7 Wisata Religi di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 Agustus 2021

Datangnya bulan suci Ramadan tidak menjadikan kegiatan terbatas. Di bulan puasa ini ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah ziarah menyusuri tempat-tempat wisata religi di berbagai negara. Selain sebagai pengisi waktu selama bulan puasa, berwisata religi menjadi ajang untuk menambah amalan ibadah puasa.

Tempat-tempat wisata religi untuk umat muslim tidak hanya ada di Indonesia. Kurang lebih ada 130 negara di seluruh dunia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang bisa kamu jelajahi untuk menambah wawasan kita terkait agama Islam. Yuk, simak beberapa daftar tempat wisata dunia yang cocok untuk dijadikan sebagai tujuan perjalanan wisata religi berikut ini!

1. Masjid Koutoubia - Maroko

Masjid Koutoubia - MarokoSumber: indohollandtours.blog
  • Alamat: Medina Jamaa El Fena, 40000, Moroko
  • Jam Operasional: Setiap hari
  • No telp: -

Kerajaan Maroko dikenal dengan Mamlakah Maghribiyah dalam Bahasa Arab. Maroko adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Negara yang terletak di Afrika Barat ini mempunyai garis pantai yang memanjang dari selat Gibraltar sampai ke Laut Tengah.

Maroko mempunyai tradisi Ramadan yang sangat kental. Inilah yang menjadikan Maroko bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata religi di bulan puasa yang bisa kamu kunjungi. Tradisi di Maroko menarik untuk diulik. Negeri seribu benteng ini mempunyai makanan khusus yang disebut dengan harirah, yaitu sup khas Maroko yang disajikan hangat.

Harirah biasanya ditambahkan dengan telur, daging, berbagai sayuran dan roti. Selain itu, ada tambahan camilan manis yang disebut dengan halawiyat seperti kurma, baghir (pancake khas Maroko) dan wafer yang dilapisi mentega dan madu khas Maroko yang disebut dengan syabakia.

Para wisatawan yang datang ke Maroko bisa mencicipi hidangan ini saat bulan Ramadan. Selain makanan khas yang unik untuk dicicipi, Maroko mempunyai tujuan wisata yang bisa kamu kunjungi selama Ramadan, misalnya Masjid Koutoubia.

Masjid tua yang dibangun tahun 1957 ini adalah salah satu masjid bersejarah di Maroko. Masjid Koutoub mempunyai sejarah yang unik. Kiblat masjid yang terletak di kota Marrakech ini pernah dibangun ulang karena karena arah yang salah.

Selain Masjid Koutoub, Maroko mempunyai berbagai tempat wisata religi lainnya yang menarik untuk dikunjungi seperti Istana Bahia, dan kota Marrakech yang indah.

2. Masjid Sheikh Sultan bin Zayed - Uni Emirate Arab

Masjid Sheikh Sultan bin Zayed - Uni Emirate Arab
  • Alamat: Al Bateen – Abu Dhabi, Uni Emirate Arab
  • Jam Operasional: Setiap Hari
  • No. telp: +971 2 614 3666

Uni Emirate Arab adalah salah satu negara yang mempunyai kekuatan ekonomi yang kuat. Negara satu ini pun menggarap program wisata halal yang kini mulai digaungkan. Program ini menarik minat para pelancong dari seluruh negara-negara muslim dunia.

Program wisata halal memberlakukan hukum sesuai syariat Islam yang membuat para wisatawan aman melakukan wisata religi. Para pelancong tidak perlu kerepotan mencari makanan halal dan tempat-tempat aman untuk dikunjungi wisatawan muslim.

Pasalnya di wilayah ini restoran dan makanan halal memang sengaja disediakan. Tempat-tempat wisata religi di Uni Emirate Arab dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan mewah.

Satu dari beberapa destinasi wisata religi yang ada di Uni Emirat Arab adalah Masjid Sheikh Sultan bin Zayed. Masjid yang Namanya diambil dari seorang tokoh nasional Uni Emirat Arab ini dibangun dengan menggunakan material batu pualam putih dan batu-batu alam lainnya.

Masjid agung ini mempunyai fasilitas lainnya yang membuat fungsi masjid menjadi lebih beragam. Fasilitas yang terdapat di masjid ini di antaranya adalah perpustakaan dengan koleksi buku-buku klasik yang berkaitan dengan Islam, buku-buku peradaban, seni budaya dan kaligrafi.

Di perpusatakaan ini pula tersimpan buku-buku kuno yang diterbitkan 200 tahun yang lalu dan koin Islam kuno. Buku-buku yang tersimpan tidak hanya yang berbahasa Arab saja. Buku-buku berbahasa Inggris, Italia, Korea, Jerman dan Perancis pun ada.

3. Masjid Isfahan (Masjid Shah) - Iran

Masjid Isfahan (Masjid Shah) - IranSumber: islampos.com
  • Alamat: Naqsh-e Jahan Square
  • Jam Operasional: 09.00-17.00, Jam buka akan berbeda jika ada perayaan khusus
  • No. Telp: -

Ditilik dari sejarahnya, Iran layak dinobatkan sebagai negara yang wajib dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Sejarahnya yang panjang yang berkaitan dengan sejarah Islam membuat negara ini tak boleh dilewatkan.

Ada banyak sisa-sisa sejarah Islam yang sampai saat ini masih bisa kita lihat. Salah satunya ada ‘Masjid Goyang’ dan Masjid Imam yang dikenal dengan sebutan Isfahan. Masjid di kawasan ini adalah masjid pusat budaya dan agama Islam di Iran.

Jangan lewatkan Shah Cheragh, masjid yang terbuat dari gelas dan kaca yang berdiri gagah dan mewah. Masjid ini merupakan tempat ziarah popular yang selalu membuat wisatawan terpesona dengan arsitektur dan bentuk kubah makamnya.

Kepopuleran masjid ini berawal ketika pada tahun 900 M ditemukan jenazah seorang tokoh muslim berbaju besi oleh seorang warga Shiraz.

4. Gunung Sinai - Mesir

Gunung Sinai - MesirSumber: dream.co.id
  • Alamat: Saint Catherine, Janub Sina, Mesir
  • ketinggian: 2285 m
  • Koordinat: 28°32′23″N 33°58′24″E 
  • Jam Operasional: Setiap Hari

Bulan puasa di mesir adalah bulan yang sarat akan keseruan bernafaskan Islam. Di kota kairo, Mesir, bulan puasa terasa meriah dengan adanya dekorasi dan kegiatan khusus yang biasa dilakukan di bulan Ramadan.

Jalanan di kota kairo dan di kota-kota lainnya dihiasai dengan Fanous, sejenis lentera tradisional Ramadan yang berwarna-warni. Kairo mempunyai perayaan khusus di bulan Ramadan yang menyenangkan. Jika kamu memesan makanan di Kairo, kamu akan mendapatkan porsi makan besar.

Di bulan khusus ini, tenda-tenda yang ada di sepanjang trotoar dipenuhi oleh orang-orang yang berkumpul bersosialisasi. Di warung-warung tenda ini dijual makanan dan minuman tradisional mesir seperti taameya.

Kairo dan beberapa kota lainnya di mesir mempunyai tempat-tempat wisata religi yang kental dengan sejarah Islam seperti Gunung Sinai, tempat nabi musa AS berbicara dengan dengan Allah. Gunung atau yang disebut juga dengan Jabal Musa banyak didatangi oleh para peziarah yang berbagai negara saat mereka mengunjungi tanah Firaun ini.

5. Hagia Sophia - Turki

Hagia Sophia - TurkiSumber: needpix.com
  • Alamat: Sultan Ahmet Ayasofya Meydani No. 1 Istanbul, Turki
  • Jam Operasional: Setiap Hari
  • Tiket Masuk: Gratis

Wajah kota Istambul, Turki menjadi berbeda tatkala bulan puasa tiba. Kota ini menjadi lebih meriah, lebih sibuk dan ditata dengan lebih menarik. Suasana bulan puasa di Turki membuat para wisatawan dari berbagai negara yang datang ke turki menjadi lebih penasaran.

Suasana meriah disebabkan dengan adanya festival Ramadan yang diadakan selama bulan Ramadan. Festival dan hiburan di Turki meliputi festival kuliner dan hiburan rakyat. Acara ini biasanya dimulai selepas Ashar.

Ada kesamaan tradisi bulan puasa di Turki dan di Indonesia. Turki mempunyai tradisi membangunkan sahur. Warga turki akan berkeliling sambil memukul alat musik yang menghasilkan bunyi-bunyian nyaring seperti drum agar warga bangun untuk makan sahur.

Tempat wisata lain di Turki yang bisa kamu jadikan untuk tujuan wisata religi adalah masjid Hagia Sophia. Masjid yang dulunya merupakan gereja besar yang dibangun di masa Byzantium Roma ini menjadi museum bersejarah di Turki tempat menyimpan artefak-artefak dari era Bani Ustmaniyah.

6. Masjid Al Aqsa - Yerusalem

Masjid Al Aqsa - Yerusalem
  • Alamat: Kota Lama Yerusalem
  • Jam Operasional: Setiap hari
  • Tiket Masuk: Gratis

Yerusalem atau dikenal pula Al Quds dikenal sebagai pusat tiga agama dan merupakan salah satu kota suci di dunia. Kota ini merupakan kota yang penting bagi tiga agama samawi, yakni Islam, Yahudi dan Kristen.

Tujuan wisata religi di negara ini adalah Tembok Ratapan. Bagi kaum Yahudi, Tembok Ratapan atau Wailing Wall merupakan sisa kuil milik kaum Yahudi yang dianggap sakral.

Wisatawan dari berbagai negara mendatangi dinding ini untuk menangisi dosa-dosa yang telah dilakukan. Itulah kenapa dinding ini dinamakan Tembok Ratapan. Di Yerusalem terdapat pula tempat yang dianggap sakral bagi umat Kristen. Di kota ini terdapat gereja makam kudus atau Church of Holy Sepulchre tempat Yesus disalib.

Mulai abad ke-4 gereja ini menjadi tempat ziarahnya umat Kristen dunia. Kota dan gereja ini adalah simbol dari toleransi dalam kehidupan beragam. Bentuk toleransi ini tercermin dari adanya para penjaga gereja yang beragama lain selain Kristen.

Bagi umat Islam, Yerusalem juga merupakan tempat yang sakral. Di negara ini berdiri masjid Al Aqsa yang mempunyai sejarah penting bagi umat Islam. Di masjid inilah Nabi Muhamad SAW diangkat ke sidratul muntaha dalam peristiwa Isra Mi’raj.

Tempat suci bagi umat Islam di Yerusalem lainnya adalah Kubah Batu atau Dome of The Rock. Kubah Batu ini dikenal pula dengan nama Haram Asy-Syarif, tanah suci yang mulia.

7. Gua Hira - Arab Saudia

Gua Hira - Arab SaudiaSumber: liputan6.com
  • Alamat: Hejaz, Provinsi Mekah, Arab Saudi
  • Jam Operasional: Setiap hari
  • No telp: -

Berbicara mengenai ziarah atau berwisata ke tempat religi, rasanya tak lengkap jika kita tidak membahas negeri Arab Saudi. Negeri para nabi ini menjadi destinasi wajib bagi seluruh umat muslim di dunia yang ingin melakukan perjalanan wisata religi.

Di Arab Saudi terdapat begitu banyak tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan penyebaran agama Islam. Ibaratnya setiap jengkal tanah Arab pasti ada cerita sejarah yang berkaitan dengan nabi-nabi utusan Allah.

Salah satunya adalah Gua Hira. Di tempat inilah nabi Muhamad SAW menerima wahyu pertama dari Allah.Tempat wisata religi di tanah Arab ini selalu dipadati oleh pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Apalagi di bulan suci Ramadan.

Menarik bukan tempat-tempat tujuan wisata religi yang ada di luar negeri? Tempat-tempat tersebut memiliki sejarah yang panjang yang mengiringi perkembangan Islam di dunia. Rasanya lebih afdol jika mendatangi tempat-tempat tersebut di momen puasa seperti ini ya.

Kita bisa bisa berwisata dan berziarah sekaligus. Kalau kamu mendapat kesempatan untuk mendatangi tempat-tempat tersebut, tempat mana yang ingin kamu singgahi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram