Berwisata ke Tawangmangu? Wajib Kunjungi 7 Tempat ini

Ditulis oleh Winda Widyaningsih

Berbicara perihal destinasi wisata untuk berlibur, tempat wisata dengan tema alam mungkin adalah salah satu tujuan yang wajib masuk bucket list. Selain memberikan suasana baru dan menyegarkan, tempat wisata dengan tema alam tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri untuk para pelancong.

Ada begitu banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di Indonesia, mulai dari yang dekat dengan kota-kota besar, hingga pelosok desa atau pegunungan. Salah satu wilayah yang menyajikan tempat wisata alam dengan beragam pilihan adalah di Tawangmangu, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal karena merupakan salah satu tempat yang bisa diakses untuk mendaki gunung Lawu. Gunung Lawu sendiri merupakan salah satu gunung di pulau Jawa yang menjadi favorit para pendaki gunung.

Tawangmangu merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Magetan, Jawa TImur. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat tempat ini dikenal oleh masyarakat luas bahkan hingga ke mancanegara karena memiliki tempat wisata yang bagus. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah menjadikan tawangmangu sebagai salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat liburan.

Meskipun para pelancong membutuhkan waktu hingga 2 jam dari pusat kota Solo untuk ke Tawangmangu, namun semuanya akan terbayar setelah melihat dan mengunjungi berbagai tempat wisata disini. Selain itu, akses jalan menuju ke Tawangmangu juga sudah sangat bagus dan mudah untuk di lewati. Baik menggunakan kendaraan sendiri, maupun menggunakan kendaraan umum.

Supaya kamu tidak bingung tempat mana saja yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Tawangmangu, berikut 7 tempat wisata yang wajib di kunjungi saat ke Tawangmangu. Lengkap mulai dari wisata alam alami dan juga wisata alam buatan. Simak berikut ini ya!

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Tempat wisata yang satu ini bisa juga dikatakan sebagai salah satu ikon dari Tawangmangu. Terletak di kaki Gunung Lawu, Grojogan sewu adalah sebuah tempat wisata alam yang berupa air terjun setinggi delapan meter.

Kata grojogan dalam bahasa Jawa artinya adalah air terjun, dan sewu adalah seribu. Dinamakan grojogan sewu karena air terjun ini terbentuk dari banyak sumber mata air. Bahkan jika sedang musim hujan dan airnya melimpah, maka air terjun ini akan memiliki cabang air terjun lain yang membuat air terjun ini tampak indah.

Di dalam tempat wisata ini, ada beragam fasilitas lain yang dapat memanjakan pengunjung. Selain air terjun tentunya, disini juga terdapat kolam renang dan wahana permainan air seperti arung jeram.

Disini para pengunjung tidak akan kesulitan mencari tempat makan atau toilet karena di dalam area wisata ini terdapat beberapa penjual makanan. Yang menjadi salah satu makanan khas disini adalah sate kelinci dan sate landak.


Untuk menikmati air terjun dan pemandangannya yang indah, tentunya ada harga yang harus dibayar. Selain membayar dalam bentuk uang, maka para pengunjung juga harus membayar secara “fisik”.

Hal ini dikarenakan akses dari pintu masuk menuju ke lokasi air terjun harus ditempuh dengan cara melewati 1250 anak tangga. Namun tentu saja, semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

  • ALamat: Jl.Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu,Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
  • Telepon : 0271 697051
  • Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp17.000 – Rp20.000

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, Tawangmangu juga masih memiliki air terjun yang juga tidak kalah menarik. Yaitu Air Terjun Jumog.  Lokasinya tidak terlalu jauh dari Grojogan Sewu. Berbeda dengan Grojogan Sewu yang sudah di kelola oleh pemerintah, maka Air Terjun Jumog ini masih di kelola oleh warga setempat.

Meskipun Air Terjun Jumog masih di kelola oleh warga setempat, para pelancong tidak perlu khawatir apabila berkunjung kesini karena fasilitas yang ada di Air Terjun Jumog ini terbilang lengkap. Fasilitasnya mulai dari tempat makan, toilet, kolam renang, hingga wahana untuk bermain anak-anak.

Fasilitas lain yang juga disediakan oleh warga yaitu tempat untuk menginap. Dengan harga sewa mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000 rupiah, pengunjung sudah bisa menginap di penginapan yang sudah disediakan.

Setelah melewati 116 anak tangga dari pintu masuk, maka para pengunjung bisa langsung menyaksikan keindahan air terjun dengan air yang jernih. Airnya yang begitu jernih membuat sebagian pengunjung berani meminum langsung air yang mengalir ini. Air yang ada di air terjun jumog ini juga terus mengalir meskipun sedang musim kemarau.

  • Alamat : Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Lokal Rp5.000 dan mancanegara Rp15.000

3. Candi Cetho

Candi Cetho

Selain air terjun, Tawangmangu juga memiliki tempat wisata yang tidak hanya indah namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Tempat wisata ini juga cocok sekali untuk kalian yang menyukai sejarah atau tertarik dengan arkeolog. Tempat tersebut adalah Candi Cetho.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram