10 Tempat Wisata Menarik di Tiongkok yang Unik dan Mendunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada begitu banyak tempat yang dapat kamu jelajahi di Tiongkok, tempat-tempat bersejarah yang berpadu dengan dengan keindahan alamnya. Tempat yang menjadi saksi sejarah hingga ribuan tahun lamanya.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat yang penuh sejarah dan juga alam yang indah di Tiongkok, berikut ini beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tembok Besar Tiongkok – Beijing

Tembok Besar Tiongkok – Beijing

Siapa yang tidak kenal dengan Tembok Besar Tiongkok, sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon dari Negara Tiongkok. Tembok ini wajib kamu kunjungi jika kamu berkunjung ke Tiongkok. Kamu akan menemukan tembok yang megah ini masih berdiri dan terjaga dengan baik.

Tembok yang dibuat sekitar abad ke 5-7 sebelum masehi ini merupakan sebuah benteng pertahanan. Ketinggian benteng ini tidak rata, ada yang enam sampai delapan meter, hingga 16 meter, bergantung dengan kontur pegunungannya. Tembok ini dibangun oleh beberapa dinasti yang berkuasa

Jika kamu ingin mengunjungi Tembok Besar Tiongkok ini, kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki untuk orang yang senang hiking. Untuk manula dan yang tidak kuat berjalan kamu juga bisa menggunakan Cable Car atau dengan Chairlift.

  • Alamat: Mutianyu, Beijing, RRT
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • HTM: Dewasa CNY 40, Manula di atas 60 & Anak anak dengan tinggi 1,2-1,4 m CNY 20

2. Tentara Terracota – Xi’an

Tentara Terracota – Xi’an

Tentara Terracotta ini telah berusia sekitar 2000 tahun, ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1970an. Patung  yang dibangun untuk menjaga kaisar yang  pertama, isinya terdiri dari beragam patung diantaranya ada 8000 prajurit, 520 kuda, 100 kereta, dan banyak patung non militer lainnya.

Patung ini berada dalam satu situs dengan Mausoleum dari Kaisar Qin Shi Huang. Jika kamu ingin mengunjungi situs ini dengan santai ada baiknya kamu hindari berkunjung dihari libur. Kunjungi pada bulan Maret – Mei, atau September – Oktober, bulan-bulan itu cuacanya cukup menyenangkan.

  • Alamat:bLintong  District, Xi’an, Shaanxi, RRT
  • Jam buka: Maret 16 – November 15 08.30 – 18.00, November 16 – Maret 15 8.30 – 17.30
  • HTM: CNY 120, Gratis untuk anak dengan tinggi badan di bawah 1,4 m

3. Kota Terlarang – Beijing

Kota Terlarang – Beijing

Satu lagi bangunan yang megah yang menjadi bangunan terpenting dalam sejarah Negara Tiongkok, yaitu Kota Terlarang yang merupakan Istana Kekaisaran yang terletak di pusat Kota Beijing. Istana kekaisaran ini merupakan tempat tinggal 24 kaisar selama Kekaisaran Ming dan Qing.

Luas dari kompleks kekaisaran ini sekitar 47 hektar, yang dikelilingi tembok dengan ketinggian 10 meter dan parit yang lebar, serta terdapat lebih dari 8.700 kamar. Komplek istana yang luas membuat kamu akan memerlukan waktu berjam-jam untuk mengunjungi setiap tempatnya.

  • Alamat: Beijing, RRT
  • Jam buka: April – Oktober 15 08.30 – 17.00, November 16 – Maret 15 8.30 – 16.30 (Senin tutup)
  • HTM: April – Oktober CNY 60, November – Maret CNY 40 (Untuk turis asing harus membawa paspor saat membeli tiket) 

4. Pusat Penelitian Perkembangbiakan Panda– Chengdu

Pusat Penelitian Perkembangbiakan Panda– Chengdu

Apakah kamu suka dengan tingkah gemas dari binatang panda? Jika kamu suka, maka Pusat Penelitian panda ini wajib kamu datangi. Pusat Penenelitan Panda di Chengdu ini dibuat dengan meniru habitat asli dari panda tersebut agar mereka dapat berkembang biak dengan baik.

Panda merupakan binatang yang banyak disukai oleh orang diseluruh dunia, dan mereka hanya dapat kamu temukan di Provinsi Sichuan, Saanxi dan Gansu. Populasi mereka saat ini kurang dari 2.000 ekor. Pusat Penelitian ini juga rumah bagi hewan langka yang berada disekitar tempat penelitian.

  • Alamat: 1375 Xiongmao Ave, Distrik Chenghua, Chengdu, Provinsi Sichuan, RRT
  • Website: http://www.panda.org.cn
  • Jam buka: 07.30 – 18.00, Tiket mulai dijual pukul 07.30 – 17.00
  • HTM: CNY 58

5. Patung Buddha Raksasa Leshan – Sichuan

Patung Buddha Raksasa Leshan - Sichuan

Patung Buddha Leshan merupakan patung Buddha Maitreya yang di pahat di pinggir sebuah bukit dengan posisi duduk. Patung ini berada di pinggir bukit yang merupakan pertemuan dari tiga sungai yaitu Sungai Min, Sungai Qinyi dan Sungai Dadu, dan merupakan patung Buddha terbesar di dunia.

Patung ini memiliki detail rambut yang mengagumkan, terdiri dari 1.021 sanggul yang berada pada bagian rambutnya. Selain itu patung ini memiliki sistem pembuangan air yang terdapat di bagian kepala, belakang telinga, tangan dan juga pakaiannya yang membuat patung ini tetap kering.

  • Alamat: 2435 Lingyun Rd, Kota Leshan, Provinsi Sichuan, RRT
  • Jam buka: 09.30 – 16.50, Tiket mulai dijual pukul 07.30 – 17.00
  • HTM: CNY 80 (termasuk tiket perahu CNY 70)

6. Taman Hutan Nasional Zhangjiajie – Hunan

Taman Hutan Nasional Zhangjiajie – Hunan

Taman hutan ini menjadi terkenal karena pemandangan pegunungannya menjadi inspirasi dari sebuah film Box Office Avatar. Taman hutan ini sangat luas dan memiliki beragam pemandangan. Ada beberapa tempat yang ramai di kunjungi, seperti Yuanjiajie, Gunung Tianzi, dan Sungai Gold Whip.

Gunung Hallejujah Avatar terdapat di daerah Yuanjiajie dan merupakan tempat yang paling populer dan banyak di kunjungi di Zhangjiajie. Formasi pegunungan yang menjulang tinggi dengan rimbunnya tanaman hijau yang benar-benar akan membuat matamu terpana oleh keindahannya.

  • Alamat: Distrik Wulingyan, Kota Zhangjiajie, Provinsi Hunan, RRT
  • Jam buka: 07.30 – 18.00
  • HTM: CNY 248 ( Berlaku selama 3 atau 4 hari)

 7. Biara Gantung Hengshan – Shanxi

Biara Gantung Hengshan – Shanxi

Biara ini berlokasi di Gunung Hengsan, tepatnya berada di Ngarai Jinxia di tebing sebelah barat dan berada di ketinggian 50 meter di atas tanah. Bangunan ini telah bertahan selama 1400 tahun, dan merupakan sebuah keajaiban arsitektur karena dapat bertahan dari angin dan badai ribuan tahun.

Satu hal yang unik dari biara ini selain dari tempatnya adalah isi dari biara menyatukan Buddisme, Taoisme, dan Konfusianisme dalam satu tempat di Tiongkok. Pada bagian Aula Sanjiao kamu akan menemukan patung dari pendiri tiga agama itu berada yaitu Shakyamuni, Laozi, dan Confusius.

Alamat: Hunyuan, Kota Datong, Provinsi Shanxi, RRT

Jam buka: 09.00 – 17.00

8. Gunung Taishan – Shandong

Gunung Taishan – Shandong

Gunung Thaisan adalah pemimpin dari lima gunung yang dianggap suci di Tiongkok, dengan puncaknya bernama Jade Emperor Summit. Pada kaisar yang akan naik tahta berdoa ke surga dan bumi atau pada leluhurnya dengan menaiki Gunung Taishan ini.

Gunung ini tak hanya menawarkan keindahan alamnya yang mempesona dengan dengan pepohonan seperti pinus dan cemara yang telah berusia berabad-abad tetapi juga peninggalan budaya dan karya seninya. Ada banyak kuil-kuil megah serta pahatan-pahatan pada batu yang terdapat di gunung ini.

  • Alamat: Kota Tai’an, Jinan, Zibo, Provinsi Shadong, RRT
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: CNY 130 (Tiket Terusan ke Tempat-tempat yang ada di Gunung Taishan)

9. Sungai Li – Guangxi

Sungai Li - Guangxi

Keindahan pemandangan alam dari sekeliling sungai ini banyak memberi inspirasi pada pelukis dan para penyair di Tiongkok. Pada masa sekarang tempat ini menjadi destinasi populer dari para fotografer untuk mengabadikan keindahan alam disekitar sungai Li ini.

Tempat yang paling indah adalah bagian dari Sungai Li yang panjangnya sekitar 83 kilometer antara Guilin dan Yangshuo. Sungai yang dihiasi dengan bukit-bukit karst, tebing-tebing yang curam, serta desa-desa adalah pemandangan yang akan kamu lihat saat berlayar di antara Guilin dan Yangshuo.

  • Alamat: Guilin, Yangshuo, Provinsi Guangxi, RRT
  • Jam buka: Perahu layar dibuka pukul 10.00 (Perjalannya satu arah)

10. Taman Klasik di Suzhou – Jiangshu

Taman Klasik di Suzhou - Jiangshu

Taman yang berada di suzhou ini telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, yang usianya telah mencapai seribu tahun lamanya. Taman suzhou ini merupakan bentuk seni berkebun yang yang sangat halus. Sembilan Taman yang ada di Suzhou ini merupakan ikon dari taman tradisional Tiongkok.

Suzhou sendiri memiliki hampir sekitar 80 taman klasik, dan ada empat taman yang cukup terkenal karena keindahannya yaitu Taman Humble Administrator’s, Lingering,  Master of the Nets dan Lion Grove. Taman-taman Suzhou yang hijau dan damai adalah tempat yang tidak boleh kamu lewatkan.

  • Alamat: Suzhou, Provinsi Guangxi, RRT
  • Jam buka: 07.30 – 17.30
  • HTM: Tiket setiap taman berbeda kisaran harganya antara CNY 30 – 100

Keindahan dari Tiongkok telah melewati rentang waktu yang telah begitu lama, bahkan ada yang hingga melewati  ribuan tahun lamanya. Bangunan-bangunan bersejarah yang masih bertahan hingga sekarang, adalah hal yang sangat mengagumkan. Kamu seperti diajak berjalan-jalan ke masa ribuan tahun yang lalu dengan bangunan-bangunan  yang masih bertahan hingga sekarang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *