Keluyuran / Kuliner Bandung / Warung Kopi Purnama, Tempat Ngopi Legendaris di Bandung

Warung Kopi Purnama, Tempat Ngopi Legendaris di Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2019

papan nama warung kopi

Qing Chang Shi Cha Shi atau yang artinya adalah Silahkan Mencicipi Kedai Teh (Kopi) Ini! ini adalah papan nama pertama kali toko warung kopi ini didirikan. Berubah nama menjadi Warung Kopi Purnama karena kebijakan pemerintah pada tahun 1966 yang mengharuskan merubahnya ke Bahasa Indonesia.

Warung Kopi Purnama adalah salah satu warung kopi legendaris di Bandung yang wajib sekali kamu coba. Telah berdiri sejak tahun 1930, Warung Kopi Purnama terus mempertahankan cita rasanya meski seiring waktu menu di sini pun bertambah.

Kalau penasaran seperti apakah warung kopi legendaris yang sudah diwariskan hingga generasi ke-3 dan ke-4 ini, yuk simak ulasan berikut ini!

Menu di Warung Kopi Purnama

warung kopi purnama

Tidak seperti namanya, Menu Warung Kopi Purnama  ternyata nggak di dominasi oleh kopi. Di sini tersedia banyak pilihan makanan dimulai dari sarapan hingga menu makanan berat. Meski pilihan kopinya nggak terlalu banyak tapi kopi di sini rasanya enak sekali meskipun tampilannya sederhana alias jadul.

es kopi warkop purnama

Nah bicara soal minuman, Keluyuran penasaran dengan kopinya nih jadi kemarin kami memesan es kopi hitam, es kopi susu dan es dried plum jeruk nipis. Ternyata kopinya memang enak dan memang pantas sih jadi menu yang wajib dipesan kalau kesini.

roti selai srikaya

Dan salah satu menu jadul yang recommended banget alias wajib dipesan kalau mampir kesini adalah roti selai srikaya; roti jadul yang lembut sekali dan diolesi selai srikaya homemade. Rasa dari selainya yang nggak terlalu manis ini, rasanya sangat pas untuk jadi teman ngopi.

lumpia goreng

Teman untuk ngopi lainnya yang kami pesan adalah lumpia goreng. Kalau kamu yang ngga suka camilan manis seperti roti selai, lumpia goreng bisa jadi pilihan tepat nih karena rasanya yang gurih ditambah dengan saus cocolannya yang agak sedikit pedas.

Lalu untuk makanan beratnya, kami pesan menu makanan yang recommended di sini seperti Nasi Goreng Purnama, Tahu Telur, dan Lontong Cap Go Meh. Ketiga makanan tersebut porsinya cukup untuk satu orang ya, tidak terlalu banyak jadi nggak bikin begah atau kekenyangan.

nasi goreng purnama

Yang pertama kami cicipi adalah Nasi Goreng Purnama; nasi goreng yang dilengkapi dengan sosis goreng, telur goreng dan kerupuk udang. Yang membuat agak berbeda dari nasi goreng lain adalah rasa bawang merahnya yang cukup kuat, karena kalau pada umumnya kan bawang putih yang digunakan untuk nasi goreng. Untuk kamu yang kurang suka rasa bawang merah, kamu bisa pilih nasi goreng lainnya seperti nasi goreng hongkong atau nasi goreng kecapnya.

Tahu telur

Lalu ada Tahu Telur, ini termasuk ke dalam menu yang wajib dicoba nih. Tahu telur adalah potongan tahu yang dipotong kecil-kecil, digoreng dengan balutan telur, lalu disiram kecap diatasnya. Dan nggak ketinggalan taburan bawang goreng, seledri dan tauge diatasnya.

lontong cap go meh

Berikutnya adalah Lontong Cap Go Meh. Sedikit informasi nih, Cap Go Meh adalah penutup dari hari perayaan imlek dan tradisinya ditandai dengan menyantap makanan yang disebut Lontong Cap Go Meh. Tapi sekarang lontong Cap Go Meh ini sudah jadi makanan yang bisa disantap kapanpun, jadi nggak perlu nunggu Imlek ya.

Untuk rasa, rasanya tidak berbeda dengan lontong opor ayam yang biasa kita makan di hari raya Lebaran. Tapi yang membuat beda dari lontong cap go meh di sini dengan tempat lain yaitu lontong cap go meh yang disajikan di Warung Kopi Purnama ini lebih sederhana atau bisa dibilang nggak terlalu banyak topping. Cocok untuk yang ingin sarapan mengenyangkan tapi nggak mau terlalu berat seperti makan siang.

Harga Makanan dan Minuman

menu makanan

menu minuman

Setelah bicara soal rasa pasti banyak yang ingin tahu juga soal harga makanan dan minuman di sini. Betul nggak? Menurut Keluyuran sih, harga di sini masih cukup oke kok. Dengan harga kisaran mulai dari Rp6.000 sampai sekitar Rp45.000 saja kamu bisa mencicipi makanan enak di warung kopi legendaris ini.

Suasana di Warung Kopi Purnama

warkop purnama 1

Warung Kopi Purnama ini terbagi menjadi dua area yaitu non smoking dan smoking. Hal pertama yang menarik perhatian ketika pertama kali masuk adalah foto-foto jadul yang digantung di dinding. Semuanya menceritakan sedikit sejarah dari kota Bandung juga warung kopi ini.

warkop purnama 3

Bangunan yang dipakai warung kopi ini merupakan bangunan khas Belanda yang memiliki ciri khas beratap tinggi dan memiliki banyak jendela sehingga meskipun selalu ramai dan penuh nggak terasa sumpek. Sirkulasi udara di dalam Warung Kopi Purnama ini sangat baik dan membuat kita nyaman berlama-lama duduk di sini.

warkop purnama 2

Ngopi di Warung Kopi Purnama sangat cocok untuk bersama teman-teman atau keluarga, terbukti ketika kami kesana banyak rombongan keluarga atau anak-anak muda Bandung yang ngopi di sini. Kalau akhir pekan, warug kopi ini akan semakin ramai karena banyak pengunjung dari luar kota juga loh!

Lokasi dan Jam Operasional

warkop purnama 4

Warung Kopi Purnama ini berada di Jalan Alkateri No.22 Bandung. Keberadaannya yang ada di pusat kota membuat warung kopi ini mudah dicari, tapi yang sulit adalah mencari area parkirnya. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan parkir di dekat warung kopi ini.

Alternatif lainnya adalah parkir ke area yang agak sepi lalu berjalan kaki deh kesini. Sebenarnya kalau nggak mau ribet, pakai transportasi online adalah jawabannya hehe. Kalau mau menggunakan angkutan umum juga bisa kok, tapi angkot nggak berhenti langsung didepan warung kopi jadi mesti berjalan sedikit.

warkop 5

Jam operasional dari Warung Kopi Purnama ini dimulai dari jam 06.30 sampai 22.00 (senin-minggu, tutup di hari Lebaran dan Natal). Kalau kamu ingin merasakan jam paling ramai dari warung kopi ini, coba datang di jam sarapan deh dijamin penuh dan antri. Meski begitu pelayanannya tetap oke dan makanannya pun tetap enak alias nggak berubah rasa. Gimana, jadi tambah penasaran nggak?

Sekian ulasan tentang Warung Kopi Purnama yang legendaris di Bandung. Untuk kamu yang penasaran ingin mencoba silahkan datang di alamat yang sudah disebutkan di atas. Dan jangan lupa ya ceritakan pengalaman kamu pada kolom komentar di bawah ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar