Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 18 Juni 2021

Selain berwisata kuliner, Bandung memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan sebagian besarnya adalah tempat wisata alam. Kalau bicara wisata alam di Bandung, paling banyak ditemui ada di kawasan Lembang.

Nah, salah satu destinasi wisata yang menarik dan cukup baru hadir di Bandung adalah Lembang Park and Zoo. Kalau kamu mencari tempat wisata di Lembang yang adem dan ramah keluarga, Lembang Park and Zoo bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

Penasaran ada apa saja di Lembang Park and Zoo? Sebelum berkunjung kesana bersama keluarga, simak ulasannya berikut ini dulu yuk!

Wahana dan Spot Populer

Sesuai dengan namanya Lembang Park and Zoo, tempat wisata satu ini adalah sebuah taman luas yang dilengkapi juga dengan kebun binatang. Jadi kalau kamu kesini, kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan satwa yang berjumlah sekitar 350. Berikut daftar spot dan wahana menarik yang ada di sini:

1. Kids Zone

Kids Zone

Di sini adalah zona bermain khusus anak-anak yang memiliki beberapa pilihan seru seperti Bianglala & Trampoline atau Storyland & Carnival Game. Untuk menikmati mainan di tempat ini, pengunjung dapat membeli koin ke tempat yang sudah disediakan. Tapi ketika pertama masuk dan mambayar tiket masuk, tiket sudah termasuk ke satu permainan yaitu korsel untuk dewasa dan anak.

Sekadar info tambahan, di area Kids Zone ini ada juga rumah bagi para kelinci yang lucu-lucu, lho. Kamu bisa ajak si kecil untuk berinteraksi dengan hewan-hewan lucu nan menggemaskan ini di Rumah Kelinci.

2. Zoo Area

Zoo Area

Yang terakhir adalah Zoo Area. Di sini terdapat sekitar 350 satwa yang bisa kamu lihat atau coba untuk interaksi seperti memberi makan. Satwa yang ada di Lembang Park & Zoo ini sangat beragam dan sangat terawat, sebut saja singa putih, lutung jawa hingga burung unta pun ada.

Selain itu, di kebun binatang modern ini juga ada beberapa hewan lainnya seperti buaya dan ular, rusa timor dan rusa totol, binturong, lemur ekor cincin, kangguru pohon kelabu hingga tenggalung.

Kalau kamu bingung mau kemana dulu, silahkan minta peta Lembang Park and Zoo ke petugas. Dengan begitu nggak akan ada wahana yang terlewatkan.

3. Neko Cat Café

Neko Cat Café

Salah satu spot menarik untuk berfoto di Lembang Parn & Zoo adalah Neko Cate Café. Café satu ini sangat unik dan menarik karena di sini kamu bisa menikmati dessert sambil bermain-main dengan kucing-kucing lucu. Café ini menjadi semakin menarik dan instagramable karena dindingnya dihiasi gambar kucing lalu ditambah dengan kursi yang berwarna-warni.

4. Quagga Café

Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung 1

Cafe yang mengusung tema tropical ini menjadi spot instagramable di Lembang Park and Zoo karena hijau dari tanaman asli membuat suasana adem. Posisi Quagga Green Cafe ini berada tak jauh dari pintu masuk Lembang Park & Zoo.

5. Restoran Mari Makan

Restoran Mari Makan

Kalau di sini kamu pasti nggak akan tahan untuk nggak berfoto karena kalau di sini kamu akan merasa seperti makan bareng harimau dan singa. Tapi tenang saja, kamu dan harimau terhalang dinding kaca transparan yang tebal dan dijamin aman kok.

Di Restoran Mari Makan ini tersedia banyak pilihan untuk makan siang kamu nih, tempatnya yang luas dengan atap tinggi membuat tempat ini sangat nyaman. Nggak perlu takut nggak kebagian meja ya, di sini tersedia cukup banyak meja lho!

6. Bird Aviary

Bird Aviary

Kalau mau cari spot foto menarik, wajib banget untuk masuk ke Bird Aviary. Terdapat beberapa jenis burung seperti kakatua, lovebird, nuri di dalam kendang burung besar ini. Kamu bisa jalan-jalan  ke dalamnya sambil memberi makan burung-burung di sini. Dan yang pasti jangan sampai dilewatkan yaitu berfoto dengan burung-burung yang ada di sini ya!

Oh iya, selain melihat dan berinteraksi dengan ragam jenis burung, di sini juga kamu bisa bertemu dengan ragam spesies angsa. Mulai dari angsa hitam, angsa putih, bebek sampai belibis.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung 2

Lembang Park and Zoo memberlakukan harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal. Tiket masuknya ini bisa ditukar dengan goodie bag ketika kamu akan pulang dari tempat wisata ini. Berikut informasi harga tiket, jam operasional Lembang Park and Zoo:

  • Harga Tiket Masuk: Rp40.000 (Weekday) dan Rp50.000 (Weekend)
  • Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB (Weekday) dan 08.00-18.00 (Weekend)

Fasilitas

fasilitas escooter

1. Toko Souvenir

Untuk kamu yang sudah berjalan-jalan dan ingin mendapatkan oleh-oleh dari Lembang Park and Zoo, di sini ada gift shop yang berada di lantai 2. Di gift shop ini tersedia pakaian atau kaos dari ukuran anak hingga dewasa, ada juga aksesoris seperti topi, tas dan pernak Pernik yang bisa jadikan oleh-oleh.

2. Food Court

Selain beberapa tempat makan yang sudah kami bahas di atas, di Lembang Park and Zoo kamu bisa juga menemukan food court di beberapa titik lokasi. Jadi, kalau kamu berwisata ke sini, nggak usah bingung cari-cari tempat makan, ya.

3. E-Scooter

Lembang Park and Zoo punya fasilitas kendaraan berupa E-Scooter yang juga termasuk kedalam wahana permainan yang ada di sini. E-Scooter ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling area Lembang Park and Zoo supaya tidak kelelahan.

Tarif wahana atau kendaraan E-Scooter ini adaah Rp75.000 untuk single user, dan Rp120.000 untuk kendaraan yang lebih besar. Selain E-Scooter, kamu bisa juga naik kendaraan Wara-Wiri secara gratis.

4. Playground & Wahana Air

Selain Story Land, kamu bisa ajak anak-anak untuk berkunjung ke playground yang berada di dekat pintu masuk. Tarif playground ini hanya Rp30.000 saja per orangnya. Selain playground di sini juga ada wahana air berupa perahu

Tarifnya pun terjangkau, hany Rp 20.000 per 20 menit. Kalau masih belum puas, kamu bisa ajak mereka untuk mencoba berkunjung ke Water Kiddy Zone dengan membayar tiket masuk Rp10.000 di hari biasa dan Rp15.000 di akhir pekan.

5. Riding School

Tak hanya wahana air, kamu bisa membawa si kecil untuk mencoba kuda tunggang juga. Selain bisa menunggangi kuda, di Lembang Park and Zoo juga ada Riding School-nya. Kamu dapat belajar berkuda selama kurang lebih 45 menit. Tertarik untuk mencoba?

6. Amfiteater

Di Lembang Park and Zoo juga ada amfiteater, lho. Biasanya, amfiteater ini digunakan sebagai tempat pertunjukan dan edukasi tentang hewan yang ada di Lembang Park and Zoo. Kalau kamu mau menonton pertunjukan dan menambah wawasan tentang satwa, datanglah ke amfiteaternya di hari Sabtu dan Minggu, pukul 11.00 dan 15.30 WIB.

7. Fasilitas Lainnya

Beberapa fasilitas lain yang disediakan oleh Lembang Park and Zoo adalah nursery room, toilet, mushola, dan cashier. Di sini juga tersebar bangku-bangku di beberapa titik di taman, jadi kalau kecapaian kamu bisa istirahat sejenak lalu lanjutkan keliling tamannya.

Alamat dan Akses Transportasi

Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung 3
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No. 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat

Untuk akses transportasi, lebih direkomendasikan untuk membawa kendaraan pribadi. Tapi kalau kamu mau taxi online juga bisa kok! Untuk menuju Lembang Park and Zoo, biasanya kamu bisa melalui jalur Jalan Setiabudhi (Jl. Pasteur – Jl. Sukajadi – Jl. Raya Lembang – Jl. Kolonel Masturi) atau Jalan Sersan bajuri (Jl. Pasteur – Jl. Sukajadi – Jl. Setiabudhi – Jl. Sersan Bajuri – Jl. Kolonel Masturi)

Hotel di Sekitar Lembang Park and Zoo

Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Modern di Bandung 4

Ada beberapa tempat menginap atau hotel di sekitar Lembang Park and Zoo. Berikut daftar beberapa hotel yang tersebar di beberapa titik di sekitar lokasi tempat wisata ini:

1. Hotel Kupu-Kupu Lembang

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.249, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
  • Kontak: -

2. Bukit Vipassana

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.99, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Kontak: (022) 2785202

3. Lembang Asri Resort

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, RW.4, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Kontak: (022) 2787690

Sekian info seputar Lembang Park and Zoo, kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata keluarga atau eduksi di Bandung yang menarik lainnya, bagikan di kolom komentar ya! Semoga informasi yang dibagikan di atas dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat berlibur!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram