Keluyuran / Kuliner Bandung / Yuk, Makan Siang Enak di Warung Kopi Imah Babaturan

Yuk, Makan Siang Enak di Warung Kopi Imah Babaturan

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2019

Warung Kopi Imah Babaturan merupakan salah satu tempat ngopi hits di Bandung yang punya beragam menu menarik. Walaupun judulnya warung kopi, di sini juga menyajikan menu dari makan pagi hingga malam. Penasaran ngga sih sama Warung Kopi Imah Babaturan in? Yuk, simak ulasan dari Keluyuran berikut ini!

warkop imah babaturan 1 (Copy)

Menu

Menu yang disajikan di sini lengkap dimulai dari menu sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Ramainya Warung Kopi Imah Babaturan ini ngga kenal waktu, dari pagi hingga malam selalu ramai dikunjungi. Nah, kalau beberapa waktu lalu, Keluyuran memilih datang di waktu makan siang.

warkop imah babaturan 2 (Copy)

Menu makan siang di Warung Kopi Imah Babaturan cukup beragam dan pastinya tidak akan membuat kamu bosan untuk datang ke sini. Kenapa? Karena di sini ada yang namanya “Menu Mingguan” yaitu menu yang akan selalu diganti setiap minggunya. Kalau ingin tahu info paling update dari menu mingguannya, follow saja ya akun Instagramnya.

Menu yang disajikan di sini adalah menu masakan rumahan yang Indonesia-an banget. Inilah perbedaannya makan siang di WIB dengan tempat lain, kamu bisa mendapatkan comfort food yang dijamin bikin kamu ketagihan. Menu makanan berat yang recommended di sini ada tongseng kambing dan cumi cabe ijo, saking enaknya sampai-sampai WIB membuat totebag dengan tulisan menu tersebut.

Sedangkan untuk makanan ringannya, kamu mesti coba es kopi susunya dan ditemani dengan pisang goreng dan bala-balanya. Atau kalau kamu lagi ngga mau yang goreng-goreng, ada yang namanya roti oma yaitu roti kukus mentega. Jadi penasaran kan bagaimana sih rasanya?

Untuk makan siang yang lalu, kami memesan menu mingguan dan menu tetap seperti Sapi Asap, Tongseng Kambing, Soto Ayam dan Cumi Cabe Ijo. Kebukti kan di sini menunya cukup beragam.

sapi asap (Copy)

Menu pertama yang kami coba adalah Sapi asap. Sapi asap yang kami pesan rupanya dimasak dengan cabe gendot. Dagingnya dipotong tipis-tipis dengan potongan besar cabe gendot yang membuat rasa sapi asap ini sedikit pedas. Sebenarnya untuk pedas atau tidaknya tergantung toleransi kamu terhadap cabe gendot ya. Ada yang bilang lumayan pedas, ada juga yang bilang biasa saja.

tongseng kambing (Copy)

Lalu ada Tongseng Kambing, kami memesan ini karena katanya tongseng kambing di sini adalah menu primadona di WIB. Dan ternyata terbukti kenapa banyak yang suka dengan tongseng kambing di WIB, kuahnya kental, bumbunya yang legit, dan daging kambingnya yang enak alias tidak alot dagingnya dan tidak bau adalah alasannya kenapa banyak yang suka.

Tapi sayangnya, menurut kami sih kurang pedas. Atau mungkin lain kali bisa request untuk ditambahkan irisan cabe rawit supaya lebih greget. Tapi secara keseluruhan, tongseng kambingnya enak banget. Salah satu menu yang wajib untuk dicoba!

soto ayam (Copy)

Soto ayam yang kami pesan mungkin kelihatannya seperti soto ayam biasanya yang terdiri dari isian bihun, telor rebus, dan suiran daging ayam . Tapi rasanya ternyata enak, kuahnya terasa gurih dari ayamnya. Menjadi makin lengkap ketika diberi perasan lemon dan ditambahkan sedikit sambal.

cumi cabe ijo (Copy)

Nah, yang terakhir adalah salah satu kesukaan dari kami nih yaitu Cumi cabe ijo! Untuk menu yang satu ini, nasinya sudah disatukan dengan cumi cabe ijonya. Daging cuminya banyak, bersih, tidak amis dan yang paling juara adalah cabe ijo yang banyak sekali. WIB sangat tidak pelit dalam hal membumbui makanannya.

Jadi kalau dilihat dari foto, ini adalah cumi cabe ijo yang menyelimuti nasi putih dibawahnya. Untuk soal rasa jangan ditanyakan lagi ya, rasanya pedas dan enak sekali. Porsinya lumayan banyak, jadi pasti bakal kenyang banget setelah menyantap menu yang satu ini.

minuman wib (Copy)

Oh ya, untuk minuman kami memesan es teh manis, es jeruk peras dan ice latte. Di atas setiap meja terdapat beberapa botol minuman unik yang sudah jarang sekali ditemui yaitu temulawak dan coffee beer.

Harga 

menu WIB

Kalau kamu mau cek-cek harga sebelum datang ke sini, tenang saja kok harga makanan dan minuman di sini masih masuk akal kok. Untuk makanan beratnya kisaran harga Rp30.000-Rp40.000an dan minuman sekitaran Rp5.000-Rp18.000an saja.

Untuk makan pagi atau siang dengan rasa yang sangat enak sih, rasanya kamu ngga menyesal udah bayar dengan harga segitu karena satu porsi makanannya pun cukup banyak. Dijamin kenyang, puas dan ingin balik lagi ke sini!

Interior dan Lokasi WIB

warkop imah babaturan 4 (Copy)

Kalau diperhatikan dari luar, Warung Kopi Imah Babaturan atau WIB ini hanyalah sebuah rumah yang kemudian disulap jadi tempat makan yang homey banget. Dengan gaya seperti warung kopi lawas, meja dan kursi yang digunakan di sini unik karena semuanya meja kursi kayu biasa yang jadul. Mungkin kalau diingat-ingat lagi, beberapa diantaranya mirip dengan bangku sekolah kamu zaman dulu. Anak 90-an pasti tahu, hehe!

warkop imah babaturan 5 (Copy)

Untuk ruangan terbagi dua, kalau kamu mau bebas dari asap rokok atau membawa anak sih lebih baik duduk di bagian dalam ya. Walaupun bagian luar adalah area bebas merokok, tapi tetap nyaman untuk makan sambil nongkrong berlama-lama.

warkop imah babaturan 6 (Copy)

Warung Kopi Imah Babaturan berada di Jl. Kebon Bibit No. 3 Tamansari Bandung. Jam operasionalnya dimulai dari jam 08.00 sampai 22.00. Kalau agak bingung, patokannya adalah tempat perbelanjaan yaitu Baltos. Letaknya tidak begitu jauh dari Baltos.

Kalau kamu pakai transportasi umum, kamu perlu sedikit berjalan masuk ya karena daerahnya tidak dilewati angkutan umum. Dan untuk kamu yang ke sini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, kendalanya adalah area parkirnya yang cukup sulit didapati apalagi kalau sedang jam makan siang.

warkop imah babaturan 7 (Copy)

Alternatif lainnya adalah parkir di Baltos lalu jalan kaki deh ke WIB. Nah, untuk pengendara motor sih ada sedikit area parkir depan WIB yang disediakan. Atau kalau kamu lagi malas gerak atau mager, bisa juga pesan via jasa food delivery online.

Sekian ulasan tentang makan siang di Warung Kopi Imah Babaturan dari Keluyuran. Untuk kamu yang belum pernah ke sini, gimana pendapat kamu? Pasti jadi ingin cobain ngopi atau makan ke sini kan. Nah, kalau kamu udah mampir ke WIB, tulis yuk pengalaman kamu atau apa saja menu makanan favorit kamu di kolom komentar berikut ini ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar