Ramen Enak di Cimahi? Ya “Mangkok Ramen” Juaranya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar frasa Mangkok Ramen? Sebuah mangkuk yang biasa digunakan untuk makan ramen? Memang betul, tapi Mangkok Ramen yang satu ini merupakan sebuah kedai ramen yang cukup ngehits seantero Cimahi dan Bandung, khususnya daerah Cijerah.

Jika Anda suka makan makanan Jepang seperti ramen, rice bowl, snack dan dessert Jepang, Anda harus mencoba makan di Mangkok Ramen. Kedai ini terletak di jalan yang ramai dilalui orang, yaitu Jalan Melong Asih No. 62. Sebenarnya kedai ini masih termasuk Kota Bandung, tapi karena hanya berjarak beberapa meter dari perbatasan kota Bandung dan Cimahi, maka pengunjungnya kebanyakan orang Cimahi.

Mangkok Ramen mengklaim bahwa mereka menyajikan ramen dan makanan lainnya dengan rasa otentik Jepang. Mereka juga mengklaim kalau makanan dan minuman di sana tidak ada yang pakai pewarna, vetsin atau yang sering dibilang micin oleh kids jaman now, dan tanpa bahan pengawet. Semua makanan di sini tidak mengandung babi, jadi dijamin halal.

Menu

Seperti yang kami katakan tadi, Mangkok Ramen adalah tempat makanan Jepang. Dan, spesialisasi kedai ini tentu ramennya. Sejauh ini ada banyak menu ramen yang tersedia di Mangkok Ramen, berikut penjelasan detilnya:

  • Naruto Ramen (18K)
Naruto Ramen

* sumber: www.mangkokramen.com

Ramen ini merupakan signature dish-nya Mangkok Ramen. Bahkan, dengan bangga, Mangkok Ramen selalu mempromosikan ramen ini di daftar menu maupun di website resminya.

Jadi, ramen ini dibuat dari kuah kaldu sapi yang diracik khusus. Kata Mangkok Ramen, sih, menu ini merupakan makanan favoritnya Naruto sebelum pertarungan Shinobi Great War IV. Kalau Anda penggemar Naruto, mungkin mengerti maksudnya.

  • Aka Ramen (21K)

Kalau Anda pecinta pedas, kami rekomendasikan untuk memesan ramen yang satu ini. Aka Ramen merupakan ramen dengan kuah kaldu pedas perpaduan ala Jepang dan Thailand. Warna kuahnya yang merah menggugah selera siapa saja yang cinta dengan makanan pedas.

Ramen ini diberi topping crab stick, baso ikan, jamur enoki, dan masih banyak lagi yang tentunya menggugah selera, apalagi jika Anda penggemar sea food.

  • Shiro Ramen (23K)
Shiro Ramen

* sumber: www.mangkokramen.com

Menu ramen di Mangkok Ramen yang selanjutnya adalah Shiro. Ramen ini cukup spesial karena kuahnya dibuat dari lelehan butter. Untuk toppingnya, Shiro Ramen berisi daging cincang, telur, dan sayuran segar seperti jagung dan wortel.

  • Iga-No-Kuni Ramen (27K)

Iga-No-Kuni Ramen merupakan menu ramen yang paling mahal di kedai ini. Ramen ini dibuat oleh Mr. Tanaka (siapa ya beliau? Author juga tidak tahu, hehe) yang berasal dari Jepang. Ramen ini dibuat dengan bumbu rahasia kaldu sapi yang digodok selama 6 jam penuh! Ramen berkuah merah ini disajikan dengan topping daging iga sapi yang lembut.

  • Spicy Hotplate Special (23K)

Spicy Hotplate (Special) merupakan menu ramen yang kering alias tidak berkuah. Menu ini bisa juga dibilang sebagai Yakisoba. Ramen ini dibuat dari home made noodle yang dimasak dengan saus pedas. Jika Anda sedang bosan makan ramen berkuah, menu ini boleh Anda cicipi.

  • Tan Ramen
Tan Ramen

* sumber: www.mangkokramen.com

Tan Ramen adalah ramen dengan kaldu sapi yang digodok selama 4 jam. Ramen ini disajikan dengan toping daging ayam cincang dan saus Korea pedas.

  • Cilok Aburi Ramen (15K)

Serius, deh, Mangkok Ramen itu kedai ramen yang sering banget mencoba hal unik, baru, dan kekinian. Contohnya ya menu ramen yang satu ini. Cilok Aburi Ramen merupakan semangkuk ramen dengan selera khas Nusantara, tapi tetap ada cita rasa Jepangnya. Bingung tidak, tuh? Hihi. Kalau Anda penasaran, cobain saja sendiri.

  • Boruto Ramen (18K)

Boruto Ramen merupakan menu terbaru di Mangkok Ramen. Sayangnya tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai menu ini, hanya terdapat gambar dan harga saja di menunya. Tapi, dari gambarnya terlihat kalau ramen ini bertopping sayap ayam, chikuwa, rolade ikan, daun bawang, dan masih banyak lagi.

Menu ramen lainnya adalah Ramen Hinata, Orijinaru Ramen, Kazan Funka Ramen, dan masih banyak lagi. Selain ramen, di kedai ini juga ada aneka makanan lainnya, mulai dari makanan berat hingga snack. Ini dia list menu Donburi Rice (nasi mangkuk): BBQ mania, Korean Spicy, Cheezy Crazy, dan Carbonara Lover yang semua harganya adalah Rp 18.000-an.

Mangkok Ramen

Kalau Anda mau nyushi di Bandung, tapi tidak mau pergi ke pusat kota atau sedang ngirit budget, di sini juga ada sushi, kok! Ada Red Hot Chili Pepper Roll (18.5K), yaitu sushi tuna, keju, chilli pepper, dan saus pedas.

Lalu ada Cheesy Salmon Roll (18.5K), yaitu sushi yang berisi alpukat, telur, dan mentimun yang dibalut oleh ikan salmon. Di setiap kedai sushi pasti ada menu dragon roll, di Mangkok Ramen juga ada, dong, namanya adalah Coral Dragon Roll (27.5K).

Untuk snack, Anda bisa memesan Cekerizu (ceker kuah pedas), Okonimiyaki (19K), Takoyaki (18K), Cheesy Karage (19K), Seoul Chicken Wings (15K). Pilihan minuman di kedai ini juga cukup banyak, ada Honey Lemonade with Mint (14.5K), Veggie Blend Juice (13.5K), aneka latte, susu, teh, jus, dan ada juga air mineral.

Pesanan Kami

Waktu itu kami memesan Seoul Chicken Wings, Korean Spicy Donburi, Ice Tea with Sugar (ini nama minumannya apa banget, ya? Haha), dan Pop Mango Thai. Ya, di Mangkok Ramen ada jus mangga ala Thailand yang lagi ngehits itu.

  • Seoul Chicken Wings (15K)

Seoul Chicken Wings

Ini dia penampakan Seoul Chicken Wings. Seporsi menu ini terdiri dari empat – lima potong sayap dan paha ayam. Sayangnya bumbu spicy-nya kurang banyak, jadi ada beberapa bagian ayam yang tidak terlumuri bumbu.

Lalu, selada yang ada di piring ini juga kurang membantu, karena hanya ada selembar dan tidak terlalu fresh atau pun crunchy. Tapi, apa sih yang Anda harapkan dari seporsi chicken wings seharga 15 ribu? Tentunya harga makanan tidak akan menipu.

Di belakang Seoul Chicken Wings ada apa ya itu? Kids jaman now pasti tahu kalau minuman itu adalah jus mangga Thailand. Di Mangkok Ramen baru ada menu ini setelah minuman tersebut ngehits di Bandung.

  • Pop Mango Thai (25K)

Pop Mango Thai

Jujur, author bukan penggemar berat makanan dan minuman yang lagi ngehits. Ini cuma iseng mencoba karena dulu jus mangga Thailand yang pertama author coba itu di Kedai Lingling dan harganya bisa mencapai Rp 60 ribu/porsi! Gila, untuk jus mangga saja harganya bisa berkali-kali lipat dari makanan!

Karena di Mangkok Ramen tersedia menu ini, ya sudah author coba memesannya. Harga Pop Mango Thai ini mencapai 1/3 dari harga yang dibanderol oleh Kedai Lingling, yaitu cuma Rp 25 ribu saja.

Setelah datang, seperti ini lah wujud dari si Pop Mango Thai. Cukup besar, lalu whipped cream-nya cukup banyak, potongan buah mangganya juga lumayan banyak. Kalau membandingkan size, tentu saja Pop Mango Thai lebih kecil daripada yang di Kedai Lingling.

Pop Mango Thai Mangkok Ramen

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Ternyata, Pop Mango Thai di Mangkok Ramen ini lumayan masam! Author kaget karena terakhir mencoba yang di Kedai Lingling rasanya manis banget. Mungkin buah mangga yang Mangkok Ramen gunakan sedang kebetulan asam atau mereka kurang menambahkan gula, entahlah. Untuk mengakalinya, author mengaduk whipped cream dengan jus supaya rasanya jadi agak manis.

  • Korean Spicy (Donburi) (18K)

Korean Spicy

If you’re carving of Donburi but on budget, Donburi di Mangkok ramen bisa banget jadi pilihan Anda. Karena, harga nasi mangkuk di sini semuanya bersahabat, yaitu cuma Rp 18 ribu saja. Bisa dibilang menu ini porsi cewek karena tidak terlalu banyak, tapi porsi menu ini cukup untuk author. Apalagi waktu itu keadaan author sedang tidak lapar.

Semangkuk donburi ini berisi nasi, ayam karaage, telur dadar, seaweed kering, bumbu spicy ala Korea, dan taburan wijen. Rasanya? Lumayan lah mengobati rasa kangen Anda dengan masakan Korea di saat Anda sedang cekak.

  • Ice Tea with Sugar (5K)

Ice Tea with Sugar Mangkok Ramen

Es Teh! Kenapa sulit sekali menyebut menu ini sebagai “es teh” saja, kenapa harus Ice Tea… with Sugar?? Mangkok Ramen, you’re so extra. Ok, tidak ada yang bisa dibahas lebih lanjut mengenai minuman ini. Karena menu ini cuma es teh manis biasa saja seperti yang selalu bisa Anda temui di kedai lainnya.

Tempat

Mangkok Ramen

Tempat di Mangkok Ramen cukup nyaman, sih. Apalagi jika diukur untuk sebuah kedai/kafe di daerah Cijerah, Mangkok Ramen memang yang paling kekinian, berkonsep, dan nyaman.

Mangkok Ramen

Konsep Mangkok Ramen memadukan Nusantara (dengan ornamen bambu), Jepang (dengan meja lesehan, nama jalan, dan gambar di dindingnya), serta ala-ala junkyard yang dapat Anda rasakan dari meja dan kursi bekas drum/kaleng besar. Tapi, nuansa kafe-nya juga dapet banget dari sofa besar di sebelah kanan.

Mangkok Ramen

Ini dia foto meja dan kursi yang dibuat dari drum bekas. Konsep Mangkok Ramen cukup unik dengan memadukan beberapa konsep sekaligus.

Mangkok Ramen

Oh, iya. Di sini juga ada televisi yang menayangkan musik atau film dari tv kabel. Tapi, saat ada acara sepak bola (khususnya Persib), maka channel-nya akan diganti menjadi tv lokal. Jadi, Anda bisa juga nih nobar di Mangkok Ramen.

Mangkok Ramen

Sayangnya, karena berlokasi di pinggir jalan, suara kendaraan dan orang-orang tak dapat diredam. Lalu, tentu saja polusi udara akan cukup terasa. Tapi, Anda tidak perlu khawatir meja dan kursi yang Anda duduki berdebu karena pegawai di Mangkok Ramen cekatan untuk membersihkannya setiap sebelum dan sesudah digunakan.

  • Lahan parkir motor: ada, cukup banyak
  • Lahan parkir mobil: ada, sedikit (hanya muat satu/dua mobil)
  • WiFi: ada
  • Harga: Rp 4 – 28 ribuan
  • Jam buka: 11 siang – 10 malam
  • Social media: Website & Instagram
  • Rating Makanan: 6/10
  • Rating Minuman: 7/10
  • Ambience: 7/10

Ya, itulah sekilas mengenai pengalaman author makan di Mangkok Ramen. Overall, kedai ramen ini lumayan banget menurut author, karena di daerah Cijerah, kedai inilah yang terbaik dari segi makanan, rasa, konsep, dan tempat. Apakah Anda pernah makan di Mangkok Ramen? Kalau menurut Anda, bagaimana? Jangan lupa baca review tempat makan lainnya dari Keluyuran, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *