Orchid Forest Cikole, Wisata di Hutan yang Instagramable

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung adalah salah satu kota di Jawa Barat yang sanggup memberikan banyak pilihan tempat wisata yang dirindukan para pelancong. Ibarat jamur di musim penghujan, Bandung selalu bisa menghadirkan kawasan wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi kota ini merupakan dataran tinggi yang memberikan udara sejuk dan kesegaran bagi siapapun yang mendatanginya.

Ini juga yang dilakukan Orchid Forest Cikole. Tempat wisata yang berada di tengah hutan lindung ini tepatnya terletak di Genteng, Cikole, Lembang, Di dalamnya terdapat spot yang menarik untuk dikunjungi serta teratur dan nyaman. Yuk, simak dulu informasi lengkap mengenai Orchid Forest Cikole di bawah ini.

Wahana atau Spot Populer di Orchid Forest Cikole

Ada beberapa tempat atau spot yang bisa dikunjungi bahkan berfoto saat kamu memasuki area Orchid Forest Grafika Cikole. Beberapa di antaranya bisa memuaskan hasrat berfoto kamu untuk kemudian diunggah ke akun sosial media. Apa saja pilihan spot yang diberikan? Simak di bawah ini.

1. Orchid House

Orchid House

Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki Orchid House yang merawat sekitar 157 jenis bunga anggrek. Tak hanya berasal dari Indonesia, ada juga anggrek yang datang dari Venezuela, Argentina, Filipina, Amerika Serikat, dan Peru. Kalau kamu tertarik melihat anggrek langka, coba intip masuk ke Orchid House.

Ada anggrek hitam (Coelogy pandurata) ataupun anggrek kantong semar (Paphopedilum glaucophyllum) serta jenis paraphalaenopsis laycocky yang bisa kamu lihat dengan mata kepala sendiri. Tempat ini adalah surga bagi pencinta anggrek.

2. Sky Bridge

Sky Bridge

Bisa dibilang Sky Bridge adalah salah satu spot yang menjadi ikon dari Orchid Forest Cikole. Sky Bridge ini sejatinya adalah jembatan yang terbuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih. Ia dibuat dengan menyatukan pohon pinus satu dengan yang lain sampai panjangnya sekitar 50 meter. Kamu bisa menaikinya dan terlihat seperti petualang saat susuri jembatan ini.

Kalau berkunjung di malam hari, Jembatan ini akan menyala karena dipasangi sensor cahaya. Nuansanya pun berubah menjadi lebih syahdu. Untuk menaiki Sky Bridge, ada tarif yang dikenakan sebesar Rp 15.000 per orang. Kamu bisa puas berfoto dan menikmati kawasan Orchid Forest Cikole dari atas.

3. Ampliteater

Ampliteater

Ampliteater di kawasan ini pernah digunakan sebagai tempat perhelatan Lalala Fest. Dari sini, mulai Orchid Forest Cikole dikenal oleh banyak orang. Apalagi bila kamu datang saat matahari terbenam. Warna senja tergurat di langit menyusup di sela-sela pohon pinus yang ada di sekitar ampliteater.

Bila tak digunakan, kamu tetap bisa mendatanginya dan berfoto di bangku. Bahkan bangku di sini pernah dijadikan tempat shooting film Si Doel dimana scene Zaenab dan Sarah sedang berbincang.

4. Spot Foto

Spot Foto

* sumber: www.wisatamantap.com

Bila kamu masuk ke Orchid Forest Cikole, siap-siap takjub dengan banyaknya spot foto yang diberikan. Ibarat kata setiap kamu melangkah akan selalu ada spot foto yang menarik untuk diabadikan. Bagian terbaiknya adalah semua disediakan gratis atau tanpa perlu membayar.

Kamu bisa berfoto di jembatan, rumah berbentuk segitiga, rumah, tangga yang dihias, lalu spot terowongan segilima, taman dengan bola-bola ping pong putih yang terlihat seperti salju, spot sangkar burung, spot payung, dan banyak lagi.

5. Rabbit Forest

Rabbit Forest

* sumber: www.idntimes.com

Selain cocok untuk kawula muda, Orchid Forest Cikole juga pas dikunjungi bersama si kecil. Di sini tersedia area bermain bersama kelinci bernama Rabbit Forest. Ada banyak kelinci yang dilepas di sini. Kamu bisa memberi makan kelinci dengan membelinya di area dekat dengan pintu masuk Rabbit Forest, bermain kejar-kejaran, bahkan berfoto bersama.

6. Garden of Light

Garden of Light

* sumber: www.idntimes.com

Bila berjalan ke sisi kiri tepatnya setelah Orchid House, kamu akan menemukan Garden of Lights. Bentuknya adalah jalan setapak yang meliuk dikelilingi dengan rumput hijau. Di atas rumput dipasang lampu yang berbentuk bola. Malam tiba, lampu ini akan menyala dan menambah keunikan tempat ini.

7. Orchid Castle

Orchid Castle

* sumber: www.wisatamantap.com

Tak hanya Rabbit Forest, di sini juga ada Orchid Castle yang bisa membuat si kecil betah bermain. Dibuat dengan bentuk kastil dan halamannya adalah area bermain seperti seluncuran, flying fox mini, terowongan, dan sepeda mini. Si kecil pasti senang bermain di sini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Orchid Forest 

Harga Tiket dan Jam Operasional Orchid Forest 

* sumber: explorewisata.com

Tertarik mengunjunginya? Kamu bisa datang ke lokasi ini dan menikmati seluruh hal yang ada tanpa tiket tambahan termasuk spot foto. Akan tetapi untuk Sky Bridge memang ada tambahan biaya sebesar Rp15.000 per orang. Tarif mobil dikenakan tarif sebesar Rp10.000, untuk motor dikenakan Rp5.000 dan parkir bus dikenakan tarif sebesar Rp30.000.

  • Harga Tiket Masuk: Rp40.000/orang (Senin – Minggu). Ditambah Asuransi Perhutani (LHI) Rp7.500.
  • Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas Orchid Forest 

Fasilitas Orchid Forest 

Tak perlu khawatir saat mengunjungi Orchid Forest Cikole. Tempat ini menyediakan mushola, toilet, serta tempat makan.

  • Tempat makan

Orchid Forest Cikole memiliki beberapa banya tempat makan berupa food court. Di Food Court menyajikan masakan Indonesia dan luar Indonesia dengan kisaran harga mulai dari Rp 25.000 per porsi. Kalau datang sore, bisa ngopi di Aspasia Coffee dengan suasana dikelilingi hutan pinus. Aspasia Coffee juga menyajikan 450oC Pizza.

Kamu bisa memesan pizza sekaligus ngopi asalkan siapkan dana mulai dari Rp 50.000 untuk makanan atau Rp 20.000 untuk minuman. Selain itu, ada Pine Kitchen yang menawarkan menu sederhana seperti Roti Bakar, Pisang Bakar atau Nasi Goreng bila ingin yang lebih berat. Harga makanan mulai dari Rp 20.000 dan minuman mulai dari Rp 20.000.

  • Area parkir

Area parkir cukup luas dan di beberapa titik di tempat parkir tersedia warung makan dan juga tempat oleh-oleh menarik. Nah, rute kunjungan tempat ini memang menurun ke bawah sedangkan tempat parkir tersedia di dekat pintu masuk yang berada di atas. Nah, pihak pengelola menyediakan mobil angkutan gratis untuk mengantar pengunjung kembali ke tempat parkir dari pintu keluar.

  • Orchid House

Bila kamu ingin membeli anggrek, tersedia toko yang menjual bunga anggrek di sana atau kunjungi Orchid House saja. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan para ahli cara memelihara bunga ini yang baik dan benar.

  • Fasilitas lain

Toilet tersedia di banyak titik di dalam kawasan Orchid Forest. Toiletnya pun bersih dan terawat. Bila ingin sholat pun tersedia mushola di beberapa titik dengan suasana hutan pinus yang terasa di sekitarnya.

Alamat dan Akses Transportasi Orchid Forest

Alamat dan Akses Transportasi Orchid Forest

Orchid Forest Cikole memiliki alamat di. Posisinya memang ke dalam. Jalan masuk ke dalam tempat ini persis di sebelah Grafika Cikole Bandung. Ada papan petunjuk di sana yang cukup besar untuk memudahkanmu mencapainya.

  • Alamat: Jalan Raya Tangkuban Parahu, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Telepon: (022) 27612816

Bila memutuskan menggunakan angkutan umum, kamu bisa menggunakan angkutan umum jurusan St.Hall-Lembang lalu turun di Terminal Lembang. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan angkot berwarna kuning dengan jurusan Cikole. Nanti, angkot tersebut bisa mengantar sampai depan pintu masuk Orchid Forest Cikole.

Hotel di Sekitar Orchid Forest Cikole

Hotel di Sekitar Orchid Forest Cikole

Ingin menikmati Orchid Forest Cikole semalaman juga bisa lho. Tempat ini menyediakan camping ground untuk kamu yang ingin berkemah. Biayanya mulai dari Rp450.000 untuk empat orang dan Rp950.000 untuk 9 orang selama per malam.

Tak hanya itu, ia juga menyediakan tenda  yang sesuai dengan Glampacking atau glamour backpacking. Tenda ini berisi tiga kasur dengan ukuran 1,8 x 7 meter yang dilengkapi dengan empat bantal dan empat sleeping bag.

Ada beberapa hotel atau penginapan yang bisa kamu pilih di sekitar Orchid Forest Cikole. Beberapa di antaranya adalah Hotel Jayagiri Lembang. Hotel ini terletak sekitar 2,8 kilometer dari tempat wisata. Guesthouse ini memiliki fasilitas Wi-Fi gratis, area parkir, serta room service.

Selain itu, ada juga Sindang Reret Hotel Resto and Adventure. Penginapan ini beralamat di atau sekitar 3,1 kilometer dari Orchid Forest Cikole. Fasilitas yang diberikan berupa Wi-Fi, restoran, area parkir, laundry, layanan kamar, dan sebagainya.

  • Hotel Jayagiri Lembang (Guesthouse): Jalan Tangkuban Parahu Nomor 217A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat – Jarak sekitar 2.8 kilometer.
  • Sindang Reret Hotel Resto and Adventure (Bintang 2): Jalan Raya Cikole KM22, Lembang, Bandung Barat – Jarak sekitar 3.1 kilometer.

Dari informasi mengenai Orchid Forest Cikole secara lengkap, semoga bisa memudahkanmu mengunjunginya, ya. Jangan lupa ceritakan pengalamanmu ke sana dituangkan dalam tulisan di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *