10 Pantai di Semarang untuk Liburan Bersama Keluarga

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Juni 2021

Jika menyebut Semarang, orang pasti akan teringat bangunan lama yang menjadi ikon kota ini, yaitu Lawang Sewu. Tempat wisata yang erat dengan cerita mistis ini, menjadi salah satu daya tarik kota ini. Selain Lawang Sewu, Semarang juga memiliki pantai-pantai yang unik.

Kalau kamu mau ke Semarang untuk liburan, jangan lupa untuk mengunjungi pantai di Semarang yang berikut ini ya!

1. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan pantai yang paling populer di daerah Semarang. Terletak dekat dari pusat kota atau bandara, pantai ini benar-benar mudah dicapai oleh para wisatawan. Hanya butuh sekitar 15 sampai 30 menit saja untuk sampai di pantai ini.

Bagi kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga, bermain air atau sekedar berolah raga, pantai ini merupakan pilihan yang cocok. Di sini banyak sekali pepohonan sehingga pantai ini terasa sejuk walaupun terletak di pinggir laut.

Untuk mengakses Pantai Marina yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Semarang, kamu bisa memakai kendaraan roda dua atau empat. Pantai di Semarang ini sepertinya sudah menjadi ikon kota tersebut hingga orang dikatakan tak lengkap jika tak berkunjung dulu ke Pantai Marina.

  • Alamat : Jl. Yos Sudarso, Komplek PRPP, Kab. Tawangsari, Semarang Barat
  • Jam Operasional : 24 jam
  • HTM : Rp5.000

2. Pantai Jodo

Pantai Jodo

Pantai di Semarang lainnya yang punya pemandangan unik adalah Pantai Jodo. Berlokasi di Dukuh Buntu, Batang, Pantai Jodo mempunyai pemandangan yang cukup unik. Keunikan pantai ini terletak dari posisinya yang bisa dinikmati dari dua sisi, yakni sisi bagain atas dan bawah.

Yang menambah keunikan pada pantai ini adalah keberadaan rel kereta api yang terletak di garis pantai. Sering kali wisatawan yang datang menjadikan pemandangan itu sebagai objek foto yang menarik.  Pantai yang dikenal juga dengan nama Pantai Buntu ini tiket masuknya cukup murah.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kamu cukup mengeluarkan uang Rp3.000 untuk tiket masuk. Dengan uang sebanyak itu, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. Di sini tersedia deretan kursi pantai, hammock, juga gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk jadi tempat bersantai.

  • Alamat : Buntu, Jl. Sidorejo, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang
  • Jam Operasional : 05.00 - 18.30 WIB
  • HTM : Rp3.000
  • No. Telp : 0878-5660-2774

3. Pantai Ngebum

Pantai Ngebum

Terletak di Desa Mojorejo, Pantai Ngebum lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Semarang. Hanya perlu sekitar 30 menit saja untuk sampai di sini.  Dikarenakan belum banyak wisatawan yang tahu tentang Pantai Ngebum ini, pesona pantai ini terlihat masih sangat alami.

Untuk sampai di pantai ini tak perlu waktu yang lama. Jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja. Anehnya panta ini masih alami walaupun memiliki pemandangan alam yang memesona. Terlebih lagi letak pantai di Semarang ini berada di dekat dermaga.

Terdapat banyak pepohonan rindang di sekeliling pantai ini sehingga membuat suasananya menjadi menenangkan dan teduh. Jalan-jalan ke pantai ini tak akan membuat kantongmu bolong karena tiket masuknya hanya seharga Rp3.000 saja. Murah, bukan?

Karena tempat wisata ini mempunya lahan parkir yang lumayan luas, jadi kamu tak perlu meresa khawatir kalau datang ke sini membawa kendaraan. Kamu hanya perlu membayar Rp2.000 untui biaya parkirnya. Karena ombaknya tak terlalu besar, jadi aman untuk bermain di sini.

  • Alamat : Mororejo, Kaliwungu, Kab. Kendal
  • Jam Operasional: 05.00 - 18.00 WIB
  • HTM : Rp3.000

4. Pantai Baruna

Pantai Baruna

Pantai di Semarang ini masuk dalam jajaran pantai baru. Dulunya pantai yang bernama Pantai Baruna ini adalah tempat rekreasi yang kini sudah tak ada lagi. Sesudah bangunan di tempat ini dibongkar, semakin terlihatlah keindahan alam yang dimiliki Pantai Baruna.

Di pantai ini terdapat batu pemecah ombak yang berada di tepi pantai serta ilalang yang indah. Sayangnya akses munuju pantai ini masih belum bagus walaupun kini Pantai Baruna sudah terkenal. Ketika musim penghujan datang, jalannya licin.

Pantai Baruna terletak di Pelabuhan Mas Tanjung Bringin. Untuk sampai di sini, kamu bisa masuk ke pantai ini via jalan masuk arteri pelabuhan-bandara. Setelah kamu nanti tiba di perempatan Puri Anjasmoro, cari perempatan pertama lalu berbeloklah ke arah kiri.

  • Alamat : Kec. Tanjung Bringin, Kab. Semarang Utara
  • Jam Operasional : 05.00 - 22.00 WIB
  • HTM : Rp3.000

5. Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak

Dari Kota Semarang, cobalah bergeser sedikit, tepanya ke daerah Desa Desa Karanggondang, kamu akan menemukan salah satu pantai di Semarang yang tak kalah indahnya. Namanya Pantai Empu Ranca. Pantai ini mempunyai air laut yang bersih serta ombaknya tidak terlalu besar.

Karena ombaknya lumayan tenang, kalau kamu berjalan-jalan ke pantai ini bisa dengan aman berenang. Walaupun demikian, kamu harus tetap berhati-hati karena banyak batu karang juga pecahan terumbu karang yang bisa berbahaya.

Kalau kamu lelah berenang, tak perlu khawatir, kamu bisa beristirahat karena di sini terdapat kursi santai yang dilengkapi dengan tenda berwarna-warni. Sambil beristirahat, kamu bisa menikmati semilir angin pantai dari tempat dudukmu.

Di pantai ini juga banyak ditemui warung kuliner yang menjual makanan olahan seafood dan makanan khas Semarang. Tentunya ini sangat menyenangkan sekali karena kamu bisa menikmati lezatnya hidangan seafood sambil bersantai di dekat pantai.

  • Alamat : Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Kec. Mlonggo,
  • Jam Operasional : 24 jam
  • HTM : Gratis
  • No. Telp : (0291) 591 219

6. Pantai Morosari Sayung

Pantai Morosari Sayung

Destinasi wisata di Semarang ini terletak di Desa Bedono. Lokasinya lumayan dekat dengan pusat kota. Bisa dibilang pantai di Semarang ini populer sekali karena mempunyai pemandangan alam yang indah sekali. Di sekeliling pantai terdapat terumbu karang kecil yang indah.

Ada terowongan yang posisinya membelah pantai ini hingga para wisatawan sering memanfaatkannya sebagai spot foto. Letak pantai ini juga berdekatan dengan makam ulama besar Kota Semarang, yaitu Syekh Abdullah Mudzakir. Kamu akan melihat kawasan hutan mangrove yang banyak di sekitar pantai.

Daerah hutan mangrove tersebut dibuat jadi tempat konservasi. Untuk menikmati pantai ini secara eksklusif, kamu bisa menyewa fasilitas yang disediakan oleh petugas.

  • Alamat : Bedono, Kec. Sayung
  • Jam Operasional : 06.00 - 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000
  • No. Telp : 024 70794433

7. Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal

Pantai Cahaya Kendal adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ini melakukan bermacam aktivitas seru di satu kawasan pantai. Letak pantai di Semarang ini di Klampok, Kendal. Di sini terdapat beragam wahana wisata seru, di antaranya kolam renang, kebun binatang mini, dan pertunjukan lumba-lumba

Kalau ingin melihat atraksi lumba-luma, datanglah pada pukul 09.00, 13.00, 15.00, serta 16.30. Tak hanya bermain, kamu juga bisa mencoba beragam wisata kuliner sambil duduk santai di bawang payung yang tersedia untuk pengunjung di pesisir pantai.

  • Alamat : Klampok, Sendang Sikucing, Rowosari
  • Jam Operasional : Senin - Jumat/Minggu 08.00 - 17.00 Sabtu 08.00 - 18.00 WIB
  • HTM : Rp40.000/orang (Sudah termasuk tike ke wahana pentas lumba-lumba, permainan, kolam renang)
  • No. Telp : (0294) 3645623/+6287 731 428 159

8. Pantai Tirang

Pantai Tirang

Pantai di Semarang yang berada di urutan kedelapan di daftar ini adalah adalah Pantai Tirang di Tugurejo, Tugu. Menurut kabar, pantai ini sempat mengalam kerusakan total dikarenakan terkena abrasi. Oleh karenanya, Pantai Tirang sekarang jadi salah satu tempat untuk pembudidayaan mangrove.

Kalau kamu bosan dengan suasana pantai, kamu bisa berkunjung ke kawasan hutan bakau ini. Walaupun belum banyak dikunjungi, pantai ini tetap menawarkan beragam fasilitas serta aktivitas yang asyik. Di sini kamu bisa menemukan beberapa jenis ikan, seperti ikan kakap putih, baramundi, atau kedokan.

  • Alamat : Tugurejo, Tugu, Kota Semarang
  • Jam Operasional : 24 jam
  • HTM : Rp5.000

9. Pantai Maron

Pantai Maron

Satu lagi pantai di Semarang yang terkenal, yaitu Pantai Maron. Tak berbeda dari Pantai Marina, pantai ini menjadi banyak dikunjungi wisatawan karena aksesnya cukup mudah. Untuk datang ke sini bisa berangkat dari bandara atau juga Perumahan Graha Padma.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur karena sangat populer. Mereka yang adalah adalah turis lokal dan internasional. Letak Pantai Maron ada di Tugu. Posisinya bersebarangan dengan Pantai Tirang.

Jaraknya sekitar 3 km dari jalan raya kalau kamu datang dari Bandara Ahmad Yani. Sedangkan bagi mereka yang datang dari tugu muda, cobalah naik angkutan umum dengan jurusan Mangkang atau juga Ngaliya kemudian berhenti di Jerakah.

  • Alamat : Tugurejo, Tugu, Kota Semarang
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM : Rp5.000

10. Pantai Cipta

Pantai Cipta

Dikenal karena mempunyai keindahan alam, Pantai di Semarang ini dulu tidak difungsikan sebagai pantai tapi jadi tempat wisata lainnya. Meskipun Pantai Cipta berwarna cokelat akan tetapi air lautnya sangat biru. Beberapa wisatawan tetap senang berkunjung ke pantai ini meski aksesnya belum bagus.

Pantai ini letaknya di belakang terminal peti kemas dan tidak dikondisikan untuk menjadi tempat wisata. Karenanya sebagian orang ada yang menyebutnya Pantai Peti Kemas. Lokasinya berada di Jalan Kw. Cipta Timur, Bandarharjo. Pantai ini memiliki pemandangan sunset yang indah untuk diabadikan.

  • Alamat : Cipta Timur, Kec. Bandarharjo, Kab. Semarang Utara
  • Jam Operasional : 06.00 - 17.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

Jadi, kalau kamu berlibur ke Semarang, ada destinasi alternatif yang bisa kamu pilih selain lawang sewu. Pantai-pantai di Semarang bisa kamu jadikan pilihan. Sudah memilih pantai yang mana yang akan kamu kunjungi saat ada libur panjang?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram