Keluyuran / Majalengka / 10 Oleh-Oleh Khas Majalengka yang Cocok Dibawa Pulang

10 Oleh-Oleh Khas Majalengka yang Cocok Dibawa Pulang

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Majalengka tak hanya memiliki tempat wisata yang beragam. Oleh-oleh khas atau buah tangannya pun juga cukup melimpah. Ini tentu kabar baik bagimu yang hendak membeli oleh-oleh saat hendak pulang dari Majalengka.

Di artikel ini, kami bakal meekomendasikan beberapa oleh-oleh khas yang ada di Majalengka. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu simak sebagaimana berikut:

1. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu (Copy)

Majalengka adalah salah satu penghasil buah mangga gedong gincu. Maka, tak lengkap rasanya bila kamu tidak membeli jenis buah mangga itu saat di Majalengka nanti. Mangga gedong gincu sendiri memiliki ciri khas berupa warna kulitnya yang merah gincu saat buahnya matang.

Cita rasa buah ini begitu manis dan menyegarkan. Tak akan sulit untuk mendapatkan buah mangga ini. Pasalnya, banyak sekali orang-orang yang menjual ini di hampir tiap pinggiran jalan Majalengka. Sebagai saran, kamu bisa datang ke kecamatan Panyingkiran untuk membeli buah mangga ini.

2. Kecap Majalengka

Kecap Majalengka (Copy)

Tak hanya buah mangga gincu, Majalengka juga merupakan penghasil dari kecap Majalengka. Kecap Majalengka sendiri memiliki dua merek ternama: Maja Menjangan dan Segi Tiga. Maja Menjangan merupakan merek kecap Majalengka tertua, di mana merek ini resmi berdiri pada 1940.

Maja Menjangan sendiri didirikan oleh H. Saad Wangsadidjaja. Sementara itu, Segi Tiga adalah merek kecap yang berdiri pada 1958. 18 tahun setelah Maja Menjangan berdiri. Segi Tiga sendiri didirikan oleh tiga orang, yaitu: H. Lukman, Endek dan Aman.

Kedua merek kecap tersebut memiliki banyak kesamaan. Keduanya sama-sama memiliki tiga varian rasa; manis, asin dan sedang. Tekstur kedua merek kecap tersebut juga sama-sama kental, sehingga cita rasa kecapnya kian terasa.

Baik Maja Menjangan maupun Segi Tiga, keduanya amat layak dibawa pulang. Hal itu dikarenakan dua merek kecap ini punya daya tahan yang cukup baik. Keduanya bisa bertahan dalam waktu yang lama, hingga dua tahun lamanya.

3. Oncom Goreng

Oncom Goreng (Copy)

Oncom goreng sebetulnya bisa kamu temukan di Bandung. Hanya saja, oncom goreng di Majalengka cukup berbeda dengan yang ada di Bandung. Di Majalengka, oncom goreng berbentuk kecil dan dicampur dengan bawang goreng serta bumbu. Sangat berbeda dengan yang oncom goreng Bandung yang besar dan berlapis tepung terigu.

Oncom goreng khas Majalengka sendiri tak hanya cocok dijadikan camilan. Oleh-oleh khas ini juga cocok untuk menemani santap mi ayam atau bakso. Tak usah bingung ke mana harus membeli oleh-oleh karena oncom goreng ini mudah ditemukan di pasar tradisional dan supermarket di Majalengka.

4. Durian Perwira

Durian Perwira (Copy)

Buah-buahan yang dihasilkan Majalengka ternyata bukan hanya buah mangga semata. Salah satu daerah di Jawa Barat ini juga menghasilkan buah durian. Adapun buah durian yang dihasilkan Majalengka sendiri adalah durian Perwira.

Durian Perwira merupakan buah yang dibudidayakan di Kecamatan Sindangwangi, Majalengka. Ciri khas durian ini adalah cita rasanya yang legit dan sedikit pahit. Kalau kamu tertarik membelinya, kamu bisa langsung datang ke kecamatan Sindangwangi.

5. Gula Cakar

Gula Cakar (Copy)

Gula cakar adalah gula batu khas Majalengka yang dibuat dari gula putih, soda dan pewarna makanan. Gula cakar memiliki ciri khas berupa bentuknya yang cukup besar, serta memiliki warna merah muda/pink.

Di Majalengka, gula ini sering dipakai ke dalam seduhan teh maupun kopi. Bila dilarutkan dalam seduhan kopi atau teh, gula satu ini akan amat mudah sekali larut. Meski begitu, gula ini masih bisa dikonsumsi langsung dengan cara digigit sedikit demi sedikit.

6. Buah Duwet (Jamblang)

Buah Duwet (Jamblang) (Copy)

* sumber: photoflorafauna.wordpress.com

Ada satu buah lainnya di Majalengka yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Majalengka. Buah duwet atau jamblang adalah buah tersebut. Buah ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang ungu kehitaman serta berbentuk lonjong.

Selain lezat, buah ini juga berkhasiat. Buah bernama ilmiah Syzygium Jambolanum ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati diabetes. Sayangnya, buah ini keberadaaannya kian langka saja. Kendati begitu, bukan berarti kamu tak bisa menemukan buah ini di Majalengka. Di Majalengka, kamu bisa membelinya ke Padukuhan, Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Majalengka.

7. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk (Copy)

* sumber: japanesian.id

Kalua Jeruk adalah manisan jeruk asli Majalengka. Manisan ini dibuat dari daging kulit jeruk Bali yang dicampur dengan gula. Biasanya gula yang dipakai pada manisan ini adalah gula merah, kawung, maupun gula pasir.

Kalua jeruk memiliki tekstur yang keras pada bagian luar. Namun saat menggigitnya, kamu bakal merasakan kelembutan di bagian dalam makanan ini. Dari segi rasa, manisan ini cukup manis dan enak. Kamu bisa datang ke daerah Malausma, bila ingin membeli kalua jeruk sebagai buah tanganmu.

8. Ampas Kecap

Ampas Kecap (Copy)

* sumber: oketourcirebon.com

Tak hanya kecapnya saja, ampas kecap khas Majalengka pun bisa kamu jadikan buah tangan. Ampas kecap sendiri dibuat dari sisa kacang kedelai yang sudah masuk ke proses pembuatan kecap. Ampas kecap mempunyai ciri khas berupa bentuknya yang serupa kacang kedelai, namun warnanya kehitaman.

Saat dibawa pulang nanti, buah tangan ini bisa disantap langsung sebagai teman makan nasi. Atau, bisa juga diolah menjadi sajian lainnya. Tumis ampas kecap adalah salah satunya. Olahan ampas kecap Majalengka ini tidak terlalu sulit untuk dibuat.

Adapun untuk membuatnya, kamu hanya perlu menumis ampas kecap bersama sejumlah bahan seperti, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula dan air.

9. Keripik Tempe

Keripik Tempe (Copy)

Seperti halnya oncom goreng, keripik tempe juga sebetulnya bisa kamu temukan di Bandung. Namun keripik tempe Majalengka memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas keripik tempe satu ini adalah bentuknya yang lebih tipis dibanding keripik tempe bandung. Cita rasanya pun juga lebih lezat dan tidak mengandung rasa pahit sama sekali.

Keripik tempe khas Majalengka bisa bertahan hingga dua bulan lamanya. Dengan begitu, kamu tak usah khawatir bila harus membawa oleh-oleh ini dalam waktu yang lama. Ada dua varian rasa keripik tempe ini, yaitu original dan pedas. Bila ingin membeli buah tangan ini, kamu bisa datang ke blok Sukawangi, Desa Banjaran, Kecamatan Banjaran, Majalengka.

10. Jalakotek

Jalakotek (Copy)

Jalakotek adalah camilan asli Majalengka yang berbahan dasar tepung aci. Bahan dasar tersebut dicampur dengan tahu dan bumbu khusus. Makanan ini memiliki ciri khas berupa bentuknya yang serupa pastel.

Kalau kamu membeli oleh-oleh ini, kami sarankan untuk langsung menggorengnya. Hal itu disebabkan karena buah tangan ini akan enak disantap bila disajikan selagi hangat. Kamu bisa datang ke kecamatan Maja, bila tertarik membeli Jalakotek sebagai oleh-oleh.

Majalengka punya sejumlah buah tangan yang layak dibawa pulang. Beberapa di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bermanfaat buatmu, ya. Selamat berbelanja oleh-oleh!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar