10 Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Tak Boleh Terlewatkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 November 2020

Mojokerto merupakan kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan julukan kota onde-onde. Tetapi tak hanya onde-onde yang dapat kamu cicipi di Mojokerto, kota ini juga menyajikan kuliner dan kerajinan yang dapat kamu jadikan buah tangan.

Jika kamu akan berlibur ke Mojokerto, berikut ini adalah ulasan beberapa oleh-oleh khas Mojokerto yang bisa kamu bawa pulang.

1. Onde-Onde

Onde-Onde

Onde-onde merupakan makanan ringan yang jadi ikon dari Kota Mojokerto, kamu bisa bilang kalau onde-onde adalah makanan paling hits di Mojokerto. Kamu bisa melihat di satu sudut kota terdapat monumen berbentuk onde-onde yang menegaskan jika Mojokerto adalah kota onde-onde.

Onde-onde merupakan camilan yang berbentuk bulat dengan isiannya kacang hijau yang telah dihaluskan. Taburan wijen di permukaan kue adalah ciri khas dari jajanan ini. Kue ini memiliki rasa manis dan bertekstur kenyal dengan aroma wijen yang khas disaat kamu gigit.

Onde-onde bisa kamu jadikan oleh-oleh disaat kamu singgah di Kota Mojokerto. Kamu bisa menemukan onde-onde di pusat oleh-oleh. Kamu juga bisa mencoba onde-onde yang cukup ternama yaitu Onde-onde Bu Liem, onde-ondenya dijual dengan harga sekitar Rp40.000 untuk 10 biji.

2. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak merupakan makanan ringan yang yang terbuat dari kulit sapi yang telah dikeringkan. Kerupuk ini bisa kamu jadikan pelengkap dengan masakan lain, atau kamu juga bisa memakannya langsung. Kerupuk ini mudah kamu jumpai, karena banyak yang menjual kerupuk ini di Mojokerto.

Di Mojokerto sendiri terdapat desa yang menjadi sentra dari pembuatan kerupuk rambak, yaitu Desa Doas, Triwula, dan juga warga Kauman. Kerupuk hasil buatan mereka cukup terkenal hingga luar Mojokerto. Harga yang ditawarkan untuk kerupuk ini sekitar Rp18.000-Rp25.000 perkilonya.

3. Kerupuk Memble

Kerupuk Memble

Kerupuk yang satu ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh saat singgah di Mojokerto. Namanya kerupuk memble, walaupun memiliki nama memble, tetapi kerupuk ini merupakan camilan yang cukup enak untuk bersantai. Pengolahan dari kerupuk memble juga cukup unik, yaitu dengan di goreng dua kali.

Kerupuk ini di olah dengan cara di goreng pada dua wajan dengan suhu yang bebeda, satu dengan suhu yang panas, sedangkan yang satunya lagi memiliki suhu yang sedang. Kerupuk ini dapat kamu temukan disetiap pusat oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil

Satu lagi jenis kerupuk yang dapat kamu temukan di Kota Mojokerto. Kerupuk dengan nama yang unik ini merupakan makanan ringan yang dimasak di dalam pasir bukan dengan minyak goreng. Kerupuk upil merupakan kerupuk yang banyak dicari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika tertarik untuk menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh, kamu dapat membeli kerupuk ini di pusat oleh-oleh yang tedapat di Mojokerto. Kerupuk ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa membeli kerupuk ini dengan harga sekitar Rp10.000 per bungkusnya.

5. Sinom

Sinom

Selain makanan, kamu juga bisa membawa minuman yang jadi oleh-oleh khas dari Mojokerto. Nama minumannya adalah Sinom. Sinom merupakan minuman tradisional  yang terbut dari daun asam muda, yang dicampur dengan asam jawa dan juga gula pasir, serta kunyit dan tanpa bahan pengawet.

Minuman ini sangat nikmat jika kamu meminumnya disaat cuaca panas dengan tambahan es batu. Kamu juga bisa meminumnya dalam keadaan hangat. Minuman ini dipercaya dapat memperlancar buang asir besar. Minuman tradisional ini dijual dengan harga yang sekitar Rp8.000 per botol.

Minuman tradisional ini dipercaya telah ada sejak jaman Majapahit. Minuman ini memiliki banyak khasiat selain dari memperlancar buang air besar, berkhasiat juga untuk memperlancar peredaran darah, dan melangsingkan tubuh. Sinom juga cocok kamu minum untuk yang sering nyeri haid.

6. Keciput Wijen

Keciput Wijen

Keciput wijen merupakan camilan yang mungkin pernah atau sering kamu lihat. Keciput wijen merupakan onde-onde hanya saja dalam versi yang lebih mini. Keciput memiliki tekstur yang lebih renyah dan tidak memiliki isian seperti halnya  onde-onde. Jajanan ini mesti kamu cicipi.

Keciput merupakan camilan yang cocok kamu makan disaat bersantai. Kamu dapat menemukan jajanan ini dengan mudah di toko-toke kue atau pun di pusat oleh-ooleh yang ada di Mojokerto. Keciput ini dijual dengan, harganya sekitar Rp18.000-Rp30.000 bergantung ukurannya.

7. Botok Tempe

Botok Tempe

Jika kamu berasal dari daerah tidak Jauh dari Mojokerto , kamu bisa menjadikan botok tempe sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke kota ini. Makanan ini menggunakan tempe sebagai bahan utamanya. Selain tempe, botok ini terdiri dari petai cina, kelapa parut, dan bumbu-bumbu rempahnya.

Botok tempe sangat nikmat jika kamu menikmatinya dengan semangkuk nasi yang masih hangat. Jika tertarik untuk mencoba makanan ini kamu dapat membelinya dengan harga yang cukup murah, sekitar Rp4.000an untuk satu bungkusnya.

8. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Saat singgah ke Mojokerto dan ingin membeli oleh-oleh khas Mojokerto, kerajinan bambu mungkin bisa jadi pilihanmu. Ada sebuah kampung yang memiliki sentra industri  kerajinan bambu, yaitu kampung Panarib. Kerjinan bambu yang dihasilkan dari kampung ini memiliki kualitas yang cukup baik.

Di kampung ini kamu bisa mencari semua keperluan rumah tangga yang berasal dari anyaman bambu. Jika datang langsung ke pengrajinnya, kamu akan mendapatkan harga yagn lebih murah. Kerajinan dari bambu ini biasanya banyak dicari terutama disaat musim liburan telah tiba.

9. Sepatu Kulit

Sepatu Kulit

Daerah Mojokerto juga memiliki industri rumahan berupa industri sepatu kulit. Industri rumahan untuk sepatu kulit yang terkenal berada di Kampung Kwali, Mojokerto. Industri rumahan ini bahkan telah memenangkan penghargaan dari luar negeri dan juga Indonesia serta Asia.

UMKM dari kampung Kwali ini memproduksi sepatu kulit dengan merk dagangnya Vandiaz. Di tempat ini kamu juga bisa memesan sepatu sesuai dengan desain yang kamu inginkan. Sepatu ini dijual dengan harga yang terbilang cukup murah sekitar Rp140.000-Rp190.000 untuk sepasang sepatu.

Jika kamu tertarik untuk membeli atau memesan sepatu dengan desain sendiri, kamu bisa datang ke Kampung Kwali Gang 3 No. 85. Ditempat ini kamu bisa melihat langsung proses pembuatan sepatu. Kamu bisa memesan sepasang sepatu, dalam satu hari kamu akan mendapat sepatu yang diinginkan.

10. Kerajinan Pahat Batu

Kerajinan Pahat Batu

Tak hanya kerajinan bambu dan kerajinan kulit saja yang ada di Mojokerto, tetapi ada juga kerajinan pahat batu yang mendunia. Kerajinan pahat batu ini terdapat di Dusun Wringin, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan. Kerajinan pahat batu di sini mempertahankan seni pahatan arca Majapahit.

Kerajinan ini diminati oleh konsumen dari mancanegara. Patung yang di buat di Trowulan ini masih dibuat  dengan cara manual yaitu dengan cara di pahat. Kerajinan ini dihargai dengan harga yang bervariasi, bergantung dengan tingkat kesulitan dan kerumitan dalam pembuatan patungnya.

Itulah beberapa oleh-oleh yang bisa kamu beli saat singgah di Mojokerto. Sekarang kamu tidak akan bingung saat harus membeli buah tangan saat berlibur kesana. Tak hanya kuliner saja yang dapat kamu jadikan oleh-oleh. Kamu juga bisa menjadikan kerajinan khas dari Mojokerto sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram