30 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Selain terkenal akan berbagai tempat wisata yang menarik dan juga makanan-makanan yang unik dan inovatif, Bandung juga punya berbagai macam oleh-oleh yang tentunya sangat wajib untuk kamu beli.

Kali ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu boyong untuk keluarga, teman maupun saudara di kampung halaman. Penasaran, oleh-oleh apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Makanan dan Minuman

Kamu bisa membeli beberapa jenis oleh-oleh khas Bandung untuk sanak saudara di rumah. Salah satunya oleh-oleh berbentuk makanan dan minuman. Berikut daftar oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang. 

1. Batagor

Siapa, sih yang nggak kenal sama batagor? Makanan khas Bandung ini sudah tersohor ke seantero nusantara karena memiliki rasa yang lezat. 

Batagor sendiri merupakan penganan yang terbuat dari campuran bahan seperti tahu putih, kulit pangsit, ikan tenggiri, tepung dan beberapa bahan lainnya. Batagor biasanya disajikan bersama saus kacang yang dibubuhi perasan jeruk limau.

For your information, di Bandung ada satu tempat makan batagor yang sangat populer, yakni Batagor Riri. Batagor Riri tidak hanya dapat dinikmati di tempat saja, tetapi dapat kamu jadikan buah tangan, karena kamu dapat membeli batagor yang dijual dalam kemasan.

Batagor ini tersedia dalam beberapa varian kemasan dengan isi lima, sepuluh dan dua puluh potong. Harga dari batagor kemasan ini bervariasi, tergantung varian kemasan mana yang kamu pilih.

Baca juga: Daftar Tempat Makan Batagor Enak di Bandung

2. Baso Tahu/Siomay

baso tahu pajajaran

Oleh-oleh khas Bandung lainnya yang dapat kamu bawa pulang adalah baso tahu. Di tempat lain, makanan ini dikenal dengan nama siomay. Makanan ini merupakan versi lain dari batagor. JIka batagor diolah dengan cara digoreng, kalau siomay dikukus. 

Hal yang membuat baso tahu berbeda dari batagor adalah bahan makanan lain yang ditambahkan ke dalam piring. Di antaranya adalah telur rebus, kentang, pare dan kol.

Layaknya batagor, baso tahu juga dinikmati dengan bumbu kacang. Di Kota Bandung, ada banyak sekali tempat makan baso tahu yang enak. Salah satunya adalah Baso Tahu Tulen Situ Indah.


Baca Juga: 10 Penjual Siomay dan Baso Tahu Paling Enak di Bandung

3. Tahu Susu Lembang

oleh-oleh khas bandungSumber: pergidulu.com

Selanjutnya ada tahu susu dari Lembang. Nah, kalau kamu berkunjung ke kawasan Lembang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini langsung dari rumah produksinya.

Di sini, kamu dapat membeli tahu mentah maupun tahu yang sudah digoreng. Selain tahu susu, kamu juga dapat membeli ragam oleh-oleh lainnya, lho. Salah satunya adalah olahan pisang crispy yang enak. 

Untuk harga, satu pak tahunya dibanderol dengan harga di bawah Rp50.000 saja. Gimana, kamu mau mencoba? Silakan kunjungi Pabrik Tahu Susu Lembang yang beralamat di Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

4. Bolu Susu Lembang

oleh-oleh khas bandung bolu susu lembang

Nggak cuma tahu susu, kalau kamu liburan di Lembang, ada satu oleh-oleh lain yang tidak boleh terlewatkan. Yap, ada kue bolu dari Bolu Susu Lembang. Kue bolunya ini memiliki ragam jenis varian rasa. Mulai dari vanilla, cokelat dan vanilla, sampai stroberi juga ada.

Selain bolu susu Lembang, di gerai resminya, kamu bisa membeli banyak oleh-oleh lain seperti bakpia kukus, lapis talas bundar dan masih banyak lagi. Satu kotak kue bolu susu Lembang dibanderol dengan harga di bawah Rp50.000 saja.

5. Pisang Bolen

bolen kartikasari

Pisang Bolen adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Bandung yang paling sering diburu oleh masyarakat maupun pelancong..Pisang bolen sendiri adalah penganan yang terdiri dari pisang dan juga keju yang diselimuti adonan pastry.

Salah satunya adalah pisang bolen dari toko kue Kartikasari. Pisang bolennya memiliki citarasa yang lezat dan legit. 

Pisang bolen Kartikasari sendiri memiliki beberapa varian rasa. Dua di antaranya adalah keju dan cokelat..Tertarik untuk mencoba? Langsung saja datang ke Toko Kue kartikasari yang beralamat di Jalan. H. Akbar No. 4, Kebon Kawung, Bandung.

6. Kue Balok

Kue balok adalah oleh-oleh khas Bandung yang.memiliki bentuk yang menyerupai balok, yakni persegi panjang. Kabarnya, kue balok sudah ada sejak dulu. Dulunya, kue balok kerap dijadikan menu sarapan dan ransum, karena kue ini memiliki bentuk yang padat dan juga membuat perut kenyang.

Di Kota Bandung sendiri ada banyak penjual kue balok yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah Kue Balok Kang Didin, yang tempatnya berada tak jauh dari Bandar Udara Husein Sastranegara. Kini, kue balok tak hanya tersedia dalam varian original saja, tapi juga citarasa lain seperti cokelat, green tea dan brownies.

Baca Juga: Daftar Penjual Kue Balok Terenak di Kota Bandung

7. Brownies

TheBites BrowniesSumber: makanmana.net

Selanjutnya, ada kue brownies. Kue ini terbuat dari bahan-bahan utama berupa telur, mentaga, gula, cokelat dan kacang. Kue brownies berasal dari Amerika Serikat, namun kue yang punya citarasa manis dan legit ini jadi salah satu oleh-oleh khas Bandung yang paling dicari.

Ya, banyak sekali toko oleh-oleh di Bandung yang menawarkan brownies dengan ragam pilihan rasa. Salah satunya adalah Brownies Amanda. Toko kue ini punya beberapa pilihan rasa brownies. Mulai dari original, strawberry, keju, hingga brownies sarikaya pandan.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram