30 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 19 Mei 2021

Selain terkenal akan berbagai tempat wisata yang menarik dan juga makanan-makanan yang unik dan inovatif, Bandung juga punya berbagai macam oleh-oleh yang tentunya sangat wajib untuk kamu beli.

Kali ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu boyong untuk keluarga, teman maupun saudara di kampung halaman. Penasaran, oleh-oleh apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Makanan dan Minuman

Kamu bisa membeli beberapa jenis oleh-oleh khas Bandung untuk sanak saudara di rumah. Salah satunya oleh-oleh berbentuk makanan dan minuman. Berikut daftar oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang. 

1. Batagor

Siapa, sih yang nggak kenal sama batagor? Makanan khas Bandung ini sudah tersohor ke seantero nusantara karena memiliki rasa yang lezat. 

Batagor sendiri merupakan penganan yang terbuat dari campuran bahan seperti tahu putih, kulit pangsit, ikan tenggiri, tepung dan beberapa bahan lainnya. Batagor biasanya disajikan bersama saus kacang yang dibubuhi perasan jeruk limau.

For your information, di Bandung ada satu tempat makan batagor yang sangat populer, yakni Batagor Riri. Batagor Riri tidak hanya dapat dinikmati di tempat saja, tetapi dapat kamu jadikan buah tangan, karena kamu dapat membeli batagor yang dijual dalam kemasan.

Batagor ini tersedia dalam beberapa varian kemasan dengan isi lima, sepuluh dan dua puluh potong. Harga dari batagor kemasan ini bervariasi, tergantung varian kemasan mana yang kamu pilih.

Baca juga: Daftar Tempat Makan Batagor Enak di Bandung

2. Baso Tahu/Siomay

baso tahu pajajaran

Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang dapat kamu bawa pulang adalah baso tahu. Di tempat lain, makanan ini dikenal dengan nama siomay. Makanan ini merupakan versi lain dari batagor. JIka batagor diolah dengan cara digoreng, kalau siomay dikukus. 

Hal yang membuat baso tahu berbeda dari batagor adalah bahan makanan lain yang ditambahkan ke dalam piring. Di antaranya adalah telur rebus, kentang, pare dan kol.

Layaknya batagor, baso tahu juga dinikmati dengan bumbu kacang. Di Kota Bandung, ada banyak sekali tempat makan baso tahu yang enak. Salah satunya adalah Baso Tahu Tulen Situ Indah.

Baca Juga: 10 Penjual Siomay dan Baso Tahu Paling Enak di Bandung

3. Tahu Susu Lembang

Selanjutnya ada tahu susu dari Lembang. Nah, kalau kamu berkunjung ke kawasan Lembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini langsung dari rumah produksinya.

Di sini, kamu dapat membeli tahu mentah maupun tahu yang sudah digoreng. Selain tahu susu, kamu juga dapat membeli ragam oleh-oleh lainnya, lho. Salah satunya adalah olahan pisang crispy yang enak. 

Untuk harga, satu pak tahunya dibanderol dengan harga di bawah Rp50.000 saja. Gimana, kamu mau mencoba? Silakan kunjungi Pabrik Tahu Susu Lembang yang beralamat di Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

4. Bolu Susu Lembang

Nggak cuma tahu susu, kalau kamu liburan di Lembang, ada satu oleh-oleh lain yang tidak boleh terlewatkan. Yap, ada kue bolu dari Bolu Susu Lembang. Kue bolunya ini memiliki ragam jenis varian rasa. Mulai dari vanilla, cokelat dan vanilla, sampai stroberi juga ada.

Selain bolu susu Lembang, di gerai resminya, kamu bisa membeli banyak oleh-oleh lain seperti bakpia kukus, lapis talas bundar dan masih banyak lagi. Satu kotak kue bolu susu Lembang dibanderol dengan harga di bawah Rp50.000 saja.

5. Pisang Bolen

bolen kartikasari

Pisang Bolen adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Bandung yang paling sering diburu oleh masyarakat maupun pelancong..Pisang bolen sendiri adalah penganan yang terdiri dari pisang dan juga keju yang diselimuti adonan pastry.

Salah satunya adalah pisang bolen dari toko kue Kartikasari. Pisang bolennya memiliki citarasa yang lezat dan legit. 

Pisang bolen Kartikasari sendiri memiliki beberapa varian rasa. Dua di antaranya adalah keju dan cokelat..Tertarik untuk mencoba? Langsung saja datang ke Toko Kue kartikasari yang beralamat di Jalan. H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Bandung.

6. Kue Balok

Kue balok adalah oleh-oleh khas Bandung yang.memiliki bentuk yang menyerupai balok, yakni persegi panjang. Kabarnya, kue balok sudah ada sejak dulu. Dulunya, kue balok kerap dijadikan menu sarapan dan ransum, karena kue ini memiliki bentuk yang padat dan juga membuat perut kenyang.

Di Kota Bandung sendiri ada banyak penjual kue balok yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah Kue Balok Kang Didin, yang tempatnya berada tak jauh dari Bandar Udara Husein Sastranegara. Kini, kue balok tak hanya tersedia dalam varian original saja, tapi juga citarasa lain seperti cokelat, green tea dan brownies.

Baca Juga: Daftar Penjual Kue Balok Terenak di Kota Bandung

7. Brownies

Selanjutnya, ada kue brownies. Kue ini terbuat dari bahan-bahan utama berupa telur, mentaga, gula, cokelat dan kacang. Kue brownies berasal dari Amerika Serikat, namun kue yang punya citarasa manis dan legit ini jadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling dicari.

Ya, banyak sekali toko oleh-oleh di Bandung yang menawarkan brownies dengan ragam pilihan rasa. Salah satunya adalah Brownies Amanda. Toko kue ini punya beberapa pilihan rasa brownies. Mulai dari original, strawberry, keju, hingga brownies sarikaya pandan.

8. Peuyeum

Peuyeum Bendul

Nama peiyeum mungkin sudah tak asing lagi di telingamu.Sekadar info, peuyeum adalah olahan tapai singkong yang difermentasi sehingga memiliki citarasa yang unik, yakni perpaduan antara manis dan asam yang pas.

Peuyuem adalah oleh-oleh khas Bandung yang cukup mudah ditemukan. Peuyeum kerap dijadikan buah tangan oleh para wisatawan yang berlibur ke Bandung, mau pun daerah lainnya di Jawa Barat. Selain Bandung, kamu bisa menemukan sentra penjual peuyeum di wilayah lain seperti Purwakarta dan Subang.

9. Picnic Roll Primarasa

Setelah sebelumnya membahas makanan manis, kali ini kami akan merekomendasikan oleh-oleh khas Bandung berupa makanan dengan citarasa savory yang lezat. Namanya picnic roll. 

Picnic roll sendiri merupakan daging cincang dengan ragam jenis bumbu, yang dibalut dengan kulit pastry, dan diberi isian telur rebus di bagian tengahnya. Salah satu produsen picnic roll yang enak adalah toko Kue Primarasa. Nah, kalau ke Bandung, jangan lupa mampir buat beli picnic roll-nya, ya.

10. Bolu Bakar Tunggal

Bolu Bakar Tunggal

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling terkenal adalah bolu bakar, khususnya bolu bakar Tunggal. Bolu Bakar Tunggal ini adalah kue bolu berbentuk persegi panjang. yang dimasak dengan cara dibakar. Bolu ini dipotong di bagian tengah, kemudian diberi isian roombutter

Roombutter sendiri adalah mentega yang biasa digunakan pada kue-kue yang mewah. Jika dibandingkan dengan mentega biasa, roombutter sendiri memiliki aroma yang lebih manis dan teksturnya lebih lembut.

Selain isian roombutter, bolu bakar Tunggal ini juga memiliki banyak varian rasa lain yang terdiri dari rasa manis seperti nanas, cokelat, kacang, strawberry hingga kopi. Selain itu ada juga varian rasa asin yang terdiri dari rasa tuna juga keju spesial. Bagaimana kamu tertarik untuk mencicipi bolu bakar Tunggal ini?

11. Kopi Aroma

Next, ada Kopi Aroma. Kopi Aroma adalah toko kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an silam dan masih tetap eksis hingga kini. Di toko ini, kamu dapat membeli biji kopi yang diolah secara tradisional. Kopi Aroma menjual dua jenis biji kopi, yakni biji kopi mokkaa rabika dan robusta.

Selain itu, kamu dapat membeli biji kopi yang telah digiling, bahkan kamu dapat menyesuaikan tingkat kehalusannya sesuai keinginan. Kualitas dari kopi di toko ini tentu sudah tak perlu diragukan lagi. 

Oh ya, kamu dapat membeli kopi ini hingga tiga kilogram saja. Harga kopi di sini dimualai dari Rp25.000 per 250 gramnya.

12. Cireng

Cireng Salju

Seperti yang kita tahu, di Kota Bandung ada banyak sekali jajanan dan makanan yang berbahan dasar aci atau tepung kanji.Salah satunya adalah cireng. Cireng merupakan kependekan dari aci digoreng.

Sesuai dengan namanya, makanan ini diolah dengan cara digoreng sampai matang, untuk kemudian dihidangkan dengan bumbu rujak atau saus sebagai pelengkap. 

Dewasa ini, sudah banyak varian dari jajanan tradisional ini. Salah satunya adalah cireng isi. Cireng isi adalah olahan cireng yang diberi aneka isian seperti daging ayam, sosis, kornet, baso dan masih banyak lagi

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Cireng Paling Enak di Bandung

13. Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny Ong Tempat Oleh-Oleh Bandung

Gepuk adalah oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari daging sapi. Makanan ini memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Gepuk umumnya dibuat dengan daging sapi yang dipotong mengikuti serat daging, kemudian direbus sampai setengah matang. Setelahnya, daging tersebut akan dipukul sampai empuk.

Selanjutnya, daging gepuk diberi bumbu, lalu direbus dengan santan sampai santannya susut. Setelah itu, gepuk akan digoreng untuk kemudian disajikan. Biasanya, gepuk dihidangkan dengan nasi hangat.

Nah, di Bandung sendiri, salah satu tempat membeli gepuk yang populer adalah Gepuk Ny. Ong. Gepuk Ny. Ong sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, sehingga kualitas dan rasa gepuknya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Gepuk Ny. Ong punya banyak cabang di Bandung. Dua di antaranya ada di Jalan Pasir Kaliki No. 104 dan Jalan Buah Batu No.151A Kota Bandung.

14. Colenak

Colenak tak kalah populer dari oleh-oleh khas Bandung lainnya yang masuk dalam daftar rekomendasi kami. Makanan ini terbuat dari peuyeum atau tapai singkong yang dibakar dengan sausnya. Saus colenak terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

For your information, colenak adalah makanan khas Sunda yang sudah eksis sejak berabad-abad lalu. Nama colenak sendiri merupakan kependekan dari dicocol enak. Mungkin diberi nama demikian karena cara menikmati colenak adalah dicocol. 

Sedangkan kata enak diambil dari citarasa penganan ini yang memang enak. Sudah pernah coba makan colenak?

15. Susu Murni

Susu KurmaSumber: atmojoe.com

Susu murni juga bisa jadi buah tangan untuk kamu bawa pulang ke rumah, lho. Di Kota Bandung dan sekitarnya, kamu bisa menemukan banyak pedagang susu murni. Salah satunya di daerah Lembang yang memang tersohor sebagai daerah penghasil susu murni.

Susu Murni Bandung umumnya hadir dalam banyak varian rasa. Ada strawberry, original, melon, cokelat, kurma dan masih banyak lagi. Tak jarang, beberapa tempat wisata di Bandung juga menjadikan susu murni sebagai welcome drink untuk pengunjungnya.

16. Olahan Oncom

Oncom Sumedang

Olahan oncom juga wajib masuk daftar oleh-oleh khas Bandung yang akan kamu bawa pulang. Untuk kamu yang belum tahu, oncom adalah olahan dari campuran beberapa bahan seperti kacang tanah dan ampas singkong yang difermentasi.

Oncom ini bisa dibilang mirip dengan tempe, tetapi dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Lazimnya, oncom diolah kembali menjadi makanan atau dijadikan campuran untuk makanan seperti sambal goreng oncom, pepes oncom, keripik oncom, comro atau oncom dijero, dan masih banyak lagi.

17. Seblak Instan

Semakin hari, seblak semakin populer saja. Kehadiran sosial media juga membuat jajanan ini digilai banyak orang, terutama kaum hawa. Seblak sendiri adalah makanan pedas yang terbuat dari campuran beberapa bahan seperti kerupuk basah, ceker ayam, sosis, telur orak-arik, bakso, siomay dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan tadi kemudian dimasak dengan saus pedas yang juga memiliki citarasa gurih. Seiring berjalannya waktu, seblak tak hanya dijual di warung atau pedagang kaki lima, tapi juga dalam bentuk kemasan instan yang bisa dijadikan buah tangan.

18. Wajit Cililin

Wajit Cililin merupakan kudapan manis yang berbahan utama beras ketan, gula aren dan vanili. Cara pembuatannya cukup mudah, yakni dengan mencampur semua bahan ke dalam wadah berisi air, lalu dipanaskan dan diaduk rata sampai mengental.

Setelah selesai, adonan wajit ini kemudian didinginkan, lalu dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering. Wajit Cillin umumnya disantap dengan minuman seperti teh atau kopi.

19. Basreng

Basreng atau baso goreng adalah jajanan khas Bandung yang terbuat dari baso ikan. Nama basreng merupakan kependekan dari baso goreng. Basreng sendiri bisa diolah dengan cara digoreng setengah matang atau pun digoreng hingga kering dan memiliki tekstur seperti kerupuk.

Nah, basreng kering inilah yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Biasanya, basreng memiliki beragam varian rasa. Ada yang original, pedas, keju dan masih banyak lagi. Basreng kering tersedia di banyak toko oleh-oleh yang ada di Kota Bandung. Tertarik untuk mencoba?

20. Keripik Pedas

oleh-oleh khas bandung keripik pedasSumber: https://economy.okezone.com/

Kamu dan keluargamu suka makanan pedas? Jika iya, maka keripik pedas adalah oleh-oleh yang pas untukmu dan orang tercinta. Sejak beberapa tahun lalu, keripik pedas berlevel mulai populer di Kota Kembang. Dan sampai saat ini, keripik pedas dengan citarasa gurih dan pedas yang bikin keringetan, masih diminati oleh masyarakat.

Keripik pedas berlevel ini memudahkan kamu untuk memilih tingkat kepedasan yang sesuai selera. Levelnya sendiri biasanya antara level satu sampai dengan level sepuluh.Semakin tinggi levelnya, semakin pedas pula rasanya. Buat kamu pencinta makanan pedas, jangan lupa beli keripik pedas buat oleh-oleh, ya!

21. Kerupuk Gurilem

Kerupuk gurilem adalah oleh-oleh dari Bandung yang tidak boleh terlewatkan untuk kamu beli. Kerupuk asal daerah Cililin ini memiliki bentuk mirip cacing, sehingga tak jarang orang juga menjulukinya sebagai kerupuk cacing.

Kerupuk gurilem sendiri memiliki citarasa yang gurih nan lezat. Kerupuk gurilem khas Cililin ini tersedia dalam dua varian rasa yang paling umum, yakni original atau rasa bawang dan rasa pedas. 

Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu dapat langsung mengunjungi sentra kerupuk ini di Cililin - Cihampelas, Karangtanjung, Cililin, Kabupaten Bandung Barat. 

22. Roti Leutik

Kalau makan roti ukuran besar atau normal sih, sudah biasa, ya. Nah, gimana kalau rotinya berukuran mini? Sudah pernah coba? Kalau belum, kamu bisa coba cicipi oleh-oleh khas Bandung bernama Roti Leutik.

Dalam Bahasa Sunda, kata leutik berarti kecil. Nah, sesuai sama namanya, roti-roti di sini punya bentuk yang mini alias kecil, sehingga kamu bisa memakannya hanya dengan satu gigitan saja. 

Varian roti yang ditawarkan beragam, lho. Ada roti dengan taburan meises, keju, cokelat dan masih banyak lagi. Satu buah rotinya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2.000 saja. Murah banget, kan?

23. Bandung Makuta

Bisnis kue artis sempat ramai beberapa tahun lalu. Beberapa artis meluncurkan dan menjadi brand ambassador dari produk-produk kue tersebut. Salah satu brand yang populer pada saat itu adalah Bandung Makuta, dengan selebriti Laudya Cynthia Bella sebagai ikonnya.

Bandung Makuta begitu populer, sampai-sampai lautan manusia mengantri demi sekotak kuenya. Nggak heran,  karena kue dari Bandung Makuta ini memang unik, dan rasanya juga enak. 

Kuenya sendiri terdiri berupa sponge cake yang dibalut puff pastry dan diberi filling atau selai dengan beragam rasa yang berbeda. Di antaranya ada lemon, blueberry, keju, chocolate dan masih banyak lagi. Sudah coba kue Bandung Makuta yang nge-hits ini?

24. Bandung Kunafe

Selain Bandung Makuta, kamu juga bisa coba cicipi lezatnya Bandung Kunafe. Kue satu ini memiliki base japanese cheesecake yang diberi filling beberapa bahan seperti keju, green tea, cokelat, tiramisu dan masih banyak lagi.

Dua selebriti ternama, yakni Irfan Hakim dan Ananda Omesh adalah tokoh kunci dari hadirnya kue lezat yang juga jadi oleh-oleh khas Bandung yang populer ini. 

Tak hanya menawarkan produk kue, kini Bandung Kunafe juga menjual ragam jenis oleh-oleh lainnya yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah kue kering dengan rasa cokelat.

25. Martabak

Martabak memang bukan makanan asing buat kita semua. Tetapi tak ada salahnya jika kamu membawa martabak untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan orang tercinta di rumah.

Di Kota Bandung, ada beberapa penjual martabak yang sangat populer. Sebut saja seperti Martabak San Francisco, Martabak Nikmat Andir, Martabak Asan, dan masih banyak lagi. 

Masing-masing dari penjual martabak ini memiliki menu spesialnya tersendiri. Misalnya, Martabak San Francisco dengan martabak Red Velvet Oreo Cheese-nya, sementara Martabak Asan dengan martabak tipis keringnya yang lezat. Hayo, kamu mau pilih yang mana?

Baca Juga: 15 Kedai Martabak Manis dan Asin Paling Enak di Bandung

Souvenir

Selain makanan dan juga minuman, kamu pun dapat menjadikan aneka ragam souvenir sebagai oleh-oleh. Berikut daftar souvenir khas Bandung yang kami rekomendasikan untuk kamu.

1. Sepatu Cibaduyut

Nggak cuma makanan saja, Bandung juga punya oleh-oleh berbentuk barang yang berupa sepatu. Ya, ada sepatu dari Cibaduyut, tepatnya di Jl. Cibaduyut Raya, Bojongloa Kidul, Bandung. Kawasan Cibaduyut sendiri sudah terkenal sebagai sentra produksi sepatu yang telah ada sejak dulu, tepatnya sebelum Indonesia merdeka.

Usaha pengrajin sepatu  ini mulanya berjumlah di bawah seratus unit saja. Jumlahnya kemudian meningkat hingga ratusan unit. Karena banyaknya usaha pengrajin sepatu, kawasan Cibaduyut bahkan dinobatkan sebagai sentra pengrajin sepatu terbesar yang ada di Bandung.

Nah, jika kamu mencari oleh-oleh khas Bandung berupa sepatu, maka kamu wajib mengunjungi sentra sepatu Cibaduyut ini. Kamu akan menemukan banyak sepatu dengan bermacam-macam model yang dapat dipilih. 

Eits, jangan khawatir soal kualitasnya, ya. Karena sepatu buatan pengrajin lokal ini sudah terkenal memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dari sepatu impor.

2. Pakaian dari Factory Outlet

Pakaian dari factory outlet atau FO yang ada di Bandung juga dapat kamu jadikan buah tangan, nih. Yup, sudah sejak lama, Bandung juga terkenal sebagai salah satu pusat fashion di Indonesia. 

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli ragam jenis pakaian dari factory outlet yang tersebar di Kota Kembang. Ada banyak factory outlet yang ada di Bandung. Salah satunya adalah Rumah Mode  yang berada di Jalan DR. Setiabudi No.41, Sukajadi, Bandung. 

Nah, kalau kamu ingin membawa oleh-oleh yang berbentuk pakaian dari Bandung, tidak ada salahnya mengunjungi factory outlet satu ini. Di sini, terdapat berbagai macam pakaian yang dipasarkan dengan harga yang bervariasi. Hati-hati, jangan kalap saat belanja, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Factory Outlet Terbaik di Kota Bandung

3. Angklung

Nah, kalau tadi ada sepatu dan pakaian dari factory outlet, sekarang ada alat musik tradisional yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sanak saudara. Adalah angklung, alat musik yang terbuat dari bambu yang dapat mengeluarkan suara yang sangat merdu.

Oh ya, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang alat musik ini, kamu dapat mengunjungi Saung Angklung Udjo. Di sana, kamu dapat menyaksikan pementasan angklung hingga membeli beragam souvenir dan juga angklung itu sendiri yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. 

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung dan mencoba bermain alat musik yang unik ini? Jika kamu berminat, bisa kunjungi Saung Angklung Udjo di Jalan Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung.

5. Wayang Golek

Sekadar info, wayang golek sendiri sudah berkembang di Tatar Sunda sejak ratusan tahun lalu. Dan hingga kini, kesenian tradisional ini masih eksis serta digemari oleh masyarakat Sunda.

Nah, di kota Bandung, ada beberapa toko souvenir yang menyediakan wayang golek sebagai oleh-oleh. Salah satunya adalah Toko Cupumanik, yang berada di Jalan Srikusuma, No. 8A  Kota Bandung. Di sini, kamu bisa membeli souvenir berupa tokoh wayang golek yang tersedia dalam pilihan ukuran yang berbeda.

6. Kelom Geulis Keng

30 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang 6Sumber: https://travel.kompas.com

Kelom geulis adalah sandal kayu yang merupakan kerajinan asli Tasikmalaya. Namun, kamu dapat membeli kelom geulis atau sandal kayu cantik ini di Bandung, tepatnya di toko kelom geulis "KENG" yang sudah berdiri sejak tahun 1942 silam. 

Dilansir dari Kompas, toko legendaris ini menjual berbagai macam sandal kayu dengan tampilan yang cantik. Tidak hanya untuk wanita, ada juga kelom untuk para pria juga. Nah, jika tidak sempat untuk berkunjung ke Tasikmalaya, kamu jadi bisa membeli kelom geulis ini di Bandung, deh. Hayo, mau coba pakai sandal kayu tradisional ini? Yuk, langsung kunjungi alamat Jalan Cihampelas No.205, Kota Bandung.

Itulah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang berupa makanan, pakaian hingga alat musik tradisional yang tentunya dapat kamu jadikan buah tangan bagi keluarga atau sanak saudara. Selain di toko khususnya, berbagai oleh-oleh tersebut juga bisa kamu dapatkan di penjual oleh-oleh yang ada di Bandung.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram