keluyuran web banner

Liburan ke Aceh, Kunjungi 10 Destinasi Wisata di Takengon!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 25 November 2020

Takengon merupakan daerah di Kabupaten Aceh Tengah yang berhawa sejuk dimana letaknya berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Jalur menuju ke Takengon perlu melewati jalur perbukitan dan lereng gunung dengan jalan yang berkelok. Karena itulah daerah ini disebut dengan nama Takengon yang berarti “tikungan” dalam bahasa Aceh.

Terletak di dataran tinggi, Takengon memiliki banyak destinasi wisata yang jarang diketahui wisatawan, khususnya dari luar wilayah Aceh. Jika kamu suka menikmati pemandangan alam dari ketinggian dan menikmati sejuknya alam yang asri, Takengon merupakan tempat yang tepat untukmu.

Kalau punya rencana berlibur ke Aceh, jangan lewatkan 10 destinasi wisata di Takengon yang bisa kamu kunjungi berikut ini ya!

1. Pantan Terong

Pantan Terong

* sumber: www.ajnn.net

Menikmati panorama alam dari ketinggian, bisa dilakukan di Pantan Terong Takengon. Di sini, kamu bisa melihat berbagai sudut kota di Takengon, serta Danau Laut Tawar dari kejauhan. Selain itu, jika kamu suka dengan aktivitas yang menantang seperti paralayang, kamu bisa melakukannya di Aceh Tengah ini.

Pantan Terong sudah difasilitasi dengan layak dan siap menyambut siapa saja yang datang untuk menikmati keindahan Takengon dari ketinggian. Sambil menikmati kopi gayo khas Aceh, akan terasa lebih lengkap.

  • Alamat : Takengon, Ulu Nuih, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 08.30 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

2. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

* sumber: yopiefranz.com

Takengon dikenal dengan Danau Laut Tawar yang memiliki suhu dingin. Bagi masyarakat Suku Gayo, danau ini sering disebut Danau Laut Tawar. Danau seluas 5.472 hektare ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi di Takengon.

Meski terbilang sebagai tempat wisata yang masih baru, Danau Laut Tawar cepat dikenal masyarakat melalui media sosial karena pemandangannya yang indah dan udaranya masih asri. Disediakan dermaga dimana pengunjung bisa menikmati keindahan danau lebih dekat.

  • Alamat : Jl. Takengon – Blangkejeren I, Mendale, Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

3. Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro

* sumber: takengentourism.blogspot.com

Jika menikmati pemandangan alam dari luar sudah terlalu biasa, kamu bisa mencoba sensasi menjelajah Goa Loyang Koro di Takengon. Goa ini merupakan bekas markas tentara muslimin pada zaman kolonial Belanda. Goa Loyang Koro pernah menjadi pintu masuk yang menghubungkan Desa Toweren Uken dengan Isak.

Goa Loyang Koro bisa diakses dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Sepanjang perjalanan menuju goa, kamu akan merasakan hembusan angina sejuk yang berasal dari Danau Laut Tawar. Goa Loyang Koro sudah dikelola sebagai tempat wisata dimana kamu bisa bermain sambil belajar sejarah di sini.

  • Alamat : Toweren Uken, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

4. Tambatan Perahu

Tambatan Perahu

Ada banyak cara menikmati keindahan dari Danau Laut Tawar yang ada di Takengon. Selain melihat keindahannya dari tepi danau ataupun dari ketinggian, kamu bisa datang ke Tambatan Perahu yang memberikan pengalaman berbeda ketika menikmati Danau Laut Tawar.

Tambatan Perahu dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di sore hari sambil menikmati keindahan danau yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Tambatan Perahu mirip seperti dermaga, tetapi diubah dengan bentuk yang unik sehingga menarik untuk dijadikan sebagai tempat berfoto.

  • Alamat : Lot Kala, Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 09.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

5. Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng

* sumber: www.idntimes.com

Melihat keindahan Takangon dari sudut ketinggian lain, bisa dilakukan di Bur Lancuk Leweng. Di sini, kamu bisa menyaksikan landscape dari Takengon dan Danau Laut Tawar. Jika kamu ingin hiking tipis-tipis, tempat ini cocok untukmu. Perjalanan menggunakan sepeda motor hanya bisa dilakukan setengah jalan, setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sampai ke puncak bukit.

  • Alamat : Asir Asir, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

6. Dermaga Lukup Panalam

Dermaga Lukup Panalam

* sumber: suara1996.blogspot.com

Tak hanya Tambatan Perahu saja, ada pula Dermaga Lukup Panalam yang menjadi salah satu tempat menikmati indahnya Danau Laut Tawar. Dermaga ini dibuat memanjang dan melebar, jadi pengunjung bisa berfoto di setiap sudutnya.

Dermaga Lukup Panalam sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata, tetapi sempat tutup selama beberapa waktu, sebelum akhirnya dibuka kembali dan semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota di Provinsi Aceh.

  • Alamat : Dedalu, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

7. Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya

* sumber: msyukri63.blogspot.com

Berwisata alam selalu menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tak hanya menikmati Danau Laut Tawar saja, di Takengon kamu juga bisa menikmati segarnya Air Terjun Mengaya yang merupakan air terjun tersembunyi di Kabupaten Aceh Tengah.

Letak air terjun ini tak terlalu jauh dari Danau Laut Tawar, tepatnya di kaki Gunung Burni Kelieten. Air Terjun Mengaya bisa diakses dengan berjalan kaki sejauh 1,5 km dari tempat penitipan kendaraan. Sepanjang perjalanan, ditemani dengan udara yang sejuk dan suara gemericik air yang memberikan kesegaran.

  • Alamat : Jl. Takengon – Bintang, Bintang, Mengaya, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000

8. Gayo Waterboom

Gayo Waterboom

* sumber: festivaljalanjalan.com

Ingin mengajak anak bermain di hari libur? Kamu bisa membawa keluargamu ke Gayo Waterboom yang letaknya di pusat kota Aceh Tengah. Gayo Waterboom menyediakan beragam permainan dan wahana seru yang akan memanjakan anak-anak. Mulai dari seluncur dengan ketinggian berbeda-beda, hingga ember tumpah.

Di sini terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, mulai dari yang dalam untuk orang dewasa, hingga dangkal untuk anak-anak. Jadi tidak perlu khawatir membawa anak liburan ke Gayo Waterboom.

  • Alamat : Simpang Kelaping, Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp15.000

9. Buntul Rintis

Buntul Rintis

* sumber: aceh24.com

Buntul Rintis merupakan salah satu tempat dimana kamu bisa melihat pemandangan Bumi Gayo dari ketinggian. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa spot foto menarik yang pemandangannya langsung ke Danau Laut Tawar dan keindahan kota Takengon.

Spot foto yang bisa kamu gunakan adalah miniatur kincir angin, sayap kupu-kupu, sepeda gantung, hingga sangkar burung. Pengunjung yang datang ke sini bukan hanya dari daerah Takengon saja, melainkan dari daerah lain seperti Lhokseumawe, Medan, hingga Malaysia.

  • Alamat : Tensaren, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0812-4124-4939

10. Bur Telege

Bur Telege

* sumber: eljohnnews.com

Menikmati sudut lain Danau Laut Tawar dapat dilakukan di Bur Telege. Di atas bukit ini kamu bisa melihat panorama danau yang lebih dekat, dan perbukitan yang mengelilingi kota Takengon. Tempat yang semuka merupakan semak-semak di antara hutan pinus, diubah menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah gardu pandang. Uniknya, ketika berkunjung ke sini, kamu akan disuguhkan kopi Gayo yang merupakan kopi asli dari Takengon dan kenikmatannya sudah diakui hingga ke mancanegara.

  • Alamat : Hakim Bale Bujang, Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000

Wisata ke Aceh, ternyata tidak melulu tentang Banda Aceh dan Pulau Weh saja. Masih banyak tempat liburan lain, salah satunya di Takengon. Nah, sekarang sudah tahu kan, apa saja tempat yang bisa dikunjungi ketika liburan ke Aceh Tengah? Yuk, rencanakan liburan seru di Takengon!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram