Keluyuran / Wisata Belanja Jepang / Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Cocok Untuk Wanita

Inilah 10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Cocok Untuk Wanita

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Membeli oleh-oleh saat pulang dari Jepang amat baik dilakukan. Apalagi, jika kamu hendak membeli buah tangan di sana untuk wanita terdekatmu; baik itu teman, pacar, istri maupun ibu tercinta. Tak usah bingung buah tangan apa saja yang cocok untuk dibeli nanti.

Simak yuk ulasan tentang oleh-oleh khas Jepang untuk wanita yang akan Keluyuran rekomendasikan berikut ini:

1. Yukata

Yukata (Copy)

Pakaian tradisional khas Jepang tak hanya kimono saja. Ada satu pakaian tradisional lainnya yang dimiliki Jepang, yaitu Yukata. Dibanding kimono, kami lebih merekomendasikan Yukata sebagai oleh-oleh untuk wanita tersayangmu nanti.

Ada beberapa alasan mengapa Yukata layak untuk dibeli. Pertama, harganya jauh lebih terjangkau dibanding kimono. Dan kedua, Yukata memiliki desain yang lebih kasual sehingga bisa dipakai kapan pun dan di musim apa pun. Nah, kalau di Jepang kamu bisa membeli pakaian ini di AEON atau Ito-Yokado.

2. Sensu

Sensu (Copy)

Bila wanita tersayangmu menyukai kipas, maka souvenir ini bisa jadi pilihan untuk dibeli. Sensu sendiri merupakan kipas tradisional khas Jepang. Kipas ini cukup mudah dilipat dan dibuka. Saat kamu membuka kipas ini, kamu bakal melihat lukisan indah di bagian permukaan kipasnya.

Kipas ini konon sudah ada di Jepang sejak 1.200 tahun silam. Di Jepang, kipas ini tak hanya dijadikan hiasan atau alat mengipas badan saja. Kipas satu ini juga lazim dipakai pada dua seni pertunjukkan klasik khas Jepang yaitu Kabuki dan Noh.

Harga kipas ini tergolong variatif, mulai dari 100 Yen hingga 1000 yen. Kamu bisa datang ke toko Kyosendo yang ada di Kyoto, bila kamu tertarik untuk membeli kipas tersebut.

3. Tenugui

Tenugui (Copy)

Tenugui adalah oleh-oleh khas Jepang yang berbentuk handuk. Handuk ini dibuat dari kain katun dan lazimnya dipakai untuk menyeka badan dan tangan. Seiring waktu berjalan, Tenugui tak hanya dipakai buat membasuh badan dan tangan. Handuk ini pun juga bisa menjadi suvenir yang layak dibeli.

Di Jepang, Tenugui dijual dengan gambar desain yang menarik dan beragam. Mulai dari gambar bunga sakura khas Jepang, hingga gambar sejumlah hewan seperti kucing dan panda. Tak sulit untuk menemukan oleh-oleh ini, kamu bisa beli di Koiki Shinjuku yang ada di Mosaic Street, Shinjuku, Tokyo, Jepang.

4. Gamaguchi

Gamaguchi (Copy)

Dompet bisa menjadi oleh-oleh yang tepat untuk wanitamu nanti. Dan kebetulan, Jepang punya oleh-oleh berupa dompet yang khas. Oleh-oleh yang dimaksud adalah Gamaguchi. Ini adalah sebuah dompet berukuran kecil yang lazim dipakai untuk menyimpan koin.

Ciri khas dompet ini adalah bentuknya yang mungil. Permukaan dompetnya pun cerah dan dibubuhi dengan motif-motif menarik. Dompet ini sendiri dibuat dari benang poly cherry yang berwarna-warni. Inilah yang membuat dompet ini berwarna cerah dan bermotif menarik.

5. Furoshiki

Furoshiki (Copy)

Selain Tenugui, Jepang punya satu kain khas lainnya. Furoshiki adalah kain yang dimaksud. Bila Tenugui dipakai sebagai handuk, maka kain ini lazim dipakai sebagai pembungkus kado. Tak hanya itu, kain ini pun juga lazim dipakai sebagai pembungkus makanan dan juga dijadikan kerajinan tangan.

Furoshiki sendiri sudah ada di Jepang sejak lama. Konon, kain ini sudah ada di Negeri Sakura sejak 1.600 tahun yang lalu. Sama seperti oleh-oleh lainnya, Furoshiki juga bisa kamu temui di sejumlah toko suvenir.

6. Wagasa

Wagasa (Copy)

Wagasa merupakan payung khas Jepang yang sudah ada sejak tahun 1550 Masehi. Payung ini terbuat dari bambu yang telah dibentuk menjadi kerangka payung. Setelah itu, kerangka kayu tersebut dihiasi oleh kertas Jepang yang memiliki motif unik di bagian permukaannya.

Di Jepang, Wagasa sering dipakai untuk upacara minum teh, festival ataupun untuk kegiatan teater kabuki. Untuk membeli payung ini, kamu bisa datang ke daerah Gifu, Kyoto, Tottori, Tokushima dan Ishikawa.

7. Shiseido Benefique

Shiseido Benefique (Copy)

Kosmetik adalah pilihan buah tangan lainnya yang bisa kamu beli. Jepang sendiri punya banyak produk kosmetik yang bisa dibeli. Satu di antaranya yang kami rekomendasikan untuk kamu beli adalah Shiseido Benefique.

Kosmetik ini dibuat dari bahan ekstrak ginseng. Bahan dasar itu nantinya bakal dicampur dengan rempah-rempah khas Jepang. Produk ini bermanfaat untuk menormalkan fungsi kulit, serta mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Produk ini sangat cocok buat wanita berusia 30 atau 40 tahunan. Untuk membelinya, kamu bisa datang ke sejumlah toko kosmetik di Jepang.

8. Nama Chocolate

Nama Chocolate (Copy)

Oleh-oleh Jepang untuk wanita sendiri tak hanya berupa barang non-makanan semata. Makanan pun bisa kamu beli sebagai oleh-oleh untuk wanitamu. Ada beberapa makanan yang akan kami rekomendasikan di artikel ini.

Satu di antaranya adalah Nama Choolate. Coklat buatan Royce ini dibuat dari 25 persen krim segar yang berasal dari Hokkaido. Cita rasa coklat ini enak dan manis. Tiap gigitannya, kamu bakal merasakan sensasi coklat yang melumer di mulutmu.

Ada lima varian rasa yang terkandung dalam coklat ini, ada white chocolate, mild cacao, champagne, au laut dan bitter. Coklat ini amat cocok disantap selagi dingin jadi saat kamu membawa coklat ini ke rumah, kamu harus memasukkannya dulu ke dalam kulkas.

9. Konpeito

Konpeito (Copy)

Makanan lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Konpeito. Ini adalah sebuah permen khas Jepang yang berwarna-warni dan bercita rasa manis. Ciri khas utama permen ini adalah bentuknya yang serupa bintang berukuran 5 sampai 10 meter.

Nama permen ini sendiri berasal dari bahasa Portugis: confeito (“gula-gula”). Permen ini sendiri dulunya memang berasal dari para pedagang Portugal yang datang ke Jepang pada tahun 1550. Oleh-oleh ini tak hanya cocok disantap sehari-hari tapi juga bisa dipakai sebagai cendera mata untuk resepsi pernikahan.

10. Yokan

Yokan (Copy)

Makanan sekaligus oleh-oleh terakhir yang bisa kamu beli adalah Yokan. Yokan merupakan makanan legendaris Jepang yang sudah ada sejak 1191 silam. Saat itu, makanan ini diperkenalkan oleh penganut Budha yang ada di Jepang.

Saat itu, Yokan dibuat dari gelatin kambing. Namun seiring waktu berlalu, bahan dasar makanan ini selalu berganti. Kini Yokan dibuat dengan bahan agar-agar dengan isian berupa pasta kacang merah serta gula.

Ada dua jenis yokan yang bisa kamu beli yaitu Neri Yokan dan Mizu Yokan. Neri Yokan mempunyai ciri khas berupa teksturnya yang lengket. Sementara itu, Miu Yokan punya ciri khas berupa teksturnya yang tidak terlalu lengket, serta cukup kaya akan air.

Khusus untuk Mizu Yokan, kamu harus menyimpannya ke dalam kulkas setelah kamu membawanya pulang. Hal itu disebabkan jenis yokan itu sangat lezat apabila disantap dalam keadaan dingin. Yokan—baik yang Neri maupun Mizu—bisa kamu temui di sejumlah toko kue di Jepang.

Membeli oleh-oleh saat hendak pulang dari Jepang sangat baik dilakukan. Apalagi, jika oleh-oleh yang kamu beli hendak kamu berikan untuk wanita terdekatmu. Tak usah bingung buah tangan apa saja yang harus kamu beli nanti.

Soalnya, kami sudah merekomendasikan beberapa di ataranya buatmu. Semoga rekomendasi kami membantu, ya. Selamat berbelanja!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar