8 Tempat Wisata Di Bandung Untuk Kamu Penyuka Binatang

Ditulis oleh Winda Widyaningsih - Diperbaharui 27 September 2020

Libur akan segera tiba, apakah kamu sudah menentukan destinasi wisata untuk liburan kali ini? Jika belum atau bingung menentukan kota mana yang ingin kamu kunjungi, tak ada salahnya untuk mengunjungi kota kembang alias Bandung.

Ya, ibukota Jawa Barat ini memang dikenal memiliki sekian banyak tempat wisata yang tak bosan untuk dikunjungi. Letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan, membuat Bandung menjadi salah satu kota favorite bagi sebagian besar pelancong yang tinggal atau bekerja di kota yang padat dan panas. Hal ini karena Bandung memiliki suhu dan cuaca yang dingin sehingga cocok untuk me-refresh diri sebelum kembali ke rutinitas.

Selain menawarkan wisata alam, Bandung juga memiliki tempat wisata lain mulai dari outlet-outlet pakaian hingga beragam tempat makan yang cocok untuk berwisata kuliner. Namun selain itu, bagi kamu pecinta binatang atau kamu yang ingin mengenal binatang lebih dekat lagi, Bandung juga memiliki tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Di tempat wisata ini kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan binatang. Lantas dimana sajakah tempat wisata tersebut? Berikut keluyuran.com telah merangkumnya.

1. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang memang menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika kamu ingin melihat beragam jenis binatang. Mulai dari binatang yang sering kita jumpai hingga binatang yang langka akan ada di kebun binatang.

Di kebun binatang Bandung ini, kamu bisa mengenal beragam binatang yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui. Ditambah lagi, kamu juga bisa menunggangi gajah atau unta, lho!

Kamu juga bisa berinteraksi dengan ular atau binatang lain yang memang sudah disiapkan untuk berinteraksi dengan manusia. Biasanya, para pawang binatang ini akan mendampingi kamu saat sedang mengajak mereka bermain. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Jika kita bisa bermain dengan para binatang, sayangnya di kebun binatang Bandung ini kamu tidak diperbolehkan untuk memberi makan hewan secara sembarangan. Hal ini karena nantinya hewan tersebut akan terbiasa untuk meminta makanan kepada pengunjung yang lain.

Selain itu juga, jika pengunjung memberikan makanan yang salah, hewan-hewan disini bisa saja sakit atau keracunan. Ditambah hewan-hewan disini juga sudah diatur makannya oleh para penjaga. Nah, untuk kamu yang belum tahu atau belum pernah mengunjungi kebun binatang Bandung, berikut ini alamatnya.

  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6 , Lb siliwangi, Coblong, Kota Bandung.
  • No. Telepon: (022) 2502770
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00
  • Harga: Rp40.000,-/orang (sudah termasuk akses fasilitas semua wahana permainan yang ada di dalam kawasan kebun binatang)

 2. Lactasari Mini Farm dan Bird Park

Lactasari Mini Farm dan Bird Park

Berbeda dengan tempat yang lain, Lactasari Mini Farm dan Bird Park ini terletak di tempat yang tidak biasa. Bagaimana tidak, tempat yang satu ini terletak di atap sebuah mall besar yang ada di kota Bandung.

Ide yang out of the box dan bahkan mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Atap pusat perbelanjaan yang biasanya digunakan untuk tempat makan atau food court kali ini dimanfaatkan untuk sebuah kebun binatang dan taman mini.

Sesuai dengan namanya, tempat ini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama Lactasari Mini Farm yang berupa taman buatan yang dijadikan sebagai tempat peternakan berbagai hewan. Yang kedua ada Bird park yaitu taman burung yang dihiasi dengan tanaman dan habitat buatan untuk para burung yang ada disini.

Di dalam Lactasari Farm pengunjung dapat melihat sebuah peternakan mini yang dihuni oleh 5 jenis binatang. Binatang tersebut yaitu domba, kambing, kelinci, sapi dan anjing berjenis Siberian husky. Disini, pengunjung bisa berinteraksi dengan para binatang dengan cara memberi susu atau memberi makan pada mereka.

Sedangkan di Bird park ada berbagai jenis burung termasuk burung yang langka yaitu burung Enggang dan burung Nuri. Jika pengunjung ingin memberi makan burung yang ada disini sangat mudah karena saat memasuki Bird park ini kita akan diberi semangkuk makanan burung yang bisa kita berikan kepada para burung agar kita bisa berinteraksi dan melihat mereka dengan lebih dekat.

Untuk mengunjungi Lactasari Mini Farm dan Bird Park ini sangat mudah, kamu tinggal datang ke Paris Van Java mall.

  • Alamat: Paris Van Java Mall Jl. Sukajadi no.131-139, Bandung.
  • No telepon: (022) 6621007
  • Jam Operasional: weekday: 10.00 – 19.00  weekend: 10.00 – 22.00
  • Tiket masuk: Bird Park Rp29.000, Lactasari Mini Farm Rp60.000

 3. Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang ini merupakan sebuah area taman seluas 1,7 hektar yang menampung sekitar 45 jenis kupu-kupu langka yang ditangkarkan setiap hari. Saat berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Cihanjuang ini, kamu akan dipandu oleh instruktur berpengalaman yang akan memberikan pengetahuan dan informasi tentang kupu-kupu.

Taman ini ditutupi oleh jaring tipis yang akan mencegah si kupu-kupu kabur. Untuk menarik perhatian para kupu-kupu, taman ini ditanami dengan berbagai macam bunga. Selain melihat kupu-kupu yang beragam jenis ini beterbangan, kamu juga bisa melihat proses metamorfosis dari kupu-kupu yang ada disini. Mulai dari telur, ulat, hingga kepompong.

Bahkan bila beruntung, kamu bisa menyaksikan bagaimana proses keluarnya kupu-kupu dari dalam kepompong. Wah, tidak sabar? Langsung saja datang ke taman kupu-kupu ini.

  • Alamat: Jl. Cihanjuang, Cibaligo Permai Raya no. 58, Cihanjuang Parongpong, Kabupaten Bandung
  • Telepon: (022) 60822222/ (022) 92952008
  • Jam Operasional: 08.00 – 17.00
  • Harga: Rp10.000,-/orang

4. Ranca Upas

ranca upas

Memasuki daerah Ciwidey, ada sebuah tempat wisata di Bandung Selatan yang sudah terkenal, yaitu Ranca Upas. Ranca upas merupakan tempat penangkaran rusa sekaligus bumi perkemahan yang terletak di Ciwidey. Disini pengunjung dapat melihat bahkan berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang ada. Dengan membeli sayuran yang sudah dijual disini, pengunjung dapat memberi makan para rusa sekaligus berfoto.

Lokasinya yang bagus membuat tempat ini sering dijadikan latar belakang untuk foto prewedding. Lokasinya juga sangat instagramable, sehingga kamu bisa berswafoto dengan para rusa dengan background hamparan rumput hijau. Mau? Langsung saja yuk datang kemari.

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung.
  • Telepon: (022) 7808996
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang (hari biasa) Rp15.000,-/orang (akhir pekan) jika ingin berkemah akan dikenakan biaya tambahan Rp10.000,-/orang.

5. Happy Farm Ciwidey

Happy Farm Ciwidey

Happy Farm Ciwidey ini mengusung konsep edukasi terutama untuk anak-anak. Di dalam tempat wisata ini terdapat banyak hewan, diantaranya kelinci, domba, dan sapi.

Pengunjung bisa memberi makan kelinci dan domba dengan membeli makanannya dahulu seharga Rp15.000. selain memberi makan kelinci dan domba, pengunjung juga bisa memberikan susu kepada sapi yang ada disini.

Setelah selesai bermain dengan kelinci dan domba, pengunjung bisa menunggangi kuda untuk berkeliling Happy Farm sambil melihat hamparan rumput hijau.

Tempatnya yang luas dan tertata dengan rapi membuat pengunjung bisa menikmati liburan yang menyenangkan. Bahkan bukan hanya liburan tetapi juga sekalian belajar tentang satwa yang ada.

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey No.37 Km 33,7, Panundaan, Ciwidey, Bandung
  • No Telepon: (022) 85920160/0816604804
  • Jam Operasional: Weekday 09.00 – 18.00 Weekend 09.00 – 21.00 (hari senin tutup)
  • Tiket masuk: Rp20.000,-/orang (sudah termasuk satu gelas susu sapi asli)
  • Harga Wahana: Rp20.000,- Naik Kuda Rp.25.000 Harga makanan kelinci/domba Rp15.000,-

 6. Farmhouse Susu Lembang

Farm House

Memasuki daerah Lembang, Bandung, ada sebuah tempat wisata yang wajib dikujungi. Ya, Farmhouse. Farmhouse merupakan tempat wisata yang sengaja di tata dengan tatanan serba mini ini, sangat pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

Disini pengunjung bukan hanya bisa foto-foto dengan background bangunan khas Eropa, namun pengunjung juga bisa bermain dengan para kelinci dan domba yang lucu-lucu.

Di Farmhouse Susu Lembang ini pengunjung bisa menukarkan tiket masuk dengan susu murni asli. Jadi, bisa sekalian jalan-jalan, bermain dengan binatang, sekaligus minum susu.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar untuk bermain dan berkeliling di Farmhouse, langsung saja datang kesini ya. Tenang saja, Farmhouse terletak di pinggir jalan, jadi tidak perlu susah-susah untuk mencari.

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.18 Lembang, Bandung
  • Telepon: +62 2282782400
  • Jam Operasional: 09.00 – 21.00
  • Tiket masuk: Rp20.000,-/ orang dan dapat ditukarkan dengan makanan/minuman

 7. De’ Ranch

De’ Ranch

Masih di daerah Lembang, ada sebuah tempat wisata yang akan membawa anda merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang cowboy. Tempat tersebut adalah De’Ranch.

De’Ranch bukan hanya akan memberi pengalaman tersendiri karena memiliki konsep yang unik, namun juga pengunjung bisa benar-benar ‘menjelma’ menjadi seorang cowboy.

Dengan menyewa kostum dan membayar sewa untuk menunggangi kuda, pengunjung bisa berkeliling dan menikmati pemandangan yang ada di De’ranch sambil di damping dengan petugas disana. Jadi, sudah pasti aman.

Selain berkuda dan berkeliling, pengunjung juga bisa memberi makan dan bermain dengan para kuda yang ada. Walaupun tempat wisata ini mengusung tema cowboy, disini juga ada fasilitas permainan yang lain yang juga tidak kalah menarik untuk dicoba.

  • Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung
  • Telepon: (022) 2785865
  • Jam Operasional: Weekday: 09.00 – 17.00 Weekend: 08.00 – 18.00 (senin tutup)
  • Tiket masuk: Rp10.000,-/orang
  • Tiket Wahana: Delman: Rp30.000,-3 putaran/orang, Triker: Rp25.000,-15 menit/orang, Kuda Tunggang Rp25.000,-putaran/orang, Kuda poni: Rp25.000,-2 putaran/orang, The Gold Hunter Rp20.000,-15 menit/orang

 8. Jendela Alam

Jendela Alam

Tempat Wisata yang satu ini cocok dikunjungi untuk kamu yang ingin merasakan rasanya beternak dan berkebun. Biasanya anak-anak senang mengunjungi tempat yang seperti ini. Tempat wisata yang terletak di Sersan Bajuri ini menyediakan fasilitas untuk berkebun dan beternak.

Binatang yang ada disini juga sudah jinak. Pengunjung bisa memberi makan, memberi susu, bahkan memandikan ternak-ternak yang ada. Selain beternak, pengunjung juga bisa belajar berkebun. Pengunjung akan diajari bagaimana berkebun dengan metode aquaponik dan hidroponik.

  • Alamat: Jl. Sersan Bajuri KM 4,5 Ledeng Lembang, Bandung.
  • Telepon: +62 222788482 / 2788513
  • Jam Operasional: Weekday: 09.00 – 16.00 Weekend: 08.00 – 16.00
  • TIket masuk: Rp10.000,- (weekday) Rp15.000,- (weekend)

 Nah, itulah 8 tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk bermain-main dengan binatang dan mendapatkan pengalaman baru. Selain itu, kalau kamu masih bingung mau wisata bersama keluarga kemana lagi, Keluyuran masih punya nih rekomendasi tempat wisata edukasi di Bandung

Lalu, setelah mencatat 8 destinasi wisata diatas tadi, manakah yang lebih menarik untuk dikunjungi? Jika ada, tulis di kolom komentar ya. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram