Berkunjung ke Tawangmangu? Wajib Kunjungi 7 Tempat Wisata ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Maret 2020

Berbicara perihal destinasi wisata untuk berlibur, tempat wisata dengan tema alam mungkin adalah salah satu tujuan yang wajib masuk bucket list. Selain memberikan suasana baru dan menyegarkan, tempat wisata dengan tema alam tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri untuk para pelancong.

Ada begitu banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di Indonesia, mulai dari yang dekat dengan kota-kota besar, hingga pelosok desa atau pegunungan. Salah satu wilayah yang menyajikan tempat wisata alam dengan beragam pilihan adalah di Tawangmangu, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal karena merupakan salah satu tempat yang bisa diakses untuk mendaki gunung Lawu. Gunung Lawu sendiri merupakan salah satu gunung di pulau Jawa yang menjadi favorit para pendaki gunung.

Tawangmangu merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Magetan, Jawa TImur. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat tempat ini dikenal oleh masyarakat luas bahkan hingga ke mancanegara karena memiliki tempat wisata yang bagus. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah menjadikan tawangmangu sebagai salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi saat liburan.

Meskipun para pelancong membutuhkan waktu hingga 2 jam dari pusat kota Solo untuk ke Tawangmangu, namun semuanya akan terbayar setelah melihat dan mengunjungi berbagai tempat wisata disini. Selain itu, akses jalan menuju ke Tawangmangu juga sudah sangat bagus dan mudah untuk di lewati. Baik menggunakan kendaraan sendiri, maupun menggunakan kendaraan umum.

Supaya kamu tidak bingung tempat mana saja yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Tawangmangu, berikut 7 tempat wisata yang wajib di kunjungi saat ke Tawangmangu. Lengkap mulai dari wisata alam alami dan juga wisata alam buatan. Simak berikut ini ya!

1. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Tempat wisata yang satu ini bisa juga dikatakan sebagai salah satu ikon dari Tawangmangu. Terletak di kaki Gunung Lawu, Grojogan sewu adalah sebuah tempat wisata alam yang berupa air terjun setinggi delapan meter.

Kata grojogan dalam bahasa Jawa artinya adalah air terjun, dan sewu adalah seribu. Dinamakan grojogan sewu karena air terjun ini terbentuk dari banyak sumber mata air. Bahkan jika sedang musim hujan dan airnya melimpah, maka air terjun ini akan memiliki cabang air terjun lain yang membuat air terjun ini tampak indah.

Di dalam tempat wisata ini, ada beragam fasilitas lain yang dapat memanjakan pengunjung. Selain air terjun tentunya, disini juga terdapat kolam renang dan wahana permainan air seperti arung jeram.

Disini para pengunjung tidak akan kesulitan mencari tempat makan atau toilet karena di dalam area wisata ini terdapat beberapa penjual makanan. Yang menjadi salah satu makanan khas disini adalah sate kelinci dan sate landak.

Untuk menikmati air terjun dan pemandangannya yang indah, tentunya ada harga yang harus dibayar. Selain membayar dalam bentuk uang, maka para pengunjung juga harus membayar secara “fisik”.

Hal ini dikarenakan akses dari pintu masuk menuju ke lokasi air terjun harus ditempuh dengan cara melewati 1250 anak tangga. Namun tentu saja, semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan.

  • ALamat: Jl.Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu,Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
  • Telepon : 0271 697051
  • Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp17.000 – Rp20.000

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, Tawangmangu juga masih memiliki air terjun yang juga tidak kalah menarik. Yaitu Air Terjun Jumog.  Lokasinya tidak terlalu jauh dari Grojogan Sewu. Berbeda dengan Grojogan Sewu yang sudah di kelola oleh pemerintah, maka Air Terjun Jumog ini masih di kelola oleh warga setempat.

Meskipun Air Terjun Jumog masih di kelola oleh warga setempat, para pelancong tidak perlu khawatir apabila berkunjung kesini karena fasilitas yang ada di Air Terjun Jumog ini terbilang lengkap. Fasilitasnya mulai dari tempat makan, toilet, kolam renang, hingga wahana untuk bermain anak-anak.

Fasilitas lain yang juga disediakan oleh warga yaitu tempat untuk menginap. Dengan harga sewa mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000 rupiah, pengunjung sudah bisa menginap di penginapan yang sudah disediakan.

Setelah melewati 116 anak tangga dari pintu masuk, maka para pengunjung bisa langsung menyaksikan keindahan air terjun dengan air yang jernih. Airnya yang begitu jernih membuat sebagian pengunjung berani meminum langsung air yang mengalir ini. Air yang ada di air terjun jumog ini juga terus mengalir meskipun sedang musim kemarau.

  • Alamat : Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Jam Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Lokal Rp5.000 dan mancanegara Rp15.000

3. Candi Cetho

Candi Cetho

Selain air terjun, Tawangmangu juga memiliki tempat wisata yang tidak hanya indah namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Tempat wisata ini juga cocok sekali untuk kalian yang menyukai sejarah atau tertarik dengan arkeolog. Tempat tersebut adalah Candi Cetho.

Candi yang didirikan pada masa pemerintahan Majapahit sekitar tahun 1373 Saka atau 1452 Masehi ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Lokasinya yang terletak di daerah pegunungan, membuat Candi Cetho tampak indah dengan latar belakang pemandangan kebun teh dan juga perbukitan serta pegunungan.

Para pengunjung yang akan memasuki kawasan Candi Cetho, diwajikan mengenakan kain poleng yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola candi. Kain poleng adalah sebuah kain khusus dengan motif hitam putih. Kain ini dikenakan di bagian pinggang pengunjung. Tenang saja, petugas yang ada di candi akan membantu pengunjung untuk mengenakan kain poleng ini.

  • Alamat : Dusun Cetho, desa gumeng, Kec.Ngawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
  • Telepon : 081239624421
  • Jam Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp7.000/motor Rp2.000 dan Rp5.000/mobil

4. Taman Balekambang Tawangamangu

Taman Balekambang Tawangamangu

Liburan rasanya akan kurang lengkap tanpa mengambil foto atau selfie. Nah, tempat wisata yang satu ini bisa menjadi salah satu tempat yang pas untuk mengumpulkan foto-foto dengan berbagai background yang instagramable. Tempat wisata ini adalah Taman Balekambang Tawangmangu.

Taman Balekambang Tawangmangu merupakan tempat wisata yang menjadikan miniatur landmark dari berbagai Negara di dunia sebagai ciri khasnya. Mulai dari menara Eiffel dari Paris, menara Pisa dari Italia, bahkan candi Borobudur dari Indonesia akan ditemui disini. Jadi, hanya dengan beberapa puluh ribu saja para pengunjung sudah bisa merasakan seakan keliling dunia.

Selain berbagai miniatur landmark dari berbagai Negara, di Taman Balekambang Tawangmangu ini juga terdapat wahana lain. Wahana tersebut antara lain outbond, ATV, flying fox, hingga waterboom. Namun, para pngunjung harus membayar lebih untuk setiap wahananya. Karena harga wahana tersebut belum termasuk dengan tiket masuk.

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga lengkap. Mulai dari toilet, tempat makan, gazebo, hingga lahan parkir yang luas. Ada juga pertunjukkan live music yang diadakan khusus setiap sabtu malam.

  • Alamat: jl. Balekambang, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa tengah
  • Telepon: 081328263500
  • Jam operasional : 09.00 – 17.00 (Senin-Jumat), 08.00 – 17.00 (Sabtu), 07.00 – 17.00 (Minggu)
  • Tiket masuk : Rp20.000 (Senin-Jumat), Rp25.000 (Sabtu-Minggu)

5. Wana Wisata Bukit Sekipan

Wana Wisata Bukit Sekipan

Wana Wisata ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu, tempat ini dijadikan sebagai tempat latihan para TNI. Namun, sejak tahun 2015, tempat wisata ini sudah diresmikan dan di jadikan tempat wisata.

Wana dalam bahasa jawa artinya adalah hutan. Jadi, Wana Wisata Bukit Sekipan adalah sebuah taman wisata yang terletak diantara pepohonan atau di alam terbuka. Tempat wisata ini memiliki beragam wahana dan cocok dikunjungi bersama dengan keluarga.

Wahana yang ada di taman bukit sekipan antara lain waterboom mini, rumah Halloween, outbond, hingga tempat untuk camping. Untuk camping disini ada yang namanya welit camp, yaitu rumah berbentuk kerucut dengan tinggi 120 meter dan atapnya terbuat dari jerami kering. Selain itu ada juga welit super camp yaitu tempat camping di dalam wisman penginapan.

  • Alamat : Jl. Sekipan, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar,Jawa Tengah
  • Telepon : 0271- 696036/08132228910 (Whatsapp)
  • Jam Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Tiket regular Rp5000 (waterboom, bebek air, mandi bola, kampung Halloween, goa hantu, kampung 3D, miniature dunia, replika Presiden RI, mini zoo, polo air dan kapal titanic), Tiket terusan Rp100.000 (semua wahana tiket regular, super rally, monorail, kora-kora, kiddy boat, carossel, kereta mini, bombom car, dan kincir-kincir), Tiket taman lampion Rp50.000, Tiket outbond Rp7.500, Tiket camping Rp. 7500, Sewa aula Rp50.000, Sewa blok Rp150.000.

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah gunung berapi yang ada di Jawa Tengah. Mungkin nama Gunung Lawu sudah tidak asing lagi bagi para pendaki gunung. Statusnya yang saat ini sedang “istirahat” tidak membuat para pecinta alam mengurungkan niat untuk mendaki Gunung Lawu.

Gunung Lawu memiliki tinggi 3.265mdpl. Lokasinya terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan provinsi Jawa Timur. Gunung Lawu juga terletak diantara 3 kabupaten yaitu Kabupaten Ngawi, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Magetan.

Gunung Lawu terakhir kali meletus pada tanggal 28 November 1885. Selain mendaki dan menuju ke puncak, di Gunung Lawu juga terdapat beberapa tempat wisata. Tempat wisata tersebut antara lain telaga Sarangan, Kawah Telaga Lembung Selayur, dan kawah Telaga Kuning. Selain itu, ada satu mitos yang terkenal di gunung ini, yaitu adanya pasar gaib.

  • Alamat : Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
  • Rute termudah : Cemoro Sewu
  • Rute normal : Cemoro kandang, Candi Cetho

7. Cemoro Kandang

Cemoro Kandang

Sebagai salah satu tempat untuk memulai pendakian Gunung Lawu, Cemoro Kandang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cemoro Kandang adalah daerah paling timur dari Kabupaten Karanganyar. Berada di ketinggiam 1.800 mdpl, membuat daerah ini memiliki suhu yang sangat sejuk. Suhunya bisa mencapai 8-10 derajat celcius.

Lokasinya yang berada di desa tertinggi, membuat para pengunjung yang datang ke Cemoro Kandang bisa menyaksikan keindahan alam tanpa terhalangi apapun. bahan sebagai bonus, pengunjung bisa menyaksikan telaga sarangan yang terletak di Magetan, Jawa Timur.

Pengunjung yang datang kesini juga bisa menikmati pemandangan dengan ditemani secangkir kopi panas yang banyak dijual oleh pedagang di sini.

  • Alamat : Gondosuli kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah
  • Jam operasional : 07.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

Nah, itu adalah 7 tempat wisata yang ada di Tawangmangu. Tentu saja masih banyak tempat wisata yang lain di Tawangmangu. Lalu, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu kunjungi saat ke Tawangmangu? Atau malah kamu punya rekomendasi lain yang lebih eksotis? Bagikan kepada kami ya tujuan destinasimu saat ke Tawangmangu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *