Pakaian yang Perlu Dibawa Saat Liburan Musim Semi di Jepang

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Bunga sakura yang bermekaran pada saat musim semi merupakan musim yang dinanti-nanti oleh warga Jepang dan juga para traveler. Menikmati indahnya bunga sakura yang bermekaran sambil bercengkrama bersama keluarga atau teman tentu waktu yang sangat ditunggu.

Perlu diketahui, suhu pada awal musim semi masih terasa dingin dengan kisaran 7°-16° Celcius. Sedangkan pada pertengahan musim suhu akan perlahan naik berkisar pada 10°-17° Celsius. Dan pada akhir musim semi akan semakin hangat yang berkisar pada 12°-25° Celsius. 

Jika kamu berencana untuk berlibur ke negeri sakura untuk melihat sakura yang bermekaran secara langsung pada saat musim semi, tentunya kamu harus mempersiapkan pakaian yang cocok dan nyaman dipakai agar kamu tetap bisa bergerak dengan leluasa. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips pakaian yang harus dibawa ketika kamu akan berlibur ke Jepang pada musim semi.

Pakaian Musim Gugur di Jepang

Awal musim semi di Jepang biasanya berlangsung pada akhir bulan maret atau awal april, tapi pada awal musim semi ini bunga sakura biasanya belum bermekaran sepenuhnya. Suhu pun akan masih terasa cukup dingin karena peralihan dari musim dingin. Berikut pakaian yang bisa kamu bawa pada musim semi.

1. Kaos

Kaos

Kalau kamu suka dengan tampilan kasual, kamu bisa mengenakan kaos dengan bahan dasar katun yang cukup ringan supaya bisa menyerap keringat dengan baik. Jika kamu bosan dengan kaos biasa, kamu bisa coba memakai kaos polo atau kaos tanpa lengan.

Jika tidak memakai baju luaran, sebaiknya pakai kaos yang bahannya cukup tebal karena walaupun suhu mulai menghangat, akan terasa cukup dingin untuk kita yang dari negara tropis.

2. Kemeja

Kemeja

Pakaian selanjutnya yang cocok dipakai di segala musim dan acara adalah kemeja. Kamu bisa memilih kemeja semi formal atau kemeja tunik untuk berjalan santai menikmati pemandangan bunga sakura.

Kamu bisa memilih kemeja dengan lengan pendek atau tiga per empat agar tetap terasa nyaman dan juga sejuk. Untuk warna kamu bisa memilih warna pastel atau tua, dan bisa juga memilih kemeja yang bermotif kotak-kotak.

3. Dress

Dress

Buat kamu wanita yang suka tampil feminim, bisa pakai dress untuk menemani liburan musim semi. Kamu bisa pakai maxi-dress atau dress sepanjang lutut. Kamu juga bisa memakai dress dengan warna cerah, warna pastel atau dress dengan pola bunga. Pakai dress yang berbahan ringan juga ya, supaya tidak terlalu kepanasan ketika suhu mulai menghangat.

4. Celana Jeans

Celana Jeans

Celana jeans memang merupakan celana yang hampir cocok dipakai untuk berbagai musim, termasuk pada saat musim semi. Kamu bisa memakai celana jeans dengan warna terang, kalem ataupun celana jeans lainnya yang menjadi favorit kamu. 

Kamu bisa mengenakan celana jeans panjang, tiga per empat ataupun pendek, yang penting utamakan kenyamanan saat memakainya ya.

5. Rok

Rok

Untuk kamu wanita feminim kamu juga bisa mengenakan rok kesayangan kamu disaat musim semi tiba. Kamu bisa mengenakan rok dengan bentuk A-line, rok lipit, rok maxi dan lain sebagainya. 

Sama halnya dengan dress, kamu bisa mengenakan rok yang berwarna cerah, warna pastel ataupun yang memiliki corak bunga. Karena biasanya corak bunga akan mulai banyak yang mengenakan ketika musim semi tiba.

Pakaian Luar Musim Gugur di Jepang

Suhu pada awal musim semi biasanya masih terasa cukup dingin karena peralihan dari musim dingin. Terutama ada perbedaan suhu antara pagi, siang, dan malam hari, dimana biasanya pada saat malam hari suhu terasa dingin. Pada saat musim semi pun terkadang masih turun hujan dengan intensitas curah ringan hingga sedang. Maka dari itu kamu perlu pakaian luar untuk melindungi tubuhmu seperti pakaian berikut ini.

1. Rain Jacket

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pada musim semi terkadang masih terjadi hujan dengan intensitas kecil hingga lebat. Maka sebaiknya kamu menyiapkan rain jacket untuk melindungi tubuh dari hujan yang cukup deras. 

Jangan lupa bawa rain jacket yang bahannya cukup ringan agar tidak memenuhi koper kamu. Dan jangan lupa juga pakai yang nyaman ya, agar kamu masih bisa bergerak bebas meskipun turun hujan.

2. Mantel 

Mantel

Untuk melindungi tubuh dari suhu yang masih terasa dingin pada awal musim semi, kamu bisa mengenakan mantel. Ada beragam jenis mantel yang bisa kamu pilih dan kamu pakai ketika berlibur di musim semi.

Tapi lebih baik pakai mantel yang tidak terlalu tebal agar tidak memenuhi koper kamu. Selain itu kamu bisa memilih mantel dengan warna pastel atau pun gelap pada saat musim semi tinggal di mix and match saja.

3. Jaket Denim

Buat kamu pencinta jaket denim, saatnya kamu mengenakan jaket denim kesayangan kamu. Karena, jaket ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu pakai ketika liburan pada musim semi.

Jaket denim in cocok di mix and match dengan berbagai pakaian dan termasuk jaket yang dapat melindungi dari suhu yang dingin pada awal musim semi.

4. Cardigan

Cardigan

Yang terakhir ada cardigan. Cardigan merupakan pakaian luaran yang cukup nyaman dipakai karena biasanya bahannya lembut dan juga hangat saat dipakai. Kamu bisa memilih cardigan yang bahannya ringan untuk dipakai saat musim semi.

Sama halnya dengan pakaian luar yang lainnya, kamu bisa memakai cardigan saat dirasa suhu agak dingin dan bisa melepaskannya ketika suhu sudah semakin hangat.

Alas Kaki Saat Musim Gugur di Jepang

Sama hal nya dengan pakaian, alas kaki pun perlu kamu perhatikan. Terlebih lagi jika akan dipakai untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan musim semi di Jepang. Jangan lupa pakai sepatu yang  membuatmu nyaman seharian ketika berjalan-jalan. Berikut beberapa jenis sepatu yang bisa kamu bawa ketika liburan musim semi di Jepang.

1. Sneakers

Alas kaki yang bisa kamu pakai ketika berlibur musim semi adalah sepatu sneaker. Sepatu sneaker ini merupakan sepatu yang cocok dipakai pada kegiatan sehari-hari, termasuk dipakai jalan-jalan pada musim semi. 

Sneakers ini merupakan salah satu alas kaki yang menjadi favorit dipakai ketika berjalan-jalan. Kamu bisa memakai sepatu sneaker favoritmu, pastikan sepatunya nyaman untuk dipakai berjalan-jalan seharian ya.

2. Flat shoes

Selaian sepatu sneaker, sepatu yang nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari termasuk berjalan-jalan adalah flat shoes. Dengan memakai sepatu ini, meskipun terlihat kesan kasual tapi tetap cukup melindungi kaki dari suhu yang cukup dingin. 

Ada beragam jenis flat shoes yang bisa kamu pilih, seperti jenis flat shoes slip on, loafer dengan gaya kasual atau pun oxfords untuk gaya vintage dan masih banyak pilihan flat shoes lainnya.

3. Sepatu sandal

Kalau kamu malas memakai sepatu yang tertutup, kamu bisa memakai jenis sepatu sandal. Dengan suhu yang perlahan akan naik menjadi semakin hangat, sepatu sandal ini tentu bisa menjadi salah satu pilihan. 

Ada beragam jenis sepatu sandal yang bisa kamu pakai, dari yang memiliki strip, sandal gunung atau bahkan slip on dan lain sebagainya. Ingat, utamakan kenyamanannya saat akan dipakai berjalan-jalan dengan waktu yang cukup lama.

Aksesoris Pakaian Saat Musim Gugur di Jepang

Selain pakaian dan alas kaki, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membawa beberapa aksesoris yang dapat berguna ketika kamu berlibur pada musim semi di Jepang. Berikut ini beberapa aksesoris yang dapat kamu bawa.

1. Payung

Karena sesekali masih terjadi hujan pada musim semi, kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa payung. Agar tidak terlalu memenuhi tas atau pun koper, kamu bisa membawa payung lipat agar mudah untuk dibawa. 

Tapi, jika kamu malas atau bahkan lupa membawa payung, kamu bisa membeli di toko-toko terdekat di sana. Kamu bisa memilih payung yang memiliki corak lucu agar tidak bosan ketika hujan turun.

2. Kacamata

Aksesoris selanjutnya adalah kacamata. Selain bisa melindungi mata kamu ketika matahari cukup terik, bisa juga menunjang tampilan kamu yang lebih gaya lagi.

Ada beragam jenis pilihan kacamata dari warna lensa dan juga frame kacamata yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah kacamata hitam. Atau pakailah kacamata andalan kamu saja.

3. Topi

Jika kamu senang memakai topi, kamu bisa memakainya pada saat berlibur di musim semi. Pakailah topi yang ringan berbahan katun atau jerami. Atau kamu juga bisa mengenakan topi andalan kamu untuk menemani liburan di musim semi.

Selain menunjang penampilan kamu, topi juga bisa berguna ketika cuaca cukup terik sehingga bisa melindungi kepala kamu dari sengatan matahari.

Kunci saat kamu akan berlibur pada musim semi di Jepang adalah dengan menyesuaikan pakaian. Jika suhu masih terasa dingin lebih baik memakai pakaian berlapis. Jangan lupa untuk selalu cek ramalan cuaca di setiap daerah di Jepang yang akan kamu kunjungi agar tidak salah memakai baju.

Selain itu perlu diketahui juga, biasanya dimulai pada akhir April ada libur yang terjadi berturut-turut atau sering juga disebut dengan golden week. Pada saat tersebut jumlah wisatawan biasanya akan meningkat secara drastis, jadi kamu harus bersiap-siap fisik.

Kamu bisa juga membaca artikel untuk menambah referensi berlibur di Jepang tentang tempat yang bisa menarik dikunjungi ketika musim semi di 6 Tempat Liburan Musim Semi di Jepang dan juga 10 Festival Musim Semi di Jepang

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram