Puncak Bintang, Nikmati Pemandangan Bandung dari Ketinggian

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain Punclut, ada satu tempat wisata lainnya yang cocok untuk melihat Bandung dari ketinggian. Puncak Bintang adalah tempat yang dimaksud. Tempat yang bernama lain Puncak Bintang Moko ini berada persis di ketinggian 1442 mdpl. Waktu yang cocok untuk datang ke sini adalah pagi dan sore hari.

Tempat wisata yang diresmikan pada 23 September 2014 ini mulanya adalah hutan pinus sadapan. Maka tak heran, bila nanti kamu bakal menemukan deretan pohon pinus saat berada di tempat wisata ini.

Disarankan untuk memakai jaket atau pakaian hangat saat piknik ke Puncak Bintang. Sebab, udara di Puncak Bintang boleh dibilang cukup dingin. Penasaran dengan keindahan Puncak Bintang? Simak info selengkapnya berikut ini ya!

Spot Menarik dan Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan di Puncak Bintang

Spot Menarik dan Kegiatan Wisata yang Bisa Dilakukan di Puncak Bintang

* sumber: dolanyok.com

Puncak Bintang punya beberapa spot yang sayang jika dilewatkan. Selain mengunjungi sejumlah spot yang ada, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan wisata menarik di sini. Adapun spot dan kegiatan wisata yang dimaksud adalah:

1. Hutan Pinus

Hutan Pinus

* sumber: alampriangan.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau Puncak Bintang dulunya adalah hutan pinus sadapan. Maka dari itulah, hutan pinus pun tidak akan lepas dari tempat wisata ini. Bahkan, menjadi salah satu spot menarik di Puncak Bintang. Spot satu ini terbilang cukup tertata serta bersih.

Waktu terbaik untuk datang ke spot ini adalah pagi dan sore. Di waktu itu, kamu bisa merasakan udara yang sejuk (terutama di pagi hari), serta pemandangan matahari tenggelam yang indah (di sore hari).

2. Dermaga Bintang

Dermaga Bintang

* sumber: lokawisatabandung.com

Boleh dibilang kalau ini adalah spot yang lumayan baru di Puncak Bintang. Sesuai namanya, spot ini punya ciri khas berupa monumen berbentuk bintang. Monumen tersebut akan bersinar saat sore hari tiba. Hal itu terjadi karena monumen tersebut sudah dilengkapi oleh lampu.

Spot ini dirancang sedemikian rupa agar mirip seperti dermaga di perbukitan. Spot ini terbilang cukup tinggi. Sejajar dengan pohon-pohon pinus di sekitarnya.

3. Melihat Kota Bandung dan Patahan Lembang

Melihat Kota Bandung dan Patahan Lembang

* sumber: www.cariinfoyuk.com

Ini adalah kegiatan wisata pertama yang bisa dilakukan di Puncak Bintang. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di Hutan Pinus maupun Dermaga Bintang. Waktu paling indah untuk melakukan kegiatan wisata ini adalah sore hari.

Khusus di Hutan Pinus, kamu bisa melihat indahnya patahan Lembang. Untuk bisa melakukannya, kamu harus hiking menembus pedalaman hutan selama 30 menit.

4. Berkemah

Berkemah

* sumber: jejakpiknik.com

Jika ingin menikmati keindahan Puncak Bintang lebih lama, kamu bisa berkemah di tempat wisata ini. Untungnya, Puncak Bintang sekarang sudah menyediakan camping ground yang cocok untuk berkemah.

Fasilitas tersebut bisa menampung pengunjung hingga 1.500 orang. Untuk detail lengkapnya, akan kami bahas di subjudul “fasilitas”. Jangan khawatir berkemah di sini, karena tingkat kebersihan dan keamanannya telah terjamin.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

* sumber: alampriangan.com

Tiket masuk yang diterapkan Puncak Bintang adalah Rp15.000/orang. Selain tiket masuk, Puncak Bintang juga menerapkan tarif parkir dan berkemah.

Kedua tarif itu akan kami jelaskan nanti di subjudul lainnya. Puncak Bintang buka setiap Kamis hingga Selasa pukul 08.00 – 18.00 WIB, serta Rabu pukul 08.00 – 06.00 WIB.

  • HTM : Rp15.000/orang.
  • Jam Operasional : Kamis hingga Selasa pukul 08.00 – 18.00 WIB, serta Rabu pukul 08.00 – 06.00 WIB.

Fasilitas di Puncak Bintang

Fasilitas di Puncak Bintang

* sumber: www.superadventure.co.id

Puncak Bintang sudah dilengkapi beberapa fasilitas yang menarik. Kamu bisa menggunakannya selama piknik di Puncak Bintang. Fasilitas-fasilitas itu adalah:

1. Camping Ground

Fasilitas ini sudah kita bahas sedikit di subjudul sebelumnya. Fasilitas ini bisa menampung para pengunjung yang berkemah hingga 1.500 orang.

Fasilitas ini bisa diakses dengan membayar  Rp20.000/orang. Fasilitas ini menerapakan sistem booking langsung di tempat. Jadi, kalau kamu mau pakai fasilitas ini, kamu harus langsung mem-booking dan membayar biaya sewanya langsung di tempat.

2. Lahan Parkir

Lahan parkir di Puncak Bintang terbagi atas dua area. Area pertama berada di di bawah Puncak Bintang, sedangkan yang kedua dekat Warung Daweung Bukit Moko.

Baik area pertama maupun kedua menerapkan tarif parkir yang sama. Rp5.000 untuk parkir motor, serta Rp10.000 untuk mobil.

3. Fasilitas Lainnya

Masih ada fasilitas-fasilitas lainnya yang tersaji di Puncak Bintang mulai dari warung lesehan yang cocok buat makan dan istirahat, toilet yang bersih dan layak digunakan, musala, hiking track, hingga lampu penerangan yang cukup banyak.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: wisatangehits.com

Puncak Bintang berada di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40197. Persis di atas tempat wisata Warung Daweung Moko. Puncak Bintang bisa kamu akses via kendaraan umum maupun pribadi.

  • Kendaraan Umum

Mayoritas kendaran umum yang bisa kamu pakai untuk ke Puncak Bintang adalah angkot. Adapun beberapa di antaranya yang bisa dinaiki adalah angkot Gedebage – Simpang Dago, Cicaheum – Ledeng, serta Cicaheum – Ciroyom.

Bila kamu naik salah satu angkot itu, maka naiklah hingga sampai ke Jalan Padasuka. Setelahnya, naiklah ojek hingga akhirnya sampai ke Puncak Bintang.

  • Kendaraan Pribadi

Kalau tidak mau repot, kendaraan pribadi bisa menjadi opsi yang bisa kamu pakai. Mobil dan motor adalah kendaraan pribadi yang bisa kamu pakai nanti.

Khusus untuk mobil, kami sarankan untuk pakai mobil berukuran kecil ataupun sedang. Hal itu disebabkan karena ukuran jalannya (terutama Jalan Padasuka) terbilang kecil.

Ambilah rute yang mengarah langsung ke Jalan Padasuka, bisa lewat jalan Cicaheum, ataupun Jalan Maribaya. Selama di Jalan Padasuka, kamu harus berhati-hati. Soalnya, jalannya cukup menanjak dan beberapa di antaranya terdapat lubang.

Jalan Padasuka sudah dilengkapi dengan petunjuk jalan ke Puncak Bintang. Kamu tinggal mengikutinya saja.

Di beberapa sudut jalannya, terdapat tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Caringin Tilu. Jadi, kalau kamu mau transit atau istirahat sejenak, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata itu.

  • Alamat : Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40197.
  • No. Telepon : 0812-1404-8781.

Hotel di Sekitar Puncak Bintang

Hotel di Sekitar Puncak Bintang

Sumber: https://twitter.com/bangetbdg/status/879935218555158528?lang=ar

Hotel di sekitar Puncak Bintang sendiri tidaklah tergolong banyak. Jaraknya pun lumayan jauh dari Puncak Bintang. Berikut ini hotel yang bisa kamu pilih jika mau berkunjung ke Puncak Bintang:

  • New Bukit Kasih, Jalan Maribaya Timur No. 307, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. 1,9 km dari Puncak Bintang.
  • The Lodge Maribaya, Jalan Maribaya No. 149/152, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat 40391. 1,8 km dari Puncak Bintang.

Jika ingin melihat Bandung dari ketinggian, Puncak Bintang adalah pilihan tepat. Pemandangan kota Bandung akan terlihat indah kala kamu melihatnya dari sini.

Puncak Bandung juga dilengkapi hutan pinus yang bisa kamu susuri. Baik untuk menikmati suasana di sekitarnya, maupun untuk melihat patahan Lembang.

Demikianlah ulasan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensimu suatu saat nanti. Selamat berlibur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *