10 Tempat Wisata di Kyoto yang Patut Dikunjungi Pelancong

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 20 Juni 2020

Selain Tokyo, Kyoto adalah kota lainnya di Jepang yang tak kalah menarik. Ini tak lepas dari keindahan yang terkandung di dalam kota satu ini. Saking indahnya, kota satu ini sampai-sampai mendapat penghargaan sebagai kota terbaik di dunia oleh Travel Inc. Selain keindahan kotanya, Kyoto juga kaya akan tempat wisatanya. Makanya, tak salah bila kamu ingin menjadikan Kyoto sebagai destinasi vakansimu saat di Jepang nanti.

Kalau kamu mau ke Kyoto dan hendak mengunjungi tempat-tempat wisata di sana, berarti kamu tengah membaca artikel yang tepat. Pasalnya, di artikel ini Keluyuran akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Kyoto.

1. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha

* sumber: jw-webmagazine.com

Mengawali perjalananmu ke Kyoto, kamu harus banget singgah di sebuah kuil Shinto yang sangat terkenal di kota ini, yaitu Fushimi Inari Taisha. Kuil ini terkenal dengan jajaran Torii (gerbang kuil) berwarna orange yang berada di sepanjang jalan masuk. Torii ini merupakan sumbangan dari perusahaan-perusahaan Jepang untuk Kuil Inari.

Keindahan Torii yang berjajar di kuil inilah yang menarik perhatian wisatawan. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara singgah ke kuil ini hanya untuk berfoto dengan background gerbang kuil. Nah, tertarik untuk turut berfoto di kuil yang didedikasikan untuk dewa padi ini?

2. Arashiyama

Arashiyama

* sumber: travel.gaijinpot.com

Ini adalah tempat wisata di Kyoto yang ada di sebelah barat kota tersebut, tepatnya di Ukyo-ku, Kyoto, Jepang. Tempat wisata ini berbentuk sebuah distrik di pinggiran Kyoto yang kaya akan panorama hutan bambunya.

Di sekitaran tempat wisata ini, terdapat beberapa destinasi yang ikonik. Jembatan Togetsu, Kereta Troli, dan sungai Hozigawa adalah beberapa destinasi tersebut. Selain itu, ada pula kuil Nison-in dan Jojakko-ji yang bisa kamu temui di dalam tempat wisata ini.

Sebagai saran, sebaiknya kamu datang ke tempat wisata ini di saat bulan Desember. Di bulan tersebut, kamu akan melihat festival Arashiyama Hanatoro yang membuat jembatan serta hutan di tempat ini penuh dengan lampu-lampu benderang.

3. Kuil Kinkakuji

Kuil Kinkakuji

* sumber: blog.daddystakoyaki.com

Kyoto kaya akan kuilnya. Dan Kuil Kinkakuji adalah salah satunya. Kuil ini masuk ke dalam jajaran kuil Jepang terpopuler di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Yang membuat kuil ini menarik adalah material bangunannya, di mana kuil ini hampir seluruh bagiannya terbuat dari emas.

Pemandangan di sekitar kuil ini juga tak kalah menarik. Kalau kamu datang ke kuil ini di musim panas atau gugur, maka kamu bisa melihat keindahan daun-daun kemerahan yang berguguran di sekitaran kuil ini. Dan di kala musim salju, kamu bisa melihat panorama kuil ini yang dilapisi oleh salju-salju yang berguguran. Berminat ke sini? Silakan datang saja ke kawasan 1 Kinkakujicho, Kita, Kyoto, Kyoto Prefecture 603-8361, Jepang.

4. Nijo Castle

Nijo Castle

* sumber: travel.gaijinpot.com

Berlokasi di pusat Kota Kyoto, Istana Nijo merupakan sebuah situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Maklum saja, istana ini merupakan bangunan bersejarah karena dibangun pada tahun 1603 dan dijadikan tempat tinggal oleh Dinasti Tokugawa, salah satu penguasa yang memiliki pengaruh besar di zaman Edo.

Wisatawan yang datang kemari pasti tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang Istana Ninomaru dan Taman Ninomaru yang sangat cantik. Kamu pun dapat masuk ke bagian dalam istana untuk melihat interior dan perabotan yang masih berada di dalam istana dengan membeli karcis masuk di dekat pintu masuk.

5. Gion

Gion

* sumber: allabout-japan.com

Bisa dibilang kalau ini adalah tempat wisata ikonik di Kyoto. Tempat wisata berbentuk distrik ini kental akan budaya tradisional Jepang-nya. Selain sebagai distrik wisata, Gion District juga terkenal sebagai distrik Geisha dan penari di Kyoto. Jadi, saat kamu ke distrik ini, kamu bisa bertemu dan melihat sejumlah Geisha dan penari di sana.

Datanglah pada bulan Juli, bila ingin melihat festival istimewa di distrik satu ini. Di interval awal hingga akhir Juli, Gion District selalu mengadakan festival Gion Matsuri. Festival ini tak pernah sepi di setiap tahunnya. Kabar baiknya, festival tersebut bisa dihadiri siapa saja tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis, lho. Datanglah ke kawasan Gionmachi, Higashiyama-ku, Kyuto 605-0001, Prefektur Kyoto, Jepang, bila tertarik ke tempat wisata satu ini.

6. Kiyomizudera

Kiyomizudera

* sumber: en.tokyonarita.jp

Kyoto terkenal dengan kuil-kuilnya yang fenomenal. Selain Fushimi Inari Taisha, ada satu lagi kuil yang sangat terkenal, namanya Kiyomizudera. UNESCO sudah mengklaim kuil ini sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1994. Kuil megah yang berdiri di atas bukit ini selalu menjadi jujugan bagi wisatawan yang datang kemari. Apalagi di sekitar kuil terdapat taman yang asri dan semakin mempercantik pemandangan.

Kiyomizudera akan terlihat semakin cantik apabila kamu berkunjung kemari pada musim semi. Kuil di atas ketinggian ini akan terlihat menawan karena dikelilingi pohon-pohon bunga sakura yang sedang bermekaran.

7. Kyoto Tower

Kyoto Tower

* sumber: www.keihanhotels-resorts.co.jp

Selain Gion District, Kyoto Tower adalah tempat wisata lainnya yang ikonik di Kyoto. Tempat wisata ini berbentuk sebuah menara yang bentuknya serupa lilin tradisional Jepang. Kalau kamu menaiki puncak tempat wisata ini, kamu bisa melihat pemandangan indah di Kyoto dari ketinggian 100 meter.

Tak hanya menikmati pemandangan Kyoto dari ketinggian, di sini kamu pun bisa berbelanja di pusat perbelanjaan yang berada di dalam menara atau bersantai sambil minum di sky lounge yang tersedia. Tempat wisata ini letaknya persis di jantung kota Kyoto, tepatnya di Higashishiokojicho, Shimogyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 600-8216, Jepang.

8. Kuil Yasaka

Kuil Yasaka

* sumber: yukwisata.id

Ini adalah kuil menarik lainnya yang ada di Kyoto. Kuil ini letaknya persis di dalam wilayah Gion District. Selain sebagai tempat wisata, kuil ini juga sering dipakai sebagai tempat berdoa untuk meminta keturunan. Hal ini tak lepas dari reputasi kuil ini yang sejak dulu dikenal sebagai simbol kemakmuran Kyoto.

Reputasi tersebut tak hadir begitu saja, melainkan didasari dari latar pendirian kuil ini. Menurut sejarah, kuil ini dibangun sebagai persembahan untuk Dewa Kemakmuran beserta istri dan 8 anaknya. Jika tertarik berkunjung ke kuil ini, maka bisa datangi alamat 625 Gionmachi Kitagawa, Higashiyama Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 605-0073.

9. Pasar Nishiki

Pasar Nishiki

* sumber: www.jnto.go.jp

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin wisata belanja di Kyoto. Di dalam pasar ini, kamu bisa melihat kurang lebih 120 toko dan restoran yang berjejal di sepanjang area pasar ini. Jadi, di sini kamu bisa berbelanja ria sekaligus bersantap-santap enak.

Adapun kuliner khas Kyoto yang wajib kamu cicipi di Pasar Nishiki adalah okonomiyaki, kroket, dan kaiseki ryori. Pokoknya, semua makanan yang dijajakan di pasar ini dibanderol dengan harga yang bersahabat. Tertarik? Datang saja ke 604-8054 Kyoto Prefecture, Kyoto, Nakagyo Ward, Jepang.

10. Kyoto Gosho

Kyoto Gosho

* sumber: courses.hamilton.edu

Kalau kamu masih ingin wisata sejarah di Kyoto, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata ini setelah dari Museum Nasional Kyoto nanti. Sebelum menjadi tempat wisata sejarah seperti sekarang. Istana ini sudah dipakai oleh sejumlah kaisar di berbagai dinasti, mulai dari Heian hingga Edo.

Di istana ini, kamu akan mempelajari sejarah dan perkembangan kekaisaran di Jepang, khususnya di Kyoto. Kalau kamu berminat ke sini, kamu bisa datang ke kawasan 3 Kyotogyoen, Kamigyo Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 602-0881, Jepang.

11. Tenryū-ji

Tenryū-ji

* sumber: pl.wikipedia.org

Sebuah kuil terbesar di Arashiyama, Kyoto, Jepang ini merupakan kuil yang dibangun oleh seorang shogun (penguasa) bernama Ashikaga Takauji untuk menenangkan arwah Kaisah Go-Daigo yang digulingkannya. Meskipun pernah mengalami renovasi beberapa kali karena kebakaran, tampilan kuil ini masih sama seperti ketika pertama kali dibangun.

Pengunjung diperbolehkan masuk untuk melihat-lihat bagian dalam kuil. Interior tradisional Jepang masih terasa kental di bagian dalam kuil. Sementara itu, bagian luar kuil akan terlihat sangat indah kala musim gugur, saat daun-daun di pepohonan berubah warna kemerahan.

12. Museum Nasional Kyoto

Museum Nasional Kyoto

* sumber: sisterhood-of-doom.fandom.com

Kalau tempat wisata ini, cocok buat kamu yang ingin wisata sejarah di Kyoto. Museum ini letaknya ada di 527 Chayacho, Higashiyama Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 605-0931, Jepang. Museum ini memiliki koleksi yang beraneka ragam. Ada berupa peninggalan Buddha dan Shinto, koleksi dari Dewan Perlindungan Peninggalan Budaya Jepang, hingga Koleksi Moriya pemberian beberapa penduduk di Kyoto.

13. Heian Jingū

Heian Jingū

* sumber: japancheapo.com

Kuil Shinto yang arsitekturnya didominasi warna merah ini juga tidak boleh kamu lewatkan saat berwisata di Kyoto. Heian Jingū dibangun pada tahun 1895 untuk memperingati ulang tahun ke-1100 pembentukan Heian-kyo (nama kuno Kyoto). Jadi, jangan heran jika kuil ini menjadi kuil kebanggaan sekaligus bersejarah bagi warga Kyoto.

Sama seperti kuil-kuil lain di Jepang, Heian Jingū juga dikelilingi oleh pohon sakura yang akan terlihat indah bermekaran ketika musim semi tiba. Bila kamu datang ke Kyoto pada musim semi, kamu bisa bertandang ke kuil ini untuk melihat dari dekat keindahan bunga sakura.

14. Tō-ji

Tō-ji

* sumber: en.tokyonarita.jp

Nah, nggak hanya kuil saja yang bisa kamu lihat ketika berada di Kyoto, wihara Budha yang terkenal juga ada. Salah satu wihara Budha yang menjadi objek wisata di Kyoto adalah Tō-ji.

Ciri khas dari wihara ini adalah pagodanya yang diklaim sebagai pagoda tertinggi di Jepang dengan ukuran tinggi total 57 meter. Dari puncak pagoda yang setara dengan bangunan 15 lantai ini, kamu dapat melihat Stasiun Kyoto maupun Taman Umekoji.

Mau berkunjung kemari siang maupun malam hari sama-sama cantik kok. Di malam hari, sinar lampu yang menyorot pagoda dan pohon sakura di pelatarannya akan semakin menambah cantik pemandangan di sekitar wihara.

15. Ginkaku-ji

Ginkaku-ji

Pemandangan Kuil Ginkaku-ji dari depan nampak seperti sebuah wallpaper. Bangunan kuil yang tidak terlalu besar mengusung arsitektur tradisional Jepang. Di bagian depan kuil terdapat sebuah kolam yang menampilkan refleksi bayangan dari bangunan kuil. Pohon-pohon hijau nampak mengelilingi kuil.

Ginkaku-ji juga dikenal dengan nama Kuil Paviliun Perak. Konon, ruangan utama kuil ini seluruh dindingnya dilapisi oleh kertas perak. Meskipun tidak bisa masuk ke bagian dalam kuil, kamu tetap bisa menikmati keasrian taman di sekitar kuil kok.

Nah, tertarik untuk berkunjung ke Kyoto? Jangan lupa untuk mencatat daftar tempat wisata yang kami rekomendasikan ini. Pastikan kamu tidak melewatkan semua spot wisata menarik yang ada di Kyoto ini, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram