Inilah 10 Patung terkenal di Bali yang Ikonik dan Artistik

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai destinasi wisata dunia, Bali memang menawarkan beragam keindahan alam yang bisa memanjakan mata para wisatawan lokal maupun  mancanegara. Selain menawarkan pemandangan tempat wisata yang menawan, Bali juga memiliki sejumlah patung ikonik terkenal dan artistik yang keren untuk dijadikan latar saat berswafoto.

Ingin tahu patung ikonik apa saja di Bali? Nah, inilah 10 Patung terkenal di Bali yang keren dan artistik yang sudah kami rangkum. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Patung GWK

Patung GWK

Berbicara mengenai patung terkenal yang ada di Bali, Patung GWK atau patung Garuda Wisnu Kencana tentu termasuk ke dalam salah satu daftar tersebut. Patung setinggi 121 meter dan lebar 60 meter ini terbuat dari campuran baja dan tembaga seberat 4000 ton.

Patung GWK sendiri dibuat oleh seniman patung asal pulau dewata, I Nyoman Nuarta. Patung ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembangunannya, yaitu sekitar 28 tahun. Ketinggian patung raksasa ini digadang-gadang mampu mengalahkan patung Liberty yang ada di Amerika Serikat.

Berdiri di area taman budaya yang ada di kawasan Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Patung GWK pun menjadi daya tarik bagi para turis yang sedang berlibur ke Bali.

2. Patung Satria Gatotkaca

Patung Satria Gatotkaca

Patung Satria Gatotkaca merupakan patung ikonik selanjutnya yang ada di Bali. Patung yang diangkat dari kisah Mahabarata ini berdiri megah di kawasan sekitar Bandar Udara Ngurah Rai, Tuban, Bali. Patung ini di bangun pada tahun 1993 oleh seniman bernama I Wayan Winten.

Gatotkaca merupakan tokoh pewayangan yang terkenal gagah berani. Gatotkaca merupakan putra dari Bimasena dan termasuk ke dalam salah satu ksatria Panca Pandawa yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melindungi kerajaan.

Keberadaan patung ini memang cukup unik. Selain menambah estetika bangunan yang ada di sekitar lingkungan bandara, masyarakat Bali sendiri mempercayai bahwa patung tersebut dapat memberikan perlindungan bagi para wisatawan.

3. Patung Nakula Sahadewa

Patung Nakula Sahadewa

Masih diangkat dari kisah pewayangan Mahabarata. Nakula Sahadewa merupakan salah satu patung terkenal lainnya karya I Wayan Winten, sang maestro patung asal Bali. Patung yang terdiri dari dua tokoh ksatria kembar dari kerajaan Pandawa ini berdiri tegak di jalan Uluwatu II yang berada di kawasan Badung, Jimbaran.

Patung Nakula Sahadewa sendiri dibangun dalam dua tahap yaitu pada tahun 2017 dan 2018. Patung tersebut merupakan simbol berdirinya kawasan Jimbaran, yang kini dikenal sebagai pusat kuliner Internasional yang ada di Bali.

4. Patung Titi Banda

Patung Titi Banda

Patung Titi Banda merupakan patung yang diangkat dari kisah pewayangan Ramayana karya I Wayan Winten. Berlokasi di perbatasan antara Jalan By Pass Ngurah Rai dan Ida Bagus Mantra, patung setinggi 18 meter tersebut menjadi salah satu ikon yang ada di kota Denpasar.

Patungnya sendiri berkisah mengenai tokoh utama, yaitu Rama dalam usaha menyelamatkan Dewi Shinta dari sekapan Rahwana di kerajaan Alengka. Patung Titi Banda digambarkan dengan sosok Rama bersama para Wanara atau pasukan kera yang sedang membangun jembatan Situbanda untuk menjemput sang Dewi.

5. Patung Dewa Ruci

Patung Dewa Ruci

Masih karya I Wayan Winten, patung yang diberi nama patung Dewa Ruci ini berdiri tegak di kawasan Simpang Siur, Kuta, Bali. Patung Dewa Ruci dibangun sekitar tahun 1996. Meskipun keberadaan patung yang satu ini telah lama berdiri, namun patung ini masih terlihat kokoh dan tetap menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Patung Dewa Ruci sendiri diangkat dari kisah salah satu tokoh ksatria Pandawa, yaitu Bima.  Dimana ketika ia sedang melakukan perjalanan mencari air kehidupan atau Tirta Amerta di dalam samudera. Bima dipertemukan dengan sosok Dewa Ruci setelah Bima berhasil mengalahkan naga Baruna.

6. Patung Catur Muka

Patung Catur Muka

Patung di Bali yang juga cukup ikonik adalah patung Catur Muka atau yang sering disebut juga dengan patung Kanda Pat Sari. Patung yang berada di kawasan Klungkung ini merupakan salah satu Landmark Kota Denpasar. Patung ini dibuat oleh seniman I Gusti Nyoman Lempad.

Selain memiliki nilai artistik yang dapat memukau para wisatawan. Patung yang dikenal pula dengan sebutan patung empat muka ini memiliki nilai filosofis yang berkaitan dengan kepemimpinan.

Patung Empat Muka sendiri merupakan pelambangan dari Dewa Brahma yang berdiri di atas bunga Teratai. Simbol empat wajah yang menghadap ke berbagai arah mata angin pun melambangkan sifat-sifat yang dimiliki sang dewa, yaitu bijaksana, tentram, kasih sayang dan kekuatan.

7. Patung I Gusti Ngurah Rai

Patung I Gusti Ngurah Rai

Patung I Gusti Ngurah Rai berlokasi tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Patung pahlawan ini merupakan salah satu patung terkenal lainnya yang cukup ikonik di Bali. Patung ini dibuat oleh Surya Pernawa, seorang sarjana seni rupa lulusan ITB yang berasal dari Singaraja, Bali.

I Gusti Ngurah Rai sendiri merupakan sosok pahlawan bangsa yang turut andil dalam melawan penjajah di beberapa wilayah di Bali. I Gusti Ngurah Rai diketahui gugur pada 20 November 1947 di desa Marga, Tabanan. Keberadaan patung tersebut merupakan bentuk penghormatan serta untuk mengenang jasanya sebagai pahlawan bangsa.

8. Patung Krishna Arjuna

Patung Krishna Arjuna

Dengan tinggi sekitar 17 meter, patung yang berada di Pulau Paninsula ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis asing maupun mancanegara yang sedang berlibur di Bali. Berlokasi di objek wisata ‘Water Blow’ yang cukup populer di kalangan para wisatawan asing.

Patung Krishna dan Arjuna sendiri merupakan salah satu patung terbesar lainnya yang ada di pulau Dewata, Bali. Patung yang mulai dirancang pada tahun 2009 ini merupakan landmark dari kawasan Nusa Dua, Bali. Krishna dan Arjuna sendiri merupakan tokoh yang ada dalam kisah Mahabarata.

9. Patung Kumbakarna Laga

Patung Kumbakarna Laga

Patung Kumbakarna Laga merupakan patung yang berdiri gagah di salah satu destinasi wisata favorit bagi keluarga, yaitu Kebun Raya Bali. Patung ini merupakan salah satu patung yang juga memiliki popularitas di kalangan para wisatawan.

Kumbakarna sendiri adalah salah satu tokoh yang diangkat dari kisah Ramayana. Ia adalah adik dari Rahwana yang diketahui adalah sosok jahat dalam kisah tersebut. Kumbakarna sendiri merupakan sosok ksatria yang digambarkan sebagai seorang patriot yang membela kerajaan tempat kelahirannya dengan melawan pasukan Wanara yang dibawa Rama.

Keberadaanya memang sangat memukau dan bisa membuat para wisatawan kagum dengan detail pahatannya.

10. Patung Bayi Sakah

Patung Bayi Sakah

Patung yang terletak di jalan Raya Sakah, Desa Batuan Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali ini merupakan patung terkenal lainnya yang ada di Bali. Patung ini merupakan simbolis dari Sang Hyang Siwa Budha atau dikenal juga dengan sebutan Sang Hyang Brahma Lelare. Patung Bayi Sikah merupakan patung berbentuk Bayi Raksasa.

Keberadaan bayi raksasa ini cukup unik karena asal usulnya berdirinya patung tersebut memang jarang diketahui oleh orang-orang. Hal tersebut tentu membuat rasa penasaran para wisatawan. Masyarakat lokal sendiri mempercayai bahwa patung yang telah berdiri lebih dari dua puluh tersebut memiliki nuansa magis yang cukup kuat.

Nah, itulah 10 Patung terkenal di Bali yang ikonik dan artistik. Bila berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan patung-patung tersebut. Bila ada informasi lainnya mengenai patung yang menurut kamu keren. Kamu bisa beri tahu tim Bacaterus dengan memberi komentar di kolom box yang ada di bawah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *