Keluyuran ke Danau Toba, Kunjungi 10 Tempat Wisata di Parapat!

Ditulis oleh Riastri Herliana

Parapat merupakan kelurahan di Kabupaten Simalungun yang merupakan salah satu akses menuju Danau Toba. Parapat menjadi titik persinggahan dari jalur Lintas Sumatera bagian barat yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Medan. Di sini terdapat pelabuhan yang melayani penyeberangan ke Pulau Samosir.

Parapat merupakan salah satu spot yang menarik untuk menikmati pesona Danau Toba. Tak heran kalau tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Sumatera Utara. Jika kamu berencana liburan ke Danau Toba, ketahui 10 tempat wisata di sekitar Parapat berikut ini!

1. Danau Toba Parapat

Danau Toba Parapat

* sumber: www.rancah.com

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Kaldera Danau Toba adalah bagian dari Pegunungan Bukit Barisan, di Sumatera Utara. Danau sepanjang 100 km dengan lebar 30 km ini bisa diakses dari beberapa wilayah, salah satunya Parapat.

Danau Toba Parapat terletak di jalur utama Lintas Sumatera mengarah ke Pematangsiantar. Di sini kamu bisa menikmati pesona Danau Toba dengan sangat jelas, dan bisa dijadikan sebagai tujuan untuk transit atau istirahat ketika melintasi Jalur Lintas Sumatera.

  • Alamat : Jl. Siborong Borong – Parapat, Sibaganding, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0812-6096-0206

2. Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah Pengasingan Soekarno

Sumber: https://twitter.com/cinabungsu/status/490500985375051778

Presiden pertama Indonesia, Bung Karno pernah diasingkan beberapa kali di beberapa kota di Indonesia. Sampai saat ini, rumah tempat dimana Bung Karno tinggal selama diasingkan, masih bisa dikunjungi sebagai destinasi wisata sejarah. Seperti halnya di Ende dan Bengkulu, Rumah Pengasingan Soekarno di Parapat juga menarik untuk dikunjungi.

Bung Karno diasingkan ke Parapat pada akhir tahun 1948 bersama Sjahrir, dan Haji Agus Sakim. Namun Bung Karno tidak lama diasingkan di Parapat, karena selanjutnya diasingkan ke Pulau Bangka. Sampai saat ini, rumah tersebut masih berdiri megah dan dijadikan sebagai rumah bersejarah di Sumatera Utara.

  • Alamat : Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Pantai Pasir Putih Parapat

Pantai Pasir Putih Parapat

* sumber: medan.panduanwisata.id

Tak jauh dari RSUD Parapat, ada Pantai Pasir Putih yang menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Parapat. Sebenarnya, ini adalah bagian dari Danau Toba, bukan pantai yang bermuara ke laut. Namun karena di tepi danaunya berupa pasir berwarna putih, akhirnya tempat ini disebut pantai.

Pantai Pasir Putih Parapat memiliki air yang jernih dan tidak terlalu dalam, jadi aman jika dipakai berenang oleh anak-anak. Di sekitarnya terdapat banyak penginapan, buat pengunjung yang datang dari luar kota bisa menginap dan menikmati Pantai Pasir Putih Parapat lebih puas.

  • Alamat : Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 07.30 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

4. Batu Gantung

Batu Gantung

Parapat memiliki tempat yang sangat unik dan tidak ditemukan di tempat lain. Batu Gunung namanya. Batu ini terbentuk dari aktivitas pasca letusan Gunung Toba, gunung purba yang membentuk Danau Toba. Batu Gantung muncul secara tiba-tiba usai gempa saat letusan Gunung Toba terjadi.

Uniknya, batu ini dikaitkan dengan cerita legenda masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa Batu Gantung yang ada di sini merupakan jelmaan dari wanita asal Toba yang enggan dijodohkan dengan pria pilihan dari kedua orang tuanya. Namun, bagaimanapun Batu Gantung ini terbentuk, tetap unik dan menarik untuk dikunjungi.


  • Alamat : Danau Toba, Parapat, Sibaganding, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 09.30 – 17.30 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Pelabuhan Ajibata

Pelabuhan Ajibata

* sumber: nautobacenter.com

Sedang berada di sekitar Danau Toba, dan ingin menyeberang ke Pulau Samosir? Pelabuhan Ajibata merupakan akses menuju ke Pulau Samosir menggunakan kapal ferry. Di sini, tersedia berbagai kapal yang bisa mengantarmu ke Pulau Samosir dengan jadwal yang berbeda-beda setiap kapalnya.

Jika kamu hanya ingin sekadar menikmati pemandangan, bisa juga dengan mampir ke dermaga Ajibata dan melihat lalu lalang kapal fery dari dan menuju ke Samosir. Di sekitarnya sudah tersedia rumah makan hingga café.

  • Alamat : Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Gereja HKBP Parapat

Gereja HKBP Parapat

Liburan ke Danau Toba, kamu yang beragama Kristen Protestan tetap bisa menjalankan ibadah pada hari minggu. Di Parapat, ada Gereja HKBP yang merupakan salah satu peribadatan megah di Sumatera Utara. Gereja HKBP Parapat mengusung konsep Batak Eropa dengan luas 22 m x 29 m. Gereja ini sangat megah dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi.

  • Alamat : Jl. Bukit Barisan No.17, Tiga Raja, Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : (0625) 41625

7. Pantai Bebas

Pantai Bebas

* sumber: ricohaloho.blogspot.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram