10 Reruntuhan Kota Kuno yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Banyak reruntuhan dari kota kuno yang hingga kini masih bertahan, membayangkan kemegahan dari kota-kota itu membuat kita berdebar saat mengunjunginya. Keindahan dan kemegahannya masih tersirat pada sisa-sisa bangunannya yang masih berdiri hingga kini. Kemajuan teknologi yang mereka ciptakan saat membangun kota juga akan membuat kamu terpana.

Pesona dari kota-kota kuno ini mungkin belum kamu kenal atau mungkin sama sekali tidak kamu ketahui. Sebagian dari tempat ini telah ditempa banyak hal dari bencana alam hingga peperangan. Berikut ini adalah ulasan dari kota-kota kuno yang akan memancarkan banyak pesonanya.

1. Persepolis – Iran

Persepolis – Iran

* sumber: www.odysseytraveller.com

  • Alamat : Marvdasht 5 Km, Kota Marvdasht, Provinsi Fars, Iran
  • Jam Buka : 08.00 – 17.30 
  • HTM : 200.000 rials (Tanpa guide)

Persepolis merupakan nama terjemahan dari bahasa Yunani kuno, nama kotanya sendiri adalah Pārsa dalam bahasa Persia lama.  Persepolis sendiri merupakan ibu kota kuno dari kekaisaran Persia dari sekitar tahun 515 SM. Reruntuhan kota kuno ini terletak sekitar 70 km ke arah timue laut shiraz Iran. 

Reruntuhan dari kota Persepolis ini memperlihatkan betapa megahnya kota ini di masa jayanya. Persepolis merupakan kota yang sangat indah, kompleks bangunannya dihias dengan dekorasi berseni tinggi. Setiap pengunjung akan disambut oleh Lamassu, mahluk berkepala manusia, berbadan singa. 

2. Babylon – Irak

Babylon – Irak

  • Alamat : Al-Hillal, Babil, Irak

Babilon merupakan ibu kota kuno dari kerajaan Babilonia. Kota kuno ini reruntuhannya terletak di sekitar kota Baghdad 83 km ke sebelah selatan. Saat ini yang akan kamu lihat hanyalah reruntuhannya yang masih tersisa, dengan begitu banyak puing-puing yang tersebar dimana-mana, akibat perang.

Tempatnya mengalami kerusakan yang cukup parah seperti yang dilansir British Museum. Kota Kuno Babilon terkenal dengan sebagai tujuh keajaiban dunia kuno dengan taman gantungnya. Taman gantung yang dibuat oleh Raja Nebuchadnezzar untuk sang istrinya yang rindu tempat asalnya.

3. Palmyra – Suriah

Palmyra – Suriah

* sumber: alk3r.wordpress.com

  • Alamat : Tadmur, Provinsi Homs, Suriah
  • Jam Buka : - 

Palmyra biasa disebut juga dengan Tadmur merupakan sebuah kotak kuno yang terdapat di Suriah. Kota kuno ini terancam mengalami kerusakan diakibatkan perang yang berkepanjangan. Peperangan ini mengakibatkan beberapa situs di Palmyra yang indah mengalami kehancuran.

Palmyra merupakan kota yang maju dalam dalam perdagangan, terutama di jalur sutra. Arsitektur dari kotanyanya merupakan perpaduan antara Greco-roman dengan Persia dan Arab. Tempat ini berjarak sekitar 100 mil dari kota Damaskus yang sayangnya banyak yang hancur karena perang.

Sayangnya Palmyra pernah jatuh ke tangan ISIS, walaupun kini dapat dipukul mundur tempat ini masih belum aman untuk kamu kunjungi. Tempatnya pernah menjadi area perang sehingga kemungkinan masih ada ranjau yang masih ditanam. Saat ini berkunjung kemari harus dipastikan bebas ranjau dahulu.

4. Timgad – Aljazair

Timgad – Aljazair

  • Alamat : Provinsi Batna, Aljazair
  • Jam Buka : - 
  • HTM : 200 DZD (sekitar Rp21.800)

Reruntuhan kota Timgad memang tidak seterkenal reruntuhan kota Palmyra di Suriah. Situs ini merupakan situs peninggalan Romawi terbesar yang terdapat di Aljazair. Timgad sendiri adalah daerah koloni Romawi yang didirikan Kaisar Trajan, yang di masa modern kotanya berada di kota Batna.

Timgad adalah kota yang pada masa awal pembuatannya didirikan sebagai benteng pertahanan melawan kaum Barbar. Hal unik dari kota ini adalah desain kotanya yang dibuat dengan bentuk kota yang presisi. Kota ini sempat hilang sampai akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1881.

5. Hampi – India

Hampi – India

* sumber: www.happymindtravels.com

  • Alamat : Distrik Kalyana-Karnakata, India
  • Jam Buka : - 
  • HTM : 200 DZD (sekitar Rp21.800)

Hampi merupakan sebuah ibu kota kuno dari Kerajaan Vijayanagara pada abad ke-14. Kota ini dikatakan sebagai kota yang makmur dan kaya. Kota yang megah ini memiliki banyak kuil dan tempat perdagangan serta pertanian. Hampi merupakan kota kuno terbesar kedua setelah kota Beijing.

Sisa-sisa dari bangunan di Kota Hampi yang berupa kuil-kuil masih terjaga dengan baik, dua bangunan kuil Virupaksha dan juga Vittala adalah dua tempat yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi. Kedua kuil  serta reruntuhan bangunannya itu memperlihatkan keindahan Hampi di masa jayanya dahulu. 

6. Mohenjo Daro – Pakistan

Mohenjo Daro – Pakistan

* sumber: commons.wikimedia.org

  • Alamat : Distrik Larkarna, Provinsi Sindh, Pakistan
  • Jam Buka : April – September 8.30 – 19.00, Oktober – Maret 09.00 – 17.00
  • HTM : Turis Internasional PKR300 (sekitar Rp27.000), Turis Lokal Rs20  

Mohenjo Daro merupakan sebuah kota pertama didunia yang satu era dengan yunani kuno, mesir kuno, dan mesopotamia. Mohenjo Daro sendiri memiliki arti “bukit orang mati”, lokasi dari kota kuno ini berada di Distrik Larkarna, Provinsi Sindh, Pakistan. Kota ini dibangun sekitar tahun 2600 SM.

Kota ini sering dianggap sebagai Kota Metropolis kuno, kotanya memiliki sistem drainase yang rumit dengan perencanaan jalan yang baik, melihat tata letak kotanya kamu dapat melihat keterampilan  mereka dalam melakukan perencanaan kota dengan mengontrol air dengan penuh penghormatan.

7. Ephesus – Turki

Ephesus – Turki

* sumber: www.willflyforfood.net

  • Alamat : Atatürk, Uğur Mumcu Sevgi Yolu No: 26, 35920 Selçuk, Provinsi İzmir, Turki
  • Jam Buka : April – Oktober 08.00 – 19.00, November – Maret 08.00 – 17.00
  • HTM : TL100 (sekitar Rp180.000)

Ephesus merupakan satu kota yang juga merupakan peninggalan dari Romawi Kuno yang terletak di Turki. Kota ini awalnya adalah Kota Yunani Kuno yang direbut oleh Romawi hingga sampai pada masa jayanya. Kota ini merupakan pusat perdagangan yang memiliki peran penting pada masanya. 

Kota Ephesus merupakan  kota kuno kedua terbesar di dunia. Kota kuno ini memiliki  kemegahan dengan Perpustakaan Celsus dan Grand Theaternya. Selain itu kamu juga akan menemukan keindahan dari kuil Artemis  dan juga kuil Diana yang merupakan sisa dari peninggalan pada masa Yunani kuno.

8. Polonnawura – Sri Langka 

Polonnawura – Sri Langka 

  • Alamat : Distrik Polonnawura, Provinsi Utara tengah, Sri Langka 
  • Jam Buka : 07.30 – 18.00
  • HTM : Dewasa $25, Anak-anak $12.50 

Polonawura merupakan sebuah kota kuno yang terletak di Sri Langka, yang merupakan ibu kota dari Kerajaan Polonnawura yang sebelumnya ibu kotanya berada di Anuradhapura. Pemindahan ibu kota ini diakibatkan kota anuradahapura tidak mampu menahan serangan dari kerajaan Chola dari India. 

Peninggalan dari kota Polonnawura ini dapat kamu kunjungi dengan bersepeda. Reruntuhan Istananya dibangun oleh raja Parakaramabahu I, dikatakan bahwa instananya merupakan bangunan yang megah dan memiliki banyak ruangan. Pada reruntuhannya banyak dihiasi dengan beragam patung Budha.

9. Machu Picchu – Peru

Machu Picchu – Peru

* sumber: www.donisetyawan.com

  • Alamat : Cusco,  Peru
  • Website : https://www.machupicchu.gob.pe/?lang=en 
  • Jam Buka : 06.00 – 17.00
  • HTM :  Machu Picchu $45 (06.00-12.00),  $45 (12.00-17.30), Machu Picchu + Huayna Picchu $59 (07.00-08.00), $59 (10.00-11.00)

Machu Picchu situs kota kuno yang terkenal karena letaknya yang berada di atas pegunungan. Situs kota tua ini sering disebut sebagai Kota Inca yang hilang. Situs yang sempat terlupakan ini ditemukan pada tahun 1911 oleh seorang arkeolog  Hiram Bingham III yang berasal dari Universitas Yale.

Kota tua ini tidak pernah diinvasi oleh bangsa Spanyol, sehingga situs kota tua ini tetap terjaga dengan baik. Bangunannya mengikuti kontur dari pegunungan, mereka membuat punden berundak untuk daerah pertanian. Sedangkan untuk bagian perkotaannya dan kuil terdapat di bagian atas

10. Tikal – Guatemala

Tikal – Guatemala

* sumber: www.beyondtheordinary.co.uk

  • Alamat : Flores,Departemen Peten,  Guatemala
  • Jam Buka : 06.00 – 17.00
  • HTM :  General $20, Sunrise $33

Tikal merupakan kota yang terbesar  dari Bangsa Maya, diperkirakan penduduknya antara 100 ribu hingga 200 ribu jiwa. Tikal bukanlah nama asli dari kota ini, melainkan nama yang diberikan ketika kota itu ditemukan. Yax Mutal adalah nama dari kota ini yang ditemukan pada hieroglif di reruntuhan situs.

Peninggalan dari Bangsa Maya ini rata-rata terbuat dari batu gamping dengan sebagian bangunan kuilnya menjulang tinggi hingga 70 meter. Kota kuno ini juga telah memiliki jalan-jalan yang menghubungkan berbagai kota. Pada abad 10-11 kota kuno ini mulai ditinggalkan oleh penduduknya.

Kehebatan rancang bangun dari kota-kota kuno ini memang luar biasa, mereka mampu membangun sebuah kota yang  megah dengan teknologi yang sederhana. Sebagian dari kota kuno ini masih dalam perbaikan karena rusak akibat perang, sehingga harus menunggu hingga tempat ini dapat kamu kunjungi dan nikmati keindahan dan kemegahan bangunannya.

Bagi pencinta sejarah kota-kota ini memberikan pengetahuan yang luar biasa dalam hal rancang bangun atau juga masalah seninya. Kota-kota kuno sering menjadi magnet untuk para ahli mempelajarinya. Para ahli sering tertarik dengan rancang bangun sebuah kota dan juga gaya arsitekturnya. Tempat-tempat ini memberikan debaran yang berbeda bagi mereka.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram