15 Tempat Wisata di Osaka yang Harus Anda Kunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 13 April 2020

Setelah puas berjalan-jalan di Tokyo, kini kita beralih ke Osaka. Ya, Osaka adalah kota di Kansai yang sering diklaim sebagai kota terbesar dan termegah setelah Tokyo. Osaka dikenal sebagai salah satu kawasan metropolitan yang terbesar di dunia. Jadi, kota ini selalu menjadi destinasi wisata pilihan bagi para turis selain Tokyo.

Apa saja yang bisa dilakukan saat Anda mengunjungi kota terbesar di Jepang setelah Tokyo dan Yokohama ini? Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Osaka, mulai dari yang tradisional dan sarat akan budaya negeri sakura sampai dengan tempat wisata yang modern.

1. Osaka Castle

osaka castle

Jangan mengaku pernah ke Osaka jika belum mengunjungi landmark Osaka yang satu ini. Adalah Osaka Castle yang pernah menjadi benteng terbesar di Jepang. Osaka Castle atau yang juga dikenal sebagai Istana Osaka ini dibangun pada tahun 1586 oleh Toyotomi Hideyoshi. Namun, istana yang satu ini sudah mengalami banyak perbaikan untuk menarik perhatian wisatawan.

Di sekitar Osaka Castle ada sebuah taman yang dipenuhi oleh pohon bunga sakura yang bermekaran pada saat musim semi. Taman di Osaka Castle ini juga sering dipakai hanami saat musim semi oleh masyarakat sekitar dan turis.

2. Universal Studios Japan

Universal Studios Japan tempat wisata di osaka

Sudah pernah mengunjungi Universal Studios Singapore? Namun, Anda juga perlu mengunjungi Universal Studios Japan yang lebih besar dan menarik saat berada di Osaka. Taman wisata bermain yang resmi dibuka pada tahun 2001 ini menempati lahan seluas 39 hektar. Jadi, Anda bisa bermain dan berjalan-jalan di sini selama seharian!

Ada banyak spot-spot menarik di Universal Studios Japan yang dibagi berdasarkan tema, seperti Lagoon Hollywood, Jurassic Park, Waterworld, Universal Wonderland, dan salah satu yang sangat menarik perhatian kami dan wisatawan lainnya adalah The Wizarding World of Harry Potter. Nah, siapkah Anda untuk berpetualang di Universal Studios Japan?

3. Dotonbori

Minami (Namba)

Bila Tokyo memiliki Shinjuku, Osaka memiliki Dotonbori sebagai pusat gastronomi dan hiburan. Dotonbori dipenuhi oleh sejumlah pusat perbelanjaan, restoran, toko souvernir, klub malam, bar, dan berbagai macam tempat hiburan lainnya. Gemerlap Dotonbori di malam hari membuat kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata di Osaka yang masuk dalam daftar yang direkomendasikan oleh Keluyuran.

Pastikan Anda mencoba berbagai macam kuliner khas Osaka, seperti Okonomiyaki dan Takoyaki, saat singgah di Dotonbori. Salah satu ikon terkenal dari Dotonbori adalah Glico Running Man. Rasanya tidak afdol jika tidak berfoto dengan background Glico Running Man ini.

4. Spa World Osaka

Spa World Osaka

Tempat wisata di Osaka yang satu ini cocok untuk segala usia. Spa World Osaka adalah pemandian air panas yang mewah yang juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak. Lantas, apa yang membuat Spa World Osaka ini nampak sangat unik dan berbeda dari tempat pemandian air panas lainnya? Spa World Osaka memiliki 16 jenis pemandian air panas yang berasal dari 11 negara yang berbeda.

Spa World Osaka adalah tempat yang paling tepat untuk berelaksasi dan melepas lelah setelah Anda berjalan-jalan di Jepang. Di sekitar pemandian air panas ini juga terdapat hotel, restoran, dan toko yang menjual cindera mata.

5. Tempozan Ferris Wheel

Tempozan Ferris Wheel

Nah, tempat wisata yang satu ini juga wajib dikunjungi saat Anda sedang berada di Osaka, lho. Tempozan Ferris Wheel adalah kincir angin dengan tinggi 112.5 meter. Kincir angin raksasa ini berada di kawasan Osaka Bay. Ketika menaiki Tempozan Ferris Wheel, Anda dapat melihat Kansai International Airport, Rokko Mountains, dan Akashi Kaikyō Bridge dari ketinggian.

Kincir angin dengan diameter sekitar 100 meter ini akan memampukan Anda untuk memandang Osaka dari ketinggian selama 10-15 menit. Untuk naik Tempozan Ferris Wheel Anda harus membayar tiket masuk seharga 800 yen atau sekitar 100 ribu rupiah saja.

6. Osaka Kaiyukan Aquarium

Osaka Kaiyukan Aquarium

Apabila Anda mengunjungi Tempozan Ferris Wheel, mampirlah sejenak ke Osaka Kaiyukan Aquarium. Anda pasti sudah bisa menebak bahwa di tempat wisata ini ada banyak spesies ikan yang dipamerkan melalui akuarium besar.

Perlu Anda ketahui bahwa di sini ada 15 tangki besar yang menampilkan kehidupan laut berserta segala spesies ikan di dalamnya. Setiap tangki menggambarkan kehidupan di setiap bagian yang terdapat di Samudera Pasifik.

Osaka Kaiyukan Aquarium adalah tempat wisata yang menarik dan edukatif. Ketika berkunjung ke sini, bawalah buah hati Anda agar mereka bisa mengenal berbagai jenis ikan. Untuk melihat kehidupan di bawah laut, Anda tidak perlu menyelam, cukup datang saja ke Osaka Kaiyukan Aquarium.

7. Nakanoshima Park

Nakanoshima Park

Sebagai kota metropolitan yang padat penduduk dan sudah dipenuhi oleh banyak bangunan modern, Osaka tidak lupa menyediakan ruang hijau di tengah kota. Nakanoshima Park adalah sebuah taman yang sangat indah di tengah-tengah kota semegah Osaka.

Perpaduan antara rumput hijau yang halus dan bersih, serta bunga beraneka warna membuat Nakanoshima Park terlihat sangat cantik. Taman yang satu ini sering dipakai oleh warga setempat untuk bersantai atau sekedar piknik.

8. Nipponbashi

nipponbashi

Berkunjung ke Jepang rasanya tidak lengkap jika kita tidak berburu barang-barang khas negeri sakura ini, salah satunya adalah pernak-pernik anime. Nipponbashi adalah suatu kawasan wisata belanja yang sangat ramai di Osaka.

Kami memasukkan Nipponbashi ke dalam daftar tempat wisata di Osaka karena banyak wisatawan yang datang kemari untuk membeli pernak-pernik yang berkaitan dengan anime. Di sini juga tersedia berbagai toko yang menjual barang elektronik. Nipponbashi adalah kawasan yang tidak pernah sepi pada siang hari maupun malam hari.

9. Kuil Sumiyoshi Taisha

Sumiyoshi Taisha

Setelah puas merasakan hingar bingar Osaka, kini saatnya untuk melipir sejenak ke Kuil Sumiyoshi Taisha. Kuil tua di Jepang ini memiliki arsitektur dan interior yang sangat indah. Ada jembatan khas negeri sakura yang terdapat di kuil ini dan sering dijadikan tempat untuk berfoto. Sekedar informasi, Kuil Sumiyoshi Taisha adalah kuil shinto tertua di Jepang yang didirikan sebelum agama Budha masuk ke Jepang.

10. Amerikamura

Amerikamura

Pernah mendengar tentang istilah Chinatown? Chinatown adalah nama kawasan pecinan yang mayoritas dihuni oleh warga keturunan Tionghoa di suatu kota. Bahkan, beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta maupun Surabaya memiliki Chinatown tersendiri.

Nah, di Osaka tidak ada Chinatown yang dihuni oleh warga keturunan Tionghoa, melainkan ada kawasan yang banyak ditinggali oleh masyarakat Amerika. Nama kawasan unik ini adalah Amerikamura. Di sini, Anda akan menjumpai butik maupun restoran khas negeri Paman Sam. Amerikamura juga merupakan objek wisata menarik yang ada di Osaka.

11. Umeda Sky Building

Umeda Sky Building

Anda pasti takkan melewatkan kesempatan untuk masuk ke gedung yang terpilih sebagai salah satu dari 20 arsitektur terbaik di dunia oleh majalah TIMES, bukan? Umeda Sky Building adalah bangunan 40 lantai yang bentuknya mirip dengan Arc de Triomphe di Perancis.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda harus naik ke floating garden observatory, tempat di mana Anda bisa menikmati pemandangan Osaka dari ketinggian 170 meter. Panorama Osaka dapat terlihat jelas 360 derajat dari gedung yang satu ini.

12. Tsutenkaku Tower

Tsutenkaku Tower

Tsutenkaku Tower adalah tempat wisata di Osaka yang menjadi jujugan wajib bagi wisatawan dari berbagai negara. Walaupun bukan bangunan tertinggi di Osaka, tetapi menara setinggi 103 meter berada di sekitar pusat perbelanjaan Shinsekai yang pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berbelanja.

Menara yang sebenarnya didirikan untuk keperluan observasi ini terbuka untuk umum. Di lantai 5 menara ini terdapat patung biliken. Konon, orang yang berhasil mengelus tapak kaki patung tersebut hidupnya akan bahagia. Oleh karena itu, patung ini menjadi salah satu spot terpadat di Tsutenkaku Tower.

13. Air Terjun Mino

Mino

Siapa bilang Osaka hanya dipenuhi dengan theme park dan tempat wisata yang gemerlap? Osaka juga memiliki objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Mino yang lokasinya berada di Taman Mino.

Air terjun ini diklaim sebagai spot terbaik untuk menikmati musim gugur di Jepang. Keindahan momiji dengan warna yang khas juga membuat suasana di sekitar air terjun jadi sangat cantik. Namun, Anda harus sedikit mendaki gunung untuk bisa menikmati pemandangan air terjun yang mempesona ini.

14. Pasar Kuromon

Kuromon

Belum ke Jepang kalau belum menyantap daging segar yang benar-benar berkualitas. Pasar Kuromon adalah pasar terkenal di Osaka. Pasar ini menjual berbagai makanan segar yang berkualitas baik. Kalau Anda ingin menikmati tiram mentah, bulu babi, daging sapi wagyu, atau kepiting khas Osaka yang terkenal itu, pasar ini adalah tempat yang cocok untuk Anda kunjungi.

Tak perlu takut untuk menyantap makanan mentah karena di sini juga terdapat berbagai restoran yang menyajikan masakan matang. Pokoknya, di Pasar Kuromon Anda bisa menikmati berbagai jenis daging sapi atau seafood segar dengan harga yang cukup masuk akal.

15. Tennōji Zoo

Tennōji Zoo

Kalau ke Osaka, Anda perlu mampir ke Tennōji Zoo, kebun binatang di Osaka yang memiliki koleksi sebanyak 230 spesies hewan. Bahkan, di kebun binatang ini Anda bisa melihat hewan-hewan yang mungkin tidak bisa dijumpai di Indonesia, seperti dan beruang kutub.

Tennōji Zoo adalah kebun binatang yang dikelola sangat baik untuk memberikan kenyamanan bagi satwa yang tinggal di sana. Di dalam kebun binatang, pengunjung juga dapat mengunjungi beberapa spot andalan seperti Koala House, Rhino House, African Savanna Zone, dan Flight Aviary.

Membahas tentang tempat wisata di Osaka memang seakan tidak ada habisnya. Bila ke Osaka, Anda wajib mengunjungi tempat-tempat wisata di atas agar liburan Anda ke negeri sakura terasa lebih afdol.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram