Biaya Liburan di Taiwan, Benarkah Lebih Murah dari Korea?

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 8 September 2021

Biaya liburan di Taiwan bisa direncanakan jauh sebelum Anda berangkat ke sana. Untuk menghemat, berburulah promo sebanyak-banyaknya. Terutama promo tiket pesawat dan hotel atau penginapan. Secara umum, biaya untuk berlibur di Taiwan masih terhitung murah dibanding Jepang dan Korea Selatan

Bukan hanya tergolong murah, saat ini pesawat menuju Taiwan juga sudah tersedia dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Sebelum berangkat, artikel ini akan mengulas tentang perkiraan biaya yang akan dikeluarkan selama berada di Taiwan. Semua harga yang ada pada artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu ya! Yuk, mari simak bersama!

Perkiraan Biaya Pesawat

Perkiraan Biaya Pesawat

Untuk menuju Taiwan, Anda harus mendapatkan tiket pesawat menuju Bandar Udara Internasional Taoyuan Taiwan (TPE). Dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), terdapat beberapa pilihan maskapai yang siap mengantar Anda ke sana.

Pilihan pertama adalah Cathay Pacific kelas ekonomi. Harga tiket pesawat Jakarta-Taiwan (PP) menggunakan maskapai ini sebesar Rp5.644.300 (sudah termasuk pajak, tidak termasuk biaya bagasi). Anda akan transit selama kurang lebih 14 jam di Hongkong sebelum kembali terbang ke bandara tujuan.

Selain Cathay Pacific kelas ekonomi, maskapai lain yang bisa dipilih adalah Jetstar kelas ekonomi. Pesawat ini berangkat dari Soekarno-Hatta (CGK) menuju Taoyuan Taiwan (TPE) dengan transit satu kali di Changi Singapura (SIN) selama kurang lebih 6 jam. Harga tiket PP yang harus Anda bayarkan sebesar Rp 6.445.934 (sudah termasuk pajak, tidak termasuk biaya bagasi).

Maskapai Jetstar juga menawarkan harga tiket yang lebih murah untuk PP Jakarta-Taiwan, yaitu sebesar Rp3.323.000. Tawaran ini bisa dipilih terutama jika Anda hanya akan berlibur selama beberapa hari saja atau kurang dari satu minggu. Jika tiket pesawat murah tidak kunjung bisa didapatkan, Anda bisa menghemat pada pengeluaran yang lainnya.

Perkiraan Biaya Sewa Penginapan

Perkiraan Biaya Sewa Penginapan

* sumber: m.tiket.com

Setelah mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat Jakarta-Taiwan (PP), Anda juga harus memperkirakan berapa besarnya biaya sewa penginapan yang akan dikeluarkan. Ada beberapa rekomendasi hotel yang bisa dipilih. Hotel-hotel ini berada cukup dekat dengan area wisata dan keramaian.

Hotel-hotel atau penginapan di Taipei cenderung lebih mahal dibanding hotel/penginapan di Taichung atau wilayah lain. Namun, tidak usah khawatir sebab pilihannya juga sangat beragam. Semua bisa disesuaikan dengan budget yang sudah disiapkan. Sebelumnya perlu diperhatikan bahwa harga sewa penginapan di bawah ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Apa saja pilihan penginapan yang umum dan sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan? Berikut pilihannya untuk Anda! 

1. Ximen DreamHouse

Ximen DreamHouse

* sumber: www.agoda.com

Ximen DreamHouse berada tidak jauh dari Ximen MRT Station. Anda hanya perlu berjalan kaki selama 10 menit. Lokasinya berada di pusat Ximending, sebuah area yang strategis dan ramai dengan pilihan kuliner serta hiburan. Sementara dari Bandara Taoyuan, jaraknya sekitar 1 jam menggunakan mobil. 

Alamat lengkap Ximen DreamHouse berada di No.1 Lane 25, Kangding Road, Wanhua District, Taipei. Harga sewa untuk dua orang dewasa selama satu malam di sini sekitar Rp 250.812. Dengan harga itu, Anda akan mendapatkan 2 single bed, kamar ber-AC, fasilitas free wifi, flat screen TV, kamar mandi lengkap dengan hairdryer

2. Enjoy Feng Chia Guest House

Enjoy Feng Chia Guest House

* sumber: www.agoda.com

Penginapan ini berada di No.23. Ln101, Zhishan Road, Xitung, Taichung City, Taiwan. Dari Bandara Taichung (RMQ) berjarak hanya sekitar 9,8 Km. Sementara dari Bandara Taoyuan Anda bisa berkendara selama kurang lebih 1 jam 30 menit. Menginap di Enjoy Feng Chia Guest House biaya sewa yang harus dikeluarkan untuk satu malam bagi dua orang dewasa adalah Rp 383.792.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah 1 double bed, laundry, resepsionis 24 jam, free wifi atau internet kamar. Enjoy Feng Chia Guest House cukup familiar di kalangan wisawatan sebab ia berada tidak jauh dari beberapa atraksi menarik, antara lain National Taichung Theater (1,39 Km), PaoChueh Temple (4,87 Km) dan Rainbow Village Taichung (5,75 Km).

3. Paris Star I Guest House

Paris Star I Guest House

Rekomendasi penginapan selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan saat berencana liburan ke Taiwan adalah Paris Star I Guest House. Penginapan ini berada di Ln. 284, Sec. 2, Xitun Road, Xitung District, Xitung, Taichung, Taiwan. Harga sewa yang mereka tawarkan mulai dari Rp 350.907 untuk dua orang dewasa/satu malam.

Fasilitas yang bisa didapatkan antara lain 1 double bed, free wifi, kamar ber-AC, toilet lengkap dan fasilitas publik bebas rokok. Memilih menginap di Paris Star I Guest House, Anda bisa jalan-jalan ke Feng Chia Night Market hanya dengan berjalan kaki selama 4 menit. Jarak dengan Rainbow Village Taichung juga tidak terlalu jauh. 

4. Fenjia Lemu 

Fenjia Lemu 

Jika sedang beruntung, Anda bisa mendapatkan penginapan berkualitas dengan harga yang sangat miring. Seperti yang ditawarkan oleh Fenjia Lemu ini. Tamu hanya perlu membayar biasa sewa sebesar Rp295.190 untuk dua orang dewasa/malam. Tertarik? Silakan datang ke Fenjia Lemu No.282, Section 2, Henan Road, Xitung District, Taichung, Taiwan.

Fasilitas yang didapat antara lain 1 double bed, free wifi, shower, AC, laundry, bisa dibayar di tempat, tidak ada biaya tambahan (S&K berlaku), dan bebas biasa jika ada pembatalan. Selain itu jarak penginapan ini dengan beberapa atraksi menarik juga cukup dekat, sebut saja Rainbow Village Taichung, National Taichung Theater, PaoChueh Temple dan beberapa lainnya.

5. 85spring

85spring

Tips untuk menghemat biaya liburan di Taiwan atau beberapa negara lain adalah dapatkan promo! Harga sewa yang semula seharga Rp 1.222.555/malam, bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 279.241/malam untuk dua orang dewasa. Seperti yang ditawarkan 85spring Guest House. Tertarik? Catat alamatnya di 27F, No.5, Ziqiang 3rd Road, Lingya District, Kaohsiung City, Taiwan.

Potongan harga hampir 70% tersebut tidak membuat pelayanan dan fasilitas yang mereka tawarkan berbeda. Mengeluarkan biaya sewa semurah itu Anda sudah bisa mendapatkan 1 double bed, AC, free wifi, toiletries lengkap, sofa, smoke detector, dapat bayar di tempat, booking tanpa kartu kredit, dan bebas biaya pembatalan (S&K berlaku). 

Beberapa atraksi atau area wisata yang dekat dengan hotel antara lain The Dome Of Light (2,23 Km), Love Pier (2,4 Km), Liuhe Tourist Night Market (2,8 Km), The Pier-2 Art Centre (3,1 Km), Kaohsiung Museum of History (3,2 Km) dan National Science and Technology Museum (6 Km). Sudah yakin untuk menginap di sini selama liburan? Pesan segera sebelum kehabisan!

Biaya Transportasi dan Internet Selama Berada di Taiwan

Biaya Transportasi dan Internet Selama Berada di Taiwan

Sumber: https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=i2vK6-dteH0

Membuat rencana biaya liburan di Taiwan juga harus memasukkan estimasi biaya transportasi dan kebutuhan internet selama berada di sana. Agar memudahkan liburan Anda, gunakan MRT untuk bepergian. Sebelum itu Anda harus membeli Easy Card, serupa kartu multifungsi yang bisa dipakai untuk  membayar kereta, bus, atau transportasi lain di Taiwan. Jika saldo habis, Anda bisa mengisi ulangnya.

Easy Card mudah didapatkan di area bandara, jadi Anda tidak perlu bingung. Cukup keluarkan uang untuk membelinya sebesar kurang lebih Rp 45.000. Setelah itu Anda bebas mau melakukan top up sebanyak apa pun.

Sebagai informasi, biaya MRT bandara dari Taoyuan menuju Taipei Main Station sekitar 160 TWD (Rp 81.245) untuk satu kali jalan (harga bisa berubah). Sebelum pergi berlibur, rasanya penting untuk mengetahui nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara Taiwan (TWD). 

Selesai mendapatkan Easy Card, perhatikan pula kebutuhan berinternet Anda selama berada di sana. Sekarang ini sudah banyak jasa penyewaan travel wifi dengan harga terjangkau mulai dari Rp 40.000 – Rp 85.000/hari. Anda bisa mendapatkannya di bandara dengan mudah.

Perkiraan Biaya Makan dan Jajan

Perkiraan Biaya Makan dan Jajan

* sumber: backpackerlee.wordpress.com

Hal lain yang harus dihitung saat berencana liburan ke Taiwan adalah biaya makan dan jajan. Untuk yang satu ini, sebaiknya siapkan budget lebih karena sayang sekali jika Anda tidak bisa mencoba kuliner khas dari negeri ini. Secara umum, harga makanan yang dijual di sini cukup bersaing. Selain itu, tolong diingat bahwa harga yang tercantum bisa berubah sewaktu-waktu.

Apabila Anda berencana dan memutuskan untuk menginap di kawasan Ximending, siapkan budget untuk jajan dan makan di Raohe Night Market. Di sini terdapat banyak sekali penjual makanan dan jajanan untuk para wisatawan. Jika ingin berhemat, ini bukan saatnya!

Pasalnya, seporsi grilled squid yang menggiurkan dijual di sini dengan harga kurang lebih Rp 150.000. Walau harganya cukup mahal, soal rasa dan porsi tidak mengecewakan!  

Kawasan lain yang bisa Anda kunjungi selama liburan di Taiwan adalah Taichung. Di sini, harga makanan berat untuk satu kali makan berkisar di angka 75 -100 TWD atau Rp 38.083 – Rp 50.778. Aneka makanan yang dijual pun sangat beragam sehingga Anda bisa bebas memilih sesuai selera.

Untuk wisatawan muslim, di Taiwan, khususnya Taichung juga tersedia resto-resto yang menjual makanan halal. Salah satunya adalah Sree India Palace (Indian Restaurant) di No.45, Gongyi N St, West District, Taichung. Menu yang dijual di sini adalah menu-menu khas India yang halal dan cocok untuk vegetarian. Harganya? Berkisar antara Rp150.000 – Rp250.000.

Biaya Masuk Area Wisata

Biaya Masuk Area Wisata

* sumber: www.scmp.com

Jika ada biaya liburan di Taiwan yang bisa dihemat, jawabannya adalah ini! Pasalnya, di Taiwan tersedia beberapa atraksi wisata yang gratis. Wisatawan bisa berkunjung tanpa dikenai biaya apa pun. Sebut saja Taichung Park yang indah, luas dan bersih. Anda bisa berjalan-jalan di sini menikmati suasananya yang asyik. Tidak perlu membayar tiket kecuali jika ingin berkeliling danau menggunakan perahu kecil. 

Kemudian ada Rainbow Village yang masih berada di kawasan Taichung juga. Di sini Anda akan melihat banyak rumah bergambar dan berwarna-warni yang menggemaskan serta instagramable. Selanjutnya ada National Chiang Kai Shek Memorial Hall yang juga free entry untuk siapa pun. 

Bagi penggemar film Spirited Away dari Studio Ghibli, Anda harus mengunjungi Jiufen Old Street, karena rupanya empat ini menginspirasi Hayao Miyazaki untuk membuat Spirited Away yang terkenal itu. Bangunan serta suasana di sini, akan mengingatkan Anda pada film tersebut. 

Lokasi Jiufen Old Street tidak terlalu jauh dari Taipei. Anda bisa menggunakan kereta dan bus untuk sampai ke lokasi. Pastikan MRT yang ditumpangi membawa Anda ke Zhongxiao Fuxing Station Exit 1. Kemudian naik bus 1062 menuju Jiufen Old Street. Tiket MRTnya sekitar 110 TWD (Rp55.491). 

Biaya liburan di Taiwan tidak terlalu mahal, terutama jika Anda berhasil mendapatkan harga promo untuk tiket pesawat dan penginapan. Hanya, sebab Taiwan belum membebaskan visa untuk wisatawan Indonesia, Anda harus mengurus beberapa dokumen agar bisa berkunjung ke negara tersebut.

Prosesnya tidak sulit, Anda cukup menyediakan beberapa dokumen yang diminta dan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri Republic of China. Seperti menyiapkan paspor yang masih berlaku lebih dari 6 bulan dan lainnya. Bagaimana? Sudah terbayang berapa biaya yang diperlukan? Siap liburan ke Taiwan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram