36 Tempat Wisata di Kota Bandung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 19 Mei 2021

Liburan kali ini punya rencana buat mengunjungi kawasan tengah Kota Bandung? Kalau iya, Keluyuran punya rekomendasi tempat-tempat yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi. Dimulai dari tempat wisata umum, taman kota, objek wisata belanja sampai wisata kuliner. Penasaran apa saja? Yuk, baca list berikut ini!

Tempat Wisata Umum

Pilihan tempat wisata yang tidak sulit untuk didatangi, cenderung terjangkau, dan tentu saja ramai pegunjung adalah tempat wisata umum. Sama seperti kebanyakan kota dan daerah, Bandung juga punya tempat-tempat wisata umum yang ramai dikunjungi baik oleh warga maupun wisatawan.

Nah, bila ingin tahu ada tempat wisata umum apa saja yang letaknya di tengah kota Bandung, berikut adalah ulasannya.

1. Alun-Alun Kota Bandung

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Review Alun-Alun Bandung

Kalau berkunjung ke suatu kota atau kabupaten tertentu tak lengkap rasanya bila tidak menapakkan kaki di alun-alun. Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Bandung juga punya alun-alun yang juga menjadi ciri khas dari kota Kembang tersebut.

Alun-alun kota Bandung terletak di kawasan Jl. Asia Afrika dan sangat sering menjadi tempat nongkrong anak muda maupun untuk kumpul keluarga. Hamparan rumput sintetis yang luas di depan area masjid Agung Kota Bandung menjadikan alun-alun cukup padat dikunjungi baik warga maupun pendatang.

Bukan cuma itu, di kawasan ini juga ada penjual-penjual jajanan yang bisa kamu beli untuk melengkapi cengkrama bersama teman atau keluarga. Biasanya, kamu juga akan diperbolehkan untuk menaiki tower Masjid Agung untuk melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian hanya dengan merogoh kocek tambahan Rp5000.

2. Trans Studio Bandung

  • Alamat: Jl Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Batununggal, Bandung.
  • Jam Operasional: Selasa s.d. Kamis, Sabtu dan Minggu pukul 11.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp180.000 per orang (Selasa s.d. Kamis), Rp280.000 per orang (Sabtu s.d Minggu dan Hari Libur).

Review Trans Studio Bandung

Apabila kamu mencari tempat wisata di kota Bandung yang menyediakan wahana-wahana seru nan ekstrem, jawabannya adalah Trans Studio bandung. Berlokasi di Jl. Gatot Subroto, Trans Studio Mall mengusung konsep taman bermain indoor yang tidak biasa.

Kamu akan menemukan wahana-wahana seperti Racing Coaster, Giant Swing, Dunia Lain, dan masih banyak lagi. Di sini juga kamu dapat menyaksikan berbagai pertunjukan menarik seperti atraksi sulap, parade, hingga pertunjukan laser sebagai alternatif fasilitas yang dapat kamu nikmati bila kamu tidak begitu menyukai wahana-wahana bermain yang ekstrem.

Kala lelah bermain, kamu bisa beristirahat di berbagai tenant makanan yang ada di sini untuk mengisi energi kembali. Pokoknya, kalau ke Trans Studio Bandung, jangan sampai ada satu wahana pun yang terlewat, ya!

3. Lapangan Gasibu

  • Alamat: Jl. Diponegoro, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Sudah tidak asing dengan kawasan Dipati Ukur di Bandung? Sudah pernah mengunjungi Lapangan Gasibu? Bila belum, kamu wajib datang ke kawasan ini saat berkunjung ke Bandung,

Lapangan Gasibu merupakan area yang luas dan terletak di seberang Gedung Sate. Biasanya warga kota Bandung menjadikan lapangan Gasibu sebagai tempat berolahraga terutama running track baik pada weekday maupun weekend. Di area Lapangan Gasibu juga kamu akan menemukan air mancur dan area yang sangat instagrammable lain.

Sekedar info, Gasibu merupakan singkatan dari Gabungan Sepak Bola Indonesia Bandung Utara, yang mana dulunya lapangan ini dijadikan tempat bersepakbola oleh warga Bandung bagian utara. Sekarang lapangan ini sudah dialih fungsikan menjadi spot olahraga sekaligus objek wisata. Bahkan pada saat-saat tertentu, Gasibu juga digunakan sebagai lapangan upacara.

4. Kebun Binatang Bandung

  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00- 16.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp50.000 per orang dan gratis untuk balita

Review Kebun BInatang Bandung

Wisata satwa Kebun Binatang Bandung juga menjadi salah satu spot menarik yang sering dikunjungi para wisatawan maupun warga Bandung. Selain berlokasi sangat strategis, karena terletak dengan kampus Institut Teknologi Bandung, Kebun Binatang kota Bandung juga memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap, kamu bahkan bisa menunggangi beberapa hewan seperti unta dan kuda di sini.

Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati adalah area bermain dan teater satwa, yang mana sangat menarik terutama untuk si kecil. Cocok sekali kan dijadikan tempat untuk berwisata bersama keluarga tercinta?

5. Kawasan Jalan Braga

  • Alamat: Jl. Braga, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Review Kawasan Jalan Braga

Tempat ikonik lain di Kota Bandung adalah kawasan Jalan Braga. Kawasan ini memang terkenal dengan unsur historisnya yang masih cukup melekat hingga saat ini. Karena itulah arsitektur jalan, deretan toko, dan tempat hiburan lainnya di kawasan ini masih terasa agak kuno meski sudah di-modernisasi.

Ketika berjalan-jalan di kawasan Braga, kamu juga akan disambut dengan deretan lukisan yang dijajakan oleh para pelukis kota Bandung. Di kawasan ini juga sudah ada berbagai spot menarik yang lebih modern seperti mall Braga City Walk, tempat-tempat ngopi kekinian, dan masih banyak lagi.

6. Saung Angklung Udjo

  • Alamat: Jl. Padasuka No.118 Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung.
  • Jam Operasional:
    • New Normal (Sabtu s.d Minggu) 15.30 – 17.00 WIB
    • Setiap hari, 15.30 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    • New Normal Dewasa & Anak, Rp75.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Anak: Rp50.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp55.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Dewasa: Rp70.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp75.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Internasional Tiket
      • Anak: Rp70.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp80.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
      • Dewasa:  Rp110.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp120.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)

Review Saung Angklung Udjo

Angklung merupakan kesenian khas Jawa Barat yang juga mencari ciri khas budaya Sunda. Nah, apabila para wisatawan ingin mencoba mengenal budaya Sunda lebih dekat dengan memainkan alat musiknya, Saung Angklung Udjo adalah objek wisata yang menawarkan fasilitas tersebut.

Di sini, wisatawan tak hanya bisa mempelajari seluk-beluk angklung dan musik bambu lain, tapi mereka juga akan diajarkan cara memainkan angklung secara langsung. Saung Angklung Udjo juga merupakan salah satu destinasi wajib yang biasanya dikunjungi oleh turis mancanegara, lho.

7. Taman Lalu Lintas

  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung.
  • Jam Operasional: 08.00 - 15.00 WIB (Selasa s.d Sabtu), 08.00 – 16.00 WIB (Minggu)
  • Harga Tiket: Rp6.000 per orang (Selasa s.d Sabtu), Rp7.000 per orang (Minggu & Hari Libur)

Review Taman Lalu Lintas

Bila si kecil mengajak bertamasya, tempat apa yang kira-kira terpikirkan olehmu? Salah satunya tentu saja taman bermain. Selain menyediakan berbagai permainan yang ramah anak, taman bermain juga dijadikan referensi tempat piknik untuk mempererat hubungan keluarga. Dan salah satu taman bermain yang cukup populer di kota Bandung adalah Taman Lalu Lintas.

Taman bermain ini juga populer dengan nama Taman Ade Irma Suryani Nasution. Selain bermain, si kecil juga akan belajar banyak hal dengan mengunjungi Taman Lalu Lintas, contohnya adalah mengenali rambu-rambu lalu lintas. Taman ini memang didesain sebagai taman wisata yang edukatif.

Jadi, untuk kamu yang sudah memiliki buah hati, jangan ragu untuk berkunjung ke taman lalu lintas bila sedang berkunjung ke Bandung, ya!

8. Rabbit Town

  • Alamat: Jalan Ranca Bentang No.30-32, Ciumbuleuit, Rancabentang, Cidadap, Bandung.
  • Jam Operasional: Jumat s.d Minggu, 09.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp55.000 per orang (On The Spot), Rp35.000 per orang (via Website Wisata Selfie)

Review Rabbit Town

Objek wisata selfie juga menjadi salah satu tempat pilihan yang banyak dikunjungi saat ini. Kalau kamu termasuk yang sangat suka mengabadikan momen wisata terutama untuk postingan media sosial, Rabbit Town tidak boleh kamu lewatkan.

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini tidak hanya menawarkan spot-spot foto estetik yang instagramable saja, tapi Rabbit Town juga menyediakan mini zoo seperti kandang kelinci, marmot, merpati hingga monyet. Jadi selain cocok buat kamu yang ‘kekinian’, Rabbit Town juga akan bersahabat dengan si kecil yang menyukai binatang.

9. Teras Cikapundung BBWS

  • Alamat: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Cidadap, Bandung.
  • Jam Operasional: Senin – Kamis (10.00-20.00 WIB), Sabtu – Minggu (06.00 – 20.00 WIB)
  • Harga Tiket: Gratis

Review Teras Cikapundung BBWS

Baru dibuka beberapa tahun silam, nyatanya BBWS Cikapundung atau yang populer dengan nama Teras Cikapundung sudah menjadi salah satu objek wisata tengah kota yang digandrungi. Selain karena berlokasi tepat di atas aliran sungai Cikapundung, di sini juga kamu dapat menemukan spot-spot menarik lain seperti air mancur, area terapi ikan, dan area lain yang fotogenik.

Kalau beruntung, kamu bahkan bisa ketemu dengan cosplay karakter animasi seperti Bumblebee, Spongebob, Doraemon dan masih banyak lagi yang akan membuat Si Kecil bergembira melihat tokoh-tokoh animasi tersebut di dunia nyata.

10. Monumen Perjuangan Jawa Barat

  • Alamat: Jl. Dipati Ukur No.48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 08.00- 16.00 WIB (Senin s.d Jumat)
  • Harga Tiket: Gratis

Tak jauh dari Lapangan Gasibu, bila berkunjung ke daerah Dipati Ukur, kamu juga akan menemukan objek wisata lain yang tak kalah ikonik yaitu Monumen Perjuangan Jawa Barat. Objek wisata yang punya panggilan beken ‘Monju’ ini adalah museum sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat. Karena itulah kamu akan menemukan berbagai diorama dan relief kesejarahan Jawa Barat di sini.

Kebanyakan wisatawan akan berfoto ria di depan Monju sebagai tanda bahwa mereka sudah mengunjungi kota Bandung. Sedikit informasi, area depan Monju yang masih masuk kawasan Gasibu ternyata bisa berubah jadi pasar kaget lho pada hari minggu.

Jadi kalau kebetulan kamu berencana mengunjungi Monumen Perjuangan Jawa Barat pada hari Minggu, siapkan uang lebih ya untuk membeli oleh-oleh dari Pasar Gasibu tersebut.

11. Forest Walk Babakan Siliwangi

  • Alamat: Jl. Tamansari No.73, Lb. Siliwangi, Coblong, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Review Forest Walk Babakan Siliwangi

Kalau mencari spot olahraga di tengah kota dengan konsep yang agak menyatu dengan alam, coba kunjungi Forest Walk Babakan Siliwangi. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan semi hutan yang rindang dan sangat estetik sambil mengeluarkan keringat sehatmu. Saking rindangnya, kamu bahkan bisa lupa kalau kamu sedang berada di tengah kota.

Selain untuk berolahraga, kamu juga bisa nongkrong dengan teman-teman di sini sambil menikmati jajanan-jajanan yang dijajakan oleh pedagang. Untuk mengunjungi objek wisata satu ini kamu tak perlu merogoh kocek tinggi, lho karena tidak akan dipungut biaya apapun.

12. Plaza Cikapundung River Spot

  • Alamat: Jl. Dr. Ir. Sukarno, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Mencari spot wisata kota Bandung yang menarik saat mentari tenggelam? Kamu bisa berkumpul dengan pengunjung lain mengelilingi air mancur indah yang ada di Plaza Cikapundung River Spot. Konon, konsep air mancur di sini di-desain mengikuti gaya Eropa.

Selain dapat menyaksikan keindahan air mancur dengan hiasan lampu warna-warni yang pergerakannya mengikuti irama lagu, kamu juga dapat menjadikan objek wisata ini sebagai tempat untuk bercengkrama hangat dengan si dia. Pasalnya pada malam hari, keindahan Plaza Cikapundung River Spot akan menambah keromantisan quality time-mu.

13. Panama Park 825

  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.825, Cijerah, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00 - 21.00 WIB
  • Harga Tiket: Mulai dari Rp20.000 per orang

Siapa bilang di negara sub tropis kita tidak akan pernah merasakan dinginnya salju? Bisa kok, tetapi dalam bentuk salju buatan. Nah, bila kamu ingin mengajak si kecil berkenalan dengan salju saat mengunjungi kota Bandung, bawa saja ke Panama Park 825.

Highlight spot di sini tentu saja permainan saljunya bernama Snow Park yang dibuat seolah-olah seperti salju yang turun dari langit sungguhan. Bukan itu saja, kamu juga bisa membawa buah hati atau adik kecilmu untuk mengunjungi area bermain lain yang seperti playground, wall climbing, hingga Role Play dimana anak-anak bisa berperan sebagai orang dewasa dengan profesi yang berbeda. Seru, kan?

14. Kampoeng Tulip

Tempat wisata di tengah kota Bandung_kampoeng tulipSumber: youtube.com/Tempat Wisata di Bandung
  • Alamat: Jl. Ciwastra No.17, Rancasari, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang (Senin s.d Jumat), Rp15.000 per orang (Sabtu, Minggu & Hari Libur)

Kota Bandung memang tidak luntur dengan pesona objek wisata selfie-nya. Di kawasan Ciwastra, kamu akan menemukan objek wisata selfie bertemakan negara Belanda yang dinamakan Kampoeng Tulip. Yang paling menonjol dari tempat ini adalah taman bunganya yang luas, indah, dan sangat instagrammable.

Bukan itu saja, kamu juga dapat menemukan miniatur bangunan-bangunan dan interior khas Belanda yang memperkuat sensasi seperti berada di Negara Kincir Angin tersebut. Selain memanjakan mata dengan spot-spot foto menarik, kamu juga dapat menikmati wahana yang juga disediakan di tempat ini seperti perahu dayung, permainan anak, berfoto menggunakan kostum ala Belanda di Galeri Shabby Chick, hingga terapi ikan.

Wisata Belanja

Tak lengkap rasanya ketika berkunjung ke kota Bandung, kamu tidak mencoba wisata belanjanya. Bandung memang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan fashion-nya di Indonesia, inilah mengapa Bandung dijuluki Paris van Java. Nah, berikut ini adalah rekomendasi wisata belanja yang bisa kamu jadikan pilihan ketika menghabiskan waktu di kota Bandung.

1. Kawasan Pasar Baru

  • Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp500.000

Siapa yang tak suka barang-barang murah dengan kualitas baik? Kawasan Pasar Baru mungkin harus kamu coba kunjungi bila ingin berbelanja barang-barang murah dengan kualitas yang tak murahan. Di kawasan ini tersedia berbagai kebutuhan rumah tangga harian seperti makanan, buah-buahan, peralatan rumah tangga, hingga fashion.

Selain banyak penjual yang berjualan di bahu jalan Kawasan Pasar Baru, kamu juga dapat menemukan tempat belanja semi-modern seperti Pasar Baru Trade Center serta Pasar Baru Heritage. Jangan khawatir, meski semi-modern, harga barang-barang yang dijual di sini tetap miring kok dan negotiable.

2. Rumah Mode Factory Outlet

  • Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.41, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 20.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp100.000-Rp1.000.000

Tempat wisata belanja yang satu ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Salah satu one stop shopping populer di Bandung ini menyediakan berbagai kebutuhan fashion baik untuk pria, wanita dan anak-anak.

Yang menjadi ciri khas Rumah Mode adalah arsitekturnya yang sangat tradisional dan berbentuk rumah sungguhan, tidak seperti tempat perbelanjaan lain. Selain wisata belanja, di sini juga terdapat kafe hingga taman untuk bersantai.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Factory Outlet untuk Bebelanja di Bandung

3. Jalan Cihampelas

  • Alamat: Jalan Cihampelas, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp500.000

Tak berbeda dengan objek wisata belanja lainnya di Bandung, Cihampelas juga menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan. Selain karena ada mall Cihampelas Walk yang menjadi ikon dari Cihampelas, kawasan ini juga dipenuhi dengan distro-distro dan toko bertemakan unik. Inilah mengapa Jalan Cihampelas punya tempat khusus di ingatan wisatawan maupun orang Bandung sendiri.

Bahkan sekarang, Jalan Cihampelas punya spot baru yang dinamakan Teras Cihampelas. Objek wisata yang terhitung baru ini berupa jembatan panjang yang ditujukan untuk menertibkan pedagang yang biasanya berjualan di bahu jalan cihampelas. Makanya kamu akan menemukan berbagai penjual makanan, jajanan, baju dan aksesoris di Teras Cihampelas.

4. Jalan Riau

  • Alamat: LLRE Martadinata St No.63-65, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 10.00- 21.00 WIB (jam buka rata-rata factory outlet)
  • Kisaran Harga: Rp50.000-Rp500.000

Nah, kalau yang satu ini adalah tempat belanja yang terhitung ‘berkelas’ di Bandung, karena dipenuhi factory outlet. Beberapa tahun terakhir, kawasan ini juga sudah dibenahi oleh pemerintah Bandung sehingga menjadi lebih cozy dan rapi.

Selain berbagai factory outlet, Jalan Riau juga dipenuhi dengan kafe-kafe yang instagramable dan hits di kalangan warga Bandung. Inilah alasan Jalan Riau menjadi destinasi wisata yang cukup favorit baik untuk warga maupun wisatawan.

5. Jalan Dago

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Dago, Coblong, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00- 21.00 WIB ( jam operasional sebagian besar factory outlet di Jl. Dago)
  • Kisaran Harga: Rp50.000-Rp500.000

Kawasan Jalan Dago yang sebenarnya bernama Jl. Ir. H. Djuanda juga merupakan salah satu tempat wisata yang dipenuhi factory outlet serta toko-toko oleh-oleh khas Bandung.

Selain itu, salah satu jalan yang selalu sibuk di Kota Bandung ini juga punya arsitektur yang sangat cozy dan instagrammable terutama pada bagian trotoar-nya. Makanya kamu akan melihat banyak warga yang sekedar menghabiskan waktunya untuk nongkrong atau berfoto di Jalan Dago.

6. Jalan Kepatihan & Dalem Kaum

dalem kaum bandung
  • Alamat: Jl. Kepatihan, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp300.000

Alternatif tempat belanja murah yang harus kamu masukkan dalam list wisata belanja di Kota Bandung adalah kawasan Jalan Kepatihan dan Dalem Kaum. Di kawasan ini memang banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan makanan, pakaian, hingga akesoris.

Bukan pedagang kaki lima saja kok, kamu juga dapat menemukan beberapa distro dan factory outlet di sini. Bahkan ada juga mall yang berdiri yaitu Kings Shopping Centre. Dan harga barang-barang di sini tentu sangat ramah kantong. Jadi jangan ragu-ragu untuk membelanjakan uangmu ke sini ya!

7. Pasar Cibaduyut

  • Alamat: Cibaduyut Raya No.7 Kb. Lega, Bojongloa Kidul, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00- 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp30.000-Rp250.000

Kalau kamu penggemar sepatu, kamu haru mendatangi Pasar Cibaduyut. Pasalnya kawasan ini memang terkenal dengan pedagang-pedagang sepatunya yang berkualitas namun berharga miring. Objek wisata belanja ini juga salah satu favoritnya orang Bandung, lho. Kamu akan menemukan berbagai jenis dan model sepatu di sini terutama yang berbahan kulit.

Oh iya, bukan hanya sepatu, di sini juga kamu akan menemukan berbagai macam tas berbahan dasar kulit berkualitas. Kamu bahkan bisa kostumisasi model sepatu yang kamu inginkan pada penjualnya langsung.

8. Pasar Gedebage

  • Alamat: Jl. Mekar Mulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.30 – 00.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp100.000

Kalau kamu suka memburu barang-barang second-hand, coba deh datang ke Pasar Gedebage atau yang beken disebut Cimol. Di sini banyak sekali penjual yang menjajakan barang-barang fashion second-hand yang masih layak pakai dan tentu saja harganya sangat miring.

Konon, bukan cuma wisatawan nasional dan warga Bandung saja yang sering berkunjung ke sini. Turis-turis mancanegara juga suka membeli barang fashion second-hand dari sini juga, lho. Hebat, bukan?

Baca Juga: 10 Tempat Belanja Murah dan Paling Recommended di Bandung

Wisata Kuliner

Ketika berwisata, apa saja objek wisata yang menjadi tujuanmu di tempat tersebut? Apakah wisata belanja, selfie, atau tempat wisata kuliner? Kemungkinan besar ketiganya, bukan? Nah, untuk wisata kuliner, Bandung juga tidak mau ketinggalan dengan daerah lain. Berikut ini adalah wisata kuliner paling populer di kawasan tengah kota Bandung yang wajib dikunjungi wisatawan.

1. Sudirman Street Market

  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.107, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 10.00 – 22.00 (Minggu s.d Jumat), 11.00- 23.30 WIB (Sabtu)
  • Kisaran Harga: Rp40.000 – Rp75.000

Review Sudirman Street Market dan Cibadak Night Culinary Festival

Mencari wisata kuliner non-halal di Bandung? Sudirman Street Market salah satu jawabannya. Mengusung konsep foodcourt, tempat yang punya nama Sudirman Street market Day & Night Market ini juga tetap menyediakan makanan-makanan halal, kok. Jadi siapapun bisa menghabiskan waktunya untuk beristirahat sambil makan-makan di sini.

Kebetulan, tim Keluyuran juga pernah mengunjungi langsung tempat ini lho bila kamu penasaran ada apa di Sudirman Street Market. Oh iya, pasar makanan ini juga punya desain yang sangat estetik ketika diabadikan dalam foto. Jadi kamu sebaiknya mengabadikan momen-mu juga bila ke sini.

2. Cibadak Night Culinary Festival

  • Alamat: Jl. Cibadak No.50-155, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 19.00- 02.00 WIB (Jumat s.d Rabu)
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp50.000

Berlokasi dekat dengan Sudirman Street Market, kamu juga bisa mengunjungi Cibadak Night Culinary Festival saat berada di kawasan ini. Di area ini, kamu akan menemukan berbagai pedagang kaki lima terutama yang menggunakan gerobak. Makanan yang dijual pun ada yang halal maupun non-halal.

Hanya saja, Cibadak Culinary Night Festival ini terkesan lebih ‘tradisional’ dari aspek makanannya dibandingkan Sudirman Street Market. Namun keduanya sama-sama instagrammable karena berhiaskan lampion-lampion indah di sepanjang jalannya. Selain pedagang kaki lima, di sini juga ada kafe dan resto juga, lho.

3. Jalan Dipati Ukur

  • Alamat: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran Harga: Rp5.000-Rp35.000

Selain menjadi objek wisata favorit pada siang hari, Jalan Dipati Ukur juga menjadi spot wisata kuliner malam yang digandrungi terutama oleh muda-mudi kota Bandung. Di sepanjang jalan ini, kamu akan menemukan berbagai pedagang kaki lima yang menjajakan baik makanan ringan, makanan berat, hingga minuman.

Jalan ini juga menjadi salah satu jalan yang tidak pernah tidur, terutama saat weekend tiba. Jalan ini akan super padat, baik karena kendaraan maupun pengunjung yang berjajan ria. Dan karena kebetulan kawasan ini melalui beberapa kampus, harga makanan serta jajanannya pun disesuaikan dengan kantong mahasiswa.

4. Teras Kuliner Cikapundung Barat

  • Alamat: Jl. Cikapundung Barat, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 16.00-00.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp10.000-Rp50.000

Spot wisata kuliner yang satu ini adalah hasil dari penataan pedagang kaki lima di kawasan Cikapundung Barat yang dilakukan oleh pemerintah kota Bandung. Penataan ini tentu memberikan hasil positif baik bagi para pedagang dan masyarakat, karena menghasilkan objek wisata baru yang lebih rapi serta tidak akan menganggu ketertiban.

Para pedagang makanan Sunda, Padang, bahkan Jepang bisa kamu temui di Teras Kuliner Cikapundung Barat. Harganya pun cukup ramah. Tempat ini paling cocok sebagai tempat nongkrong ataupun tempat makan bersama keluarga.

5. Paskal Food Market

  • Alamat: Paskal Hyper Square, Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 10.00- 23.30 WIB (Senin s.d Jumat), 10.00 – 00.30 WIB (Sabtu & Minggu)
  • Kisaran Harga: Rp25.000-Rp100.000

Kawasan Pasir Kaliki (Paskal) juga punya spot wisata kuliner yang banyak dijadikan tujuan warga Bandung untuk melepaskan penat selepas bekerja, yaitu Paskal Food Market. Outdoor foodcourt ini menjajakan berbagai makanan yang bisa disantap seperti makanan nusantara hingga Chinese, serta Japanese food.

Harga makanan di sini ada yang tetap lumayan terjangkau, kok. Belum lagi kesan ‘romantis’ yang bisa kamu dapat kalau makan di sini, membuatnya worthy untuk dikunjungi.

Taman

Objek wisata yang menjadi salah satu ikon yang kental dengan Bandung adalah taman kotanya. Selain murah meriah, taman kota ini juga sangat digemari karena arsitek dan penataannya yang memiliki tema-tema khusus. Oleh karena itulah warga Bandung sering berkunjung ke taman-taman kota ini terutama untuk berwisata bersama keluarga.

Penasaran apa saja taman kota yang bisa dikunjungi di kawasan Bandung bagian tengah? Berikut adalah list-nya!

1. Kiara Artha Park

Tempat wisata di tengah kota Bandung_kiara artha parkSumber: bobobox.co.id
  • Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 10.00- 18.00 WIB (Senin s.d Kamis, Sabtu, Minggu)
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang (Senin s.d Kamis), Rp30.000 per orang (Sabtu & Minggu)

Review Kiara Artha Park

Taman seluas 2.9 hektar ini berada di tengah kota Bandung. Kiara Artha Park sebenarnya memadukan konsep bisnis, komersial, hunian dan wisata yang bertemakan taman kota dengan arsitekstur yang sangat modern.

Nah, di Kiara Artha Park, kamu dapat mencoba berbagai fasilitas yang tersedia di sana seperti Dancing Fountain (Air Mancur Menari), Trem (kereta kecil khas Eropa), Festival, hingga Kampung Korea yang menyediakan arsitektur dan makanan khas Korea Selatan. Di sini juga cukup banyak tersedia kafe dan restoran yang namanya mungkin sudah kamu kenal.

2. Taman Balai Kota Bandung

  • Alamat: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-20.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Review Taman Balai Kota Bandung

Nah, kalau kamu berada di kawasan Jl. Merdeka atau Bandung Indah Plaza, kamu bisa 'kabur' ke sini untuk menikmati pemandangan taman tematik khas Bandung yang asri nan modern. Selain bisa digunakan untuk beristirahat, kamu juga bisa sekalian berfoto ria di spot-spot yang tersedia.

Spot-spot yang dimaksud ada Gembok Cinta, Taman Labirin, Taman Badak, dan Taman Dewi Sartika. Bukan itu saja, kamu juga bisa bermain air di sini bila cuaca sedang gerah, karena tersedia kolam air juga. Taman Balai Kota juga merupakan salah satu tempat pemberhentian Bandros (Bandung Tour On Bus) yang dapat mengantarkanmu berkeliling kota Bandung.

3. Taman Tegalega

  • Alamat: Jl. Moh. Toha, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00- 20.30 WIB
  • Harga Tiket: Rp1.000 per orang

Bila adik kecil sangat suka dengan dinosaurus, maka kamu perlu mengajaknya ke Taman Tegalega. Pasalnya, di sini terdapat Lampions Park yang berisi banyak replika dinosaurus terbuat dari kertas lampion. Unik, ya? Bukan itu saja kok, sebelum populer karena spot ini, Taman Tegalega populer dengan monumen Bandung Lautan Api-nya.

 Jadi, selain ramah untuk anak-anak, taman ini juga akan mengingatkan kamu akan sejarah kota Bandung yang sempat mengalami peristiwa Bandung Lautan Api. Selain berfoto ria dan mengenalkan anak-anak pada Dinosaurus maupun sejarah kota Bandung, kamu dapat menghabiskan waktu di taman ini untuk bercengkrama, piknik, hingga beristirahat.

 4. Peta Park

  • Alamat: Jl. Peta No.229, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 07.00- 21.00 WIB (Selasa s.d Minggu)
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Sebenarnya Peta Park bukanlah taman kota, namun objek wisata ini menggunakan konsep lanskap yang nyaman dan alami, serta berhiaskan bangunan yang didesain super modern. Taman ini sejenis dengan Nara Park.

Selain dapat befoto ria dengan tema bagunan modern besar berbentuk prisma, kamu juga dapat berjalan-jalan menyusuri Peta Park untuk melihat berbagai jenis tanaman hidroponik dan tanaman buah di sini. Peta Park juga terkenal dengan area skywalk yang menggunakan kaca. Ada juga air terjun kecil yang semakin memperkuat sentuhan alami Peta Park.

5. Taman Lansia

  • Alamat: Jl. Cisangkuy , Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Walau dinamakan ‘lansia’ bukan berarti taman ini tidak bisa dikunjungi anak muda. Taman ini awalnya memang diperuntukan untuk kaum lanjut usia kota Bandung agar bisa menikmati waktu di tempat umum yang nyaman dan bersahabat untuk mereka. Akan tetapi, saat ini, Taman Lansia sudah tidak hanya dikunjungi oleh kaum lanjut usia. Taman terbuka hijau ini sering dijadikan tempat piknik bersama keluarga hingga nongkrong anak-anak muda.

Selain dipenuhi area rumput hijau, pepohonan rindang, dan jalan setapak, taman yang sudah ada sejak tahun 1885 ini memiliki area danau yang sudah dihias menjadi lebih modern. Kamu juga bisa menemukan patung Dinosaurus T-Rex di sini, yang sebelumnya berasal dari Alun-Alun Bandung. Patung ini semakin menambah daya tarik Taman Lansia.

Baca Juga: 15 Taman yang Cocok untuk Bersantai di Kota Bandung

Museum

Meski museum pada dasarnya banyak juga terdapat di kota-kota lain, namun bila kamu menginginkan berwisata sejarah yang cukup kental di kota Kembang, maka kamu wajib mengunjungi museum-museum berikut ini:

1. Museum Geologi

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 08.00- 16.00 WIB (Senin s.d Kamis), 08.00 – 14.00 WIB (Sabtu & Minggu)
  • Harga Tiket: Rp2.000 per orang (Anak & Mahasiswa), Rp3.000 per orang (Dewasa), Rp10.000 per orang (Internationat Tourist)

Review Museum Geologi

Terletak tepat di dekat Taman Lansia dan Gedung Sate, Museum Geologi merupakan museum tempat dimana banyak materi geologi disimpan dan dikelola. Materi geologi yang dimaksud diantaranya fosil, mineral dan batuan. Di sini juga kamu dapat belajar mengenai bagaimana hubungan antara manusia dengan geologi. Kamu bahkan dapat mempelajari sejarah manusia purba, dinosaurus, dan bagaimana bumi terbentuk.

Selain berkonsep pameran, Museum Geologi juga menawarkan fasilitas berupa ruang edukasi, auditorium hingga seminar. Jadi bukan hanya menyenangkan, kamu bahkan bisa sambil belajar mengenai bumi dan seisinya bila mengunjungi museum ini.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

  • Alamat: Jl. Asia Afrika No.69, Braga,, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Jam Operasional: 08.00 – 16.00 WIB (Selasa s.d Kamis) 14.00 – 16.00 WIB (Jumat), 09.00 – 16.00 WIB (Sabtu & Minggu)
  • Harga Tiket: Gratis

Kalau museum yang satu ini sangat kental dengan sejarah Bangsa Indonesia. Kenapa tidak, soalnya museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dilaksanakan pada 18-24 april tahun 1955 silam.

Museum ini dahulu bernama Gedung Merdeka, yaitu gedung yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan KAA tersebut. Karena itulah di dalam museum ini kamu akan menemukan berbagai barang peninggalan KAA seperti foto-foto, kliping, surat kabar tentang KAA, ‘Dasasila Bandung’ yang berisi tentang pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian serta kerjasama negara-negara dunia yang menjadi peserta KAA, hingga mannequin tokoh-tokoh penting saat KAA dilaksanakan.

3. Museum Gedung sate

Tempat wisata di tengah kota Bandung_museum gedung sateSumber: dara.co.id
  • Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 09.30 – 16.00 WIB (Selasa s.d Sabtu)
  • Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Review Museum Gedung Sate

Gedung Sate sebenarnya adalah kantor untuk Gubernur Jawa Barat. Namun, selain kantor, ada bagian dari Gedung Sate yang dibuat menjadi museum. Di Museum ini terdapat berbagai jenis batuan yang digunakan untuk membangun Gedung Sate, sejarah seputar Gedung Sate, serta barang-barang seni seputar Bandung lainnya.

Meski menggunakan arsitektur kolonial Belanda, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas digital yang juga banyak terdapat di Gedung Sate, contohnya seperti Wall Video Mapping, Architerium, serta Virtual Reality yang berhubungan dengan pembangunan Gedung Sate. Intinya, Museum Gedung memadukan wisata kolonial sekaligus digital yang sangat menarik.

4. Museum Sri Baduga

  • Alamat: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 08.00 – 16.00 WIB ( Selasa s.d Jumat), 08.00 – 12.00 (Sabtu s.d Minggu)
  • Harga Tiket: Rp2000 per orang (Anak-Anak), Rp3.000 per orang (Dewasa)

Kalau kamu benar-benar mencari Museum yang khusus mengabadikan sejarah kebudayaan suku Sunda yang ada di Jawa Barat, coba deh kunjungi Museum Sri Baduga. Sekitar 5.367 buah koleksi peninggalan bersejarah dari kebudayaan Sunda dapat kamu temukan di museum ini. Mulai dari keramik, arkeologika, teknologi, seni rupa, geologika dan masih banyak lagi.

Museum ini juga masih menggunakan konsep ruang pameran biasa, tanpa banyak sentuhan digital. Sehingga pengunjung dapat merasakan unsur tradisi dan kebudayaan yang masih kental. Pokoknya, setelah berkunjung ke Museum Sri Baduga, kamu akan banyak mengetahui tentang sejarah kebudayaan sunda.

Baca Juga: 15 Museum yang Wajib Dikunjungi di Kota Bandung

Itulah tempat wisata di tengah Kota Bandung yang dapat kamu kunjungi dan masukan dalam list. Selain wisata edukasi, kuliner, belanja, kamu bahkan punya pilihan banyak wisata selfie untuk dijajaki. Selamat berkunjung!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram