10 Tempat Wisata Terindah di Swiss yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Swiss terkenal dengan jajaran pegunungan esnya yang selalu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Kalau ke Swiss rasanya tidak lengkap kalau tidak berkunjung ke salah satu gunung esnya, entah itu Alpen, Jungfrau, atau Titlis. Berfoto dengan latar belakang pegunungan es pasti memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan.

Namun Swiss tidak hanya sebatas pegunungan es saja, masih banyak tempat wisata di Swiss yang harus Anda kunjungi. Keluyuran akan memberikan beberapa destinasi wisata yang wajib untuk disinggahi ketika Anda merencanakan liburan di Swiss.

10 Tempat Wisata di Swiss

1. Zermatt

Zermatt

Ingin menikmati salju di Swiss? Tempat wisata di Swiss ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan gunung es, salju, dan suasana tenang tanpa polusi. Zermatt adalah sebuah kota kecil di distrik Visp, kanton Valais, Swiss. Populasi penduduk di kota ini hanya sekitar 5.700 jiwa (tahun 2015) saja.

Zermatt merupakan kota yang terletak di sebelah selatan Swiss, di mana jarak kota ini ke perbatasan Swiss-Italia hanya 10 kilometer saja. Kalau Anda ingin berkunjung ke Pegunungan Alpen, Zermatt merupakan gerbang menuju Puncak Matterhorn, puncak utama di Pegunungan Alpen. Dari kota ini Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang berselaput salju.

Kota ini benar-benar istimewa karena tidak ada kendaraan motor di sini. Transportasi yang digunakan di Zermatt antara lain adalah electric-car, gondola, express-train, cable-car, dan semua kendaraan yang bertenaga listrik.

2. Danau Genewa

Danau Genewa

Masih ingat tentang keindahan Danau Genewa atau Geneva Lake yang dibicarakan oleh Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan pada era Presiden Jokowi? Ternyata danau terindah di dunia itu berada di Swiss. Bahkan, Danau Genewa merupakan danau terbesar di Eropa karena luasnya 600 km persegi.

Keindahan Danau Genewa terletak pada kejernihan airnya. Selain itu, banyak angsa nampak berenang bebas di danau ini. Yang membuat tempat wisata di Swiss ini kian menarik adalah dari sudut tertentu Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan es. Di sekitar danau juga terdapat café-café yang bisa Anda kunjungi untuk bersantai menikmati pemandangan Danau Genewa.

3. Air Terjun Rhein

Air Terjun Rhein

Rhine Waterfall atau Air Terjun Rhein juga merupakan tempat wisata di Swiss yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Air terjun dengan lebar 150 meter dan tinggi 23 meter ini berada di perbatasan Schaffhausen dan Zürich.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, tetapi pemandangan alam di sekitar air terjun ini membuatnya jadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Anda memang tidak bisa berenang di bawah air terjun ini, tapi ada sebuah balkon yang memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan air terjun dengan sangat dekat.

4. Zürich

Zürich

Belum ke Swiss kalau tidak mampir ke Zürich. Kota terbesar di Swiss ini mendapat predikat sebagai “kota mahal” karena masuk dalam jajaran kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Meskipun demikian, Zürich juga mendapat predikat sebagai kota dengan kualitas hidup yang sangat baik.

Ada banyak destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Zürich. Pertama, jangan lewatkan untuk berkunjung ke kota tua. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Uetliberg, wilayah pegunungan yang menawarkan pemandangan seluruh Kota Zürich dan Danau Zürich.

Kalau Anda suka bola, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke FIFA World Cup Museum. Terakhir, jangan lupa berbelanja di Bahnhofstrasse, kawasan pertokoan mahal yang dilengkapi gerai-gerai dari brand ternama dunia.

5. Jungfraujoch

Jungfraujoch

Satu lagi tempat wisata di Swiss yang wajib untuk Anda kunjungi, yaitu Jungfraujoch. Wilayah ini mendapat julukan “Top of Europe” karena digadang-gadang sebagai dataran tertinggi di Benua Eropa. Di Jungfraujoch terdapat teras observasi dan observatorium ilmiah yang berada di atas ketinggian 3.454 meter.

Sejauh mata memandang Anda hanya akan menyaksikan pemandangan pegunungan es yang sangat mempesona. Di salah satu desa yang berada di Jungfraujoch juga terdapat Grindewald Resort, salah satu resot mewah dan tertua di Swiss yang selalu menjadi jujugan wisatawan dari berbagai negara.

6. The Chillon Castle

The Chillon Castle

Kalau belum pernah merasakan masuk ke dalam sebuah kastil peninggalan zaman dulu, di Swiss Anda bisa merasakannya, lho. The Chillon Castle adalah sebuah kastil di tepi Danau Jenewa yang usianya sudah mencapai empat abad.

The Chillon Castle membuka tur bagi para wisatawan yang ingin menjelajah bagian dalam kastil. Anda akan mengunjungi kamar tidur, menara, ruang bawah tanah, gudang persenjataan, dan setiap sudut kastil ini. Tak dapat dipungkiri bahwa The Chillon Castlen merupakan destinasi wisata yang cukup favorit di Swiss.

7. St. Moritz

St. Moritz

Sebuah kota yang berada di Swiss ini memberikan paket wisata yang lengkap bagi Anda. Bagaimana tidak, Anda dapat menikmati panorama danau sejernih cermin, gletser, hutan alpine, sampai dengan hotel mewah ketika berada di St. Moritz.

Belum ke Swiss rasanya jika Anda tidak menjajal berbagai olahraga musim dingin, seperti ski, snowboarding, dan skating. Ini merupakan salah satu tempat terbaik di Swiss untuk menikmati pegunungan es. Pemandangan St. Moritz di malam hari juga begitu menakjubkan sehingga tak dapat dilukiskan lewat kata-kata.

8. Bern

Bern

Seperti yang kami singgung di awal, Swiss tidak harus melulu pegunungan es. Meskipun pegunungan es adalah daya tarik utama negara ini, tetapi kota tua seperti Bern juga tidak boleh terlewatkan. Kota yang berada di antara Zürich dan Jenewa ini masuk dalam daftar situs warisan dunia yang diakui UNESCO.

Bangunan-bangunan tua di Bern masih sangat terawat sehingga sedap dipandang. Selain itu, Bern juga merupakan kota penghasil cokelat dan keju yang berkualitas. Kalau Anda merupakan pecinta keju dan cokelat, maka Bern bisa menjadi “surga” tersendiri bagi Anda.

9. Swiss National Park

Swiss National Park Tempat Wisata di Swiss

Tak ada yang lebih istimewa dari tempat wisata di Swiss yang satu ini. Swiss National Park adalah destinasi wisata wajib bagi Anda yang ingin memperoleh semua keindahan yang ditawarkan oleh negara ini.

Dari Taman Nasional Swiss Anda dapat menikmati pemandangan glasier berselimutkan salju, padang rumput hijau, air terjun, dan hutan lebat. Ya, tentu saja Anda dapat menikmati pemandangan Alpen dari taman nasional ini. Di sini juga terdapat 21 rute pendakian bagi wisatawan yang ingin mendaki pegunungan ini.

10. Luzern

Luzern

Terakhir, ada sebuah kota di Swiss yang juga menjadi tempat wisata wajib bagi para wisatawan, yakni Luzern. Kota ini berada di tepi Danau Luzern dan dekat Gunung Pilatus dan Rigi, yang masih bagian dari Pegunungan Alpen.

Yang terkenal dari kota ini adalah Jembatan Kapel (Chapel Bridge), sebuah jembatan kayu sepanjang 204 meter yang dibangun sejak abad ke-14. Jembatan yang terkenal sebagai landmark Kota Luzern ini juga menjadi spot foto favorit bagi wisatawan.

Itulah 10 tempat wisata di Swiss yang membuat kita tak sabar untuk berkunjung ke sana. Swiss memang merupakan destinasi terbaik untuk menikmati salju. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Swiss atau negara lain di Eropa dengan budget terjangkau, cobalah berkunjung ke artikel tips backpacker ke Eropa.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Ir. Yaya Suyanan, MSi berkata:

    Pada tahun 1976 saya berkunjung ke Zurich dan sempat ikut wisata ke air terjun Rhein. Tapi waktu itu di air terjun tsb masih sangat alami, belum dilengkap fasilitas wisata yang memadai. Walaupun demikian saya senang karena saya pencinta lingkungan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *