15 Tempat Sarapan Pagi di Bandung yang Enak dan Murah

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 22 Juli 2020

Sarapan sangatlah penting karena merupakan sumber energi tubuh untuk melanjutkan aktivitas hingga siang hari nanti. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan akan membuat kegiatan yang kamu lakukan berjalan baik dan penuh semangat. Jadi, jangan pernah menyepelekan sarapan dengan alasan kamu sudah terlambat atau terlalu sibuk, ya!

Ada banyak sekali menu sarapan yang umum di Kota Bandung, misalnya seperti nasi goreng, bubur ayam, nasi kuning, lontong kari, kupat tahu, ketoprak, dan masih banyak lagi. Meskipun kebanyakan tempat sarapan tersebut berbentuk warung kaki lima, namun rasanya dijamin enak dan mengenyangkan. Jadi, jika kamu sedang main di Bandung dan ingin icip-icip menu sarapan yang recommended, datang saja ke 10 tempat sarapan pagi di Bandung berikut ini yuk!

1. Soto Sedaap Boyolali

Soto Sedaap Boyolali

* sumber: limakaki.com

Salah satu tempat soto yang enak di Bandung ini bisa kamu datangi di Jalan Trunojoyo no. 25. Cuma ada dua jenis soto di sini, yaitu Soto Ayam dan Soto Sapi. Jika yang ada di bayangan kamu kuah soto itu pasti keruh dan berwarna kuning atau merah pasti kaget melihat soto ini.

Pasalnya, kuah Soto Sedaap Boyolali bening banget. Lalu, isiannya pun unik karena merupakan perpaduan daging, tauge, seledri, dan selesai. Sedangkan untuk Soto Ayam bedanya dagingnya pakai daging ayam dan ada potongan kentang.

  • Alamat: Jl. Trunojoyo No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-21.00 WIB

2. Braga Permai

Restoran Braga Permai

Braga Permai merupakan salah satu restoran yang legendaris di Bandung. Berlokasi di jalan Braga membuat restoran satu ini menjadi tempat yang cocok untuk bernostalgia. Bangunan restoran Braga Permai ini adalah sisa dari peninggalan kolonial Belanda yang belum berubah hingga sekarang.

Nah, tahukah kamu kalau Braga Permai ini ternyata menyediakan paket menu untuk sarapan? Kalau biasanya restoran ini selalu ramai ketika menjelang makan malam, tapi ternyata pagi-pagi pun sudah banyak yang kesini untuk menikmati sarapan. Penasaran?

  • Alamat: Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40111
  • Jam buka: 06.30-24.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 4233778

3. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama

Siapa yang nggak kenal dengan Warung Kopi Purnama yang merupakan tempat ngopi legendaris di Bandung ini? Warung Kopi Purnama terkenal dengan kopinya yang sangat otentik dan makanannya yang beragam. Di sini tersedia menu sarapan, camilan, hingga makanan berat.

Kalau kamu mencari tempat sarapan di Bandung yang sangat recommended, Warung Kopi Purnama sudah pasti jawabannya. Datanglah lebih pagi kalau nggak mau antri ya karena tempat ini selalu ramai pengunjung terutama ketika jam sarapan, apalagi kalau di akhir pekan. Jadi penasaran mau ke sini?

  • Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40111
  • Jam buka: 06.30-22.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 4201841

4. Warung Taru

warung taru

Warung Taru yang berada di kawasan Dago pun bisa jadi pilihan utama bagi kamu yang mencari tempat sarapan enak di Bandung. Warung dengan interior dan eksterior tradisional dengan nuansa kekayuan yang dominan ini suasananya enak banget. Apalagi pemandangan sekitar yang ditawarkannya pun luar biasa cantik.

Tidak hanya itu saja, makanan yang disediakan di sini juga enak-enak, lho! Pilihannya ada nasi liwet, nasi kuning, soto ayam sampai lontong sayur. Selain itu, ada juga camilan ringan seperti aneka gorengan hingga bubur ketan hitam. Minuman yang disediakan di sini juga bervariasi. Ada gula asem, kelapa muda sampai yoghurt dan kopi tubruk.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.437, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2533854
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-23.00 WIB

5. Bubur Ayam Mang H. Oyo

Bubur Ayam Mang H. Oyo

Pernah dengar bubur ayam yang kalau piring atau mangkoknya dibalik, tidak akan tumpah? Nah, ini dia bubur ayam yang dimaksud. Buburnya memang benar-benar tidak akan tumpah walau dijungkir balikkan, seakan menempel erat dengan alas makan. Hal ini dikarenakan saking kentalnya sarapan khas Bandung buatan Mang H. Oyo ini.

Satu porsi bubur berisi daging ayam, cakue, dan seledri. Kalau ingin topping lainnya juga ada kok, di sini tersedia telur rebus dan ati ampela. Harga satu porsi bubur kental fenomenal ini adalah Rp 12 ribu. Tidak sabar ingin mencoba? Segera datang ke Jalan Sulanjana No. 30. Bubur Ayam Mang H. Oyo ini buka dari pagi hingga sore.

  • Alamat: Jl. Sulanjana No.30, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0816-616-969
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-14.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp12.000 per porsi

6. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol

Jika kamu sedang ingin mencoba breakfast di Bandung dengan kupat tahu, cobalah datang ke Kupat Tahu Gempol di Jalan Gempol Kulon No. 53, Citarum (dekat Gedung Sate). Kupat tahu ini merupakan salah satu kupat tahu legendaris, loh! Bahkan di salah satu wawancaranya, Kang Emil pernah merekomendasikan kupat tahu ini sebagai salah satu menu yang wajib dicoba kalau sedang berkunjung ke Bandung.

Kupat Tahu Gempol buka dari jam 6 pagi - 12 siang, atau sehabisnya. Jadi, datangnya jangan kesiangan, ya. Kupat Tahu Gempol memang seperti kupat tahu kebanyakan, isinya lontong, tauge, tahu, dan saus kacang.

Yang bikin beda adalah cita rasa kupatnya yang cenderung manis, lalu kerupuknya bukan kerupuk oranye seperti yang biasanya digunakan tukang nasi goreng, melainkan kerupuk merah alias kerupuk terasi. Harga per porsinya 18ribu.

  • Alamat: Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 2533854
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00-23.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp18.ooo per porsi

7. Lontong Kari Kebon Karet

Lontong Kari Kebon Karet

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Lontong Kari Kebon Karet merupakan kuliner legendaris kota Bandung. Walaupun berada jauh di dalam gang sempit, tidak membuat para pelanggan menyerah untuk mencapai tempat ini. Alamat lengkap kedai lontong ini ada di Jalan Otto Iskandar Dinata, Gang Kebon Karet no. 28C.

Karena tempatnya di dalam gang, kamu harus parkir kendaraan pribadi di sekitaran mulut gang. Nanti di gang-nya ada tulisan "Lontong Kari Kebon Karet" dan juga penunjuk arah dengan tulisan "50 meter". Di sini ada dua jenis lontong kari, yaitu yang Biasa dan Spesial. Tapi, bedanya sih cuma sepotong telur rebus saja antara yang biasa dan yang spesial.

Tidak hanya lontong kari, di tempat makan ini juga tersedia mie kari, nasi soto bandung, nasi goreng, bakso, dan masih banyak lagi. Jam buka Lontong Kari Kebon Karet dari jam 7 pagi - 9 malam. Seporsi Lontong Kari Biasa dihargai Rp 19.000.

  • Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Bandung
  • Nomor telepon: 0813-9492-9358
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00- 19.00 WIB
  • Kisaran harga: Sekitar Rp19.000 per porsi

8. Lotek Mahmud

Lotek Mahmud

Lotek Mahmud juga adalah pilihan tempat sarapan enak di Bandung.  Di rumah makan ini, kamu tidak hanya bisa menikmati seporsi lotek yang lezat saja. Ya, ada menu lain seperti nasi bakmoy, nasi lengko, petis kangkung, dan gado-gado yang bisa dicicipi.

Nah, buat kamu yang beragama muslim, ada baiknya tanyakan dulu pada pelayan rumah makan ini tentang kehalalan menu yang akan dipesan. Mengapa? Karena di sini ada beberapa menu non-halal. Salah satunya Nasi Bakmoy.

  • Alamat: Jl. Mahmud IV No.9, Pamoyanan, Kec. Cicendo,Bandung, Jawa Barat 40218
  • Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 6010347

9. Roti Gempol

Roti Gempol

Roti Gempol termasuk ke dalam tempat roti terenak di Bandung. Sesuai namanya, roti enak ini memang berada di Jalan Gempol, lebih tepatnya di rumah no. 14, Citarum. Saat memesan kamu akan ditanya, mau Roti Biasa atau Roti Gandum. Lalu, kamu akan diberi pilihan lagi, mau roti manis atau roti asin.

Untuk menu roti manis, kamu bisa memilih selai stroberi, blueberry, dan meses coklat. Untuk roti asin, kamu bisa memilih daging asap, telur, dan keju. Ada juga nih menu roti spesial yang pilihannya ada daging, telur, dan keju. Ingin semuanya? Pesan saja roti bakar komplit yang isinya daging + telur + keju. Roti bakar ini enak banget dinikmati sama segelas teh panas atau secangkir kopi panas.

  • Alamat: Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 4239469
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-21.00 WIB

10. Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo

KUPAT TAHU LONTONG KARI CICENDO

Selain Kupat Tahu Gempol, ada tempat sarapan kupat tahu lainnya yang enak dan tentu saja melegenda. Namanya Kupat Tahu Lontong Kari Cicendo Mak Yeyet. Saking penuh dan melegendanya tempat ini, kalau mau pesan makanan di sini, harus pakai nomor antrian, lho.

Lontong dan kupat tahu di sini sangat spesial karena bahan yang digunakan untuk membuat sajiannya sangat berkualitas. Termasuk tahunya. Tahunya sendiri dihadirkan dari daerah Cibuntu yang terkenal banyak memproduksi tahu dengan citarasa yang lezat. Nah, sudah kebayang, kan rasa hidangan lontong kari dan kupat tahu yang satu ini seperti apa?

  • Alamat: Belakang Jl. Cicendo No.21, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0851-0825-3545
  • Jam operasional: Senin-Jumat, 06.00-15.00 WIB, Sabtu-Minggu, 06.00-14.00 WIB

11. Sari-Sari Aneka Kue Jajanan Pasar

Sari Sari

Untuk kamu yang sedang di Bandung atau warga Bandung yang sedang ingin cari sarapan di luar, Sari-sari bisa menjadi tempat sarapan kamu nih. Kalau kamu ingin sarapan yang nggak terlalu berat tapi cukup mengenyangkan, Sari-sari punya banyak pilihan nih seperti aneka kue jajanan pasar yang enak-enak.

Tempat ini juga menyediakan pelayanan pemesanan kue box untuk meeting kantor atau acara penting lainnya dan ada juga kue nampan yang isinya campuran dari kue jajanan pasar. Menarik, ya?

  • Alamat: Jl. Sultan Tirtayasa No.17, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115
  • Nomor telepon: (022) 84469481

12. Bubur Ayam H. Amid

Bubur Pak H. Amid

Bubur Ayam H. Amid atau Bubur Ayam Pak Amid merupakan tempat sarapan pagi yang selanjutnya. Selain nasi goreng, bubur juga merupakan menu sarapan yang paling sering disantap orang Indonesia. Apakah kamu salah satunya?

Jika kamu ingin sarapan dengan bubur yang endeus banget, Bubur Ayam H. Amid siap melayani kamu. Ada dua lokasi bubur ini yang bisa kamu jambangi, yaitu Jalan Pajajaran no. 105 dan Jalan Arjuna no. 105.

  • Alamat: Jl. Pajajaran No.105, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 6020864
  • Jam operasional: Setiap hari, 05.00-23.00 WIB

13. Surabi Cihapit

Surabi Cihapit

* sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Selain nasi goreng, bubur, dan kupat tahu, surabi merupakan makanan khas Bandung lainnya yang biasa dijadikan sarapan. Makanya, banyak pedagang surabi yang telah mulai berdagang sejak subuh. Kalau kamu ingin makan surabi enak, datanglah ke Jalan Cihapit (dekat pasar).

Kamu bisa langsung menonton proses pembuatan surabi mulai dari penuangan adonan hingga penambahan topping. Surabi Cihapit terkenal dengan Surabi Oncom-nya. Tapi, selain surabi oncom ada banyak juga pilihan surabi lainnya. Sebuah surabi oncom di sini dihargai Rp 2.000 saja.

  • Alamat: Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0895-3446-06887
  • Jam operasional: Senin-Sabtu, 06.00-12.00 WIB, Minggu, 06.00-12.00 WIB

14. Warung Nasi Ibu Eha

Tempat sarapan di Bandung satu ini merupakan salah satu tempat makan yang legendaris dan unik. Warung Nasi Ibu Eha berada dalam kawasan Pasar Cihapit, untuk kamu yang mau mencicipi sarapan di sini untuk pertama kali mungkin akan agak kesulitan mencarinya karena lokasinya berada di dalam pasar.

Warung Nasi Ibu Eha sudah buka dari jam 07.00 pagi, di sini menyediakan makanan khas nusantara khususnya masakan sunda. Selain untuk sarapan, Warung Nasi Ibu Eha juga cocok untuk jadi tempat makan siang. Hanya saja jangan terlalu siang karena warung nasi ini tutup jam 3 sore dan biasanya setelah lewat jam makan siang ada beberapa makanan yang sudah habis.

  • Alamat: Ps. Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40114
  • Jam buka: 07.00-15.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 4261453

15. Kupat Tahu Legit

kupat tahu legit

Kupat tahu ini sangat recommended banget! Porsinya besar tapi harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10 ribu. Isian Kupat Tahu Legit ini sama seperti kupat tahu pada umumnya. Ada tahu, timun, tauge, dan lontong tentunya. Semua itu disiram oleh saus kacang yang diulek dengan bumbu petis. Jadi, sesuai namanya, kupat tahu ini sangaaat legit. Makan kupat tahu ini akan semakin nikmat kalau ditambah sambel dan kerupuk.

Warung Kupat Tahu Legit buka dari pagi sampai siang. Jangan datang terlalu siang kalau tidak mau kehabisan. Karena, walaupun tempatnya kecil dan berada di ujung gang sempit, Kupat Tahu Legit tidak pernah sepi pengunjung. Penasaran? Datang saja ke Jalan Cicendo (tepat di seberang RS Mata Cicendo).

  • Alamat: Jl. Cicendo No.29, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung
  • Nomor telepon: 0853-1476-2356

Ya, itulah 15 rekomendasi tempat sarapan pagi di Bandung yang enak dan relatif murah. Apa ada yang punya rekomendasi lainnya selain yang sudah Keluyuran sebut di atas? Yuk, share di kolom komentar.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram