keluyuran web banner

5 Rekomendasi Pemancingan yang Ada di Sekitar di Semarang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Kota Semarang tidak hanya kaya akan wisata sejarah dan wisata alamnya yang luar biasa. Kota di Jawa Tengah ini pun menyediakan tempat pemancingan menarik yang menjadi favorit para pemancing di Semarang. Pengelola tidak hanya menyediakan kolam luas dan tempat memancing yang nyaman, fasilitas lain pun dibangun untuk melengkapi kenyamanan para pemancing ini. 

Pemancingan di Semarang pun dibangun dengan konsep menarik yang tak kalah dengan objek wisata lainnya. Terkadang satu spot dapat menjadi arena bermain yang menyenangkan bagi pengunjung yang membawa serta keluarganya. Dimana saja lokasi pemancingan di Semarang yang nyaman? Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Tirta Nusantara

Tirta Nusantara

  • Alamat: Jl. Ngabean No. 104-106 Cangkiran, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • HTM: gratis
  • Harga ikan: Rp30.000/kg
  • Jam buka: Jumat-Rabu 08.00-17.00
  • Telepon: 0811-2967-744, (024) 70767744 , 70773658

Tirta nusantara merupakan sebuah area pemancingan yang dilengkapi dengan bermacam-macam fasilitas menarik. Tidak hanya sebatas toilet, mushola, dan area parkir luas yang menunjang kenyamanan para pengunjung, namun lebih dari  itu. 

Tempat ini merupakan sebuah kolam pemancingan dengan restoran yang nyaman dan objek wisata menarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tempatnya dibangun dengan begitu indah dan nyaman. Bikin betah. 

Di tempat ini tersedia waterboom dengan kolam-kolam yang bagus. Apalagi objek wisata kolam renang Tirta Nusantara merupakan salah satu objek wisata terbaik yang ada di Semarang. Ketika masa liburan tiba, tempat ini selalu dipenuhi pengunjung. 

Kolam pemancingan pun tak kalah ramai. Pengunjung yang rata-rata bapak-bapak ini sering terlihat memadati tempat memancing bersama jorannya masing-masing. Pemancingan Tirta Nusantara mempunyai fasilitas memancing yang lengkap. 

Pengelola membangun petak tempat mancing yang teduh di bibir kolam agar para pemancing dapat memancing dengan tenang tanpa terganggu panas dan hujan. Ukuran petak tempat memancingnya pun cukup besar. Di setiap petak disediakan kursi yang nyaman. Pemancing tak perlu berdesak-desakan. 

Tiket masuk ke kolam pemancingan ini gratis. Namun, jika kamu berhasil menangkap banyak ikan dan ingin membawa pulang hasil tangkapanmu, kamu harus membayar ikan tersebut. Setiap kilo ikan dihargai Rp30.000. 

Namun, banyak pula pengunjung yang meminta ikannya dimasak di tempat. Sebab pemancingan ini punya restaurant memperbolehkan pengunjung memasak ikan hasil tangkapan para pemancing di Tirta Nusantara. 

Selain itu, restoran ini punya menu yang lezat. Menikmati makan siang dengan ikan hasil tangkapan sendiri dan masakan lain yang tak kalah lezat dari restoran ini tentu akan membuat selera makan bertambah. Jangan ragu kalau mau nambah lagi. 

2. Pemancingan Ulam Sari

Pemancingan Ulam Sari

  • Alamat: Jl. Museum Kretek No. 10 Getas Pejaten Jati Kudus 59347 Jawa Tengah
  • Harga ikan: Rp30.000/kg
  • Jam buka: Senin-Sabtu 09.00-21.00, Minggu 09.00-22.00
  • Telepon: (0291) 4249949, 33 22 666, 085 866 866 566

Menginjakan kaki di pemancingan Ulam Sari ibarat berlibur di rumah nenek di desa. Suasana alam pedesaan sangat kental terasa. Apalagi dengan adanya bangunan petak memancing yang terbuat dari bambu dan atap jerami. Serasa membangkitkan kenangan masa kecil memancing di kolam rumah. 

Suasana tersebut terbangun berkat lokasi pemancingan yang dikelilingi hamparan persawahan di sekitarnya. Tempat pemancingannya dengan konsep lesehan ini dilengkapi dengan fasilitas lain, seperti gedung pertemuan, gedung resepsi pernikahan, aula untuk acara-acara besar lainnya. 

Di sini pula terdapat area hotspot dengan koneksi internet yang cepat. Kebutuhan pengunjung akan informasi disediakan dengan baik oleh pengelola. 

3. Kolam Pancing Risana

Kolam Pancing Risana

  • Alamat: Jalan Grafika Utama, Gedawang, Banyumanik, Gedawang, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50266
  • Harga ikan: Rp30.000/kg - Rp45.000/kg
  • Jam masuk: Setiap hari 08.00-17.00
  • Telepon: (024) 76480238

Tahun ini kolam pemancingan Risana telah mencapai usia 23 tahun. Usia tersebut adalah usia manusia yang sudah memasuki fase dewasa. Tentunya telah mengalami banyak perkembangan dan kejadian yang telah dilewati. Begitu pula dengan kolam pancing Risana ini. 

Di usia 23 ini, kolam pancing Risana telah mengalami banyak perkembangan dari yang awalnya hanya berupa kolam pancing kecil, kini berubah menjadi kolam pancing dengan tempat rekreasi warga sekitar. Adanya fasilitas lain membuat area di sekitar kolam pancing Risana nyaman untuk bersantai dan liburan.

Usaha kolam pancing ini kini dikelola oleh Bapak Wowok yang sebelumnya dijalankan oleh orang tuanya. Konsep memadukan kolam pemancingan dengan restoran dan tempat wisata agaknya merupakan sebuah ide bisnis yang sukses. Terbukti dengan semakin berkembangnya kolam pancing ini sekarang. 

Di sini pengunjung tidak hanya dapat menikmati ketenangan memancing di kolam yang besar, melainkan di tempat ini terdapat jasa masak bagi yang ingin menikmati ikan hasil tangkapan sendiri. Harga ikan per kilonya bervariasi, tergantung dari jenis ikannya. 

Satu hal yang disukai oleh pengunjung selain nyamannya kolam pancing Risana adalah panorama indah yang ada di sekitar tempat ini. Dari tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian yang berbeda. 

Area kolam pemancingan Risana berundak-undak. Hal tersebut menjadikan angle pemandangan setiap undakan berbeda. Tapi pastinya semuanya indah. 

4. Pemancingan Baron

Pemancingan Baron

  • Alamat: Jl. Puri Anjasmoro Blok N1 Tawangsari, Tambakharjo, Kota Semarang
  • Harga ikan pancing: Rp30.000/kg
  • Harga menu ikan: bandeng Rp40.000/porsi, gurame Rp60.000/porsi, kepiting Rp70.000/porsi
  • Jam buka: setiap hari 10.00-21.00
  • Telepon: (024) 7618842

Pemancingan Baron terletak di sebuah daerah pesisir pantai. Di sini banyak tambak yang dibangun oleh masyarakat sekitar. Daerah pesisir identik dengan wilayah yang kumuh, gersang dan semrawut. Sepertinya tidak ada hal indah dari area yang hanya berupa hamparan air tempat tambak mengapung.

Tempat ini mulai mengalami perubahan pasca seorang warga melakukan inovasi terhadap tambak bandeng di kawasan ini. warga  tersebut membangung sebuah kolam pemancingan yang dilengkapi dengan tempat makan lesehan dengan menu utama bandeng. 

Ide bisnis yang dirintis sejak Januari 2011 silam ternyata berbuah manis. Pada awal berdirinya hanya terdapat bangunan berbentuk joglo seluas 8x10 meter2. Bangunan yang diperuntukan sebagai tempat makan tersebut diberi nama Pondok Lesehan Bandeng dan Rekreasi Pemancingan “Baron”.

Usut punya usut ternyata rumah makan dan tempat pemancingan tersebut merupakan rumah makan terapung pertama yang ada di kota Semarang pada masa itu. 

Pemilik pemancingan Baron menggandeng sang istri untuk mengisi plot sebagai koki di rumah makan mereka. Rumah makan ini adalah rumah makan yang menyajikan bandeng sebagai menu olahan bandeng sebagai menu utama dan satu-satunya. 

Ada bandeng bakar, bandeng bumbu bali, bandeng goreng dan bandeng kropok. Dari semua menu bandeng yang ada di rumah makan ini, menu bandeng kropok adalah yang paling populer. Menu dengan resep jaman dulu diangkat kembali oleh pemiliknya agar lebih dikenal di masyarakat. 

Menu ini ternyata mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Testimoni positif bermunculan dari pengunjung yang telah mencoba bandeng dan saus lezat hasil paduan rempah-rempah Nusantara. Banyak yang tergoda dengan bandeng beraroma segar jeruk limau yang membuat nafsu makan meningkat ini.

5. Ngrembel Asri

  • Alamat: Jl. Raya Manyaran Gunung Pati Km 10 Semarang 50147
  • HTM tempat wisata: Rp10.000
  • Harga ikan: Rp30.000/kg
  • Jam masuk: Setiap hari, 08.30-17.00
  • Telepon: (024) 6932278

Kolam pemancingan Ngrembel Asri berada di kawasan wisata keluarga Ngrembel Asri. Kawasan wisata ini termasuk lengkap dan menyenangkan. Cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata kala liburan tiba. 

Di objek wisata Ngrembel Asri terdapat Taman Dino yang dihiasi dengan berbagai patung-patung dinosaurus yang disukai oleh anak-anak. Ada pula area outbond yang menyajikan wahana seru seperti flying fox, target shooting, paintball dan area berkuda. 

Ada pula wahana trampolin, climbing wall, floating ball, floating cylinder, mini boat, kolam pasir dan kolam renang. kolam pemancingan Ngrembel Asri termasuk yang popular di kota Semarang. Sebab tempat ini mempunyai area pemancingan yang terfasilitasi lengkap. 

Kolam yang luas, tempat pemancingan yang nyaman dan teduh dan perlengkapan memancing yang lengkap. Ngrembel Asri merupakan sebuah tempat wisata lengkap yang menyajikan keseruan bermain dan kepuasan memancing. 

Seru bukan? Tempat-tempat pemancingan di Semarang di atas benar-benar mengakomodasi kebutuhan wisata warganya. Kamu tak perlu bingung mau pergi memancing atau menemani keluarga bermain. Dua kegiatan tersebut dapat dilakukan di waktu yang sama. Tunggu apalagi? Segera cari waktu yang baik untuk bersenang-senang. 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram