10 Museum Unik & Terkenal di Tokyo yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 November 2021

Saat berkunjung ke Tokyo pergi ke Museum dapat menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan dengan begitu banyaknya jumlah museum yang tersebar di kota Tokyo. Ada banyak museum yang terdapat di Kota Tokyo yang akan membuatmu kenyang dengan ragam pameran yang disajikannya. Museum seni  menjadi satu museum yang cukup banyak yang dapat kamu temukan di kota ini.

Tetapi selain museum seni ada juga beberapa museum yang unik dan menarik yang dapat kamu kunjungi dari sejarah, teknologi hingga kotoran manusia. Jumlahnya yang begitu banyak tentunya akan membuat kamu bingung mana yang ingin kamu kunjungi. Nah, Berikut ini beberapa museum unik dan juga terkenal yang terdapat di Kota Tokyo yang wajib kamu datangi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tokyo yang Sangat Menarik

1. Nezu Museum

 Nezu Museum
  • Lokasi: 6-5-1 Minami-Aoyama, Minato-ku, Tokyo 107-0062, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: 1100-1600 yen

Nezu Museum merupakan sebuah museum seni yang menyimpan sekitar 7000 karya seni yang berasal  dari Jepang dan juga Asia Timur. Karya seni yang terdapat di museum ini merupakan koleksi pribadi dari Nezu Kaichiro yang merupakan seorang pebisnis dan juga pernah menjabat sebagai presiden dari Kereta Api Tobu.

Koleksi yang menghuni permanen museum ini di antaranya adalah beberapa buah patung Budha. Selain itu juga terdapat koleksi yang berupa lukisan, keramik, kaligrafi, tekstil, dan masih banyak yang lainnya. Museumnya sendiri di desain oleh seorang arsitek bernama Kengo Kuma, arsitektur bangunannya menyatukan antara desain tradisional dan juga modern.

2. MORI Building Digital Art Museum

MORI Building Digital Art Museum
  • Lokasi: 135-0064 Tokyo, Koto City, Aomi, 1 Chome−3−8, Jepang
  • Jam Operasional: 09.00-19.00
  • HTM: 1000-3200 yen

Museum teamLab Borderless merupakan museum digital pertama di dunia. Museum ini terletak di Odaiba, dan pertama kali dibuka pada tahun 2018. Tak seperti museum seni lainnya, museum ini tidak memajang karya seni dalam sebuah bingkai, tetapi seni yang penuh dengan warna ini memenuhi setiap dinding pada setiap ruangannya.

Di teamLab Borderless, setiap orang yang memasukinya, maka mereka menjadi bagian dari instalasi interaktifnya. Semakin banyak orang yang masuk, maka sebuah ruangan akan penuh dengan bunga dan kupu-kupu di saat orang-orang memasuki ruangannya. Uniknya setiap ruangan memiliki temanya masing-masing, tak hanya kupu-kupu dan bunga.

3. Ghibli Museum

Ghibli Museum
  • Lokasi: 1–1–83 Shimorenjaku, Mitaka-shi, Tokyo 181–0013, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-16.00
  • HTM: 100-1.000 yen

Museum yang satu ini tentunya wajib dikunjungi oleh para pecinta Anime. Museum Ghibli merupakan museum yang menyenangkan untuk dikunjungi oleh orang-orang dari beragam usia. Museumnya memiliki desain yang unik, dan terasa sentuhan Hayao Miyazaki pada setiap desain bangunannya. Temboknya yang dipenuhi dengan warna dan juga ditumbuhi tanam hijau merambat.

Pada bagian tamannya kamu akan melihat sebuah patung besar yang merupakan karakter dalam satu film karyanya yang berjudul Castle in The Sky. Jangan lewatkan pemutaran film pendek yang biasa diadakan di Museum Ghibli ini, selain  kamu juga dapat melihat bagaimana sebuah film animasi dibuat. Tiket museum ini tidak dijual di tempat, harus dipesan secara online terlebih dahulu.

4. Tokyo Photographic Art Museum

Tokyo Photographic Art Museum
  • Lokasi: Yebisu Garden Palace, 1-13-3 Mita Meguro-ku, Tokyo 153-0062, Jepang
  • Jam Operasional:10.00-18.00
  • HTM: Tergantung jenis pameran

Tokyo Photographic Art Museum biasa disingkat dengan nama TOP Museum merupakan museum yang dikelola oleh pemerintah metropolitan Tokyo. Museumnya tak hanya menampilkan karya fotografer Jepang saja, tetapi menampilkan juga karya dari fotografer internasional. Terdapat sekitar 33.000 hasil karya yang dipamerkan dalam tiga buah galeri.

Pameran yang diadakan memiliki beragam tema, dari karya fotografi kontemporer hingga karya-karya ternama dan juga memiliki nilai sejarah penting.  Museum ini tak hanya sekadar memamerkan hasil karya fotografi tapi bisa juga mengadakan workshop, event, dan juga mengadakan kuliah-kuliah umum yang diadakan secara reguler.

5. Museum of Contemporary Art Tokyo

Museum of Contemporary Art Tokyo
  • Lokasi: 4-1-1 Miyoshi, Koto-ku, Tokyo 135-0022, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-18.00
  • HTM: 250-500 yen

Museum Contemporary Art berada di daerah Kiba Park di Kota Tokyo dan mulai dibuka pada tahun 1995. Museum ini memamerkan hasil karya dari para seniman Jepang dan juga Seniman internasional.

Dengan karya seni yang dipajang merupakan seni pasca perang. Museumnya memiliki sekitar 5500 koleksi permanen, yang satu karyanya dapat dipamerkan dalam satu waktu dengan jumlah 100 koleksi.

Karya seniman seperti Andy Warhol, David Hockney, dan juga Roy Lichtenstein menjadikan museum ini wajib kamu kunjungi saat berada di kota Tokyo. Pameran khusus juga biasa diadakan di sini, seperti pameran arsitektur, desain grafis, mode, dan banyak lagi yang lainnya dengan tujuan untuk mengedukasi tentang seni modern kepada masyarakat, mahasiswa bahkan akademisi.

6. Yayoi Kusama Museum

Yayoi Kusama Museum
  • Lokasi: 107 Bentencho, Shinjuku City, Tokyo 162-0851, Jepang
  • Jam Operasional:11.00-17.00
  • HTM: 600-1000 yen

Satu seniman kontemporer Jepang  yang terkenal di dunia dengan instalasi avant garde-nya, yaitu Yayoi Kusama. Pemerannya banyak menarik perhatian pengunjung dari mancanegara  dan juga menjadi seorang seniman yang berpengaruh saat ini. Dia terkenal akan gayanya yang menggunakan motif-motif polka dot, warna-warna yang berani dan juga tarikan garisnya yang tegas.

Satu karyanya yang juga terkenal di dunia adalah Infinity Mirror Rooms, yang dianggap sebagai karyanya yang revolusioner. Karyanya tersebut memberikan makna baru pada hubungan antara seniman, karyanya, dan juga penikmatnya. Sejak kepopulerannya, pengunjung harus membeli tiket masuknya lebih awal secara online, selain itu juga jumlah pengunjungnya juga dibatasi.

7. Mori Art Museum

Mori Art Museum
  • Lokasi: 6-chōme−10−1, Roppongi Hills Mori Tower, Minato City, Roppongi, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-20.00
  • HTM: 700-2.200 yen

Mori Art Museum atau sering disingkat  MAM, merupakan museum yang sangat terkenal di daerah Tokyo. Museumnya terletak di daerah Roponggi, lebih tepatnya berada di lantai 52 dan 53 di Mori Tower. Letaknya yang berada di lantai yang tinggi membuat pengunjung dapat melihat  pemandangan  kota Tokyo dari ketinggian karena museumnya sendiri memiliki dek observasi.

MAM merupakan museum yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Tokyo karena pameran koleksinya selalu berubah. Perubahan tersebut dikarenakan museum melakukan rotasi pada setiap koleksi yang dipamerkannya. Koleksi mereka kebanyakan merupakan koleksi dengan  karya kontemporer dari seniman Jepang dan juga Asia.

8. Samurai Museum

Samurai Museum
  • Lokasi: 2-chōme−25−6, Shinjuku City, Kabukichō, Tokyo 160-0021, Jepang
  • Jam Operasional: 10.30-21.30
  • HTM: 800-1.800 yen

Museum Samurai pertama kali dibuka pada Juli 2015, tempatnya berada di daerah Shinjuku. Tempatnya berupa gedung 2 lantai dengan koleksi yang memiliki sejarah dari para ksatria yang telah berusia 700 tahun. Di museumnya kamu dapat menemukan artefak-artefak peninggalan para samurai berupa baju zirah, helm, pedang dan masih banyak barang lainnya.

Selain dari pameran dari barang-barang pada masa Samurai, museum ini juga mengadakan kegiatan pertunjukan berupa kemampuan penggunaan katana dari seorang master. Kamu juga dapat merasakan bagaimana rasanya mengenakan baju zirah dari seorang samurai. Museumnya juga menyediakan tempat untuk kamu membeli souvenir yang berkaitan dengan samurai.

9. Miraikan

Miraikan
  • Lokasi: 2-3-6 Aomi, Koto-kun, Tokyo 135=0064, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: 620 yen

Miraikan merupakan nama lain dari The National Museum of Emerging science and Innovation. Museum sains ini terletak di Odaiba Tokyo, dengan koleksi pamerannya kebanyakan berisikan tentang teknologi, robot, penjelajahan luar angkasa, biologi, dan juga geografi. Koleksi yang menjadi bintang utamanya adalah robot ASIMO, Robot Humanoid ciptaan Honda dan Geo-Cosmos.

Selain ASIMO, museum ini memamerkan sebuah globe besar yang memperlihatkan kondisi dan juga pergerakan bumi. Selain sebagai tempat pameran, museum ini mengadakan kegiatan workshop  yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dengan dialog dan juga eksperimen. Mereka juga mengadakan kegiatan yang dapat dinikmati oleh anak-anak dengan cara yang lebih menyenangkan.

10. Unko Museum

Unko Museum
  • Lokasi: Diver City Tokyo Plaza 2F, 1-1-10 Aomi, Koto-ku, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00
  • HTM: 900-1.600 yen

Museum yang ini mungkin terdengar cukup aneh dan juga tidak biasa, Unko Museum merupakan museum tentang kotoran manusia. Tetapi kotoran yang ini bukan sembarang kotoran, tetapi kotoran yang lucu. Museumnya memiliki 4 area besar dan unik, dengan bentuk-bentuk kotoran yang berukuran sangat besar dan memiliki warna-warna yang sangat lucu.

Area yang dimiliki oleh museumnya sangat unik, contohnya adalah Area Unstagenic, tempat kamu dapat berfoto dengan ruangan bertemakan kotoran yang berwarna-warni yang beterbangan. Lalu ada juga Area Unteractive Area, sebuah tempat bermain game interaktif yang dapat dilakukan bersama keluarga, dan masih banyak area lainnya yang menarik untuk dieksplorasi.

Itulah beberapa museum yang unik dan juga terkenal yang berada di Tokyo. Masih banyak lagi museum-museum lain yang juga menarik. Sebagian besar museumnya merupakan museum seni dan juga museum yang berkenaan dengan sejarah Jepang. Setiap tempatnya menawarkan memamerkan koleksi-koleksi  yang menarik untuk kamu kunjungi.

Tempat tempat seperti Museum Ghibli ataupun Museum Yayoi Kusama menjadi tempat yang sering dikunjungi sehingga kamu perlu membeli tiketnya jauh lebih awal sebelum kedatangan. Setiap museumnya menawarkan hal menarik untuk kamu tahu. Kira-kira museum mana yang ingin sekali kamu kunjungi saat singgah di Kota Tokyo?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram