7 Macam Jjigae dari Korea yang Pedas dan Kaya Rasa

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Agustus 2021

Jjigae adalah hidangan Korea yang mirip dengan sup dan sering disebut dengan stew. Terdapat macam-macam jenis jjigae dari Korea. Biasanya jjigae dibuat dengan daging, makanan laut atau sayuran dalam kaldu yang dibumbui dengan gochujang, doenjang, ganjang atau saeujeot.

Stew atau jjigae biasanya disajikan dalam hidangan komunal dan disajikan panas-panas. Makanan Korea hampir selalu mencakup jjigae atau guk. Selama Dinasti Joseon, jjigae dikenal sebagai jochi, dan dua jenis akan selalu ada pada surasang, yaitu meja makan dan makanan untuk raja. Sup di Korea dapat dikategorikan menjadi empat: guk, tang, jjigae, dan jeongol.

Perbedaan Guk, Tang, Jjigae, dan Jeongol

Perbedaan antara guk, tang, jjigae dan jeongol didasarkan pada metode berbeda dari cara hidangan ini disiapkan, bagaimana makanan ini disajikan dan dimakan di meja. Berikut selengkapnya:

1. Guk

Guk_

Guk merupakan kata asli Korea untuk sup. Hidangan ini tidak dimakan bersama-sama melainkan disajikan dalam porsi individu di samping semangkuk nasi.

Sup Korea ini adalah sup encer yang memiliki perbandingan bahan cair dan padat sekitar 7: 3. Komponen utamanya adalah cairan. Setelah disajikan, tidak ada bumbu atau bumbu tambahan yang ditambahkan.

2. Jjigae

Jjigae_

Lebih kental dan asin dibandingkan dengan sup, jjigae mengandung bahan yang lebih padat dari pada guk. Perbandingan bahan cair dan padat sekitar 4: 6. Berbeda dengan guk, komponen utama jjigae adalah bahan padat seperti sayuran, tahu, ikan atau daging.

Merupakan kebiasaan umum di keluarga Korea untuk berbagi sepanci jjigae. Di restoran, pengunjung dapat memesan jjigae dalam porsi individu untuk dimakan sendiri. Sepanci jjigae gratis sering disajikan di restoran barbekyu dengan setiap pesanan nasi.

3. Tang

Tang asalnya dari hanja atau karakter Cina dan adalah istilah formal untuk guk. Biasanya tang membutuhkan waktu memasak yang lebih lama dibandingkan guk. Jenis tang tertentu, termasuk maeuntang (hot pot ikan pedas), adalah makanan komunal, dibagi di antara setidaknya dua orang.

Jenis tang contohnya seolleongtang (sup tulang sapi) dan galbitang (sup iga sapi) disajikan dalam porsi individu. Umumnya, komponen kunci dari tang adalah kaldu.

Unsur lain yang membedakan guk dan tang adalah apakah ada tambahan bumbu atau bumbu ditambahkan setelah disajikan. Garam, pasta cabai pedas, dan daun bawang segar bisa ditambahkan ke tang sesuai selera, tapi jarang ditambahkan pada guk.

4. Jeongol

Jeongol_

Jeongol merupakan hidangan hot pot komunal yang biasanya menjadi bagian utama dari sebuah makanan. Yang membedakan jeongol dari guk, jjigae, dan tang adalah kaldu yang sudah disiapkan dituangkan di atas bahan mentah.

Bahan-bahan mentah seperti daging, jeroan, sayuran, atau ikan diletakkan di panci yang dangkal dan dimasak di meja. Kaldu tambahan terus ditambahkan ke panci rebusan yang mendidih selama makan. Jeongol mirip dengan jjigae karena kurang pekat tetapi supnya sendiri kurang asin dibandingkan jjigae.

Macam-Macam Jjigae dari Korea

Sesudah mengetahui perbedaan antara guk, tang, jjigae dan jeongol, sekarang kita akan membahas mengenai macam-macam jjigae yang berasal dari Korea. Ini beberapa jenis yang sering dihidangkan di rumah ataupun di restoran-restoran besar dan kecil.

1. Budae Jjigae

Budae Jjigae
*

Stew Korea ini biasanya menggabungkan kaldu rumput laut dan ikan anchovy dengan kimchi, kacang panggang, spam, dan sosis hot dog, sedangkan tambahan umum juga termasuk mi ramen, daging babi, mi kentang, tteok, atau tahu.

Budae jjigae juga dikenal sebagai sup tentara. Makanan ini dibuat sebagai hidangan fushion sejati sekitar tahun 1950-an, setelah Perang Korea. Karena makanan langka, penduduk setempat akan menyelundupkan produk daging olahan yang dapat mereka temukan di pangkalan militer Amerika.

Berkat kecerdikan dan akal, penduduk Korea menciptakan budae jjigae. Hidangan ini diyakini berasal dari pangkalan militer yang terletak di Uijeongbudong. Bagian terbaik dari Korean Army Stew adalah penikmatnya bisa mencampurkan bahan berdasarkan apa yang mereka miliki di dapur atau lemari es.

Jadi tidak perlu pergi ke toko untuk membeli bahan tambahan tertentu. Menyenangkan bukan? Cobalah budae jjigae jika kamu tak ingin berjalan kaki ke toko bahan makanan sebelum memasak makan malam dan mungkin kamu akan terkejut dengan hasil yang kamu dapatkan.

2. Kimchi Jjigae

Kimchi cocok dipasangkan dengan hampir semua makanan, jadi wajar saja jika membuat rasa uniknya menjadi fokus pada stew. Kimchi jjigae adalah salah satu hidangan stew Korea Selatan paling populer dan popularitas sup ini tidak mengherankan mengingat kimchi sendiri begitu terkenal.

Sementara sayuran dan daging yang dimasukan dalam rebusan bisa berbeda-beda dari restoran ke restoran tergantung pada pilihan dan apa yang tersedia, versi paling populer dari stew kimchi termasuk daging babi yang lembut, gurih, daun bawang, dan banyak kimchi.

Untuk membuat kimchi jjigae caranya cukup campurkan kimchi pedas dengan daging babi atau sapi dan sedikit air atau kaldu dalam panci tanah liat atau logam, dan dibiarkan mendidih setidaknya selama setengah jam, atau sampai kubis lunak dan hampir meleleh.

Aroma kimchi jjigae tak ada bandingannya. Jika kimchi terlalu asam, bisa ditambahkan sesendok gochujang atau sedikit gula. Rebusan disajikan panas-panas, dan rasa cabai merah pedas dengan nabati yang difermentasi, sedikit lemak dari daging, dan sangat mengasyikkan.

3. Sundubu Jjigae

Sundubu Jjigae_

Mencari camilan yang sempurna di hari yang dingin dan hujan di musim dingin, cobalah sup tahu lembut luar biasa karena beberapa alasan berbeda. Pertama, sundubu jjigae menggabungkan rasa yang berbeda tapi membuat keajaiban terjadi di mulut.

Kombinasi tahu lembut seperti sutra, kaldu kimchi, telur, dan makanan laut adalah kekuatan yang dari hidangan stew ini. Kontras tekstur antara seafood, tahu, dan telur sangat menyenangkan.

Kedua, ini adalah hidangan Korea yang enak jika mencari makanan yang mengandung protein. Antara telur, tahu, dan makanan laut, kamu memiliki tiga jenis protein berbeda yang berkumpul untuk membuat kamu kenyang.

Pastikan untuk menyajikan nasi hangat untuk dinikmati bersamanya. Kamu bisa menggunakan nasi untuk menyerap beberapa sendok sup terakhir saat mangkuk sudah hampir kosong. Carilah makanan Korea ini yang disajikan bersama berbagai jenis BBQ Korea.

4. Doenjang Jjigae

Doenjang Jjigae_

Doenjang jjigae adalah sup gurih sederhana, makanan sehari-hari di rumah-rumah Korea. Masakan ini adalah ramuan yang dibuat dari bahan apa pun yang ada di dalam lemari es dan dapur dan dibuat dengan daenjang, yaitu pasta kedelai hasil fermentasi.

Pasta ini umum dimiliki oleh banyak juru masak Korea di lemari es. Kemudian tambahkan kentang atau bawang di dapur, dan sayuran apa pun, seperti zucchini dan cabai, yang mungkin ada di sekitar. Doenjang hadir dalam berbagai tahap fermentasi. Semakin gelap pasta, semakin kuat rasanya.

Berbeda dari miso Jepang, yang lembut dan halus, doenjang bergaya tradisional, dengan potongan kacang kedelai yang difermentasi, yang umumnya tersaring saat proses memasak, dan hasil akhirnya lebih kaya rasa dibandingkan dengan sup miso khas Jepang .

Dasar dari Doenjang jjigae adalah kaldu atau air dengan dashi instan, teri kering, atau daging untuk perasa, direbus dengan sayuran dan kemudian doenjang dan tahu, dengan sentuhan terakhir tambahan daun bawang.

5. Kongbiji Jjigae

Kongbiji Jjigae_

Kongbiji jjigae adalah jjigae yang dibuat dengan krim kacang kedelai yang direndam. Secara tradisional, rebusan ini dibuat dengan bubur kedelai yang tersisa dari pembuatan tahu. Kongbiji jjigae juga biasanya dibuat dengan kedelai yang direndam halus kemudian dihaluskan dalam blender dengan air.

Kedelai bubuk ditambahkan ke dalam rebusan iga babi, bawang putih, kaldu, biasanya ikan anchovy atau dashi instan, dan terkadang kimchi. Campuran kedelai menggelembung saat menjadi panas. Daun bawang ditambahkan untuk sedikit renyah pahit di akhir.

Kongbiji jjigae terkadang disajikan dengan kimchi ekstra dan saus kecap, bubuk cabai, biji wijen panggang, bawang putih, cuka beras, dan minyak wijen. Kamu juga bisa mengganti kimchi dengan kubis rebus untuk rasa yang lebih lembut.

Yang kamu butuhkan hanyalah semangkuk nasi dengan sup hangat, halus, pedas, berdaging dan mengenyangkan. Ini adalah makanan kenyamanan musim dingin terbaik.

6. Cheonggukjang Jjiggae

Cheonggukjang Jjiggae_

Pasta kacang yang difermentasi cepat dibuat dengan merebus tanaman kedelai baru di musim gugur lalu menyimpannya di tempat yang hangat selama beberapa hari. Garam, bawang putih, jahe, dan cabai merah yang dihancurkan ditambahkan ke kacang yang difermentasi.

Kemudian campuran itu digulung menjadi bola-bola kecil. Cheonggukjang jjigae dibuat dari pasta ini dengan menambahkan daging cincang, kimchi kubis parut atau irisan lobak, tahu, daun bawang, dan bawang putih.

Cara makan cheonggukjang jjigae yaitu ditemani dengan semangkuk nasi. Kebanyakan orang Korea mencampur nasi dengan sesendok rebusan.

7. Ahl jjigae

Ahl jjigae_

Ahl merupakan telur ikan pollack berbumbu, sering disajikan sebagai banchan yang asin dengan rasa seafood, atau dengan nasi, dihiasi dengan sedikit minyak wijen dan biji wijen panggang. Untuk membuat jjigae ini, telur yang sudah dibumbui direbus dengan kaldu, tahu, dan bubuk cabai merah.

Ahl-nya cukup asin, jadi tidak perlu diberi banyak bumbu, tapi stew-nya menyeimbangkan rasa seafood yang unik dengan bumbu dari cabai merah dan krim dari tahu. Proses memasak mengubah telur kecil dari sedikit berair menjadi keras, dan berdecit, sangat menyenangkan untuk dimakan.

Itulah macam-macam jjigae dari Korea yang ternyata memiliki beragam bahan dan bumbu. Jjigae sendiri berbeda dengan guk, tang, atau jeongol. Jjigae yang paling populer tentu saja kimchi jjigae. Selain itu ada juga sundubu jjigae atau doenjang jjigae.

Kalau penasaran ingin mencicipi perbedaan antara guk, jjigae, tang, dan jeongol, kamu bisa mampir ke restoran Korea untuk mencicipinya. Atau jika kamu senang memasak, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencicipi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram