12 Kuliner Legendaris di Bandung yang Tetap Eksis & Laris

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 7 Mei 2020

Ketika sedang berwisata ke sebuah tempat, kita pasti ingin mencoba kuliner legendaris di tempat tersebut. Pasalnya, kuliner legendaris pasti menyajikan hidangan yang khas dan rasanya pun dijamin enak. Kuliner legendaris yang benar-benar enak pasti masih eksis dan tetap ramai pengunjung meskipun sudah buka sejak lama.

Kali ini, Keluyuran ingin mengajak kamu berwisata kuliner di Bandung. Kami akan mengajak kamu hunting kuliner legendaris di Bandung yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Langsung saja simak rekomendasi tempat kuliner legendaris yang wajib kamu singgahi ketika berada di Bandung berikut ini!

1. Braga Permai

Braga Permai

* sumber: ayobandung.com

Kuliner legendaris di Bandung tidak hanya terbatas pada makanan lokal saja. Ada juga tempat makan legendaris yang dinobatkan sebagai salah satu restoran tertua di Bandung, yaitu Braga Permai. Restoran ini menjual menu makanan khas Eropa, Amerika, Cina, bahkan Indonesia. Dahulu, nama restoran ini adalah Maison Bogarijen. Sampai saat ini, Braga Permai masih sangat ramai dikunjungi, bahkan oleh milenial.

Hidangan yang disajikan di Braga Permai adalah kue, es krim, dan makanan utamanya yang dari berbagai negara. Mau makan steak, pasta, sampai dengan cap cay semua tersedia di sini. Jadi, jangan khawatir jika selera kamu berbeda dengan kerabat yang kamu ajak untuk makan di sini. Braga Permai bertempat di Jalan Braga No. 58, Braga, Bandung.

  • Alamat:Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4233778
  • Jam Operasional: Senin-Minggu, 06.30-00.00 WIB, Sabtu 06.30-01.00 WIB
  • Kisaran Harga: Sekitar Rp. 100.000,- s/d Rp. 250.000,- untuk dua orang

2. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama

Berdiri sejak tahun 1930, nama warung kopi ini sebenarnya adalah “Chang Chong Seng” yang artinya “Silakan mencoba.” Namun, agar lebih mudah diingat dan dibaca oleh masyarakat Indonesia, akhirnya warung kopi ini berganti nama menjadi Purnama.

Bagi kamu yang suka menyeruput kopi yang enak, kamu harus mampir ke  salah satu tempat ngopi yang recommended di Bandung yaitu Warung Kopi Purnama. Tak hanya menyajikan berbagai minuman kopi, di sini kamu pun dapat memesan kudapan seperti lumpia goreng, roti bakar, dan roti dadar ham. Lokasi Warung Kopi Purnama berada di Jalan Alkateri No. 22, Bandung.

Tim keluyuran juga pernah mengunjungi secara langsung Warung Kopi Purnama ini, untuk review lengkapnya silakan baca di sini.

  • Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4201841
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.30-22.00 WIB
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp15.000-Rp.37.000 per porsi

3. Mih Kocok Mang Dadeng

Mih Kocok Mang Dadeng

Salah satu kuliner legendaris di Bandung yang mesti kamu coba nih! Mih Kocok Mang Dadeng ini sudah ada sejak 1970an, kini sudah dipegang oleh generasi ketiga. Awalnya mih kocok ini dijual dengan cara berkeliling dengan cara dipikul, lalu berubah menjadi gerobak hingga sekarang mih kocok ini memiliki tempat berjualan tetap.

Yang membuat Mih Kocok Mang Dadeng berbeda dari yang lain adalah kuahnya yang menggunakan 27 macam bumbu rempah. Kuah dari rebusan kaki dan tulang sapinya pun nggak akan terasa hanyir atau bau. Inilah mengapa mih kocok ini menjadi salah satu kuliner legendaris di Bandung.

  • Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong,Bandung, Jawa Barat 61419
  • Jam operasional: 09.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: 0852-2120-5070

4. Rasa Bakery & Cafe

Rasa Bakery & Cafe

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Rasa Bakery & Cafe adalah salah satu restoran di Bandung yang mesti banget kamu kunjungi. Selain menyajikan aneka makanan yang legendaris mulai makanan indonesia hingga western, interior di Rasa Bakery & Cafe ini pun memiliki suasana jadul.

Salah satu menu yang wajib dipesan kalau ke sini adalah es krim legendarisnya. Penyajian dari eskrimnya pun unik lho, eskrim terdiri dari tiga rasa yaitu vanila, cokelat dan strawberry disajikan di dalam batok kelapa, dilengkapi pula dengan potongan buah dan kue. Oh iya, air kelapanya sendiri disajikan terpisah.

  • Alamat: Jl. Tamblong Dalam No.15, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40111
  • Jam operasional: 08.00-21.30 WIB
  • Nomor telepon: (022) 4205330

5. Tizi Cake Shop & Restaurant

tizi cake shop

Tizi Cake Shop & Restaurant adalah tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 70-an silam. Tempat makan ini menjual aneka kue dan makanan ala Eropa.

Ada chicken dan beef schaschilk, barbeque sausage, aneka steak, wiener schnitzel. Selain itu juga ada macam-macam dessert seperti pancake, poffertjes dan apple crumble. For your info, tempat makan yang satu ini luas banget, lho! Interiornya didominasi oleh kekayuan, dan furniture-nya yang terkesan jadul memberikan suasana homey yang nyaman. Kamu tertarik untuk berkunjung kemari?

  • Alamat: Jl. Kidang Pananjung No.3, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2504963
  • Jam operasional: Setiap hari, 11.00-22.30 WIB
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp35.000-Rp218.000 per porsi

6. Toko You

Toko You Kuliner Legendaris di Bandung

* sumber: gastronomy-aficionado.com

Kuliner legendaris di Bandung yang akan kami review pertama kali adalah Toko You. Rumah makan ini berfokus menyajikan menu Chinese food meskipun ada beberapa hidangan khas Nusantara yang juga disajikan di sini, seperti rawon misalnya. Yang menjadi menu andalan dari tempat makan ini adalah Yamien. Mie tersebut bisa disajikan dengan bakso, siomay, dan pangsit.

Usut punya usut, Toko You sudah berdiri sejak tahun 1947. Toko yang sudah berpindah tangan dari beberapa generasi ini tetap mempertahankan cita rasa setiap makanan yang dihidangkan agar pengunjung merasakan kelezatan makanan khas tempo dulu. Tempat makan ini bernuansa vintage dan cukup nyaman dijadikan tempat kongkow. Kunjungi Toko You di Jalan Hasanudin No. 12, Lebakgede, Coblong, Bandung.

  • Alamat: Jl. Hasanudin No.12, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2503332
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.30-23.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp35.000-Rp260.000 per porsi

7. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy

Ingin minum yang segar-segar? Yuk, mampir ke Yoghurt Cisangkuy. Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak bahwa tempat ini spesial menyajikan menu yoghurt. Ada sekitar 25 varian yoghurt yang bisa kamu pesan di sini.

Tempat makan ini masuk dalam daftar kedai yoghurt terenak dan cukup legendaris di Bandung karena sudah buka sejak tahun 1976. Yoghurt Cisangkuy terus berinovasi untuk menciptakan yoghurt yang tidak ketinggalan zaman. Selain yoghurt, di sini kamu dapat memesan makanan seperti kentang goreng, hot dog, bakso, dan nasi goreng.

  • Alamat: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7273956
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-20.30 WIB

8. Roti Bakar Gempol

Roti Bakar Gempol

* sumber: limakaki.com

Solusi bagi kamu yang tidak ingin makan yang berat-berat adalah Roti Bakar Gempol. Yang satu ini juga merupakan kuliner legendaris karena sudah ada sejak tahun 1958. Sampai saat ini, Roti Bakar Gempol masih menjadi salah satu tempat makan roti bakar terenak di Bandung dan  selalu ramai dikunjungi. Bahkan, wisatawan dari luar Kota Bandung pun penasaran dengan roti bakar jadul yang melegenda ini.

Menariknya, di sini kita bisa memilih jenis rotinya sendiri, ada roti tawar, roti manis, dan roti gandum. Selain itu, isian untuk rotinya sangat variatif, mulai dari keju, telur, sampai dengan daging. Kalau memilih roti manis, isi roti bakarnya berupa selai, susu, dan coklat.

  • Alamat: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4239469
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-21.00 WIB

9. Bandoengsche Melk Centrale

Bandoengsche Melk Centrale

Mau menikmati steak atau sop buntut? Semuanya ada di BMC (Bandoengsche Melk Centrale). Restoran yang sudah eksis sejak tahun 1920 ini merupakan kuliner legendaris di Bandung yang cocok untuk nostalgia. Di tempat ini juga terdapat live music yang membawakan musik klasik maupun irama jazz.

Sesuai dengan namanya, tempat ini sebenarnya menjual susu sapi berkualitas. Namun seiring berkembangnya waktu, restoran ini mulai menawarkan makanan utama khas Nusantara maupun Belanda.

  • Alamat: Jl. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4204595
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-22.00 WIB

10. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan

* sumber: yourbandung.com

Kembali ke kawasan Braga kita akan menemukan kuliner legendaris di Bandung yang spesial menjual aneka roti dan es krim. Banyak pilihan roti khas Belanda yang bisa kamu temukan di Sumber Hidangan. Restoran ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1929. Sampai sekarang Sumber Hidangan tetap konsisten menyajikan dessert tempo dulu dengan rasa yang masih otentik.

Uniknya, di sini kita bisa menemukan beragam cemilan khas Belanda yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya, seperti Bokkepootjes, Tompoesjes, dan Moorkoppen. Es krim di sini juga tampilan dan rasanya juga jadul banget, tapi justru itulah yang membuat restoran ini ramai dikunjungi karena anti-mainstream. Sumber Hidangan berlokasi di Jalan Braga No. 20-22, Braga, Bandung.

  • Alamat: Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4236638
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 09.00-16.00 WIB

11. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha

Siapa bilang kuliner legendaris di Bandung selalu dijual dengan harga yang mahal? Warung Bu Eha adalah tempat makan legendaris yang menu makanannya murah meriah. Tak hanya legendaris saja, rumah makan ini terbilang spesial karena pernah disambangi oleh Presiden Soekarno.

Di warung yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini kita bisa memesan menu makanan khas rumahan, seperti pepes ikan, gepuk, urap, gulai, dan makanan khas Sunda lainnya. Meskipun berada di dalam pasar, Warung Bu Eha ini cukup bersih dan nyaman. Bila kamu penasaran dengan kelezatan makanan di warung legendaris ini, silakan datang ke tempatnya di Pasar Cihapit, Jalan Cihapit No. 8A, Bandung.

  • Alamat: Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4261453
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 07.00-15.00 WIB

12. Rumah Makan Linggarjati

Rumah Makan Linggarjati

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Selain batagor, makanan yang paling dicari oleh wisatawan jika berlibur ke Bandung adalah yamien. Keluyuran merekomendasikan Rumah Makan Linggarjati sebagai kuliner legendaris yang menawarkan menu yamien.

Yamien dengan mie yang kenyal dan kuah yang gurih ini disajikan dengan topping yang bisa kita pilih sesuai selera, seperti bakso, pangsit, babat, tahu, dan masih banyak lagi. Sambil menikmati yamien, jangan lupa untuk turut memesan jus alpukatnya yang segar dan rasanya beda dari jus alpukat lainnya. Rumah makan yang buka sejak tahun 1950 ini beralamatkan di Jalan Balonggede No. 1, Bandung.

  • Alamat: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0813-2119-7718
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.30-19.00 WIB

Kuliner legendaris di Bandung ini memang sangat layak untuk dicoba. Meskipun jaman sudah berganti, tapi rasa serta kualitas masakannya tidak pernah lekang dimakan jaman. Adakah salah satu kuliner di atas yang pernah kamu coba?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram