-ro, Yeoeuido-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul
  • Jam operasional: setiap hari buka 24 jam
  • Telepon: +82 2-3780-0561

Di episode 1 diceritakan nenek Dal Mi, Ny. Choi, memiliki truk corndog yang terletak di Yeouido Hangang Park. Di sinilah Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) sering mengunjunginya, dan berbicara tentang rahasia mereka sambil mengunyah corn dog Korea dan menikmati minuman yogurt.

Di taman ini pengunjung bisa bersepeda atau berjalan-jalan. Di panggung terapung diadakan konser gratis setelah matahari terbenam dengan latar belakang Sungai Han, lengkap dengan pertunjukan air mancur musikal.

5. Caffe Themselves-Shinyoung Building

Caffe Themselves-Shinyoung Building

  • Alamat: Caffe Demselves, 5-8, Gwancheol-dong, Jongno-gu, Seoul
  • Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 23.00
  • Telepon: +82 2-2266-5947
  • Alamat Shinyoung Building: 68-5 Cheongdam-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Telepon: +82 2-3218-3333

Pada episode 8, Seo Dal-mi duduk di kafe ini saat dia berbicara dengan Lee Hyo-won (Bae Hae-sun) melalui telepon, yang ternyata menolak permintaannya untuk rapat. Dal-mi melihat Hyo-won yang sedang menelepon berjalan dari lift. Dia pun mengejarnya untuk meyakinkannya.

Kafe ini pertama kali berdiri pada tahun 2002. Beberapa Kali mengalami perubahan akhirnya di tahun 2012 kembali buka untuk yang kedua kali sebagai roasting profesional dan kafe patisserie. Salah satu cabangnya ada di gedung Shinyoung Building.

Shinyoung Building merupakan sebuah bangunan yang terletak di sepanjang Yeongdong-daero di Seoul Cheongdam-dong,  di Distrik Gangnam. Di dekat gedung ini terdapat Cafe de Bodyfriend - Cheongdam Branch, Cheongdam Deokyang Building serta Lee Hyun-Woo's House.

6. Hapjeongdon

Hapjeongdon

Sumber: https://twitter.com/crisp_v/status/1322913094092292096

  • Alamat: 47 Huiujeong-ro, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari 17.00-21.00 Tutup pada hari Minggu
  • Telepon: 02-322-0401

Toko yang dijalankan nenek Seo Dal-mi, Choi Won-deok (Kim Hae-sook) ini muncul di episode 1 Start-Up, seperti yang terlihat selama Dal-mi tumbuh tahun di Seonju. Pada saat inilah Won-deok membawa Han Ji-pyeong (Nam Da-reum) muda di bawah perlindungannya dan yang dibiarkan tinggal di sini. 

Dalam episode 9, Ji-pyeong (Kim Seon-ho) kembali ke toko untuk mengambil surat yang ditinggalkan oleh Dal-mi 15 tahun yang lalu dan menemukan Dal-mi sendiri di hadapannya, menyadari bahwa ada sesuatu yang salah.

Dalam dunia nyata, toko itu bernama Hapjeongdon yang juga dikenal sebagai 'Hapjeong Pork'. Ini merupakan restoran barbekyu Korea yang berspesialisasi dalam hanwoo (daging sapi Korea) kelas atas dan daging babi Korea. Lokasinya berada di Hapjeong-dong.

7. Jembatan Dongjak

Jembatan Dongjak

  • Alamat: 359 Ichon 1-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

Dalam episode 3 diceritakan Nam Do-san (Nam Joo-hyuk) mengantar Seo Dal-mi melintasi jembatan ini dengan mengendarai mobilnya. Di belakang Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) mengikutinya dengan taksi .

Jembatan Dongjak merupakan salah satu dari 27 jembatan yang melintasi Sungai Han Seoul. Lokasinya berada di Inchon-dong,  di Distrik Yongsan. Lokasi ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu karena  banyak drama Korea yang menggunakan jembatan ini sebagai latarnya, juga Love Yourself-nya BTS.

8. DMC Cultural Park

DMC Cultural Park

  • Alamat: 366 World Cup Buk-ro, Mapo-gu, Seoul66
  • Jam operasional: 10.00 – 18.00, tutup pada hari Minggu dan hari libur.
  • Telepon: + 82-2-309-7067

Seo Dal-mi sesudah berhenti dari pekerjaannya di Lucca The Tea, dia melewati tempat ini dengan rencana barunya di tangannya. Dia nampak senang dengan keputusan yang dia buat. Adegan ini muncul di episode 3.

DMC Cultural Park berlokasi tepat di belakang gedung Digital Media City, di jantung Sangam-dong, Seoul. Di tengahnya adalah seni pahat “Mereka” atau  Keudeul yang dibuat oleh Lee Jin-joon, yang ditampilkan di sebagian besar adegan yang berlangsung di sini. 

Dipasang pada Maret 2010, patung ini mewakili "masa depan sains dan teknologi melalui harmoni digital + analog, pria + wanita".

9. Ilsan Cultural Park

Ilsan Cultural Park

  • Alamat: Korea Selatan, Gyeonggi-do, Goyang-si, Ilsandong-gu, Janghang-dong
  • Jam operasional: setiap hari buka 24 jam

Pada episode 1 tampak Seo Dal-mi (Heo Jung-eun) muda duduk di bangku di taman ini. Dia sudah bertengkar dengan saudara perempuannya, dan berbicara dengan ayahnya (Kim Joo-hun) melalui telepon, setelah pertemuannya yang sukses dengan perusahaan modal ventura.

Ilsan Cultural Park terletak di lingkungan distrik Goyang, Janghang-dong, Ilsandong. Jembatan layang, yang menghubungkan ke Ilsan Lake Park, melintasi Persimpangan Officetel Cheongwon.

10. Kodachaya

Kodachaya

  • Alamat: 48 Wausan-ro, Sangsu-dong, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan
  • Jam operasional: setiap hari 17.00 – 03.00
  • Telepon: +82 2-322-6666

Di episode 10 Seo Dal-mi datang ke sini. Dia ingin minum di sini dan Lee Bo-young (cameo) muncul sebagai orang asing meminta untuk berbagi meja. Nam Do-san datang setelah itu, dan menguping Dal-mi yang akhirnya mabuk menuangkan ceritanya kepada orang asing itu. 

Kodachaya merupakan restoran waralaba yang merupakan gabungan antara izakaya dan pojangmacha, yang menawarkan pilihan masakan seperti Korea dan Jepang. Outlet ini terletak di Menara Lohas di Wausan-ro di Sangsu-dong, di Distrik Mapo.

Start-up yang bercerita tentang anak muda yang berusaha membangun sebuah perusahaan rintisan ini mengambil lokasi syuting di berbagai tempat. Salah satu tempat yang bernama sandbox ternyata berada di sebuah landmark bersejarah Oil Tank Culture Park.

Seperti setting drama lainnya, lokasi syuting Start-up pun kini banyak diincar oleh para penggemar drama tersebut. Tentunya kalau kamu juga penyuka Start-up tak akan ketinggalan untuk mengunjunginya, bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram