17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Pangalengan adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Pangalengan merupakan pusat pertanian, perkebunan, dan peternakan yang ada di kawasan Bandung Selatan. Masyarakat, khususnya yang ada di kota Bandung kerap menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi wisata pilihan saat liburan. 

Selain landscape alamnya yang mempesona, suasana tenang yang menyelimuti wilayah tersebut pun mampu menjadi obat jitu untuk mengurangi kepenatan. Nah, jika kamu bingung memilih tempat wisata di akhir pekan, maka 17 tempat yang akan Keluyuran bahas di bawah bisa menjadi rekomendasi yang menarik bagi kamu dan keluarga. Simak daftar tempatnya berikut ini ya!

1. Sunrise Point Cukul

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 1
  • Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0859-7477-9204
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Percaya atau tidak, dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp10.000, kamu sudah bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbit? Yap, pengalaman menarik ini bisa kamu dapatkan jika kamu mendatangi salah satu tempat wisata di pangalengan, yakni Sunrise Point Cukul.

Tidak hanya melihat matahari terbit, di tempat ini kamu bisa foto-foto ria karena ada banyak sekali spot foto yang Instagram-able. Mau santai saja? Bisa. Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan dari hamparan kebun teh yang luas.

Selain melakukan ketiga kegiatan tadi, kamu pun bisa berkemah di Sunrise Point Cukul ini, lho. Tertarik? Datang langsung saja ke alamat yang ada di atas, ya.

2. Pemandian Air Panas Cibolang

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 2
  • Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang (Reguler), Rp35.000 per orang (VIP)

Salah satu tempat favorit wisatawan selanjutnya yang ada di Pangalengan adalah tempat pemandian air panas Cibolang. Air panas Cibolang bersumber dari mata air gunung Windu, yang mengandung belerang serta mineral. Tempat pemandian ini cukup menarik karena dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Pemandian air panas ini memiliki lebih dari satu kolam renang dengan suhu yang berbeda-beda. Nah, tiket masuk regulernya berlaku untuk akses ke satu kolam saja, sementara untuk tiket VIP berlaku untuk semua kolam. 

Tempat ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin rehat sejenak dari kesibukan bekerja. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari, dimana udara yang ada di wilayah tersebut terasa lebih sejuk dan menyegarkan bagi tubuh. 

Kalau mau menginap, di sekitar sini juga ada villa, lho. Oh iya, selain fasilitas kolam pemandian, di tempat ini kamu bisa menikmati fasilitas lain seperti water slider, ember tumpah, spot foto dan masih banyak lagi.

3. Hutan Pinus Rahong

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 3
  • Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.30 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Hutan Pinus Rahong bisa jadi destinasi liburan dan wisata untukmu yang tertarik berkunjung ke kawasan Pangalengan Bandung. Hutan Pinus ini berada di kawasan Desa Rahong yang letaknya tak begitu jauh dari Situ Cileunca.

Nggak cuma bisa menikmati pemandangan alam yang indah dengan udara yang masih sejuk, di sini kamu pun bisa melakukan kegiatan lain seperti berkemah, foto-foto sampai rafting, lho.

Untuk masing-masing kegiatan ini, kamu akan dikenakan tiket masuk yang berbeda-beda. Nah, sementara untuk masuk ke kawasan Hutan Pinus Rahong, tiket masuknya hanya Rp5.000 saja untuk satu orangnya. Tiket ini belum termasuk biaya parkir kendaraan, ya.

4. Gravity Adventure Pangalengan

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 4
  • Alamat: Jl. Situ Cileunca, Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0812-1472-3240
  • Harga Tiket: -

Untuk kamu yang suka memacu adrenaline, kamu bisa memilih kegiatan outbound dan rafting selama liburan. Nah, di Pangalengan, ada satu tempat wisata yang menyediakan faslitas untuk kegiatan ini, namanya Gravity Adventure Pangalengan.

Selain menawarkan rafting dan outbound, tempat wisata ini juga punya fasilitas berupa gazebo yang luas, serta menu makanan yang variatif dan enak. Jadi, selama kamu melakukan kegiatan di sini, tidak perlu ribet cari makanan di luar, deh

Tempat wisata di Pangalengan ini cocok buat kamu yang juga ingin mengadakan gathering, lho. Kalau tertarik, silakan hubungi kontak yang tersedia, atau kunjungi alamat yang tertera di atas, ya.

5. Situ Cileunca

Situ CileuncaSumber: dakatour.com
*
  • Alamat: Jl. Situ Cileunca, Wanasari, Pangalengan, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Di bawah Rp10 .000 per orang

Situ Cileunca adalah destinasi wisata alam yang cukup populer di kawasan Pangalengan. Situ Cileunca sendiri merupakan danau buatan seluas 1400 hektar yang berada di Desa Wanasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Di tempat ini, kamu dan para wisatawan lain dapat menikmati panorama alam yang memanjakan mata sambil menjelajahi kawasan wisata tersebut dengan menggunakan perahu atau rakit.

Kamu pun dapat melakukan aktivitas lain seperti foto-foto di spot yang tersedia. Salah satunya adalah Jembatan Cinta. Kalau kamu mau aktivitas yang lebih menantang seperti rafting juga bisa, kok.

Sekadar info, di sekitar sini juga banyak kebun-kebun arbei dan stroberi yang bisa kamu kunjungi. Gimana, kamu tertarik untuk datang ke Situ Cileunca? Silakan langsung kunjungi alamat yang ada di atas.

6. Taman Bougenville

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 5
  • Alamat: Jl. Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamata Cimaung, Banjaran - Pangalengan  Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0811-9102-003
  • Harga Tiket: Rp35.000 per orang

Selanjutnya, ada Taman Bougenville. Taman wisata ini cocok untuk kamu kunjungi, jika kamu mencari destinasi wisata dengan konsep one-stop yang lengkap. Ya, tempat wisata ini bisa dibilang sangat amat lengkap karena ada banyak fasilitas yang bisa kamu coba dan gunakan.

Di sini, ada area garden dengan bunga-bunga yang bermekaran, jembatan yang bisa digunakan untuk berfoto, ada pula gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai sejenak.

Bukan cuma itu saja, di Taman Bougenville kamu bisa mencoba mengajak si kecil untuk piknik atau bermain di playground, outbound dan masih banyak lagi aktivitas seru lain yang bisa dilakukan di sini.

Tenang, kalau butuh tempat untuk bermalam, Taman Bougenville punya banyak jenis villa yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah villa Modi Lake yang berhadapan langsung dengan danau.

7. Rumah Pengabdi Setan

  • Alamat: Kawasan PTPN VIII, Kp. Kertamanah, Ds. Margamukti, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Di bawah Rp30.000 per orang

Kalau tempat wisata satu ini sih, bukan cuma memacu adrenaline saja, tapi juga bakal membuat kita bergidik ngeri. Yah, siapa yang tidak kenal dengan film Pengabdi Setan (2017) besutan sutradara Joko Anwar?

Rumah yang digunakan untuk proses shooting film itu kini dijadikan objek wisata dan dikelola dengan baik, lho. Kamu bisa berkunjung ke Rumah Ibu atau Rumah Pengabdi Setan sebagai wisatawan.

Di wilayah Pangalengan ini, ada tiga rumah yang menjadi lokasi shooting-nya. Tetapi, hanya salah satu rumah saja yang dijadikan destinasi wisata. 

Di sini, kamu bisa merasakan kengerian dan betapa horornya suasana rumah. Sekadar info, kamu tidak hanya bisa jalan-jalan atau keliling, tapi juga foto-foto di dalam rumah ikonik ini, lho. Berani?

8. Situ Cisanti

  • Alamat: Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kab. Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp12.000 per orang

Destinasi wisata berikutnya yang ada di kawasan Pangalengan adalah Situ Cisanti. Danau buatan yang berdiri di lahan yang luasnya lebih dari lima hektar ini merupakan danau yang menampung air dari tujuh mata air utama Sungai Citarum. 

Di antaranya adalah mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cihaniwung, Cisadane, dan Cisanti. Lokasi danau yang terletak di ketinggian 1.500 mdpl membuat udara di kawasan tersebut tampak sejuk dan dingin di malam hari. 

Selain menawarkan pesona alam yang indah, di Situ Cisanti juga terdapat banyak spot yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk berswafoto, salah satunya adalah sebuah dermaga bertuliskan nama tempat tersebut. 

9. Wayang Windu Panenjoan 1800

tempat wisata di pangalengan wayang windu panenjoan
  • Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Bara
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.30 s.d 18.15 WIB
  • Nomor Telepon: 0853-2180-3691-
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Mau menikmati udara sejuk Pangalengan dari ketinggian? Datang saja ke Wayang Windu Panenjoan 1800. Di tempat wisata yang berada di ketinggian sekitar 1.800 mdpl ini, kamu bisa melakukan beragam kegiatan, lho. 

Selain menikmati sejuknya udara Pangalengan, kegiatan lainnya adalah melintasi jembatan panjang yang diapit hamparan kebun teh, melihat sunset dan sunrise, dan ketiga berfoto-foto ria. 

Tenang, kamu nggak perlu khawatir akan kelaparan selama di sini, karena  ada beberapa warung yang bisa kamu datangi untuk membeli makanan. Tiket masuk ke Wayang Windu Panenjoan ini juga terjangkau, kok. Satu orangnya dikenakan tarif Rp10.000 saja. Tertarik untuk berkunjung?

10. Kebun Teh Malabar

  • Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Kebun teh Malabar adalah tujuan berikutnya yang wajib dikunjungi oleh kamu yang sedang berlibur di kawasan Pangalengan. Sepanjang mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh yang berdiri di atas ketinggian yang mencapai 1.550 mdpl ini.

Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa menikmati wisata edukasi dengan berkunjung ke berapa lokasi bersejarah seperti tempat pemakaman Karel Rudolf Bosscha. Bosscha adalah pengusaha yang membangun perkebunan teh di Pangalengan, sekaligus tokoh dibalik observatorium Bosscha.

Selain makam Bosscha, di kawasan Kebun Teh Malabar juga ada Museum & Wisma Karel Rudolf Bosscha, serta Pabrik Teh Malabar yang cukup legendaris. Kalau kamu mau berkunjung, silakan langsung datangi alamat yang tertera di atas, ya!

11. Rumah Adat Cikondang

  • Alamat: Lamajang, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Rumah adat Cikondang merupakan rumah adat berusia 200 tahun yang berada di Desa Lamajang, Pangalengan. Rumah adat Cikondang berbentuk Julang ngapak. Rumah ini memiliki konstruksi atap yang terdiri dari kuda-kuda berbahan kayu dengan atap bambu yang dibelah dua menggunakan teknik pemasangan tumpang tutup, dimana pada bagian atas rumah dilapisi dengan ijuk. 

Rumahnya sendiri berlapis gorden yang terbuat dari bambu. Nah, karena keunikannya, rumah ini pun menjadi salah satu situs budaya yang dilindungi oleh pemerintah daerah. Masyarakat sendiri kerap mengunjungi lokasi ini pada waktu liburan tiba.

12. Gunung Puntang

  • Alamat: Mekarjaya, Kec. Banjaran, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Destinasi wisata yang satu ini memang memiliki banyak pesona. Gunung Puntang pernah jadi tempat berdirinya stasiun radio di zaman Belanda adalah gunung setinggi 2223 mdpl yang memiliki banyak penggemar. 

Di kawasan gunung tersebut terdapat beberapa puncak yang cukup terkenal seperti puncak Mega, puncak Haruman, puncak Malabar, dan puncak Puntang.

Selain mendaki, wisata alam gunung Puntang sendiri menawarkan berbagai kegiatan wisata menarik lainnya seperti, camping, gathering, jelajah goa, wisata air sungai, bersepeda, dan masih banyak lagi. 

13. Kampung Singkur

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 7
  • Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Liburan adalah salah satu momen yang banyak dinantikan oleh banyak orang. Di Pangalengan sendiri terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa membuat waktu liburan bersama keluarga semakin menyenangkan. Nah, salah satu objek wisata tersebut adalah Kampung Singkur. 

Kampung Singkur adalah wisata alam yang menawarkan pemandangan indah berupa deretan pohon pinus yang menjulang tinggi serta udara sejuk yang menyegarkan. 

Selain menikmati pemandanga alam yang cantik, di sini kamu bisa melakukan berbagai jenis kegiatan, antara lain arung jeram atau rafting, camping dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin menginap, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas berupa penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau. Daftar harga kegiatan-kegiatan dan juga penginapan di Kampung Singkur  ini bisa kamu dapatkan di situs resminya, lho. Tertarik untuk mencoba?

14. Kawah Wayang

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 8
  • Alamat: Sukamanah, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0881-0238-51908
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Masih berada tak jauh dari kawasan wisata Wayang WIndu Panenjoan 1800, Kawah Wayang yang merupakan bagian dari Gunung Wayang jadi destinasi favorit wisatawan di pangalengan, lho.

Pemandangan eksotis akan kamu saksikan jika kamu berkunjung ke tempat wisata di Pangalengan ini. Kawahnya dikelilingi bebatuan alami dengan warna yang cantik.

Di sini, kamu bisa berswafoto atau berfoto bersama di spot foto yang tersedia. Meski ada aliran air panas, sayangnya sampai tulisan ini diturunkan, kolam pemandiannya belum secara resmi dibuka untuk umum. 

15. Kertamanah Waterpark

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 9
  • Alamat: Margamukti, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang (Dewasa), Rp10.000 per orang (Anak)

Selanjutnya ada Kertamanah Waterpark. Tempat wisata satu ini merupakan pemandian dengan kolam air panas yang cocok untuk berendam. Kertamanah Waterpark merupakan bagian dari kawasan wisata Kertamanah, lho.

Selain waterpark, di kawasan wisata ini juga ada penangkaran rusa, danau buatan dan wahana permainan yang cocok untuk keluarga. Tertarik untuk berkunjung ke kawasan ini?

16. Penangkaran Rusa Kertamanah

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 10
  • Alamat: Jl. PTPN VIII Kebun Kertamanah, Margamukti, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tak hanya ada pemandian air panas saja, di kawasan wisata Kertamanah Pangalengan, kamu bisa menemukan sebuah penangkaran yang dihuni oleh hewan rusa. 

Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan rusa-rusanya dan memberi mereka makan, lho. Tenang, rusanya sudah pada jinak, kok. Sekadar info, lokasi penangkaran rusa ini tak jauh dari Rumah Pengabdi Setan. Jadi, kalau ke sini, kamu bisa sekalian mengunjungi rumah yang dipercaya angker tersebut.

17. Villa Jerman

17 Tempat Wisata di Pangalengan yang Wajib Dikunjungi 11
  • Alamat: Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Villa Jerman adalah sebuah villa di Pangalengan yang terkenal sangat misterius. Villa ini berada di kawasan perkebunan teh Cukul, tempat di mana Sunrise Point Cukul Berada.

Villa Jerman memiliki bangunan klasik bergaya Eropa yang tampak cantik dan kokoh. Kabarnya, bangunan villa ini sudah ada sejak zaman dulu. Dan sekarang, bangunan Villa Jerman dikelilingi kebun teh dengan pemandangan yang cantik.

Demikian 17 Tempat wisata menarik di Pangalengan yang telah Keluyuran rekomendasikan. Selain menawarkan aktivitas wisata yang menyenangkan, biaya yang harus dikeluarkan pun relatif lebih terjangkau. Nah, kira-kira lokasi wisata mana yang ingin kamu kunjungi? Tulis komentar di bawah, ya! 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram