10 Desa Terindah dan Cantik untuk Dikunjungi di Italia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Desember 2021

I Borghi più belli d'Italia merupakan sebuah asosiasi yang didirikan dalam upayanya untuk melestarikan warisan budaya yang terdapat di desa-desa di Italia.

Asosiasi ini diprakarsai oleh Dewan Pariwisata dari Associazione Nazionale Comuni. Pada setiap tahunnya asosiasi ini membuat daftar dari desa-desa terindah yang ada di Italia dengan jumlah penduduknya kurang dari 15 ribu jiwa.

Ada proses yang panjang untuk sebuah desa masuk dalam daftar sebagai desa yang terindah. Ada beragam pertimbangan tentunya, seperti dari aspek sejarah, warisan budaya, termasuk infrastrukturnya.

Ada banyak desa yang telah masuk dalam daftar ini, berikut ini adalah beberapa desa yang terindah di Italia yang masuk dalam daftar dan menarik untuk kamu kunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Terindah di Swiss yang Wajib Dikunjungi

1. Positano – Amalfi Coast, Salerno

Positano – Amalfi Coast, Salerno
  • Alamat: 84011 Amalfi, Provinsi Salerno, Italia

Positano adalah sebuah desa yang terletak di sepanjang Pantai Amalfi. Desa ini akan membuat siapa pun terpesona saat memandangnya. Bangunannya yang bertingkat-tingkat seolah menempel pada dinding sebuah bukit.

Dahulu Positano adalah desa nelayan miskin yang saat ini  menjelma menjadi destinasi wisata, setelah tulisan tentang  desa ini oleh John Steinback dimuat di Harper’s Baazaar.

Positano menjadi satu desa yang wajib kamu kunjungi. Semua keindahan desanya akan terlihat dari kejauhan dengan pemandangan rumah-rumah yang berwarna-warni membuat desanya terlihat cantik.

Pemandangan desa yang dilihat dari arah laut benar-benar memesona, seluruh desa yang terbentang di depan mata terlihat luar biasa bagi siapa saja yang memandangnya.

2. Castellucio – Umbria, Perugia

Castellucio – Umbria, Perugia
  • Alamat: 06046 Provinsi Perugia, Italia

Satu desa yang indah berikutnya adalah sebuah desa yang berada di puncak bukit. Desanya berada di ketinggian sekitar 1524 mdpl, tepatnya berada di Pegunungan Apenine.

Yang menarik dari desa ini adalah pemandangan dari atas desa ke lembah yang berada di bawahnya yang spektakuler. Desanya sendiri merupakan sebuah desa kuno yang sayangnya mengalami kerusakan karena gempa.

Saat ini Desa Castellucio dapat diakses kembali setelah gempa tahun 2016 menghancurkan sebagian desanya.  Lembah tempat desa itu berada, terdapat padang yang biasanya ditumbuhi bunga.

Saat sedang mekar bunga tersebut bagaikan sebuah permadani warna warni yang terhampar. Fenomena ini biasanya terjadi pada bulan Mei dan Juli, disebut dengan La Fiorita.

3. Civita Di Bagnoregio – Lazio

Civita Di Bagnoregio – Lazio
  • Alamat: 01022 VT, Provinsi Viterbo, Italia

Desa yang satu ini, letaknya juga berada di sebuah bukit, di daerah Lazio. Jalan menuju desa ini harus ditempuh dengan menyeberangi sebuah jembatan penghubung yang cukup menanjak. Desa ini pertama kali ditemukan oleh suku Bangsa Etruscans.

Desanya sering mengalami erosi dan juga longsor sehingga sebagian bangunannya runtuh, oleh karenanya desa ini dijuluki sebagai desa mati.

Arsitektur bangunan yang terdapat di desa ini banyak dikagumi orang, karena bangunannya tidak mengalami perubahan sehingga masih tetap original.

Hunian-hunian dari abad pertengahan masih dapat kamu temukan di desa ini. Satu hal yang menarik, dikatakan bahwa desa ini merupakan sumber inspirasi bagi Hayao Miyazaki untuk film yang berjudul Castle in The Sky.

4. Brisighella – Emilia Romagna

Brisighella – Emilia Romagna
  • Alamat: 48013 Provinsi Ravenna, Italia

Brisighella merupakan sebuah desa abad pertengahan yang letaknya berada di pegunungan Apenine di lembah Sungai Lamone.

Desa yang cantik ini dibatasi oleh tiga bukit yaitu Benteng Rocca Manfrediana, Sanctuary of Our Lady of Montico dan sebuah menara jam dari abad ke-19. Desa Brisighella menawarkan ketenangan kepada pengunjungnya, dengan keindahan alam sekelilingnya.

Apa saja yang dapat kamu lakukan di desa ini? Kamu bisa berjalan-jalan menikmati keindahan bangunan dari abad ke-15 dan juga 16 di desa ini.

Kamu juga dapat mencoba pemandian air panasnya agar badan kembali segar setelah berjalan-jalan. Brisighella juga terkenal akan makanannya, terutama buah-buahan seperti pir, dan anggur, lalu ada juga keju conciato untuk kamu cicipi.

5. Orta San Giulio – Piedmont

Orta San Giulio – Piedmont
  • Alamat: 28016 Provinsi Novara, Italia

Orta san Giulio merupakan desa yang berada di Provinsi Novara. Letaknya berada di atas sebuah tanjung di Danau Orta yang menjorok ke sebelah timur. Desa ini menghadap ke suatu pulau yang bernama Isola San Giulio.

Desanya terlihat unik dan juga menawan dengan jalanannya yang masih berbatu dan arsitektur dari bangunannya yang dicat dengan warna-warna pastel.

Satu hal yang paling dikenal dari desa ini tentunya adalah Pulau San Gioulio yang berada di Danau Orta. Tetapi tak hanya pulaunya saja yang banyak disenangi pengunjung, mereka juga menyenangi Danau Orta yang cukup tenang.

Satu tempat lagi yang juga dikenal dari desa ini yaitu Sacro Monte Orta, suatu tempat yang dianggap sakral yang juga  pernah diziarahi oleh Friedrich Nietzsche.

6. Sovana – Sorano, Tuscany

Sovana – Sorano, Tuscany
  • Alamat: 58010 Provinsi Grosseto, Italia

Sovana merupakan kota kecil atau desa yang dibangun oleh bangsa Etruscan pada abad ke-7 sebelum masehi. Walaupun jatuh ke tangan bangsa Romawi, masyarakat Sovana mampu mempertahankan budaya mereka.

Di tempat ini kamu masih dapat menyaksikan bangunan-bangunan abad pertengahan yang jadi saksi sejarah dari bangsa Etruscan juga bangsa Romawi.

Kamu dapat memulai perjalanan dari mengunjungi benteng yang terdapat di desa ini. Lalu kamu dapat mengagumi Istana Bourbon del Monte yang dibangun pada abad ke-16, dan dilanjutkan dengan mengunjungi gereja dan juga katedral yang dibangun di desa ini.

Tetapi tidak lengkap berjalan-jalan ke Sovana jika kamu tidak mencicipi wine yang terkenal dari desa ini.

7. Corinaldo – Ancona, Marche

Corinaldo – Ancona, Marche
  • Alamat: 60013 Provinsi Ancona, Italia

Desa yang cantik ini merupakan desa yang berasal dari abad pertengahan. Desa Corinaldo merupakan desa yang unik karena memiliki tembok pertahanan yang masih kokoh berdiri. Temboknya sendiri berasal dari abad ke-14.

Panjang dari temboknya sekitar 912 meter, dan menjadi simbol dari Corinaldo. Ada tiga pintu masuk dari tembok ini, yaitu Porta Nova, Porta del Mercato, dan Porta San Giovanni.

Satu tempat yang yang tidak boleh dilewatkan dari Corinaldo adalah tangga yang sangat menakjubkan dengan 104 buah anak tangga.

Di tengah-tengah anak tangganya kamu dapat menemukan sebuah sebuah sumur yang cukup terkenal yang biasa disebut dengan nama “ Pozzo della Polenta”. Pemandangan dari atas tembok terlihat indah dan sayang jika kamu lewatkan.

8. Vipiteno – South Tyrol, Trentino-Alto Adige

Vipiteno – South Tyrol, Trentino-Alto Adige
  • Alamat: 39049 Provinsi Bolzano - Tirol Selatan, Italia

Vipiteno atau di Jerman disebut dengan nama Sterzing merupakan desa yang berasal dari abad ke-14 sebelum masehi. Jika dirunut kembali nama desanya berawal dari Kaisar Nero yang membangun sebuah barak militer yang disebut dengan “Vipitenum”. Letak dari barak ini berada di sebuah jalan yang kini telah menjadi bagian dari Jerman dan juga Italia.

Desa Vipiteno dihiasi dengan pemandangan alam berupa pegunungan yang luar biasa indah. Selain itu kamu juga dapat menemukan banyak bangunan gereja di desa ini.

Tetapi satu hal yang menonjol adalah sebuah bangunan tinggi yang diberi nama Zwölferturm. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 46 meter, puncaknya sempat hancur karena api, tetapi kini berhasil diganti

9. Borghetto – Verona, Veneto

Borghetto – Verona, Veneto
  • Alamat: 17052 Provinsi Savona, Italia

Jalan masuk ke Desa Borghetto adalah sebuah jembatan bernama Viscoti, dengan sebuah Sungai Mincio mengalirinya sepanjang 75 km. Satu alasan kamu harus mengunjungi desa ini adalah festival yang diadakan setiap bulan Juni yaitu Festa del Nodo d’Amore.

Di festival ini akan disajikan 550 pasta tortellini yang menjadi bagian dari legenda yang melatarbelakangi diadakannya festival ini. Selain dari festival dan hidangan pasta tortellini, kamu dapat bersepeda di sekitar sungai dari Peschiera-del-Garda ke Mantua.

Jika ingin merasakan nikmatnya keindahan alam cobalah berjalan menuju Kastil Scaligero. Sepanjang jalan menuju kastil kamu akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan.

10. Pacentro – Abbruzzo

Pacentro – Abbruzzo
  • Alamat: 67030 Provinsi L'Aquila, Italia

Pacentro merupakan sebuah desa yang terletak di Provinsi L’Aquila di daerah Abrruzo. Desanya merupakan desa dari abad pertengahan, dan merupakan satu desa yang dianggap sebagai desa yang indah di Italia.

Selain itu Desa Pacentro sendiri masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Majella. Bangunan tua dengan batu, bangunan bergaya barok dan juga renaisans dapat kamu temukan di sini.

Pacentro dengan penduduk sekitar 1.279 jiwa, berada di jajaran pegunungan Apennine sejak abad ke-8 dan 9 masehi. Pacentro juga merupakan desa yang dikenal luas karena mata air pegunungannya yang segar.

Selain itu desa ini juga kaya akan warisan kerajinannya berupa patung teracota dari batu putih atau juga merenda dan  membuat pakaian tradisional wanita Abruzzi.  

Ini hanya beberapa desa yang masuk dalam kategori desa terindah oleh asosiasi I Borghi più belli d'Italia. Masih banyak lagi desa-desa yang masuk dalam kategori desa terindah ini.

Tujuan dari asosiasi ini adalah agar warisan budaya dari desa tersebut dapat tetap terjaga. Dari desa-desa di atas kamu dapat mengetahui begitu banyaknya desa yang telah ada sejak zaman dahulu.

Peninggalan-peninggalan desanya yang masih otentik seperti jalanan berbatu, dan juga sempit menarik bagi  wisatawan untuk juga dapat menikmatinya.

Desa-desa ini memang sangat indah dengan arsitektur bangunannya yang masih terjaga hingga kini. Menurutmu manakah dari desa ini yang paling cantik dan ingin kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram