10 Tempat Wisata di Jepang Bertema Hewan yang Sangat Lucu

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Apakah kamu pencinta binatang, tetapi tidak bisa memiliki peliharaan? Di Jepang kamu dapat menyalurkan kecintaanmu pada binatang di tempat-tempat yang membuat kamu dapat berinteraksi dengan langsung dengan mereka. Kamu dapat bermain dan juga memberi mereka makan secara langsung.

Jika kamu ingin melihat binatang di Jepang maka kamu tak hanya bisa pergi ke kebun binatang saja. Di tempat-tempat ini kamu juga dapat melihat hewan-hewan liar berkeliaran dan berinteraksi dengan pengunjung secara langsung. Ingin berkunjung ke tempat wisata bertema binatang? Tempat-tempat berikut ini bisa jadi pilihan kamu yang senang dengan binatang.

1. Machida Squirrel Garden

Machida Squirrel Garden
  • Alamat: 1 Chome-733-1 Yakushidai, Machida, Tokyo 195-0073, Jepang
  • Jam Buka: Senin-Minggu, 10.00 – 16.00
  • HTM: 400 yen

Machida squirrel Garden terletak di kota Tokyo, di sebuah lingkungan yang cukup tenang di daerah Machida. Tupai-tupai tersebut ditempatkan di sebuah kandang yang terbuka yang luas. Mereka juga berbagi tempat dengan binatang yang lainnya seperti kura-kura, kelinci, marmut dan juga anjing padang rumput.

Tupai-tupai di sini telah terbiasa dengan kehadiran manusia sehingga mereka tidak akan segan untuk mengambil makanan dari tanganmu sehingga disarankan untuk menggunakan pakaian tangan panjang. Mereka memakan biji bunga matahari dengan mengupasnya terlebih dahulu sehingga makanan yang kamu bawa akan cukup bertahan lama.

2. Tsukuba Wan Wan Land

Tsukuba Wan Wan Land
  • Alamat: 579 Numata, Tsukuba, Ibaraki Prefecture 300-4353, Jepang
  • Website: https://wanwan-land.co.jp/en
  • Jam Buka: Setiap hari, Maret-Oktober 10.00-17.00,
  • HTM: Dewasa 1500 yen

Tempat yang satu ini bagaikan surga untuk kamu yang senang dengan anjing. Tsukuba Wan wan berada di Prefektur Ibaraki. Di sini kamu dapat membawa anjing milikmu sendiri dan bermain bersama dengan anjing-anjing yang lain. Di tempat ini terdapat sekitar 400 anjing dari 80 jenis ras anjing yang berbeda, termasuk anjing ras khas dari jepang yaitu Shiba dan Akita.

Tsukuba Wan wan memiliki sebuah halaman yang luas untuk anjing dapat berlari dan juga terdapat sebuah panggung. Di sini kamu dapat memeluk dan membelai para anjing lucu ini. Jika kamu membawa anjing ke tempat ini pastikan untuk memperhatikan semua petunjuk yang telah disediakan oleh pengelola, seperti anjing yang dibawa ke tempat ini harus sudah di vaksin.

3. Nasu Alpaca Farm

Nasu Alpaca Farm
  • Alamat: 1083 Oshima, Nasu-machi, Nasu-gun, Tochigi prefecture, Jepang
  • Jam Buka: Senin-Minggu 10.00 – 16.00, Kamis tutup
  • HTM: Dewasa dan Anak SMA dan SMP 800 yen
  • Website: https://nasubigfarm.com/farm/index_en.html

Peternakan Alpaca ini berada di Prefektur Tochigi, tepatnya berada di dataran tinggi Nasu. Lingkungannya yang memiliki suhu yang dingin sekalipun di musim panas sehingga tempatnya mirip dengan tempat asal alpaca di pegunungan Andes di Amerika Selatan. Tempatnya juga cukup luas sekitar 110.000 meter persegi dan menampung sekitar 300 alpaca.

Di tempat ini kamu dapat memberi mereka makan, atau dengan 500 yen kamu dapat membelai mereka selama 10 menit. Jika kamu ingin mengajaknya berjalan kamu cukup mengeluarkan 500 yen untuk 10 menit. Mereka terkenal menghasilkan wool yang bagus, jadi jangan heran jika kamu melihat mereka tak berbulu, itu artinya mereka telah dicukur.

4. Noboribetsu Bear Park

Noboribetsu Bear Park
  • Alamat: 059-0551 Hokkaido, Noboribetsu City, Noboribetsu Onsen Town, 224, Jepang
  • Jam Buka: Senin-Minggu 09.300 – 16.30, Pembelian tiket tutup 15.30
  • HTM: Dewasa 2.650 yen, Anak-anak 1.350 yen
  • Telepon: (0143)84-2225, Fax (0143)84-2857

Noboribetsu Bear Park terletak di dalam sebuah hutan di tempat Danau Kuttara berada di tempat yang disebut dengan “Bear Mountain”. Beruang yang terdapat di taman ini adalah beruang coklat yang disembah oleh suku bangsa Ainu. Mereka menganggap beruang layaknya dewa. Populasi beruang coklat di Hokkaido sekitar 2 ribu ekor dan jumlahnya mengalami penurunan.

Kamu dapat mengamati beruang dalam ruangan yang disebut dengan “human cage”. Sebuah ruangan dengan sebuah jendela tempat kamu dapat melihat beruang dari dekat. Beruang betina terlihat lebih aktif dibandingkan dengan beruang jantan. Beruang betina biasanya akan berdiri dengan kedua kakinya dan melambaikan tangannya agar kamu memberinya camilan, menarik bukan?

5. Capybara Onsen

Capybara Onsen
  • Alamat: 1317-13 Futo, Ito-shi, Shizuoka 413-0231, Jepang
  • Jam Buka: Setiap Hari 09.00 – 17.00
  • HTM: Dewasa dan Anak SMA 2.400 yen, Anak SD 1.200 Yen
  • Telepon: 0557-51-1111

Capybara tergolong ke dalam hewan pengerat seperti tikus, tetapi ukuran hewan ini luar biasa besar. Capybara Onsen berada di sebuah kebun binatang yang bernama Izu Shaboten  terletak di Shizuoka. Capybara merupakan satu dari beberapa hewan koleksi dari kebun binatang ini. Kamu dapat melihat mereka berendam di air hangat selama musim dingin.

Mereka memiliki tubuh yang cukup gemuk, dengan bulunya yang halus berwarna coklat, dan mereka tidak memiliki ekor. Mereka juga tidak segan untuk mengambil makanan dari tangan jadi pastikan kamu tetap berhati-hati saat memberi mereka makan. Mereka juga senang saat kamu menggaruk-garuk kepala mereka.

6. Jigokudani Monkey Park

Jigokudani Monkey Park
  • Alamat: 6845 Yamanouchi-machi Shimotakai-gun Nagano Japan 381-0401, Jepang
  • Jam Buka: Setiap hari 08.30 – 17.00
  • HTM: Dewasa dan anak SMA, SMP 800 yen, Anak Usia 6-17 Tahun 400 yen

Kamu mungkin pernah melihat monyet dengan muka berwarna merah sedang berendam di sumber air panas. Di manakah itu? Mereka merupakan jenis monyet salju yang dapat kamu temukan di Prefektur Nagano. Mereka adalah hewan asli dari daerah utara Jepang. Mereka sanggup bertahan di udara yang cukup dingin bahkan di suhu di bawah -15°C

Biasanya kamu akan melihat mereka berendam di sumber air panas bersama kawan-kawannya yang lain. Walaupun mereka terlihat lucu, tetapi kamu tidak diperbolehkan untuk menyentuh mereka dan juga usahakan untuk tidak membawa makanan. Kamu dapat mengambil foto mereka, tapi pastikan mengambil foto dalam jarak yang aman.

7. Cat Island

Cat Island
  • Alamat: Prefektur Fukuoka & Prefektur Miyagi
  • Jam Buka: Senin-Minggu 08.30 – 17.00
  • HTM: GRATIS

Ada dua pulau di Jepang yang dihuni oleh para anabul ini, yaitu Ainoshima di Prefektur Fukuoka, dan Tashirojima di Prefektur Miyagi. Jumlah kucing di kedua pulau ini mencapai ratusan ekor kucing.

Pada awalnya kucing-kucing tersebut dibawa ke pulau untuk mengendalikan jumlah tikus. Di Pulau Tashirojima, para nelayan meyakini bahwa mereka dapat memberikan keberuntungan.

Hebatnya lagi di Pulau Tashirojima para kucing-kucing ini dibangunkan sebuah kuil untuk mereka. Di kedua pulau ini kamu akan melihat banyak kucing berkeliaran dengan bebas, tiduran, bahkan berjemur. Kebanyakan dari para anabul ini jinak sehingga kamu dapat bermain dan juga membelai mereka. Saat ini populasi mereka telah melebihi jumlah penduduk yang ada.

8. Okunoshima Island

Okunoshima Island
  • Alamat:Tadanômi Port - 1-2-1, Tadanoumi, Takehara, Hiroshima, 729-2316, Jepang
  • HTM: GRATIS

Pulau Okunoshima terletak di sebelah timur Pulau Hiroshima, kini tempat ini menjadi rumah dari binatang berbulu yang lucu yaitu kelinci. Pulau ini menjadi rumah dari hampir 1000 ekor kelinci liar. Dahulu tempat ini merupakan tempat percobaan bahan kimia selama Perang Dunia ke-2. Kelinci dibawa ke pulau ini sebagai alat untuk percobaan gas kimia.

Saat ini pulau ini telah menjadi sebuah taman nasional, jika kamu berkunjung kamu disarankan untuk tidak memberi makan pada kelinci ini dengan makanan manusia. Kelinci merupakan makhluk yang sangat sensitif oleh karenanya kamu dilarang untuk mengejar mereka dan juga memangkunya karena kelinci sangat takut saat dipegang dan akan mencoba berontak.

9. Nara Deer Park

Nara Deer Park
  • Alamat: 469 Zoshicho, Nara 630-8211, Nara Prefecture, Jepang
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: GRATIS

Taman Nara merupakan sebuah taman yang terletak di pusat kota Nara dan memiliki bangunan bersejarah Yaitu patung Budha dari kuil Todaiji. Satu hal yang menarik di taman ini adalah adanya rusa yang dapat berkeliaran dengan bebas. Rusa di dianggap sebagai hewan suci yang juga menjadi simbol dari kota ini. Jumlah rusa di sini berjumlah kurang lebih sekitar 1200 rusa.

Rusa di taman ini terbiasa dengan kehadiran manusia, sehingga memungkinkan kamu untuk  memberinya makan. Makanan untuk para rusa di jual di sekitar taman. Disarankan sebelum memberikan makan, kamu memberi salam dengan membungkuk terlebih dahulu karena mereka akan membalas salammu. Kamu juga harus berhati-hati karena rusa juga dapat menjadi agresif.

10. Arashiyama Monkey Park Iwatayama

Arashiyama Monkey Park Iwatayama
  • Alamat: 616-0004 Kyoto, Nishikyo Ward, Arashiyama Nakaoshitacho, 61, Jepang
  • Jam Buka: 09.00 – 16.30
  • HTM: SMA- Dewasa 550 yen, Anak Usia 4-SMP 250 yen

Taman yang satu ini terletak di Arashiyama Kyoto rumah dari monyet salju, yang tinggal di pegunungan. Jumlah dari para monyet ini pun diperkirakan sekitar 120 ekor dan merupakan jenis monyet asli jepang yang sering disebut dengan monyet salju. Mereka adalah monyet liar sehingga tidak disarankan untuk memberi makan terutama monyet yang berkeliaran.

Sepanjang perjalanan menuju puncak bukit kamu akan melihat para monyet yang berkeliaran dengan bebas. Kamu dapat memberi makan monyet yang berada di dalam kandang. Ada beberapa aturan yang harus kamu ikuti di sini yaitu, tidak boleh menatap mata monyet, tidak boleh menyentuhnya, dan tidak boleh memberi makan monyet di luar kandangnya.

Nah, itulah tempat-tempat yang dapat kamu kunjungi untuk kamu pecinta binatang, tapi tidak memiliki peliharaan. Di tempat-tempat ini kamu dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan binatang yang kamu sukai. Sekalipun mereka terlihat jinak kamu harus tetap waspada. Kamu harus tetap memperhatikan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan.

Sebagian binatang ini berada di tempat terbuka dan berbaur dengan pengunjung. Kamu dapat memberi mereka makan atau hanya sekedar membelainya saja. Tetapi tetap harus diingat bahwa ada juga binatang yang sama sekali tidak boleh kamu sentuh dan beri makan, sekalipun mereka terlihat lucu dan jinak. Menarik bukan? Sekarang tempat mana yang menarik buat kamu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram